Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Banyak Dicari

10 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Banyak Dicari

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati generasi milenial saat ini karena terkesan keren, menantang dan juga dinilai memiliki prospek kerja yang sangat luas baik saat ini ataupun pada masa yang akan datang. Seiring berjalannya waktu, sistem perkembangan informasi dan komunikasi dunia akan semakin modern.

Hal inilah mengapa para lulusan teknik informatika akan sangat dibutuhkan di masa depan karena banyak posisi pekerjaan yang berhubungan dengan teknik informatika. Kemajuan sistem ini telah dibuktikan sejak saat ini seperti contohnya sumber daya manusia yang digantikan dengan mesin yang mana mesin itu sendiri berkaitan erat dengan sistem.

Prospek kerjanya yang cukup luas ini menjadi alasan utama mengapa orang-orang memilih teknik informatika sebagai jurusan yang digelutinya di perguruan tinggi. Penasaran apa saja sih prospek kerja dari jurusan teknik informatika? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini!

1. Programmer

 

Programmer

* sumber: learnworthy.net

Banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang programmer. Tapi tahukah kamu apa itu programmer? Programmer merupakan seorang ahli di bidang IT yang bekerja melakukan suatu rancangan terhadap kode program-program (syntax) menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer seperti misalnya php dan javascript.

Bekerja sebagai programmer ini menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan karena hampir seluruh aspek kehidupan kita tak bisa lepas dari pemrograman dan programmer seperti misalnya handphone atau komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari juga merupakan salah satu contoh dari pemrograman yang dilakukan oleh seorang programmer.

2. Desainer Grafis

Desainer Grafis

* sumber: techarea.co.id

Bagi kamu lulusan teknik informatika yang gemar membuat desain atau menyukai hal-hal berbau ilustrasi, fotografi, atau tipografi, bekerja sebagai desainer grafis patut kamu coba. Seorang desainer grafis harus memiliki skill atau keahlian dalam membuat suatu desain yang menarik sehingga memuaskan para customer.

Tentu saja untuk menciptakan desain grafis yang menarik ini, para desainer grafis memerlukan beberapa aplikasi pembantu seperti misalnya Photoshop dan CorelDRAW. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang terbilang biasa bagi kamu para lulusan teknik informatika terlebih jika kamu memiliki hobi dalam menciptakan desain.

Selain itu, kelebihan dari pekerjaan ini juga terbilang santai karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Biasanya seorang desainer grafis diminta untuk membuat suatu media periklanan seperti poster, kartu nama, hingga logo dengan gaji yang terbilang cukup “wow”.

3. IT Consultant

IT Consultant

* sumber: threecherries.co.uk

IT Consultant atau konsultan IT menjadi posisi penting dalam dunia bisnis dalam mengembangkan sistem informasi dan komunikasi di dalam perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

Seorang konsultan IT bekerja menjadi platform konsultasi bagi para kliennya dalam memberikan saran atau anjuran di bidang informasi dan komunikasi. Tentu saja dengan adanya IT Consultant ini pengelolaan sistem informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis dinilai dapat berjalan lebih optimal karena dibantu oleh seorang ahli di bidangnya.

Selain itu, seorang IT Consultant juga biasanya bekerja mengimplementasikan perangkat lunak di sebuah perusahaan hingga menjadi administrator pada sistem teknologi informasi.

4. Database Administrator

Database Administrator

* sumber: www.careergirls.org

Sesuai dengan namanya, seorang database administrator bekerja mengkoordinasi serta mengatur suatu basis data. Pekerjaannya tak jauh meliputi analisis suatu data, melakukan pengamanan administrasi suatu basis data, hingga melakukan pemasangan terhadap perangkat lunak baru.

Seorang database administrator ini juga dibutuhkan dalam suatu perusahaan karena berperan peting terhadap pengendalian suatu basis data. Seorang database administrator harus memiliki kecakapan yang baik terhadap ilmu informatika sehingga lulusan dari jurusan teknik informatika sangat cocok menduduki posisi pekerjaan sebagai database administrator ini!

5. Web Designer

Web Designer

* sumber: www.usesixty.com

Sering kita temukan beberapa web dengan tampilan simetris, rapi, dan menarik untuk dibaca. Tentu saja keindahan web tersebut tak bisa lepas dari kreatifitas seorang web designer yang mendesain suatu web dengan baik agar isi dari web tersebut dapat tersampaikan dengan mudah sesuai maksud dan tujuannya.

Seorang web designer sendiri tentu saja harus memiliki ilmu-ilmu informatika secara mendalam seperti HTML hingga javascript sehingga pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu para lulusan teknik informatika. Selain harus memiliki skill dalam bidang informatika, seorang web designer juga dituntut untuk kreatif dalam mendesain suatu web.

6. System Analyst

System Analyst

* sumber: www.techrepublic.com

System analyst atau analis sistem merupakan seorang ahli di bidang informatika yang memiliki tugas bertanggung jawab terhadap koordinasi sistem yang digunakan dalam suatu bisnis atau perusahaan serta melakukan filterisasi terhadap perangkat lunak yang digunakan dalam sebuah bisnis.

Seorang system analyst juga bertanggung jawab atas perkembangan sistem yang dianut perusahaan. Para system analyst tentu saja harus memiliki kecakapan yang mumpuni di bidang informatika seperti mengharuskan mereka untuk memahami bahasa pemrograman . selain itu mereka juga dituntut untuk memiliki beberapa skill khusus misalnya analisis dan manajerial.

7. Software Engineer

Software Engineer

* sumber: www.talentlens.co.uk

Selanjutnya ada software engineer yang tak kalah populernya menjadi pekerjaan bagi kamu para lulusan jurusan teknik informatika. Pekerjaan seorang software engineer secara umum adalah melakukan pemrograman serta pengembangan terhadap software atau perangkat lunak.

Namun jika diartikan secara luas, seorang software engineer memiliki job desc yang banyak dan beragam tergantung dimana seorang software engineer ditempatkan misalnya sebagai karyawan pada suatu perusahaan swasta ataupun lembaga pemerintahan.

Software engineer ini juga menjadi pekerjaan yang akan semakin dibutuhkan setiap harinya karena segala aktivitas manusia khususnya bisnis saat ini tak bisa dipisahkan dengan perangkat lunak sebagai alat penunjang berjalannya kegiatan operasional perusahaan.

8. Cyber Security Analyst

Cyber Security Analyst

* sumber: tamuk.quickstart.com

Sebuah perusahaan atau bisnis tentu saja memiliki data-data internal yang harus dijaga sebaik mungkin agar tak dapat diakses oleh orang yang tak berkepentingan atau bahkan mengalami “hack”. Untuk itu, suatu data harus memiliki pengamanan yang kuat agar tak bisa ditembus oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Tentu saja hal tersebut dapat diatasi oleh seorang cyber security analyst atau seorang analis keamanan cyber yang bertugas mengamankan suatu data agar tidak mudah terserang kejahatan cyber seperti hack atau peretasan. Cyber security analyst ini memiliki peranan penting dalam keamanan dan kerahasiaan suatu data sehingga dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Ditinjau dari sisi sumber daya manusianya, cyber security analyst ini terbagi menjadi tiga yaitu analis keamanan, spesialis forensic, dan juga hacker.

9. Game Developer

Game Developer

* sumber: insights.dice.com

Bagi kamu yang gemar bermain game, pernahkah terbesit dalam benakmu untuk menciptakan game buatanmu sendiri? Ya, pembuat game atau yang lebih dikenal sebagai game developer menjadi salah satu bidang pekerjaan dalam rumpun informatika  yang cukup populer saat ini.

Game developer bekerja merancang atau membuat sebuah game dengan bahasa pemrograman tertentu yang nantinya game tersebut dapat dipublikasikan dan memberikan keuntungan sendiri bagi para game developer.

Game developer merupakan kesatuan dari beberapa bidang pekerjaan di dalamnya seperti team leader, game designer, producer, programmer, artist, composer, script and text editor, hingga cinematic. Tentu saja seluruh bidang pekerjaan tersebut harus menguasai ilmu-ilmu teknik informatika sehingga cocok bagi jurusan teknik informatika.

10. Tenaga Pengajar

Tenaga Pengajar

* sumber: news.virginia.edu

Prospek kerja jurusan teknik informatika yang terakhir dan tak kalah populernya adalah menjadi tenaga pengajar. Selain merupakan profesi yang menguntungkan, profesi ini juga menjadi profesi yang sangat menjanjikan karena semakin hari semakin dibutuhkan.

Para lulusan teknik informatika dapat menjadi seorang guru ataupun dosen pada lembaga pendidikan tertentu hingga menjadi guru pada kelas private. Tenaga pengajar di bidang teknik informatika ini akan terus hidup berdasarkan perkembangan serta kemajuan dunia dalam bidang informatika.

Itu dia sederet prospek kerja teknik informatika yang paling banyak dicari dan paling populer saat ini dan di masa depan. Wah, ternyata banyak sekali, ya posisi yang bisa diduduki oleh kamu para mahasiswa teknik informatika ketika lulus nanti! Bagi kamu yang masih ragu dalam menentukan jurusan, bagaimana, tertarik dengan teknik informatika?

Semoga informasi mengenai prospek kerja teknik informatika sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan dan dapat dijadikan referensi untuk kamu yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan di bangku perguruan tinggi. Kunjungi juga artikel prospek kerja sistem informasi berikut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *