Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin yang Banyak Dibutuhkan

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin yang Banyak Dibutuhkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Teknik Mesin adalah cabang teknik yang mencakup cara memelihara, menganalisis, merancang dan memproduksi mesin. Jurusan ini dapat berkisar rancangan halus dari bagian-bagian kecil mesin serta penanganan mesin skala besar. Lulusan Teknik Mesin biasanya akan disebut sebagai Insinyur Mesin atau mekanik.

Lingkungan kerja seorang Insinyur Mekanik umumnya bekerja di kantor atau pabrik. Pekerjaan ini kadang-kadang mendatangi tempat kerja di mana ada masalah atau peralatan yang membutuhkan perawatan atau perbaikan. Insinyur Mekanik sebagian besar bekerja di layanan teknik, penelitian dan pengembangan, serta manufaktur.

Ingin tahu tentang pilihan karir yang tersedia dengan gelar Teknik Mesin? Gelar di bidang ini bisa menjadi pilihan jurusan dan karier yang fantastis, lho! Mau tahu jenis pekerjaan apa yang tersedia bagi orang-orang yang suka memisahkan alat-alat mekanik ini? Baca terus untuk mengetahui 10 pekerjaan terbaik bagi kamu yang memperoleh gelar Teknik Mesin.

1. Insinyur Mekanik

Insinyur Mekanik

* sumber: www.thehindu.com

Pekerjaan pertama yang paling memungkinkan bagi kamu yang mengambil jurusan Teknik Mesin adalah menjadi Insinyur Mekanik. Insinyur Mekanik biasanya yang berspesialisasi dalam mengembangkan, merancang dan menyempurnakan perangkat mekanik.

Para profesional ini bekerja untuk membuat objek mekanis baru seperti mesin, suku cadang otomotif, generator listrik, AC, peralatan, sensor, dan item terkait. Kamu juga akan mengerjakan semua tahapan produk mulai dari penelitian dan pengembangan, desain dan manufaktur, hingga instalasi dan commissioning akhir.

Sebagian besar industri bergantung pada suatu bentuk sistem mekanik, dan Teknik Mesin dianggap sebagai salah satu yang paling beragam dari semua disiplin ilmu Teknik. Karena hal ini, ada peluang kerja di beberapa sektor. Ini bisa menjadi pilihan karir ideal jika kamu menyukai matematika dan sains dan jika kamu dapat menemukan teknologi baru yang menarik.

2. Insinyur Pemeliharaan

Insinyur Pemeliharaan

* sumber: corporatejobbank.com

Layaknya tubuh manusia, mesin juga perlu dipelihara. Sebagai insinyur pemeliharaan, kamu akan bertanggung jawab untuk terus menjalankan peralatan dan mesin. Menggunakan sistem terkomputerisasi serta akan mengawasi pemeliharaan rutin dan mengatur perbaikan. Kamu juga akan terlibat dengan perangkat kontrol dan pemantauan.

Tidak hanya itu, kadang-kadang kamu juga akan bekerja dalam pembuatan barang yang akan membantu dalam pemeliharaan. Peran ini sangat penting untuk efisiensi, pengembangan dan kemajuan industri manufaktur dan pengolahan.

Bekerja dengan profesional lain, kamu akan meningkatkan fasilitas produksi, mengurangi timbulnya gangguan yang mahal dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan keandalan dan keamanan keseluruhan pabrik, personel dan proses produksi.

3. Insinyur Nuklir

Insinyur Nuklir

* sumber: careerthoughts.com

Pada bidang ini, kamu akan bekerja dengan teknologi mutakhir di lapangan dengan keamanan kerja tinggi. Sebagai Insinyur Nuklir kamu akan merancang, membangun, menjalankan atau menonaktifkan stasiun tenaga nuklir. Kamu akan bekerja dalam tim multi-disiplin untuk menghasilkan solusi teknis.

Tergantung pada perannya, kamu juga dapat merancang sistem yang benar-benar baru, mempertahankan sistem yang ada, atau mencari cara untuk meningkatkan efisiensi, stabilitas, dan keberlanjutan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Fasilitas penonaktifan atau mematikan nuklir juga merupakan tugas penting, seperti halnya perencanaan dan pelaksanaan prosedur keselamatan untuk transportasi, penyimpanan dan pembuangan bahan radioaktif yang digunakan dalam pembangkit nuklir.

4. Insinyur Automotif

Insinyur Automotif

* sumber: www.sdgyoungleaders.org

Selain berurusan dengan mesin di perusahaan, kamu juga bisa bekerja dengan mesin kendaraan. Jika kamu tertarik mengembangkan teknologi keselamatan otomotif baru, suku cadang mobil baru, mesin yang lebih hemat bahan bakar, atau inovasi lain pada benda itu, ada baiknya mempertimbangkan karier sebagai Insinyur Otomotif.

Kamu akan membutuhkan pikiran teknis, mata yang detail dan kesadaran komersial untuk bekerja sebagai Insinyur Otomotif. Sebagai seorang Insinyur Otomotif, kamu akan bertugas untuk merancang, mengembangkan dan memproduksi kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bus dan truk dan sistem teknik mereka.

Kamu juga harus memiliki kombinasi keterampilan teknik dan komersial untuk dapat menghasilkan proyek sesuai anggaran. Setelah kamu membangun pengalaman, kemungkinan kamu akan berspesialisasi dalam bidang tertentu, misalnya, desain struktural, sistem gas buang, atau mesin.

5. Insinyur Kedirgantaraan

Insinyur Kedirgantaraan

* sumber: www.youtube.com

Bekerja di bidang Teknik Kedirgantaraan akan membuat kamu bekerja dengan teknologi mutakhir dan perusahaan internasional. Sebagai seorang Insinyur Kedirgantaraan, kamu akan meneliti, merancang, mengembangkan, memelihara, dan menguji kinerja pesawat sipil dan militer, sistem senjata, satelit hingga kendaraan luar angkasa.

Pekerjaan ini juga dilakukan pada berbagai komponen yang membentuk pesawat dan sistemnya. Di beberapa perusahaan kamu mungkin dikenal sebagai Insinyur Penerbangan. Kamu harus memperhatikan dengan peningkatan keselamatan penerbangan, efisiensi bahan bakar, kecepatan dan berat.

Selain itu kamu juga akan melakukan pengurangan biaya sistem dan menggunakan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Peran ini semakin mengatasi dampak lingkungan dari perjalanan udara.

6. Insinyur Material dan Logam

Insinyur Material dan Logam

* sumber: www.tatasteeleurope.com

Seorang Insinyur Mekanik dalam industri material dan logam akan terlibat dalam desain, pengembangan dan pengujian berbagai sistem mekanik yang kompleks. Mereka akan bekerja pada siklus hidup perawatan penuh dari item pabrik mekanik termasuk turbin uap, turbin gas, pompa, katup, pipa, pabrik batu bara, kipas angin dan lain-lain.

7. Teknisi Pemanas, Ventilasi, dan Pendingin Udara

Teknisi Pemanas, Ventilasi, dan Pendingin Udara

Insinyur Teknisi Pemanas, Ventilasi, dan Pendingin Udara akan bekerja dengan memperhatikan kualitas udara dan suhu di lingkungan tempat produk mereka digunakan. Mereka bekerja untuk meningkatkan teknologi yang tersedia dalam sistem pemanas, ventilasi, pendingin udara dan atau sistem pendingin.

Gelar sarjana dalam Teknik Mesin adalah aset bagi setiap kandidat yang mencari pekerjaan sebagai Insinyur di bidang ini.

8. Insinyur Air

Insinyur Air

Berkarir sebagai Insinyur Air mungkin menarik bagi kamu jika ingin menyelesaikan masalah dalam pemanasan global, infrastruktur yang menua, pertumbuhan populasi dan kualitas standar hidup. Kamu dapat bekerja dengan berbagai cairan berbeda tetapi umumnya akan berurusan dengan penyediaan air bersih, pembuangan air limbah serta pencegahan kerusakan akibat banjir.

Manajemen aset akan memainkan peran utama dalam pekerjaan ini, yang melibatkan perbaikan, pemeliharaan, dan pembangunan struktur yang mengendalikan sumber daya air. Contohnya termasuk dinding pertahanan laut, stasiun pompa dan reservoir.

‘Water engineer’ adalah gelar umum yang diberikan kepada Insinyur yang berspesialisasi dalam proyek berbasis air. Tetapi banyak juga yang memiliki latar belakang Teknik Sipil atau Lingkungan.

9. Konsultan Perusahaan Manufaktur

Konsultan Perusahaan Manufaktur

Pengetahuan dan keahlian seorang Insinyur Mekanik dapat sangat membantu di bidang manufaktur seperti dirgantara, industri otomotif, dan lain-lain. Karena mereka dapat berbagi keahlian mereka tentang berbagai peralatan dan perangkat dalam hal keselamatan, kesehatan, dan properti lingkungan.

Maka kamu bisa menjadi Konsultan untuk perusahaan manufaktur. Profesi ini juga dapat bekerja di laboratorium penelitian di berbagai perusahaan dan menghasilkan inovasi teknologi di industri teknik mesin.

10. Insinyur Kontrol dan Instrumentasi

Insinyur Kontrol dan Instrumentasi

Insinyur Kontrol dan Instrumentasi (K&I) bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, memasang, mengelola, dan memelihara peralatan yang digunakan untuk memantau dan mengendalikan sistem, mesin, dan proses rekayasa.

Tugas kamu adalah memastikan bahwa sistem dan proses ini beroperasi secara efektif, efisien dan aman. Kamu mungkin bekerja untuk perusahaan yang memproduksi dan memasok peralatan atau untuk perusahaan yang menggunakannya, seperti perusahaan energi nuklir dan terbarukan serta lembaga lingkungan.

Profesi ini akan membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang proses operasional suatu organisasi karena peran kamu adalah multidisiplin, bekerja erat dengan kolega di sejumlah fungsi, termasuk operasi, pembelian, dan rancangan.

Ini adalah 10 prospek kerja  yang beragam untuk jurusan Teknik Mesin, tetapi profesi-profesi tersebut bukan satu-satunya kemungkinan. Jika kamu mengejar gelar ini, peluang karir kamu hampir tidak terbatas. Apabila kamu memiliki keterampilan sains, matematika, dan analitis yang diperlukan, akan bermanfaat untuk mengejar karier yang tersedia dengan gelar Teknik Mesin.

Bagi kamu yang ingin berbagi info tentang prospek kerja lainnya untuk lulusan Teknik Mesin, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Kunjungi juga artikel prospek kerja sistem informasi ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *