bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah 9 Rekomendasi Merk Racun Rumput Paling Ampuh

Inilah 9 Rekomendasi Merk Racun Rumput Paling Ampuh

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Maret 2021

Bagi pemilik rumah, rumput liar atau gulma adalah musuh yang dapat mengganggu keindahan. Tak hanya itu. Rumput juga dapat merusak bangunan dan menjadikannya terlihat kotor sehingga tampak menyeramkan. Rumah dengan rumput liar tentu tidak akan nyaman ditinggali. Ia juga akan mengundang hewan-hewan liar hidup di sini. Tentu ini akan membahayakan penghuni rumah.

Sayangnya, pertumbuhan rumput liar ini sangat cepat. Ia dapat tumbuh di sela-sela taman, paving block atau rekahan dinding yang kemudian akan menyebabkan dinding pecah. Untuk menanggulangi rumput liar, ada cara yang dapat kamu praktekkan, yakni dengan cara tradisional dan menggunakan cairan pembasmi rumput.

Membasmi Rumput dengan Cara Konvensional

Membasmi Rumput dengan Cara Konvensional

Namun, sebelum itu kamu perlu mengenali jenis-jenis rumput liar atau gulma yang biasa rumput liar di sekitar rumahmu. Gulma si rumput pengganggu terdiri dari beberapa jenis, yaitu gulma golongan rumput yang berupa alang-alang, rumput  japang, cynodon dactylon dan masih banyak lagi.

Ada pula gulma golongan rumput teki yang batangnya berbentuk segitiga, bulat dan tak berongga. Terakhir, ada gulma berdaun lebar yang umumnya merambat pada media di mana ia tumbuh.

Gulma-gulma dapat dibasmi dengan cara tradisional. Yang dimaksud dengan membasmi rumput liat dengan cara tradisional adalah dengan menyiangi secara rutin. Dengan begitu pertumbuhan rumput akan terhenti dan rumput tidak akan tumbuh tinggi merusak keindahan rumahmu.

Jika kamu tidak cukup sabar untuk menyiangi rumput liar di tamanmu kamu dapat menggunakan beberapa benda untuk menghentikan pertumbuhan si rumput pengganggu. Misalnya saja dengan bahan yang ada di rumah, seperti:

  • Garam

Garam

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar bahwa garam dapat mengusir ular seperti yang ditayangkan dalam cerita-cerita film Bollywood. Sayangnya, itu hanya mitos. Sebab faktanya ular tidak takut garam. Bahkan kulitnya licin dan garam tidak akan menempel pada kulit ular.

Garam mungkin saja tidak mempan terhadap ular, namun garam ampuh kok untuk membasmi rumput liar. Kamu tinggal menaburkan garam di atas rumput liar yang mengganggu lalu biarkan beberapa saat sampai garam menjadi basah.

Perlahan-lahan garam akan menyerap air di dalam rumput sehingga lama-kelamaan rumput liar tersebut akan mengering kemudian mati. Setelah itu kamu akan mudah mencabuti rumput-rumput itu nanti.

  • Bensin

Bensin

Paduan bensin dan garam akan menghasilkan satu cairan pembasmi rumput liar yang ampuh. Tambahkan pupuk urea dan sabun cuci cair agar hasil lebih maksimal. Keempat  bahan ini akan menyatu menjadi pembasmi rumput sehingga kamu tidak perlu susah payah menyiangi rumput di sekitar rumah.

Masukan keempat bahan tersebut ke dalam botol spray agar lebih mudah mendistribusikan cairan racun rumputnya. Ada yang perlu kamu ingat. Membasmi rumput liar dengan cairan ini sedikit berisiko mencemari tanaman lain dan juga tanah.

Jadi, jika kamu berniat menciptakan racun rumput sendiri dari bahan-bahan tersebut, sebaiknya kamu berhati-hati. Jangan sampai tanaman lain mati terkena cairan racun.

  • Cuka

Cuka

Selain kedua bahan yang sering dijumpai di rumah, kamu bisa menggunakan cairan cuka untuk membasmi rumput. Cairan yang lazim digunakan untuk memasak ini mempunyai kandungan yang dapat merusak rumput bahkan membuatnya mati.

Cairan cuka dan sabun cuci piring adalah campuran yang bagus untuk membuat rumput berhenti tumbuh. Masukan cuka dan cairan sabun cuci piring ke dalam botol spray, lalu aduk rata. Setelah itu semprotkan pada rumput yang ini kamu basmi.

Merk Racun Rumput Paling Ampuh

Selain dengan bahan-bahan tersebut, kamu dapat membasmi rumput liar dengan menggunakan cairan kimia. Cairan ini memang lebih efektif dan praktis sebab rumput dapat dibasmi sampai ke akarnya. Racun rumput yang paling ampuh dan banyak tersedia di pasaran adalah sebagai berikut:

1. Roundup Weed & Grass Killer Concentrate Plus

Roundup Weed & Grass Killer Concentrate Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Racun rumput satu ini merupakan merk yang paling terkenal di antara para petani dan pekebun. Racun rumput ini diciptakan untuk membasmi rumput yang paling bandel sekalipun sampai akarnya. Cara mengaplikasikan rumput ini adalah dengan dimasukkan ke dalam tanki penyemprot.

Racun rumput dan tanki penyemprot ini dijual terpisah. Kamu bisa mendapatkan tanki seperti itu di toko-toko peralatan pertanian. Kamu bisa mengaplikasikan racun rumput ini pada pohon, semak-semak dan bunga.

Karena itu, kamu dapat menyemprotkan cairan tersebut jika rumput liar tumbuh pada petak tanamanmu. Cairan tersebut juga dapat disemprotkan pada gang di rumahmu, pekarangan dan jalan kecil sesuai keinginanmu.

Cairan ini pun memungkinkan untuk disemprotkan pada area berbatu dan petakan jerami di mana rumput-rumput dapat tumbuh di area yang tidak diinginkan.

Racun rumput Roundup Weed & Grass Killer diciptakan dengan teknologi canggih yang dapat membasmi rumput liar dalam hitungan jam. Hasilnya dapat kamu lihat setelah 12 jam penyemprotan racun rumput.

Racun rumput ini pun tahan air. Maksudnya, kamu dapat menyiram tanaman setelah 30 menit dari penyemprotan racun rumput.

Kisaran harga: Rp 20.000 - Rp 53.000

2. Southern Ag 2,4-D Amine Weed Killer

Southern Ag 2,4-D Amine Weed Killer

Dapat dipastikan bahwa racun rumput ini adalah satu dari racun rumput pilihan yang terbaik. Produk ini adalah racun rumput selektif terbaik yang dapat membersihkan lahanmu dari rumput-rumput liar yang mengahalangi.

Produk ini tidak akan menyentuh rumput dan akan langsung menyerang rumput liar yang berdaun lebar seperti dandelion, poison ivy, sampai semanggi. Jika kamu menginginkan rumput-rumput liar tersebut musnah, kamu dapat menggunakan produk ini.

Produk ini hanya akan menghilangkan rumput-rumput liar yang tidak kamu inginkan tanpa menyentuh tanaman berharga kesayanganmu. Itulah kenapa racun ini diberi nama Selective Weed Killer.

Southern Ag 2,4-D Amine Weed Killer menciptakan racun rumput yang bekerja dengan efektif hanya pada rumput-rumput di lahanmu. Jika kamu ingin petak tamanmu tetap indah tanpa adanya rumput dan tanaman pengganggu lainnya, kamu dapat menggunakan produk ini untuk membasmi mereka.

Kisaran harga: Rp 381.000 - Rp 802.000

3. Compare-N-Save Grass And Weed Killer – Best Budget Weed Killer Solution

Compare-N-Save Grass And Weed Killer – Best Budget Weed Killer Solution

Berbicara mengenai membunuh hama tanaman berupa gulma dan rumput-rumput liar lainnya, kamu tak bisa melewatkan produk ini. Gulma dan tanaman pengganggu akan lenyap dari halaman dan taman kesayanganmu.

Compare-N-Save Grass And Weed Killer adalah racun rumput yang membasmi rumput tanpa pandang bulu. Sekali kamu menyemprotkan produk ini, tanaman yang terkena cairannya akan mengering dan mati.

Kehebatan cairan ini terletak pada cairan konsentrasi yang terdiri dari 41% formula glifosat. Produk tersebut bekerja dengan efektif mencegah protein yang dibutuhkan oleh rumput untuk tumbuh. Setelah pemakaian, mungkin kamu mengharapkan hasilnya akan langsung terlihat.

Tenang saja. Herbisida ini dapat terlihat hasilnya dalam waktu 2 atau 4 hari. Tidak hanya rumput, namun tunas yang baru muncul ikut hilang selamanya. Racun ini dapat membasmi rumput yang telah tumbuh menahun dan abadi.

Setelah diberikan racun rumput ini kamu tidak akan melihat tanaman pengganggu lagi di lahan atau kebunmu.

Kisaran harga: Rp 240.000 - Rp 902.000

4. Starlon Racun Rumput

Starlon Racun Rumput

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Racun rumput berikutnya adalah starlon 665 ec, jenis racun rumput yang dibuat dengan bahan aktif triklopir BEE. Bahan ini diciptakan dengan menggunakan teknologi emulsifier modern dan mampu menanggulangi gangguan rumput liar yang mengganggu, semak belukar dan gulma berkayu keras.

Formula Starlon adalah yang terbaik dan stabil, jadi aman jika terpapar sinar matahari dan tidak akan mengendap jika disimpan. Produk ini dapat dicampur dengan racun rumput glifosat (racun yang dapat mematikan semua jenis tanaman) untuk memperluas pengendalian rumput liar.

Kisaran harga: Rp 50.000 - Rp 75.000

Baca juga: Cara Membasmi Rumput Liar agar Tidak Tumbuh Lagi

5. Gramoxone

Gramoxone

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Racun rumput ini bersifat kontak, yakni racun yang dapat bekerja pada bagian tanaman yang terkena senyawa racun. Cairan jenis ini mengganggu tanaman untuk berfotosintesis sehingga tanaman tidak dapat mendapat makanan.

Gramoxone adalah racun rumput yang berbentuk cairan berwarna hijau tua. Produk ini sangat baik dalam mengendalikan gulma berdaun lebar, anakan kelapa sawit, rumput jenis teki yang biasa muncul pada hutan tanaman industri, perkebunan, padi, sayuran dan lahan lainnya.

Perhatikan cara pemakaian produk ini untuk menghindari keracunan yang mungkin terjadi melalui kulit, mulut dan pernafasan.

Kisaran harga: Rp 25.000 - R p355.000

6. Dma 6 825SL

Dma 6 825SL

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Racun rumput berikut ini punya kandungan bahan aktif yang terdiri dari 2-4-d dimetil amina 825g/i DMA. Racun rumput ini adalah sejenis racun sistemik yang berbentuk cairan berwarna coklat muda. Racun ini ampuh mengendalikan gulma berdaun lebar dan rumput jenis teki.

Dapat pula digunakan pada tanaman padi. Namun, jika menggunakan racun ini pada padi, padi tersebut akan mengalami fase stress. Namun, beberapa waktu kemudian padi akan tumbuh normal kembali.

Kisaran harga: Rp 30.000 - Rp 130.000

7. Dupont Ally Plus 77wp

Dupont Ally Plus 77wp

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kamu memerlukan racun rumput untuk membasmi gulma di sawah? Nah, ini dia racun rumput yang ampuh untuk kondisi tanah basah seperti sawah. Dupont Ally Plus 77WP ini adalah herbisida pra-tumbuh dan purna tumbuh yang bersifat selektif.

Racun rumput ini berbentuk tepung berwarna putih yang bisa disuspensikan ke dalam air pada tanaman padi, lahan atau tanah tanpa tanaman dan sawah yang tengah berada dalam tahap persiapan tanam.

Kisaran Harga: Rp 10.000 - Rp 25.000

8. Lindomin 865sl

Lindomin 865sl

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lindomin 865sl adalah racun rumput purna tumbuh yang dibuat dalam bentuk larutan yang mudah larut dalam air. Racun rumput ini berspektrum luas dan termasuk ke dalam herbisida yang bersifat seletif, yaitu memilih tanaman yang hendak dihilangkan.

Racun rumput ini efektif terhadap rumput liar terutama gulma berdaun lebar. Keunggulan lain dari produk ini adalah bahan aktifnya yang mengandung zat berbahaya paling rendah di dunia.

Kisaran harga: Rp 23.000 - Rp100.000

9. Noxone

Noxone

Cek Harga di Shopee

Noxone adalah jenis herbisida yang berbentuk larutan dalam air. Racun rumput ini adalah salah satu pilihan terbaik racun rumput yang dapat membersihkan lahan tanpa tanaman, penyiangan pada tanaman tebu, kelapa sawit, jagung, kako dan padi.

Kisaran harga: Rp 25.500 - Rp 140.000

Itu dia beberapa rekomendasi racun rumput yang bisa kamu gunakan untuk membasmi rumput liar membandel di lahan kebun atau pekarangan rumahmu. Untuk racun rumput yang menggunakan bahan kimia sebaiknya gunakan dengan bijak dan hati-hati. Sebab jika penggunaannya salah racun tersebut dapat merusak kesuburan tanah. Berhati-hatilah!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram