Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Para Lulusan Statistika

10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Para Lulusan Statistika

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Rasional, metodis, dan peka dengan hal detail adalah citra dari jurusan statistika. Mahasiswa yang menyelami subjek yang menantang ini akan belajar berbagai keterampilan selama studi mereka, termasuk bagaimana melakukan penelitian, menganalisis data, dan mempresentasikan temuan dengan cara yang jelas dan meyakinkan.

Jurusan ini cenderung memiliki tingkat berhitung yang tinggi dan kemampuan berpikir logis serta pemecahan masalah. Di saat orang lain melihat angka sebagai hal yang biasa, orang statistik melihat pola rumit di balik angka tersebut.

Jurusan statistika cocok bagi kamu yang senang bekerja dengan angka dan tertarik mempelajari matematika, komputer, ilmu fisika, dan sosial. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya apakah gelar statistika adalah pilihan yang tepat untuk karirmu kedepannya?

Perlu diketahui bahwa gelar statistika bisa membawamu menemui berbagai pekerjaan dengan gaji tinggi dan pertumbuhan karir yang cepat. Masih tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan gelar statistika? Berikut adalah beberapa karir paling populer untuk lulusan di bidang ini.

1. Aktuaris

Aktuaris

* sumber: www.howtobecome.com

Aktuaris adalah seorang pakar risiko keuangan yang bertanggung jawab untuk memperkirakan, menilai, dan memberi nasihat. Mereka juga merencanakan risiko di masa depan yang terlihat maupun yang tidak terduga, serta menggunakan pengetahuan prinsip-prinsip komersial, pasar, dan ekonomi.

Sebagai aktuaris, kamu harus memiliki antusiasme terhadap grafik dan angka ke pasar ekonomi, dengan mempertimbangkan tren potensial dan faktor eksternal seperti sosial atau politik. Seorang aktuaris bertugas menganalisis biaya keuangan dari risiko dan ketidakpastian.

Pekerjaan ini menggunakan matematika, statistik, dan teori keuangan untuk menilai risiko bahwa suatu peristiwa akan terjadi. Selain itu, aktuaris juga membantu bisnis serta klien untuk mengembangkan kebijakan yang meminimalkan biaya risiko. Aktuaris biasanya akan bekerja di perusahaan asuransi.

2. Data Scientist

Ilmuwan Data

* sumber: www.cio.com

Perusahaan akan banyak menggunakan dan mengumpulkan sejumlah besar data selama operasi sehari-hari mereka, sehingga dibutuhkan seorang data scientist. Tugas seorang data scientist adalah mengubah data mentah menjadi informasi bermakna yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka.

Kamu akan mengekstraksi, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber. Kamu melakukan semua itu menggunakan algoritme, penambangan data, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan alat statistik agar dapat diakses oleh perusahaan. Kamu kemudian akan mempresentasikan hasilnya menggunakan bahasa yang jelas dan menarik.

Data scientist sangat dibutuhkan di sejumlah sektor, karena suatu bisnis membutuhkan orang dengan kombinasi yang tepat dari keterampilan teknis, analitik, dan komunikasi. Pekerjaan sehari-hari seorang data scientist akan sangat berbeda tergantung di mana, dan untuk siapa kamu bekerja.

Seorang data scientist banyak yang dipekerjakan di laboratorium penelitian, bekerja untuk startup teknologi, atau di perusahaan farmasi. Karier ini sangat cocok untuk seorang yang pekerja keras dan kreatif.

3. Analis Data

Analis Data

* sumber: www.northeastern.edu

Karier sebagai analis data cocok untuk kamu yang sangat analitis, memiliki keterampilan matematika yang kuat dan rasa ingin tahu. Kemampuan untuk memperhatikan detail, berkomunikasi dengan baik, dan sangat terorganisir adalah keterampilan penting bagi analis data.

Pekerjaan ini tidak hanya perlu memahami data, tetapi juga mampu memberikan wawasan dan analisis melalui komunikasi visual, tertulis, dan verbal yang jelas. Seorang analis data menggunakan data untuk memperoleh informasi tentang topik tertentu.

Ini biasanya dimulai dengan proses survei, di mana analis data menemukan peserta survei dan mengumpulkan informasi yang diperlukan. Data kemudian ditafsirkan dan disajikan dalam bentuk seperti grafik atau laporan. Analis data bisa bekerja di hampir semua sektor, seperti keuangan, konsultasi, manufaktur, farmasi, pemerintah dan pendidikan.

4. Ahli Statistik

Ahli Statistik

* sumber: stat.cornell.edu

Seorang ahli statistik akan menggunakan metode statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data serta untuk membantu memecahkan masalah dalam bisnis, teknik, kesehatan, atau bidang lainnya.

Seorang ahli statistik bertanggung jawab atas pengumpulan, evaluasi, interpretasi, dan penyajian data kuantitatif. Ahli statistik memberikan wawasan, rekomendasi, dan saran tentang kebijakan dan strategi untuk klien internal atau eksternal.

Profesi ini bisa bekerja di pemerintahan untuk mengeksplorasi data sensus, atau di perusahaan otomotif untuk menilai bagaimana berbagai mesin mobil bekerja di bawah panas atau dingin yang ekstrem.

5. Analis Riset Operasi

Analis Riset Operasi

* sumber: www.jacksonvilleu.com

Analis riset operasi menggunakan metode matematika dan analitik yang canggih untuk membantu perusahaan menyelidiki masalah kompleks, mengidentifikasi dan memecahkan masalah, serta membuat keputusan yang lebih baik.

Seorang analis riset operasi bertugas melayani bisnis dan organisasi dalam segala jenis. Dia juga menerapkan teknik yang canggih untuk menyelesaikan masalah tingkat tinggi dengan menilai cara terbaik mengalokasikan sumber daya yang langka atau bagaimana memperkenalkan sistem yang lebih efektif.

6. Analis Bisnis

Analis Bisnis

* sumber: www.lsbf.org.uk

Jika kamu senang mengevaluasi dan menganalisis data, menciptakan solusi, bekerja dengan berbagai orang dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi, karir sebagai analis bisnis mungkin cocok untuk kamu.

Sebagai seorang analis bisnis, kamu akan bekerja dalam suatu perusahaan untuk membantu mengelola, mengubah, dan merencanakan masa depan yang sejalan dengan tujuan mereka. Kamu bisa bekerja untuk suatu proyek tertentu atau bekerja sebagai staff di perusahaan.

Sebagai analis bisnis, kamu harus memahami situasi perusahaan saat ini, mengidentifikasi kebutuhan masa depan perusahaan dan menciptakan solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Kamu juga akan memainkan peran penting dalam berkomunikasi antara departemen internal dan pihak eksternal.

7. Analis Investasi

Analis Investasi

* sumber: www.schweser.com

Seorang analis investasi bertugas untuk meneliti, mengumpulkan dan menganalisis informasi yang membantu manajer investasi untuk membuat keputusan yang efektif dan menguntungkan atas nama klien sembari membangun portofolio investasi yang sukses.

Analis investasi dipekerjakan oleh perusahaan, perdagangan saham dan perusahaan pialang, penyedia asuransi, bank investasi, perusahaan keuangan non-perbankan dan perusahaan ekuitas swasta.

Seorang analis investasi biasanya menangani banyak proyek dan berspesialisasi dalam segmen industri tertentu, wilayah geografis atau kelas investasi. Analis investasi bisa bekerja di sektor perbankan, keuangan, dan bidang akuntansi.

8. Analis Risiko Keuangan

Analis Risiko Keuangan

* sumber: jobs.discover.com

Analis risiko keuangan adalah seorang komunikator yang sadar secara komersial yang dapat mengenali potensi risiko pada suatu proyek atau bisnis. Analis risiko keuangan bertugas mengidentifikasi dan menganalisis bidang-bidang risiko potensial yang mengancam aset, kapasitas penghasilan, atau keberhasilan perusahaan di sektor industri, komersial, atau publik.

Sebagai analis risiko keuangan, kamu akan bertanggung jawab untuk memprediksi perubahan dan tren masa depan, serta memperkirakan biaya untuk perusahaan. Seorang analis risiko dapat bekerja di bidang penjualan, perdagangan, pemasaran, layanan keuangan atau perbankan swasta.

9. Administrator Database

Administrator Database

* sumber: money.usnews.com

Administrator database atau basis data bertugas untuk memantau, memelihara, dan mengelola basis data, serta memastikan bahwa data tersebut aman, data dapat diambil, basis data ramah pengguna dan datanya konsisten.

Seorang administrator database menggunakan perangkat lunak khusus untuk menyimpan dan mengatur data, seperti informasi keuangan dan catatan pengiriman pelanggan. Mereka memastikan bahwa data tersedia untuk pengguna dan aman dari akses yang tidak sah.

10. Stock Trader

Stock Trader

* sumber: www.thebalancecareers.com

Stock trader atau pedagang saham memiliki pekerjaan yang serba cepat dan dinamis. Para profesional terampil ini menghabiskan hari-hari mereka untuk bermain-main dengan angka dan probabilitas yang mengandalkan analisis teknis terperinci untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan tren pasar di masa depan.

Melalui penelitian dan perhitungan, seorang stock trader bertujuan untuk memprediksi waktu dan harga terbaik untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan saham, obligasi, dan aset keuangan lainnya. Jurusan statistik dengan kemampuan matematika dan pengetahuan probabilitas akan berkembang pesat dalam peran ini.

Setelah mengetahui beberapa prospek kerja statistika di atas, kira-kira profesi mana yang cocok untuk dirimu? Bagi kamu yang mengetahui prospek kerja lainnya untuk lulusan statistika, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *