Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jakarta / 10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu yang Sangat Memesona

10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu yang Sangat Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Warga Jakarta dan sekitarnya pasti sudah sangat familiar dengan Kepulauan Seribu. Ya, Kepulauan Seribu adalah destinasi wisata favorit bagi warga ibu kota. Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk berlibur di pantai, cukup menyeberang dari dermaga wisata Marina Ancol untuk menuju ke Kepulauan Seribu.

Meskipun namanya adalah Kepulauan Seribu, tapi jumlah pulau di sini tidak mencapai seribu. Terdapat 342 pulau di Kepulauan Seribu, termasuk pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi atau tidak. Nah, di antara ratusan pulau yang ada, ternyata ada 10 pulau terindah di Kepulauan Seribu yang menjadi favorit wisatawan. Penasaran? Yuk, baca ulasan lengkapnya dari Bacaterus!

10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu

1. Pulau Macan

Pulau Macan Pulau Terindah di Kepulauan Seribu

* sumber: krjogja.com

Ketika membahas tentang pulau terindah di Kepulauan Seribu rasanya tidak lengkap jika tidak memasukkan Pulau Macan. Boleh dibilang bahwa Pulau Macan adalah pulau eksklusif di Kepulauan Seribu. Tidak semua pengunjung bisa memiliki akses ke pulau ini karena ada batasan kuota pengunjung setiap hari.

Di pulau ini terdapat resort yang pemandangannya menghadap langsung ke pantai. Anda akan terbangun di pagi hari sambil mendengar suara deburan ombak dan lanjutkan menikmati sarapan di meja dan kursi yang sengaja diletakkan langsung di atas air laut.

Perairan di sekitar Pulau Macan sangat jernih dan mengundang siapa saja untuk berenang. Pengunjung bisa snorkeling atau coral planting ketika berada di Pulau Macan.

2. Pulau Ayer

Pulau Ayer

* sumber: nusatour.co.id

Percayalah Anda tidak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk merasakan sensasi menginap di floating cottage. Di Pulau Ayer sudah ada penginapan serupa dengan tarif yang tentu saja lebih mudah dibanding di Maldives. Terdapat sekitar 33 cottage di atas air yang siap menjadi penginapan Anda selama di Pulau Ayer.

Kapan lagi Anda bisa merasakan sensasi bangun di atas floating cottage yang berada di laut? Air di sekitar Pulau Ayer juga terbilang jernih sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan berenang bebas di bawah cottage Anda.

3. Pulau Bira

Pulau Bira

* sumber: tandapagar.com

Dari sekian banyak pulau terindah di Kepulauan Seribu nampaknya Pulau Bira masih kalah familiar dengan Pulau Macan, Pulau Tidung, atau Pulau Putri. Padahal, pesona yang ditawarkan oleh Pulau Biru ini pasti akan mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya.

Pulau Bira adalah tempat terbaik untuk snorkeling. Air lautnya yang sangat bersih dan jernih membuat siapa pun tak tahan untuk berenang bersama ikan-ikan di laut. Selain itu, pasir putih di pantai pulau ini masih sangat bersih. Bagi yang suka foto-foto, Pulau Bira adalah tempat yang sangat Instagenic.

4. Pulau Putri

Pulau Putri

* sumber: www.exploreseribu.com

Tak hanya sekedar indah, Pulau Putri adalah pulau yang benar-benar memanjakan para wisatawan. Bagaimana tidak, di pulau ini ada beragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, mulai dari water sliders yang membawa Anda langsung terjun ke dalam laut, aquarium tunnel yang merupakan akuarium raksasa di bawah laut, sampai dengan glass bottom boat yakni perahu yang memungkinkan Anda melihat alam bawah laut tanpa harus berenang dan basah-basahan.

Pulau Putri adalah salah satu pulau favorit wisatawan. Jumlah wisatawan yang datang ke Pulau Putri ini lebih banyak dari pulau-pulau lain. Tertarik untuk turut berkunjung ke Pulau Putri?

5. Pulau Pari

Pulau Pari

* sumber: explorewisata.com

Boleh dibilang bahwa Pulau Pari ini merupakan “primadona” di Kepulauan Seribu. Keindahan Pulau Pari tidak kalah dibanding gili-gili yang ada di Lombok. Dengan pasir pantai yang putih bersih serta air laut yang biru jernih, Pulau Pari adalah tempat terbaik untuk melepas penat.

Di balik keindahan yang ditawarkan, Pulau Pari juga menyediakan berbagai aktivitas untuk wisatawan yang datang kemari. Wisatawan dapat menengok tempat budidaya rumput laut, bersepeda, atau bersantai sambil menanti sunset. Pokoknya, Anda bakal benar-benar merasa rileks ketika berada di Pulau Pari.

6. Pulau Onrust

Pulau Onrust

* sumber: tirto.id

Keindahan Kepulauan Seribu tidak hanya terbatas pada pemandangan laut dan pantai saja. Bangunan peninggalan zaman Belanda bisa terlihat sangat cantik dan artistik jika Anda berkunjung ke Pulau Onrust.

Pulau Onrust adalah pulau di Kepulauan Seribu yang sarat akan bangunan peninggalan Belanda, reruntuhan benteng, dan makam-makam bersejarah. Tak harus menyukai sejarah untuk bisa menikmati keindahan di pulau ini. Perpaduan antara bangunan bersejarah dan air laut yang biru membuat Pulau Onrust memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan.

7. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

* sumber: www.wiyata-island.com

Pulau Semak Daun adalah pulau terindah di Kepulauan Seribu yang menawarkan eksotisme pemandangan pantai yang masih asri. Maklum, pulau ini memang tidak berpenghuni dan tidak ada penginapan di sini. Jadi, kalau ingin menginap Anda harus membawa tenda sendiri.

Keasrian Pulau Semak Daun membuat banyak backpacker tertarik untuk bermalam di sini. Tak perlu khawatir jika Anda ingin menginap di pulau ini karena Pulau Semak Daun tidak benar-benar tak berpenghuni kok. Ada warung yang menjual makanan dan menyediakan toilet umum sehingga Anda tetap bisa mandi dan buang air.

8. Pulau Tidung

Pulau Tidung

* sumber: ancol-pulauseribu.com

Salah satu pulau yang selalu dipadati wisatawan adalah Pulau Tidung. Pulau ini tidak hanya sekedar menawarkan pemandangan pantai dan laut saja karena jika Anda mengeksplor pulau ini lebih dalam, Anda akan menemukan hamparan hijau ilalang dan kehidupan penduduk desa yang memberikan kesan tersendiri bagi Anda.

Kalau sudah berkunjung ke Pulau Tidung rasanya tidak afdol jika tidak berfoto di Jembatan Cinta yang fenomenal itu. Berfotolah di jembatan tersebut saat golden hour atau saat matahari terbenam, pasti hasil fotonya akan tampak sangat memukau. Berencana untuk menginap di Pulau Tidung? Yuk, cek artikel penginapan di Pulau Tidung.

9. Pulau Perak

Pulau Perak

* sumber: ksmtour.com

Satu lagi pulau tak berpenghuni yang menawarkan keindahan yang tiada duanya, yaitu Pulau Perak. Pulau terindah di Kepulauan Seribu ini berukuran sangat kecil. Tak butuh waktu lama untuk bisa mengelilingi semua bagian pulau ini.

Pasir putih yang bersih akan menjadi alas bagi Anda yang ingin membangun tenda untuk menginap di sini. Di tempat ini, Anda bisa menangkap ikan di laut dan membakarnya langsung. Tak perlu takut karena di pulau ini juga terdapat warung yang menyediakan makanan bagi wisatawan yang datang kemari.

10. Pulau Sepa

Pulau Sepa

* sumber: nusatour.co.id

Terakhir, ada sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya, namanya adalah Pulau Sepa. Pulau ini terkenal karena keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Anda pasti rugi kalau tidak snorkeling di pulau ini.

Selain itu, pesona pasir pantai yang putih bersih juga menjadi daya tarik bagi pulau ini. Terlebih di pulau ini terdapat resort yang tersedia untuk wisatawan yang ingin menginap di sini.

Yuk, luangkan waktu untuk berlibur ke 10 pulau terindah di Kepulauan Seribu ini. Dijamin, Anda pasti akan bahagia jika berlibur di pulau-pulau eksotis ini. Kalau tidak sempat menginap, Anda boleh coba island hoping ke beberapa pulau sekaligus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment