Bacaterus / KPOP / Tonton 7 Reality Show Korea Selatan ini, Dijamin Bikin Ngakak!

Tonton 7 Reality Show Korea Selatan ini, Dijamin Bikin Ngakak!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Januari 2019

Dunia entertainment Korea Selatan berkembang sangat pesat. Mulai dari dunia tarik suara, drama, musik, bahkan sampai reality show-nya. Reality show dari negeri ginseng ini memang memiliki ide, konsep, dan editing yang unik. Cukup berbeda dengan reality show yang ada di Indonesia, reality show Korea Selatan selalu menggunakan CG alias computer graphic sehingga bagian lucunya menjadi lebih lucu lagi.

Reality show Korea Selatan membuat Anda lebih mengenal lagi atau membuat Anda mengetahui sisi lain dari idola Anda. Jika idola Anda biasanya terlihat sangat keren di stage atau di drama, bisa saja di dunia nyatanya ternyata memiliki sifat pemalu atau justru punya selera humor yang bagus. Nah, reality show ini akan menguak karakter terpendam dari pada idol favorit Anda.

Dijamin, Anda akan tertawa terbahak-bahak saat menonton reality show asal Korea Selatan, sehingga dapat menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas seharian penuh. Berikut adalah 7 reality show ala Bacaterus yang dijamin akan membuat ngakak sampai mengocok perut Anda.

7 Reality Show Korea Selatan Paling Lucu

1. Running Man

running man

Running Man adalah salah satu program reality show Korea Selatan yang paling populer. Tidak hanya di Korea Selatan saja, tapi reality show ini juga populer di beberapa negara di dunia, salah satunya adalah di Indonesia. Di negara kita ini ada banyak sekali penggemar setia Running Man, dari kalangan muda sampai usia lanjut pun hobi menonton reality show yang satu ini.

Running Man memiliki enam member, yaitu Yoo Jaesuk, Kim Jongkook, Haha, Song Jihyo, Lee Kwangsoo, dan Ji Sukjin. Walaupun member Running Man hanya ada enam orang, tapi mereka biasanya tidak bermain game ini hanya dengan enam member. Running man biasanya mengundang bintang tamu yang bervariasi, kadang mereka mengundang aktor, aktris, boyband, girlband, atau soloist.

Konsep dasar reality show ini adalah race game. Semua member Running Man beserta para bintang tamu biasanya akan dibagi dalam beberapa kelompok, paling sedikit dua kelompok (tim Running Man vs. tim bintang tamu). Setiap kelompok harus menyelesaikan misi yang telah disiapkan oleh para tim kreatif Running Man.

Running Man terkenal dengan permainannya yang unik-unik. Permainan wajib mereka adalah ‘permainan cabut nama’, di mana para tamu Running Man menggunakan nama mereka di baju masing-masing, lalu tim member Running Man akan mengejar tim tamu dan mencabut nama mereka, begitu pula sebaliknya. Tim yang lebih dulu menghabiskan nama tim lawan akan menjadi pemenangnya.

Sayangnya, acara reality show ini akan dibubarkan pada tahun 2017. Well, terimakasih atas kerja keras semua member dan kru yang bertugas selama tujuh tahun ini! Jika Anda kangen dengan reality show ini, Anda dapat menonton re-run acara ini di YouTube.

2. The Return of Superman

The Return of Superman

Anda salah satu fans dari Song Triplets atau Song Bersaudara alias Daehan, Minguk, dan Mansae? Berarti Anda pasti tahu, dong, kalau tiga anak kembar laki-laki itu merupakan member reality show bernama The Return of Superman. Tujuan acara ini adalah untuk ‘mengetes’ para ayah untuk menjaga dan mengasuh anak-anak mereka selama 2 hari tanpa bantuan sang istri sama sekali.

Biasanya para ayah yang ‘dites’ adalah aktor, penyanyi, atau komedian, tapi tidak jarang juga yang berprofesi sebagai atlit. Selama seharian penuh kegiatan ayah dan anak akan diikuti dan direkam oleh kamera. Dalam satu episode akan diceritakan beberapa keluarga, tidak hanya satu keluarga saja.

Ya, member The Return of Superman ini ada banyak sekali. Untuk yang sekarang masih menjadi member ada Lee Hwijae dengan anak kembarnya yaitu Lee Seo-Eon dan Lee Seo-Jun, Lee Dong-Gook dengan 5 orang anaknya, Ki Tae-young dengan anak perempuannya Kim Ro-Hee, dan masih banyak lagi.

Jika favorit Anda adalah Song Triplets, sayang sekali karena mereka sudah tidak menjadi bagian dari The Return of Superman lagi, jadwal syuting ayah mereka bentrok dan mereka sudah besar sehingga harus bersekolah.

Konsep dari reality show ini adalah bagaimana kehebatan seorang ayah yang harus mengurus anak-anak mereka tanpa didampingi sosok ibu. Kelucuan dan keseruan para ayah yang kerepotan mengurus anak-anak mereka, dan juga kelucuan dan kepolosan anak-anak lah yang membuat reality show ini sangat menarik.

3. Idol Room

idol room

Setelah sukses membawakan Weekly Idol, kini Doni dan Coni beralih ke acara baru yang dinamakan dengan Idol Room. Konsep yang dibawakan oleh acara ini bisa dibilang mirip dengan Weekly Idol, hanya saja segmennya lebih beragam. Idol Room akan selalu mengundang artis dan idol yang sedang melakukan comeback alias baru merilis lagu/album.

Di sini, para idol dan artis berkesempatan untuk mempromosikan lagu-lagu terbaru mereka sembari melakukan sesi game yang seru. Selain sesi game, terkadang Idol Room juga akan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengonfirmasi fakta dari Idol. Contohnya, saat boyband iKON diundang, Doni dan Coni menanyakan perihal B.I yang nge-fans sama TWICE, dan hal tersebut diakui oleh B.I.

Selain ada sesi tanya jawab, biasanya ada sesi di mana membuat idol terkejut, entah itu mendatangkan bintang tamu spesial atau menelpon salah satu fans/kerabat. Pernah pada episode TWICE menghadiri Idol Room, Doni dan Coni melakukan video call dengan Seunghee – OMG. Dan saat itu, TWICE yang memang notabenenya penggemar girl group OMG ini pun langsung salah tingkah.

4. Weekly Idol

weekly idol

Kalau untuk reality show yang satu ini, para K-Popers pasti sudah tidak asing lagi. Tidak hanya di Korea Selatan saja, Weekly Idol adalah salah satu acara yang sangat populer dikalangan para K-Popers di seluruh dunia. Meskipun Doni dan Coni sudah tidak memandu acara ini, namun keseruan acaranya masih berkesan di mata penonton.

Sesuai dengan namanya, Weekly Idol mengundang para idol alias boyband dan girlband sebagai bintang tamunya, yang berbeda setiap minggunya. Namun, tak jarang mereka mengundang soloist juga seperti IU, Lee Hi, dan JYP. Weekly Idol terkenal sebagai ‘acara untuk memperkenalkan rookie‘, alias ajang untuk membuat para pemirsa lebih mengenal rookie atau idol yang baru saja debut. Kenapa? Karena Weekly Idol akan mengupas bakat dan keunikan terpendam yang dimiliki oleh setiap bintang tamu yang hadir.

Selain itu, acara ini juga sebagai ajang promosi para bintang tamu. Misalnya, untuk mempromosikan album atau lagu baru mereka, dan lain-lain.  Uniknya, di acara ini ada segment atau misi yang menarik. Contohnya saja ada segment wajib ‘RPD’ alias Random Play Dance, yaitu para idol akan menarikan koreografi mereka untuk setiap lagu yang diputar secara acak.

Segment ini sangat seru karena para idol sering dibuat kebingungan sehingga mereka akan mendapatkan hukuman seperti dipukul dengan toy hammer. Akan tetapi, jika mereka berhasil, maka biasanya akan diberikan hadiah dari pihak Weekly Idol.

Seperti saat SNSD datang menjadi bintang tamu Weekly Idol. Saat segment RPD, pada awalnya mereka diputarkan lagu ‘Gee’ dan mereka harus menarikan koreografi sesuai lagunya, lalu tiba-tiba lagu itu dipindahkan menjadi lagu “I Got A Boy” dengan menit yang tidak beraturan, dan begitu seterusnya.

Walaupun sangat terkenal, Weekly Idol tidak memiliki studio yang megah dan mewah, lho. Weekly Idol hanya bermodal sebuah studio kecil dengan latar putih bersih. Akan tetapi, don’t judge a book by its cover, karena walaupun sederhana, Weekly Idol dapat membuat Anda tertawa terbahak-bahak.

5. Knowing Brother

knowing brother

Ttidak kalah serunya dengan acara-acara lainnya, di Knowing Brother kamu akan tertawa terbahak-bahak dengan aksi konyol para MC-nya. Acara ini berkonsep sekolah, jadi siapapun bintang tamunya, mau yang lebih tua ataupun lebih muda, semuanya harus menggunakan bahasa banmal (bahasa informal). Di sini tidak ada panggilan hyung, atau oppa. 

Menariknya lagi, setiap idol yang datang ke acara Knowing Brother ini akan diberi sesi untuk unjuk fakta dan bakatnya masing-masing. Misalnya saja pada episode GOT7, setiap anggota GOT7 memberi pertanyaan seputar fakta tentang member kepada para MC. Jika MC salah menjawab, maka mereka akan dipukul oleh palu mainan, dan jika benar maka biasanya MC boleh memilih member untuk duduk satu bangku dengannya.

6. WGM (We Got Married)

WGM (We Got Married)

Jika Anda menggemari acara yang ber-genre romantis, WGM adalah reality show yang sangat cocok untuk Anda. We Got Married, atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yaitu WGM, adalah sebuah acara tentang pasangan selebritis atau idol yang menikah secara virtual.

Biasanya pasangan selibritis atau idol ini belum mengenal satu sama lain di dunia nyata. Pernikahan yang mereka lakukan pun tidak nyata, melainkan hanya sebatas keperluan reality show. Para pasangan acara ini biasanya ‘dijodohkan’ oleh pemirsanya, jadi akan ada polling siapa yang akan menjadi member WGM selanjutnya. Para pemirsa akan mem-vote member wanita dan member pria. Kandidat dengan vote terbanyak akan dipasangkan dan di’nikah’kan pada WGM episode selanjutnya.

WGM menampilkan kehidupan pasangan muda yang baru menikah. Sehingga banyak hal lucu dan tak terduga terjadi dalam acara ini. Layaknya pengantin baru, tidak sedikit dari member WGM yang masih merasa canggung satu sama lain, tapi ada juga yang langsung bisa dekat. Hal ini terjadi karena pasangan WGM belum saling mengenal satu sama lain sebelum di pertemukan di acara ini.

WGM tidak hanya menampilkan kegiatan harian para pasangan yang sudah menikah, tapi WGM juga akan menampilkan episode sebelum menikah alias saat PDKT-nya. Reality show ini juga akan menampilkan saat pra-wedding dan pada saat pesta pernikahan. Lucunya, saat member WGM ‘menikah’, orang tua asli mereka sering didatangkan, jadi rasanya seperti menikah sungguhan.

Pada setiap episodenya para pasangan WGM akan diberi mission card, dan mereka harus menyelesaikan misi yang telah diberikan. Setiap episode WGM akan menampilkan tiga pasangan yang berbeda dengan misi yang berbeda juga, dan tentu saja dengan kisah cinta dan drama pernikahan yang berbeda pula. Tapi sayangnya, acara ini sudah tidak tayang lagi dan berhenti di Season 4 dengan pasangan Choi Min-yong dan Jang Do-Youn.

7. One Fine Day

one fine day

Kalau acara yang satu ini biasanya hanya mengundang satu grup saja. Di One Fine Day, satu grup tersebut akan diajak liburan kemana pun yang diinginkan oleh sang idol. Contohnya pada waktu itu girl group Girls Day ingin berwisata ke Jepang, maka pihak One Fine Day mengabulkannya dan mereka bertamasya beberapa hari di Jepang.

Tapi, selama mereka bertamsya tentu ada misi-misi tertentu yang harus dituntaskan. Misinya bisa berupa game atau berupa jalan-jalan, lebih banyak jalan-jalan. Setiap misi yang berhasil dilalui oleh para idol, maka mereka berhak mendapatkan hadiah spesial dari pihak One Fine Day.

Ya, itulah 7 reality show Korea Selatan yang seru dan menarik untuk ditonton. Dijamin, Anda tidak akan pernah merasa bosan menontonnya! Anda tahu reality show lain yang recommended? Bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar