Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Teknik Elektro

10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Teknik Elektro

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Lulusan teknik elektro akan mendapatkan gelar sebagai insinyur elektro atau listrik yang umumnya bertugas merancang, mengembangkan, dan menguji peralatan listrik. Bidang teknik elektro yang luas mencakup bekerja dengan semua perangkat elektronik, mulai dari kalkulator hingga komputer.

Seperti ilmuwan lain, insinyur listrik juga harus mengtahui cara mengkomunikasikan ide-ide mereka kepada orang lain di bidangnya. Seorang insinyur listrik yang sukses tidak hanya memiliki pemahaman tentang bidang konsentrasinya, tetapi juga pemahaman yang luas tentang teknik pada umumnya.

Inilah sebabnya sebagian besar program gelar teknik elektro dimulai dengan dasar-dasar teknik itu sendiri. Setelah mahasiswa menguasai dasar-dasar ini, mereka bisa mulai fokus pada spesialisasi. Gelar teknik elektro dapat membuat kamu memenuhi syarat untuk mengejar pekerjaan di hampir semua industri yang memungkinkan.

Lagi pula, hampir semua orang menggunakan listrik dan perangkat listrik, sehingga industri menuntut profesional yang terampil untuk membangun, memperbaiki, dan meningkatkan perangkat tersebut. Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan posisi sebagai insinyur tertentu sesuai kualifikasimu. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang terbuka untuk lulusan teknik elektro.

1. Insinyur Elektronik

Insinyur Elektronik

* sumber: thebestschools.org

Seorang insinyur elektronik akan bekerja dengan teknologi tingkat tinggi di berbagai sektor. Pekerjaan ini akan membuat kamu merancang, mengembangkan dan menguji komponen, perangkat, sistem atau peralatan yang menggunakan listrik sebagai bagian dari sumber daya mereka. Komponen-komponen ini termasuk kapasitor, dioda, resistor, dan transistor.

Kamu dapat terlibat pada setiap tahap proyek, termasuk pengarahan awal untuk suatu konsep, tahap desain dan pengembangan, pengujian prototipe dan pembuatan akhir serta implementasi produk atau sistem baru. Kamu biasanya akan bekerja dalam tim proyek dengan kolega di cabang teknik lainnya.

Kamu bisa bekerja di berbagai bidang. Hal itu karena elektronik digunakan dalam banyak hal yang meliputi pertahanan, instrumen medis, ponsel, nanoteknologi, komunikasi radio dan satelit, hingga robotik.

2. Insinyur Proyek

Insinyur Proyek

* sumber: www.irishtimes.com

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang pemimpin, kamu dapat memenuhi syarat dalam berbagai disiplin ilmu di bidang teknik elektro. Seorang insinyur proyek akan bertugas memimpin sekelompok insinyur melalui seluruh proses proyek dari awal hingga selesai. Oleh sebab itu, kamu dapat menunjukkan kualitas kepemimpinanmu dalam pekerjaan ini.

Insinyur proyek bertugas mengawasi banyak insinyur spesialis di seluruh konstruksi prototipe kerja dari produk atau teknologi baru. Insinyur proyek harus memiliki bakat kepemimpinan, serta kemampuan tinggi dalam berbagai disiplin ilmu teknik listrik.

3. Insinyur Penelitian

Insinyur Penelitian

* sumber: www.erdc.usace.army.mil

Insinyur penelitian atau riset adalah pendorong di balik teknologi baru. Kamu harus berinovasi dan mendesain ulang. Kamu juga akan membutuhkan kesabaran dan kreativitas untuk memperbaiki keadaan ketika berada di pengujian laboratorium dan menciptakan produk untuk membuat hidup lebih mudah.

Insinyur penelitian akan bekerja di lab untuk menguji dan menciptakan. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi dalam bidang insinyur, serta membutuhkan banyak kesabaran. Seorang insinyur penelitian bertanggung jawab atas teknologi tahap penemuan di balik setiap produk elektronik baru.

4. Insinyur Sistem

Insinyur Sistem

* sumber: www.bu.edu

Apapun yang menggunakan listrik pasti memerlukan insinyur sistem, mulai dari saluran listrik hingga jaringan listrik dan semua yang ada di antaranya. Seorang insinyur sistem bertugas memasang dan memelihara sistem yang membuatnya tetap terhubung.

Jaringan listrik, saluran telepon, dan jaringan nirkabel semuanya memerlukan keterampilan seorang insinyur sistem untuk pemasangan dan pemeliharaan yang tepat.

Perhatian terhadap detail sangat penting bagi lulusan teknik elektro yang memasuki profesi ini. Insinyur sistem yang berpengalaman mengandalkan kemampuan mereka untuk berpikir secara holistik tentang sistem yang mereka buat.

5. Insinyur Desain

Insinyur Desain

* sumber: www.canva.com

Insinyur desain menggunakan pengetahuan teknis, keahlian matematika dan keterampilan desain untuk menciptakan solusi inovatif untuk beragam masalah di berbagai industri. Sebagai seorang insinyur desain, kamu akan terlibat dalam konsep awal, desain, pengembangan.

Kamu juga akan terlibat dalam manajemen proyek di berbagai sektor, seperti konstruksi dan lingkungan buatan, bahan, perangkat lunak, komponen, mesin dan kendaraan. Supaya sukses menjadi insinyur desain, kamu memerlukan pengetahuan teknis yang kuat, serta pemecahan masalah, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan manajemen proyek.

6. Insinyur Aplikasi

Insinyur Aplikasi

* sumber: www.wisegeek.com

Insinyur aplikasi umumnya bertugas membangun dan menguji berbagai produk. Pekerjaan ini akan mengetahui apa kebutuhan klien dan mencari cara untuk memberikan sesuatu seperti desain ulang yang lengkap dari apa yang sudah diterapkan atau sesuatu yang baru. Kamu juga akan melakukan penelitian dan pengembangan.

Insinyur aplikasi bekerja dengan sumber daya apapun yang tersedia. Mereka juga mengadaptasi peralatan dan teknologi yang ada untuk memenuhi kebutuhan atasan mereka. Mereka harus banyak akal, sambil mengandalkan pemahaman mendalam tentang kemampuan dan potensi modifikasi peralatan yang ada.

7. Insinyur Astronomi

Insinyur Astronomi

* sumber: edugrid.pk

Tanpa insinyur astronomi, Neil Armstrong mungkin tidak akan pernah berhasil sampai ke bulan. Maka dari itu, peran ini sangat penting untuk merancang, mengembangkan, meneliti, menguji, menyesuaikan, dan meningkatkan solusi rekayasa canggih dan rumit, seperti pesawat ruang angkasa, kendaraan peluncuran ruang angkasa, satelit, roket, dan kapsul ruang angkasa.

Pekerjaan ini mayoritas berpeluang untuk bekerja dengan produsen pesawat ruang angkasa, agensi luar angkasa dan agensi eksekutif yang fokus pada penelitian ilmiah dan proyek-proyek rekayasa. Atau, kamu bisa bekerja dengan pusat penelitian atau lembaga pendidikan tinggi dalam peran yang berfokus pada penelitian.

8. Insinyur Penyiaran

Insinyur Penyiaran

* sumber: www.radioworld.com

Di balik layar di televisi, pasti ada kru teknis yang harus memastikan kualitas dan produksi siaran, yang di mana hal tersebut dipimpin oleh insinyur penyiaran. Nah, sebagai insinyur penyiaran, kamu akan bekerja dengan perangkat keras dan sistem penyiaran yang digunakan di televisi, radio, dan media baru.

Tugasmu yaitu untuk memastikan bahwa program disiarkan tepat waktu dan dengan kualitas terbaik. Selain mengoperasikan dan memelihara sistem, kamu akan melakukan pembaruan dan perbaikan.

Insinyur penyiaran bekerja di berbagai lokasi dan situasi. Mereka dapat melakukan pekerjaan studio, mengatur pekerjaan, operasi pasca produksi atau terlibat dalam siaran luar. Kamu akan bekerja dengan sejumlah orang, termasuk produser, manajer studio, presenter dan staf teknis lainnya.

9. Insinyur Jaringan

Insinyur Jaringan

* sumber: www.udemy.com

Untuk menjadi seorang insinyur jaringan, kamu harus bisa menjadi komunikator yang percaya diri dan memiliki perhatian yang sangat baik terhadap detail, keterampilan analitis, dan keahlian memecahkan masalah. Sebagai seorang insinyur jaringan, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk mengatur, mengembangkan dan memelihara jaringan komputer dalam suatu perusahaan.

Kamu juga akan menawarkan bantuan kepada pengguna, yang bisa menjadi staf, klien, pelanggan dan pemasok, dan memecahkan masalah yang muncul. Mungkin dalam beberapa kasus kamu juga akan terlibat dalam merancang jaringan baru.

Tujuan pekerjaan ini adalah untuk memastikan integritas infrastruktur jaringan ketersediaan tinggi untuk memberikan kinerja maksimal bagi penggunanya. Insinyur jaringan dapat bekerja secara internal sebagai bagian dari tim IT perusahaan, atau secara eksternal sebagai bagian dari perusahaan konsultan jaringan IT outsourcing.

10. Insinyur Kelautan

Insinyur Kelautan

* sumber: www.quora.com

Insinyur kelautan adalah spesialis teknis khusus yang bertugas merancang, mengembangkan, membangun, memasang, memeriksa dan memelihara sistem, mesin, pompa dan peralatan teknis lainnya yang membuat kapal dan kapal maritim lainnya berfungsi secara efektif.

Profesi ini bekerja pada semua jenis kapal, mulai dari kapal feri, kapal kargo, kapal pesiar, kapal militer, hingga kapal selam. Sebagian besar insinyur kelautan memilih untuk berspesialisasi dalam satu bidang tertentu. Misalnya, kamu dapat memfokuskan merancang mesin yang rumit menggunakan perangkat lunak desain dengan bantuan komputer.

Tanggung jawab kamu akan bervariasi tergantung pada bidang spesialisasi yang dipilih. Namun secara umum, awalnya kamu akan bertanggung jawab untuk berhubungan dengan klien untuk memahami persyaratan spesifik proyek.

Setelah diberi pengarahan proyek, kamu akan memainkan peran integral dalam penelitian, desain, pengembangan, pengujian, penyesuaian, produksi, pemasangan, dan pemeliharaan solusi mekanis yang memenuhi persyaratan proyek dan sesuai dengan kendala waktu dan anggaran yang ketat. .

Itulah beberapa prospek kerja yang terbuka untuk lulusan teknik elektro yang ingin meraih posisi sebagai insinyur. Dengan beragam pilihan posisi insinyur, kamu dapat menyesuaikan dengan spesialisasi yang kamu inginkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *