bacaterus web banner retina

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 23 April 2021

Priyanka Chopra dan Aishwarya Rai adalah dua wanita asal India yang karirnya sudah mencapai Hollywood. Tapi tahukah kalian sebelum menjadi artis terkenal seperti sekarang, kedua wanita cantik ini adalah mantan dari ratu kecantikan. Priyanka Chopra memenangkan title Miss World di tahun 2000 sementara Aishwarya Rai memenangkan dimahkotai di tahun 1994.

Di ajang Miss World sendiri, India sudah berhasil menempatkan enam wakilnya sebagai wanita tercantik di dunia. Tak hanya di Miss World saja, India juga berhasil membawa pulang dua kali mahkota Miss Universe. DI tahun 2010, India juga berhasil membawa pulang mahkota Miss Earth dan dua kemenangan di ajang Miss Supranational tahun 2014 dan 2016.

Ratu Kecantikan India

Sering disebut sebagai salah satu negara kuda hitam dan favorit, India memiliki banyak ratu kecantikan dunia. Kali ini kita akan membahas mengenai 11 ratu kecantikan asal India yang perlu kamu ketahui, informasinya bisa kamu dapatkan di artikel dibawah ini.

1. Aishwarya Rai (1994)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 10Sumber: dnaindia.com

Aishwarya Rai disebut sebagai Miss World yang paling di kenal dan sukses di dunia. Julia Morley yaitu CEO Miss World Organisation mengatakan ia cocok dengan motto “Beauty with Purpose” Aishwarya Rai. Salah satu ciri khas dari Aishwarya menurut sang CEO adalah matanya yang sangat Indah. Di tahun 2014, Aishwarya bahkan menerima penghargaan khusus dari Miss World setelah 20 tahun menjadi alumni.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Miss World, Aishwarya Rai memulai karirnya aktingnya di Bollywood. Hasilnya seperti yang kita lihat sekarang, ia menjadi salah satu artis wanita Bollywood dengan bayaran termahal dan tersukses. Ia bahkan pernah bermain di film Amerika yang berjudul The Pink Panther 2 (2009) dan Bride and Prejudice (2004).

2. Reita Faria (1966)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 12

Jauh sebelum Aishwarya Rai memenangkan mahkota Miss World, ada Reita Faria adalah perwakilan kelima yang dikirim India. Reita Faria dikirim untuk mengikuti ajang Miss World di tahun 1966, dimana India saat itu sudah tiga tahun absen. Siapa sangka Reita Faria berhasil membawa pulang mahkota Miss World untuk pertama kalinya ke India.

Reita Faria yang lahir pada 23 Agustus 1943, sebelumnya berprofesi sebagai seorang dokter dan model. Hebatnya, Reita Faria kala itu menjadi perwakilan Asia pertama yang memenangkan title Miss World. Dalam ajang itu Reita juga memenangkan kategori “Best in Swimsuit” dan “Best in Evening Wear” dengan memakai Saree khas India.

3. Diana Hayden (1997)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 14Sumber: beautypageants.indiatimes.com

Setelah kemenangan Aishwarya Rai, India tentu menginginkan mahkota Miss World dibawa pulang ke India lagi. Tak berhasil back to back di tahun 1995 dan hanya menempati top 5 di tahun 1996, India kembali membawa pulang mahkota di tahun 1997. Diana Hayden seorang host televisi dan juga model kelahiran Hyderabad ini berhasil memenangkan Miss World ke-47 yang diadakan di Seychelles.

Berawal dari rekomendasi seorang teman, Diana berhasil menempati posisi kedua dalam pagelaran Femina Miss India. Diana Hayden berhasil mengalahkan 86 kontestan asal negara lainnya dan dinobatkan sebagai Miss World. Diana berhasil menjawab salah satu pertanyaan paling tricky dan memenangkan gelar Miss Photogenic and Spectacular Swimwear.

4. Yukta Mookhey (1999)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 16Sumber: beautypageants.indiatimes.com

Kesuksesan India di Miss World terulang kembali di tahun 1999, dimana Yukta Mookhey seorang aktivis sosial dan model membawa pulang mahkota. Yukta dikirim untuk menjadi delegasi India dalam pagelaran Miss World ke-49 yang di adakan di London. Yukta berhasil bersaing dengan 93 wanita lainnya yang mengikuti ajang ini pada saat itu.

Yukta Mookhey memang tidak seterkenal Aishwarya Rai atau mantan Miss World lainnya asal India. Selepas menyelesaikan tugasnya sebagai Miss World, Yukta sangat giat mengikuti berbagai kegiatan sosial. Yukta diketahui bekerja untuk membantu penderita HIV/AIDS, kanker payudara dan thalasemia di india. Dikutip dari Wikipedia, Yukta berjanji akan menyumbangkan organnya dengan mengatakan “Langkah ini akan menguntungkan seseorang ketika saya meninggal”.

5. Priyanka Chopra Jonas (2000)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 18Sumber: headtopics.com

Berhasil back to back membawa pulang mahkota, di tahun 2000 Priyanka Chopra berhasil dinobatkan sebagai Miss World ke-48. Priyanka Chopra yang kini menikah dengan penyanyi terkenal dunia Nick Jonas sejak tahun 2018, adalah salah satu artis paling terkenal di India. Priyanka dikenal sebagai salah satu artis termahal dan paling stylish di Bollywood, bahkan berhasil go internasional.

Tak hanya berkarir di dunia akting saja, Priyanka juga dikenal sebagai penyanyi yang berbakat. Berdasarkan Wikipedia, Priyanka pernah berduet dengan rapper Amerika Pitbull di single “Exotic”. Karirnya di dunia perfilman Amerika juga tidak bisa dipandang remeh, di tahun 2015 Priyanka bermain dalam serial Quantico. Priyanka mendapatkan komentar positif untuk perannya sebagai Alex Parrish di drama thriller itu.

6. Manushi Chhillar (2017)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 20Sumber: thehindu.com

Setelah 16 tahun gagal di Miss World, akhirnya India dapat kembali mendaratkan mahkota Miss World lewat Manushi Chhillar di tahun 2017. Gadis kelahiran Rohtak 14 Mei 1997 ini berhasil memenangkan kategori “Beauty with Purpose” kala itu. Kemenangan Manushi Chillar ini jelas disambut dengan sangat meriah, setelah terakhir Priyanka memenangkan title ini.

Selepas menjalankan tugasnya sebagai Miss World, Manushi Chhillar juga mengikuti jejak kedua seniornya berkarir di Bollywood. Manushi Chhillar akan memulai debutnya dalam film kolosal berjudul Prithviraj yang akan tayang di tahun 2021 mendatang. Di film ini Manushi akan disandingkan dengan aktor ternama Akshay Kumar, jadi kita tunggu saja bagaimana aktingnya di tahun 2021.

7. Sushmita Sen (1994)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 22Sumber: photogallery.indiatimes.com

Setelah perjalan panjang di Miss World, kini kita akan membicarakan kesuksesan India di ajang pageant terkenal lainnya yaitu Miss Universe. Dimulai dari tahun 1964, India baru mendapatkan kemenangan pertamanya di Miss Universe tahun 1994. Kala itu Sushmita Sen menjadi perwakilan yang dikirim ke Filipina dan berhasil menjadi perwakilan India pertama yang dimahkotai gelar Miss universe.

Sushmita Sen saat itu baru berusia 18 tahun dan berhasil membawa pulang The Chandelier Crow ke India. Uniknya Sushmita Sen kembali datang ke Filipina di tahun 2016 untuk menjadi juri pada perhelatan Miss Universe. Sushmita Sen juga berkarir di Bollywood dan berhasil memenangkan Filmfare Awards “Best Supporting Actress” tahun 2000.

8. Lara Dutta (2000)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 24Sumber: dnaindia.com

Kemenangan terakhir India di ajang Miss Universe dipersembahkan oleh Lara Dutta tahun 2000. Lara Dutta berhasil mengungguli semua delegasi dari berbagai negara yang mengikuti kontes kala itu. Lara Dutta juga diketahui berhasil mendapatkan nilai tertinggi sepanjang sejarah Miss Universe. Lara memimpin dalam kompetisi pakaian renang dan seluruh kompetisi individu.

Hebatnya, tahun 2000 India berhasil mendaratkan tiga mahkota ajang pageant bergengsi lainnya. Ada Priyanka Chopra di Miss World dan Dia Mirza yang memenangkan Miss Asia Pasific kala itu. Tahun 2000 menjadi tahun paling sukses dalam ajang pageant tapi kemenangan terakhir di Miss Universe. Lara Dutta juga dikenal sebagai salah satu artis Bollywood terseksi dan berprestasi.

9. Nicole Faria (2010)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 26Sumber: indiatimes.com

Berpindah ke ajang Miss Earth, India hanya berhasil sekali saja membawa mahkota Miss Earth di tahun 2010. Kala itu India diwakili oleh Nicole Faria, seorang artis dan model yang sudah terkenal dan sering menghiasi cover majalah ternama. Di kutip dari Wikipedia, di tahun 2018, Nicole mendapatkan penghargaan dari Presiden India yaitu Ram Nath Kovind karena prestasinya di Miss Earth.

Miss Earth sendiri adalah salah satu ajang kecantikan yang bertemakan lingkungan internasional tahunan. Ajang pageant ini berkonsentrasi untuk mempromosikan kesadaran akan lingkungan, konservasi dan tanggung jawab sosial. Kompetisi ini masuk dalam Big Four International Beauty Pageants selain Miss World, Miss Universe dan Miss International.

10. Asha Bhatt (2014)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 28Sumber: nickverrreos.blogspot.com

Beralih ke ajang Miss Supranational, pada kontes yang baru dimulai sejak tahun 2009 India berhasil membawa kemenangan sebanyak dua kali. Asha Bhatt yang pertama kali membawa mahkota Miss Supranational ke India di tahun 2014. Tentunya ini disambut antusias oleh masyarakat India kala itu. 

Asha yang dikirim ke Polandia saat itu berhasil juga memenangkan kategori Best in talent saat itu. Asha Bhatt sendiri adalah seorang model kelahiran Bhadravati 5 September 1992 dan memenangkan banyak kategori lainnya di ajang ini.

11. Srinidhi Ramesh Shetty (2016)

11 Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia 30

Kembali mengikuti ajang Miss Supranational, Srinidhi Ramesh Shetty berhasil membawa mahkota kembali ke India. Srinidhi menjadi perwakilan India di tahun 2016, setelah gagal back to back di tahun 2015. Srinidhi Ramesh Shetty lahir di Mangalore 21 Oktober 1992, ia bahkan sudah mengikuti ajang pageant lainnya di India sejak tahun 2015.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Miss Supranational, Srinidhi dikabarkan mulai mendapatkan banyak tawaran film. Srinidhi memulai karirnya di dunia akting dalam film berjudul K.G.F (2018) yang sukses di pasaran film berbahasa Kannada. Kabarnya film ini juga akan dibuatkan sekuel kedua nya, ia juga akan memulai debutnya di film Tamil dengan Vikram dalam film berjudul Cobra.

Ternyata India cukup sukses dalam ajang pageant dunia yah, terutama Miss World yang sudah enam kali menang. Indonesia juga pernah mendapatkan gelar Miss Grand International tahun 2016, dan semoga kita bisa mendapatkan gelar lainnya di masa depan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram