Bacaterus / Review Film Korea / Review dan Sinopsis Reply 1988, Drama Keluarga yang Menyentuh

Review dan Sinopsis Reply 1988, Drama Keluarga yang Menyentuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menjadi salah satu series yang tak boleh dilewatkan untuk ditonton, ‘Reply 1988’ adalah drama tentang persahabatan dalam lima keluarga yang tinggal dalam lingkungan yang sama ini cocok kamu tonton bersama keluarga. Berlatar tahun 1988, drama yang bisa menghangatkan hati para penonton ini rupanya adalah series ketiga yang dirilis.

Reply series adalah drama Korea Selatan yang tayang di stasiun televisi tvN dan disutradarai oleh Shin Won-ho. Series pertamanya adalah ‘Reply 1997’ di tahun 2012 kemudian ‘Reply 1994’ di tahun 2013, barulah di akhir 2015 series ketiganya ‘Reply 1988’ ditayangkan. Plot dan cerita tiap series berbeda dengan cast yang berbeda pula.

Sehingga kamu bisa menikmati setiap season secara terpisah. Nah, sudah siap mencari tahu alasan kamu harus nonton drama ini lebih lanjut? Simak ulasannya berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis Reply 1988

  • Tahun rilis : 2015
  • Genre : Drama Keluarga, Komedi Romantis
  • Produksi : CJ E&M
  • Sutradara : Shin Won-ho
  • Pemeran : Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Lee Dong-hwi

Menyelami kembali tahun 1988 sesuai judulnya drama ini mengisahkan kehidupan di tahun itu dengan beragam cerita dan konflik didalamnya. Berfokus pada persahabatan kehidupan remaja SMA yakni seorang gadis bernama Sung Deok-sun dan keempat sahabat prianya Choi Taek, Kim Jung-hwan, Sung Sun-woo, dan Ryu Dong-ryong.

Juga kehidupan mereka dan keluarganya yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, di bagian utara Seoul. Kelima keluarga ini menghadapi kerasnya hidup ketika Korea Selatan mengalami krisis moneter dengan latar belakang sosial dan ekonomi mereka yang berbeda. Ditambah perbedaan karakter yang mereka miliki justru membuatnya semakin erat.

Bersahabat sedari kecil membuat mereka saling mendukung satu sama lain, meskipun tak jarang mengusili satu sama lain. Kehidupan remaja di era 1988 yang hidup jauh dari hingar bingar kota masa kini, membuatnya terlihat manis dengan indahnya kebersamaan dalam persahabatan walau hampir setiap hari bersama.

Namun dibalik keceriaan dan suka cita yang mereka tampilkan dalam kebersamaa, tersimpan juga rasa cinta yang terpendam pada satu sama lain. Jung-hwan sudah sejak lama menyukai Deok-sun secara diam-diam, dia selalu perhatian kepada Deok-sun walau terlihat dingin dan cuek, sementara Deok-sun malah menyukai sahabatnya yang lain yaitu Sun-woo.

Tak sampai situ, pengakuan Taek bahwa ia menyukai Deok-sun cukup mengejutkan dibalik sikap diamnya selama ini. Jung-hwan yang mengetahui perasaan Taek pada Deok-sun memilih diam dan tak berani mengungkapkan perasaannya. Namun bukan hanya Jung-hwan, Taek dan Deok-sun pun sama-sama memendam perasaannya karena memikirkan persahabatan mereka.

Di lain hal, Sun-woo ternyata menyukai Bo-ra, kakak perempuan Deok-sun.Kisah mereka terus tumbuh menemani perjalanan mereka beranjak dewasa dan berusaha menggapai cita-cita mereka masing-masing. Hingga di akhir cerita keluarga tersebut satu per satu pindah rumah dan pergi meninggalkan daerah Ssamun-dong yang terasa sepi dan kosong.

Ssangmun-dong Geng

Ssangmun-dong Geng

Menjadi series Reply yang paling suportif dan chemistry yang baik dari para pemain baik didalam dan diluar drama. Memiliki karakter yang berbeda namun tetap terlihat asik bersama, geng Ssangmun-dong ini berhasil mencuri banyak perhatian penonton. Mulai dari satu-satunya gadis dalam geng Sung Deok-sun yang berkepribadian ceria, baik hati, namun payah dalam hal akademik.

Kemudian Choi Taek, pemuda polos, lugu, dan pemalu yang dikenal sebagai master permaian Baduk. Kim Jung-hwan dengan laganya yang cuek dan banyak mengomel namun sebernarnya paling perhatian pada semua temannya, juga penggila sepak bola. Ada Sun-woo murid pintar teladan yang sangat menyayangi adik perempuannya dan paling bisa diandalkan.

Terakhir Ryu dong-ryong yang hobi menari dan menyanyi tak kenal tempat, konyol dan periang, bijak dan banyak mengetahui pelajaran hidup, namun kurang perhatian keluarga. Kelima sahabat ini seringkali menghabiskan waktu di kamar Taek bersama seperti menonton TV, makan ramyeon, dan kegiatan lainnya.

Berteman hingga tumbuh dewasa bersama, persahabatan mereka tak jarang membuat para penonton iri dan ingin pindah ke Ssangmun-dong. Bahkan pertemanan mereka masih berjalan baik hingga saat ini lho. Friendship goal banget deh!

Guess The Husband

Guess The Husband

Latar drama dengan tahun yang berbeda membuat penonton mengikuti alur drama yang maju mundur. Keseruan dan keunikan lainnya dalam drama ini ialah penonton yang secara tidak langsung akan diajak menebak siapa yang akan menjadi suami dari pemeran utama wanita di masa depan. Guess the husband ini selalu ada di setiap series Reply.

Alur maju mundur dalam ceritanya membuat drama ini menghadirkan kehidupan para tokoh di masa depan. Waktu di masa depan ini mengambil tahun rilis dramanya, seperti Reply 1988 yang menceritakan kejadian tahun tersebut dan mengambil tahun 2015 sebagai latar masa depannya.

Pada scene ini di awal episode pertamanya Deok-sun, tokoh utama wanita, muncul bersama sang suami yang belum diketahui siapa orangnya. Setelahnya penonton akan diajak flashback menyusuri kisah mereka semasa remaja. Scene present day ini biasanya hadir dalam beberapa episode, membuat penonton semakin penasaran saja.

Setting hingga Soundrack serba 80-an   

Soundrack serba 80-an   

Setting yang detail, patut menjadi pujian yang diberikan untuk drama ini. Mulai dari gaya busana dan rambut, peralatan rumah, permainan masa kecil, hingga artis idola yang hits di zamannya. Begiyupun aktivitas keseharian seperti mendengarkan musik di walkman dan kaset pita, radio, juga saling mengirim surat sampai mainan Jin-joo, adik perempuan Sun-woo, yang manis.

Drama ini memang tayang di akhir tahun 2015 hingga awal tahun 2016. Namun tak hanya settingnya yang mengikuti era 80-an, soundtrack drama ini pun turut menyesuaikan drama. Diantaranya seperti lagu-lagu milik penyanyi legendaris Korea yang di remake dengan tetap mempertahankan romansa lagunya.

Trivia Reply 1988

Trivia Reply 1988

Drama ini juga mengangkat isu terkini pada tahun tersebut, seperti scene saat Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade dimana edukasi dan olahraga berkembang pesat dan menjadi pusat perhatian. Hingga isu hukum di Korea dimana pernikahan dengan marga yang sama tidak diperbolehkan dan dianggap tidak sah, seperti yang terjadi pada Sun-woo dan Bo-ra.

Plot yang sulit ditebak membawa pertanyaan besar kepada penonton, bahkan sampai episode 16 para penggemar masih belum bisa menebak siapa yang menjadi suami dari tokoh utama wanita. Ya, penonton drama ini terbagi dalam dua tim, tim Jung-hwan dan tim Choi Taek.

Ini karena keduanya sama-sama menyukai Deok-sun, penonton menjadi tim Jung-hwan yang mendukungnya menikahi Deok-sun. Sedangkan tim Taek, penonton yang mendukung Taek  menikahi Deok-sun. Hal ini seringkali menjadi perdebatan seru antar penonton lho.

Drama Korea yang satu ini memang cocok ditonton bareng keluarga. Tak hanya meyoroti kisah persahabatan dan percintaan mereka saja, kehidupan bertetangga yang membantu satu sama lain, konflik permasalahan keluarga, juga sejumlah konflik internal dan eksternal lainnya saat mereka beranjak dewasa.

Semuanya bisa membuat penonton tertawa, geram, hingga terkadang menangis pilu. Sepertinya drama ini memang worth it buat ditonton dan tonton ulang. Walaupun memiliki total 20 episode dengan durasi tiap episode hampir mencapai satu setengah jam, kamu tak akan dibuat bosan di tiap episode. Jadi, kamu tim Jung-hwan atau Choi Taek?

Jawabannya boleh kamu tulis dikolom komentar dan jangan lupa ikuti Bacaterus dan artikel lainnya yang pastinya menarik buat kamu baca.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *