Bacaterus / Jurusan Teknik / Inilah 7 Prospek Kerja Teknik Perkapalan yang Menjanjikan

Inilah 7 Prospek Kerja Teknik Perkapalan yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Profesi di bidang teknik perkapalan masih belum cukup familiar di Indonesia dibandingkan dengan dokter atau teknik sipil. Padahal sebagai negara maritim, sudah sepantasnya bidang tersebut mendapat perhatian yang besar.

Ada banyak faktor yang membuat profesi atau disiplin ilmu tersebut kurang akrab bagi masyarakat Indonesia. Penyebab utamanya tentu saja karena kita tidak terlalu mengenalnya. Sehingga, prospek kerja teknik perkapalan pun menjadi sesuatu yang asing dan bahkan tidak diketahui keberadaannya.

Padahal prospek kerja bidang ini cukup cerah dan menjanjikan. Sebelum mengetahui apa saja prospek kerja dari bidang teknik perkapalan, mari simak terlebih dahulu definisi serta informasi mengenai industri perkapalan nasional. Berikut kami mengulasnya untuk Anda.

Definisi Teknik Perkapalan

* sumber: www.cnbc.com

Teknik perkapalan merupakan sebuah disiplin ilmu yang belajar atau fokus terhadap kapal dan segala seluk-beluknya. Ilmu ini lebih menekankan kepada pengetahuan mengenai pembangunan kapal dan perancangannya (naval architecture and shipbuilding).

Ketika belajar mengenai teknik perkapalan, Anda akan mendapatkan wawasan lebih mendalam soal bentuk-bentuk kapal dan strukturnya, perbaikan kapal, produksi, pengoperasian kapal berikut bisnisnya hingga pengembangan sistem transportasi.Teknik perkapalan memiliki perbedaan mendasar dengan teknik sistem perkapalan.

Teknik sistem perkapalan cocok bagi Anda yang lebih menyukai sesuatu yang sistemik, mulai dari instrument kapal berupa kelistrikan di dalam kapal, pipa, mesin dan sistem kontrol. Sementara teknik perkapalan mengurusi perihal navigasi, konstruksi dan perancangan kapal sampai ke bidang-bidang terkait hukum kelautan.

Industri Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan bukan jurusan dengan masa depan suram. Lulusannya justru berkesempatan mendapat pekerjaan yang bervariasi dan luas. Sebagai gambaran, industri perkapalan di Indonesia dibagi menjadi dua bidang, yaitu industri kemaritiman dan industri perkapalan nasional. Masing-masing spektrum dari dua bidang tersebut adalah kesempatan bagi para lulusan teknik perkapalan. Apa saja kah spektrum yang dimaksud?

1. Industri Maritim

* sumber: www.kompasiana.com

Industri kemaritiman dalam bidang perkapalan Indonesia meliputi industri transportasi laut, pembangkit tenaga listrik terapung, industri pertahanan, industri lepas pantai (gas dan minyak), kepelabuhan, industri pariwisata dan perikanan. Industri-industri tersebut tentu saja akan menyerap tenaga dengan keahlian teknik perkapalan.

Anda bisa memilihnya sesuai keahlian atau bidang teknik perkapalan yang sudah dipelajari. Setelah melihat spektrum di atas, tidak usah risau lagi dengan prospek kerja teknik perkapalan.

2. Industri Perkapalan

* sumber: mediaindonesia.com

Industri perkapalan nasional juga tidak kalah menyediakan berbagai kegiatan atau pekerjaan bagi para lulusan teknik perkapalan. Tidak terlihat mata, bukan berarti tidak ada, bukan? Industri ini cukup besar sebab negara kita adalah negara kelautan.

Sebagai gambaran, industri ini meliputi pembangunan kapal baru (shipbuilding), pemeliharaan serta reparasi atau perbaikan kapal (shipyard), pembangunan sarana lepas pantai (fabricator), industri komponen kapal (engineering), industri jasa konsultasi serta perekayasaan kapal (design & engineering).

Prospek Kerja Teknik Perkapalan

Berdasarkan penjabaran mengenai kebutuhan industri perkapalan Indonesia di atas, dapat diketahui bahwa prospek kerja teknik perkapalan sangatlah baik dan luas. Anda tidak perlu khawatir ilmu atau keahlian tentang perkapalan yang dimiliki akan sia-sia. Berikut ini, beberapa prospek kerja bagi jurusan teknik perkapalan yang bisa dipilih.

1. Marine Engineer

* sumber: www.shell.com

Prospek kerja yang pertama bagi lulusan teknik perkapalan adalah marine engineer atau insinyur kelautan. Sebagai insinyur kelautan, garis besar tugas Anda adalah membuat kapal. Artinya, Anda bertanggungjawab untuk menyiapkan, mengarahkan penyusunan sistem, tata letak, skema pembuatan kapal secara detail.

Profesi ini menawarkan beberapa jabatan antara lain pengawas kondisi lambung kapal, konsultan kapal, konsultan kelautan, ahli kapal, hingga perancang sistem kelistrikan kapal. Beberapa perusahaan pembuatan kapal besar ada di Indonesia. Sebut saja PT Palindo Marine dan PT Daya Radar Utama.

2. Ahli Teknik Transportasi

* sumber: www.pijarnews.com

Sebagai ahli teknik transportasi, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan rencana proyek-proyek transportasi dan memastikan semua sesuai standar. Anda juga bekerja untuk menyiapkan desain, perkiraan berikut dengan spesifikasi sarana transportasi.

Profesi ini memungkinkan Anda untuk menjabat sebagai ahli transportasi, manajer proyek hingga ahli operasi lalu lintas. Seperti yang kita tahu, kapal merupakan salah satu alat transportasi di negara ini. Tentu saja untuk mengaturnya perlu orang-orang ahli. Apakah Anda yang dibutuhkan pekerjaan ini?

3. Manager Logistik

* sumber: supplychainindonesia.com

Prospek kerja teknik perkapalan selanjutnya terdengar keluar dari disiplin ilmu perkapalan. Padahal manager logistik juga diperlukan terutama dalam hal pengiriman barang dan penggunaan kapal untuk melayani pengiriman logistik skala impor atau ekspor.

Anda bertugas mencatat metrik, mendokumentasikan proses pengiriman, mengawasi, menjaga keselamatan dan lainnya. Tertarik untuk berkecimpung di bidang ini?

4. Manager Transportasi

* sumber: kargo.tech

Menjadi manajer transportasi dalam industri perkapalan, Anda memiliki kewajiban untuk membuat rencana, mengarahkan serta berkoordinasi dengan pihak-pihak penyedia jasa transportasi. Anda harus mampu mengkoordinasikan aktivitas yang berkenaan dengan keberangkatan dan mendeteksi keberadaan alat transportasi.

Kapal sebagai alat transportasi, dalam kegiatannya, pasti berintegrasi dengan alat-alat transportasi lain, terutama berkenaan dengan jadwal dan prosedur. Sehingga, manager transportasi juga diperlukan dalam industri ini.

5. Insinyur Perkapalan

* sumber: www.voaindonesia.com

Sebagai insinyur perkapalan tugas Anda adalah memantau peralatan penyelamatan apakah sudah sesuai dengan standar internasional atau belum. Sekaligus memantau pencegahan polusi, indikator mesin saat kapal sedang melakukan pelayaran, memelihara sistem kelistrikan pada kapal, ventilasi, pendingin dan pembuangan.

Anda juga punya tugas untuk merekam perintah ketika mengubah arah atau kecepatan kapal serta mengawasi kru saat mengoperasikan dan memelihara mesin, listrik, dan lain-lain. Ada beberapa jabatan yang bisa Anda pegang saat menjadi insinyur perkapalan, yaitu teknisi kapal berkas, teknisi pelabuhan, teknisi kapal feri, teknisi kapal penarik, dll.

6. Subsea Engineer

* sumber: www.maritimemanual.com

Subsea engineer atau insinyur bawah laut juga menjadi salah satu pekerjaan yang dapat Anda tekuni setelah lulus dari kuliah teknik perkapalan. Tugas dari profesi ini adalah bertanggung jawab terhadap desain dan pemasangan peralatan serta struktur di bawah permukaan laut.

Secara teknis, tugas Anda adalah memberi dukungan teknis serta panduan bagi tim lepas pantai yang ada di lokasi, mengelola pemasangan kepala sumur di dasar laut dan garis aliran yang menghubungkannya ke platform.

Insinyur bawah laut juga diminta untuk mengelola semua lingkup kerja bawah laut yang terkait dengan aset, pengelolaan kontraktor serta pemasok. Pekerjaan ini biasanya berhubungan dengan industri minyak dan gas atau pertambangan bawah laut.

7. Oil and Gas Engineer

* sumber: www.pinterest.com.mx

Menjadi bagian dari spektrum industri maritim, yaitu industri lepas pantai, profesi sebagai oil and gas engineer atau insinyur minyak dan gas bukan tidak mungkin ditekuni oleh lulusan teknik perkapalan. Sebagai seorang insinyur minyak dan gas, Anda akan lebih banyak bekerja di anjungan pengeboran lepas pantai.

Jika tertarik dengan profesi ini, tugas atau tanggung jawab yang harus Anda kuasai antara lain mencatat dan memperbarui segala informasi terkait pengeboran, memastikan semua kegiatan patuh terhadap hukum dan peraturan, menentukan lokasi pengeboran paling produktif, menafsirkan hasil, memastikan aliran sumur serta masalah pembuangan limbah. Berminat?

Prospek kerja teknik perkapalan sungguh sangat luas dan menjanjikan. Selain tujuh profesi di atas, masih ada beberapa pekerjaan yang bisa atau diperuntukkan bagi para lulusan teknik perkapalan. Di antaranya structural engineer, construction engineer, dock monitoring hingga surveyor.

Setelah membaca ulasan ini, semoga Anda tidak bingung lagi atau bahkan takut memilih jurusan teknik perkapalan ya. Yakin saja bahwa industri ini sangat besar, baik di Indonesia atau luar negeri. Sudah siap berkecimpung di industri ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *