Bacaterus / Kiat Menstabilkan Putaran Mesin Cuci Bukaan Atas

Kiat Menstabilkan Putaran Mesin Cuci Bukaan Atas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbeda dari tabung mesin cuci bukaan depan yang berputar secara vertikal, tabung mesin cuci bukaan atas berotasi secara horizontal atau menyamping. Gerakan ini menjadi alasan mesin cuci bukaan atas lebih mudah bergetar atau bahkan berguncang jika muatan di dalam tabungnya tidak seimbang.

Faktor-faktor seperti berat dan susunan muatan, permukaan lantai, serta obyek-obyek di sekeliling mesin cuci berpengaruh pada stabilitas putaran mesin cuci. Jika faktor-faktor tersebut tidak terbukti sebagai penyebab dalam kasus tertentu di mana mesin cuci berguncang tak terkontrol, baca buku petunjuknya untuk mengetahui kemungkinan penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci atau hubungi bagian layanan pelanggan produsen mesin cuci. Situs-situs kredibel yang fokus pada cuci-mencuci, seperti situs Rinso, menyajikan info cara memperbaiki mesin cuci.

Meskipun mesin cuci memiliki kemampuan mendeteksi muatan di dalamnya yang tidak seimbang dan kemudian menyeimbangkannya menggunakan air, campur tangan penggunanya diperlukan untuk meringankan kerja mesin pintar ini. Perhatikan faktor-faktor berikut ini.

1.Taruh di Tempat Datar

Tempatkan mesin cuci di lokasi yang datar di atas permukaan lantai yang rata. Kemiringan pada permukaan lantai berpengaruh pada keseimbangan pijakan bodi mesin cuci dan pada tingkat getaran saat tabungnya berotasi.

2. Bersihkan Sekeliling Mesin Cuci

Sebelum mengisi mesin cuci bukaan atas dengan pakaian atau kain yang akan dicuci, pastikan area di sekeliling mesin cuci bersih dari benda-benda kecil yang berceceran, termasuk kabel mesin cuci itu sendiri. Dengan begitu, ketika berguncang, mesin cuci tidak akan menginjak benda-benda tersebut sehingga getarannya akan semakin keras.

3. Pisahkan Beberapa Jenis Pakaian

Karena terburu-buru, tidak paham, atau tidak peduli, kebanyakan orang melempar segala jenis pakaian dan kain-kain besar seperti handuk dan seprai begitu saja ke dalam mesin cuci secara bersamaan, tanpa menyadari pentingnya memuati tabung mesin cuci yang benar.

Memuati tabung mesin cuci secara tidak benar bisa menyebabkan ketidakseimbangan di dalamnya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan getaran seluruh bodi mesin cuci secara tak terkendali dan memengaruhi kemampuan mencucinya.

4. Periksa Saku Baju dan Celana

Cek kantong-kantong baju dan celana untuk memastikan kosong. Benda-benda seperti penjepit kertas, koin, kunci, atau bolpoin dapat merusak mesin cuci dan bahan yang dicuci.

5. Seimbangkan kapasitasnya

mesin cuci

Untuk mencegah guncangan berlebihan, hindari mencuci hanya satu potong pakaian sendirian, kecuali untuk pakaian yang tebal seperti jaket, atau kain-kain lebar seperti seprai, selimut, taplak meja besar, atau gorden. Sebarkan muatan tunggal ini secara merata di dasar tabung mesin cuci agar seimbang.

6. Kondisikan Muatan

Tidak masalah mencampur kain-kain besar dengan pakaian-pakaian kecil bersamaan dalam satu putaran pencucian asalkan kain yang besar tidak melebihi setengah total muatan cucian. Dengan demikian, lembaran-lembaran yang kecil tidak akan tersembunyi di antara lilitan kain yang besar.

7. Masukkan Kain Besar Terlebih Dahulu

Masukkan kain-kain besar atau tebal sebelum pakaian-pakaian yang lebih kecil. Kain-kain besar sebaiknya ditempatkan di paling bawah susunan muatan sehingga berada di dasar tabung mesin cuci. Setelah itu baru pakaian-pakaian kecil ditaruh di atasnya untuk mendapatkan hasil optimal.

8. Distribusikan Kain Berat dan Ringan

Distribusikan bahan katun yang lebih ringan dan bahan-bahan yang lebih berat di dalam tabung mesin cuci untuk meratakan beban muatan.

Jika putaran mesin cuci tetap tidak stabil dan berguncang, hubungi ahli reparasi yang tahu cara memperbaiki mesin cuci atau klaim garansi dari toko/produsennya. Mengikuti tips sederhana ini akan membantu menstabilkan putaran tabung dan mengendalikan guncangan ketika mesin cuci sedang bekerja.  Pada akhirnya, mesin cuci yang bekerja secara seimbang akan lebih tahan lama dan menghasilkan cucian bersih yang optimal.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *