bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Animasi / 10 Karakter Putri Disney Paling Ikonik Sepanjang Masa

10 Karakter Putri Disney Paling Ikonik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 25 Desember 2020

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata “putri”, “princess” atau “Disney”? Mungkin ingatanmu akan kembali ke masa kecil Bersama memori para putri Disney yang cantik dan anggun, kehidupan istana, atau kisah cinta bahagia selamanya. Tak dipungkiri, Disney memang memiliki banyak karakter fiksi dengan kriteria semacam itu.

Semenjak didirikan pada tahun 1923, Walt Disney Company telah memproduksi banyak judul film. Beberapa film Disney juga cukup identik dengan karakter putri raja dan berhasil menjadi karakter yang begitu ikonik serta dikenang sepanjang masa. Berikut 10 karakter putri Dinsey yang paling ikonik untuk membuatmu bernostalgia dengan masa kecilmu.

1. Snow White

Snow White

Snow White atau Putih Salju merupakan karakter fiktif dan tokoh utama dari film animasi pertama yang diproduksi oleh Walt Disney, yaitu Snow White and The Seven Drawfs di tahun 1937. Karena film ini merupakan film animasi pertama Disney, maka Snow White juga sering disebut sebagai anggota pertama dari kelompok Disney Princess.

Karakter Snow White diangkat dari dongeng Eropa koleksi Grimm bersaudara. Snow White digambarkan sebagai seorang gadis berumur 14 tahun dengan bibir semerah mawar, rambut sehitam eboni, dan kulit seputih salju. Ia merupakan putri kerajaan, namun ibu tirinya sang ratu jahat membuatnya terusir dari istana dan tinggal bersama 7 kurcaci di hutan.

2. Cinderella

Cinderella

Siapa yang tidak kenal tokoh Cinderella dengan sepatu kacanya yang melegenda?. Versi animasi film Cinderella diproduksi oleh Disney pada tahun 1950 dan diangkat menjadi film live-action di tahun 2015. Cinderella digambarkan sebagai wanita cantik berambut pirang dengan mata biru berpendar.

Cinderella merupakan sosok yang begitu baik hati meskipun ia selalu diperlakukan semena-mena oleh ibu tiri dan dua kakak tirinya. Hingga akhirnya sebuah keajaiban membuat Cinderella bisa pergi ke pesta dansa dan bertemu sang pangeran. Namun keajaiban tersebut hanya bertahan hingga tengah malam.

3. Ariel

Ariel

Ariel merupakan karakter fiksi dari film animasi Disney berjudul The Little Mermaid yang rilis pada tahun 1989. Ia merupakan sosok putri duyung sekaligus anak dari Raja Triton, sang raja di lautan. Ariel merupakan sosok yang penuh rasa ingin tahu, termasuk pada dunia manusia. Namun ayahnya selalu berkata bahwa dunia manusia adalah dunia jahat dan berbahaya.

Ariel juga dikenal memiliki suara yang indah dan merdu. Suatu hari, Ariel menyelamatkan Pangeran Eric, seorang manusia yang hendak tenggelam. Ia kemudian jatuh cinta pada Eric. Demi bisa kembali bertemu dengan pangerannya itu, Ariel mendatangi penyihir jahat untuk bisa mendapatkan kaki manusia dan menukarnya dengan suara merdunya.

4. Belle

Belle

Belle adalah karakter utama dari film Beauty and the Beast yang diproduksi pada tahun 1991. Disney juga mengangkat film ini dalam versi live-action pada tahun 2017. Beauty and the Beast diangkat dari sebuah dongeng Prancis yang sudah ada sejak 1740. Dalam versi Disney, Belle digambarkan sebagai seorang gadis yang tinggal di desa kecil Bersama ayahnya.

Meskipun tinggal di desa kecil, Belle merupakan sosok yang cerdas dan selalu haus ilmu pengetahuan. Ia juga dikenal sebagai kutu buku yang cantik di desa tersebut. Suatu hari, Belle mengorbankan dirinya untuk tinggal bersama monster yang disebut Beast demi membebaskan ayahnya. Di akhir cerita, mereka berdua justru saling jatuh cinta.

5. Aurora

Aurora

* sumber: princess.disney.com

Aurora adalah karakter putri Disney dari film Sleeping Beauty yang dirilis tahun 1959. Karakter Aurora berasal dari dongeng Prancis yang diciptakan oleh Charles Perrault. Ia digambarkan sebagai sosok putri raja yang cantik yang lahir dengan iringan kebahagiaan dari seluruh kerajaan, kecuali satu penyihir jahat yang mengutuknya.

Kutukan itu menyebut bahwa Aurora akan mati tertusuk jarum di usia 17. Kutukan tersebut kemudian diubah oleh seorang penyihir terakhir agar Aurora hanya akan tertidur hingga seorang pangeran menciumnya. Di usia 17, Aurora akhirnya benar-benar tertusuk jarum dan menjalani tidur panjang hingga sang pangeran datang untuk menciumnya.

Baca juga: 15 Film Live Action Terbaik yang Dibuat oleh Disney

6. Mulan

Mulan

Fa Mulan atau Mulan adalah sosok putri Disney yang terinspirasi dari tokoh sejarah Hua Mulan, seorang prajurit Tiongkok dari syair Ballad Mulan. Versi animasi film Mulan dirilis Disney pada tahun 1998 sementara versi live-actionnya dirilis tahun 2020. Mulan adalah anak dari veteran perang yang dikenal sebagai gadis pemberani dan ahli berperang.

Suatu hari, kaisar memerintahkan setiap keluarga di Tiongkok mengirimkan satu laki-laki mereka untuk menjadi prajurit perang. Mulan kemudian menggantikan tugas ayahnya dengan menyamar menjadi pria dan pergi ke medan perang, meskipun hal ini berarti membuatnya melanggar tradisi dan hukum.

7. Rapunzel

Rapunzel

Putri Rapunzel sangat identik dengan rambut panjangnya yang indah dan menjuntai. Karakter ini juga diangkat dari dongeng milik Grimm bersaudara. Dalam versi Disney, Rapunzel adalah tokoh utama dalam film Tangled yang dirilis tahun 2010. Ia merupakan putri dari kerajaan Korona yang ditahan dalam sebuah menara oleh ibu tirinya.

Ibu tiri Rapunzel mengurungnya karena ia memiliki kekuatan ajaib dalam rambut emasnya yang mampu bersinar. Selama bertahun-tahun, Rapunzel hanya bisa membayangkan dunia di luar menara. Hingga akhirnya ia bertemu seorang pencuri bernama Flynn Ryder yang membawanya berpetualang dan menemukan jati dirinya yang sebenarnya.

8. Jasmine

Jasmine

Jasmine merupakan sosok putri yang muncul dalam film animasi Disney berjudul Aladdin di tahun 1992. Di tahun 2019, Disney juga merilis versi live-action dari film Aladdin ini. Kisah Aladdin dan Jasmine diangkat dari cerita rakyat seribu satu malam Aladdin dan Lampu Ajaib yang berasal dari negeri Timur Tengah.

Jasmine digambarkan sebagai sosok putri dari kerajaan Agrabah yang penuh semangat dan sudah bosan dengan kehidupan istana. Ia seharusnya menikahi pangeran sesuai dengan tradisi kerajaan, namun Jasmine justru jatuh cinta pada seorang pencuri bernama Aladdin yang kemudian membawanya dalam petualangan ajaib bersama permadani terbangnya.

9. Elsa

Elsa

Elsa merupakan karakter fiktif dari film Frozen yang rilis tahun 2013. Karakter Elsa diangkat dari tokoh The Snow Queen yang ada dalam dongeng Denmark karya Hans Christian Andersen. Dalam film Disney, Elsa digambarkan sebagai putri dari kerajaan Arendelle yang kemudian diangkat menjadi ratu Arendelle setelah kedua orang tuanya meninggal.

Sejak kecil. Elsa memiliki sebuah kekuatan magis untuk membuat serta memanipulasi es dan salju. Elsa kecil yang tidak bisa mengendalikan kekuatan tersebut kemudian menutup diri dari sekitarnya. Pada hari penobatan, ia kembali tak bisa mengendalikan kekuatannya yang membuat Arendelle diselimuti musim dingin tak berkesudahan.

10. Anna

Anna

Sama seperti Elsa, Anna merupakan karakter putri Disney yang berasal dari film Frozen. Ia merupakan putri Arendelle sekaligus adik dari Elsa. Anna digambarkan sebagai sosok putri yang ramah, periang, dan selalu bersemangat. Karakternya adalah kebalikan dari sang kakak yang begitu pendiam dan menutup diri.

Pada hari penobatan kakaknya, Anna mengungkapkan maksudnya untuk menikahi Pangeran Hans, sosok yang baru saja ditemuinya. Hal tersebut membuat Elsa tak bisa mengendalikan kekuatannya dan membuat Arendelle terjebak dalam musim dingin. Anna kemudian memulai petualangan untuk mencari sang kakak dan menyelamatkan Arendelle.

Itulah 10 karakter putri Disney yang begitu ikonik sepanjang masa. Dari 10 karakter tersebut, manakah putri Disney favoritmu? Ceritakan alasanmu menyukai putri Disney idolamu itu di kolom komentar yuk!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram