Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja yang Cocok untuk Jurusan Sosiologi

10 Prospek Kerja yang Cocok untuk Jurusan Sosiologi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Apakah kamu tertarik tentang bagaimana masyarakat membentuk cara kita berpikir dan merasakan? Atau apakah kamu penasaran dengan cara orang berinteraksi satu sama lain? Jurusan Sosiologi yang dapat membuat kamu mempelajari hal-hal tersebut. Jurusan ini mengajarkan kamu untuk mengidentifikasi masalah yang ada di dunia di sekitar.

Kamu akan menerapkan keterampilan memecahkan masalah pada dilema sosial dan melatih kemampuan kreatif untuk menemukan solusinya. Jurusan Sosiologi adalah salah satu jalur pendidikan paling beragam. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu juga akan berinteraksi dengan mata pelajaran filsafat, ilmu politik, antropologi, psikologi, linguistik, dan lain-lain.

Masih tidak yakin apa yang akan kamu lakukan dengan gelar Sosiologi? Berikut Bacaterus akan menginformasikan beberapa prospek kerja paling populer untuk lulusan Sosiologi.

1. Pekerja Sosial

Pekerja Sosial

* sumber: nyulangone.org

Bagi kamu yang merasa memiliki sikap peduli dan sabar akan sangat dibutuhkan bagi siapa pun yang mempertimbangkan karir sebagai pekerja sosial. Pekerja sosial akan membantu individu, keluarga, komunitas, dan kelompok lain untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Pekerjaan ini akan membuat kamu berinteraksi dengan beragam klien dan harus mampu memahami dari mana setiap orang berasal dan tantangan apa yang mereka hadapi. Dengan pengetahuan tentang struktur sosial, hubungan interpersonal dan ketidaksetaraan sosial yang dimiliki, akan sangat cocok dengan pekerjaan ini.

Terkadang perlu menggunakan penilaian profesional untuk membuat keputusan sulit yang mungkin tidak selalu diterima oleh klien. Ini bisa menjadi peran yang menantang dan terkadang menerima banyak perhatian media. Pekerja sosial dapat bekerja di hukum dan non hukum.

2. Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling

* sumber: counseling.steinhardt.nyu.edu

Bimbingan Konseling identik dengan sekolah. Bagi kamu yang tertarik dengan interaksi di dunia pendidikan kamu bisa menjadi Bimbingan Konselor. Bimbingan Konselor menggunakan pengetahuan sosiologi pembelajaran untuk membantu siswa menavigasi dunia akademik.

Pekerjaan ini juga bisa membuat kamu berkomunikasi dengan keluarga siswa untuk menyusun strategi supaya mendukung prestasi siswa. Bimbingan Konselor menggunakan teknik wawancara dan konseling untuk membantu siswa membuat pilihan akademik dan karir.

Selain itu menggunakan keterampilan memecahkan masalah untuk menengahi konflik dan menyelesaikan masalah sosial di sekolah. Konselor juga memfasilitasi sesi mengajar siswa tentang masalah sosial seperti bullying, narkoba, dan seksual yang aman.

3. Perekrut

Perekrut

* sumber: humanresourcespath.com

Jika kamu selalu merasa termotivasi, senang membantu orang lain dan memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, kamu akan memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi bagian dari sumber daya manusia yaitu sebagai Perekrut. Perekrut berbeda dengan HRD, karena tugas Perekrut hanya membantu menjembatani kesenjangan antara pemberi kerja dan pencari kerja.

Mereka bekerja dengan perusahaan dan individu untuk menentukan kandidat terbaik untuk posisi yang diberikan. Keberhasilan di bidang ini membutuhkan banyak hal, tetapi yang paling penting adalah pemahaman yang mendalam tentang orang dan dinamika kelompok. Yang dimana keduanya dimiliki oleh lulusan Sosiologi.

4. Market Research Analyst

Market Research Analyst

* sumber: www.thebalancecareers.com

Market Research Analyst atau Analis Riset Pasar akan bertugas menguji produk dan layanan serta mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran. Mereka menggunakan teknik penelitian ilmu sosial termasuk wawancara, fokus kelompok, dan survey untuk mengumpulkan data.

Market Research Analyst akan menggunakan metode statistik yang dikuasai oleh lulusan Sosiologi untuk menganalisis data. Pekerjaan ini akan sering melacak preferensi untuk kelompok konsumen tertentu. Pengetahuan tentang gender, pemuda, ras, etnis dan kelas sosial membantu menginformasikan penilaian ini.

Pemahaman tentang proses kelompok dan keterampilan komunikasi canggih membantu jurusan Sosiologi memfasilitasi interaksi kelompok fokus dan melakukan wawancara dengan konsumen.

5. Penasihat

Penasihat

* sumber: www.wes.org

Jika kamu memiliki keterampilan interpersonal yang hebat dan pemecah masalah yang banyak akal, kamu cocok untuk berkarier sebagai Penasihat. Memberikan nasihat tidak memihak dan bersifat rahasia kepada klien tentang berbagai masalah seperti utang, pekerjaan, dan rumah tangga.

Kamu bisa bekerja dengan berbagai cara, mulai dari bertatap muka, melalui telepon, email, dan lewat jaringan online lainnya. Kamu juga dapat bekerja sebagai penasihat umum yang mencakup banyak topik. Mulai dari  komunitas seperti pengadilan, penjara, dokter bedah atau call center.

6. Community Development

Community Development

* sumber: www.sparc.bc.ca

Community Development atau Pengembangan Masyarakat membutuhkan sifat tanpa pamrih yang bersemangat membantu orang lain. Pekerjaan ini akan membuat kamu membantu masyarakat untuk melakukan perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup di daerah mereka.

Kamu mungkin akan bekerja dengan individu, keluarga atau seluruh masyarakat untuk memberdayakan mereka seperti mengidentifikasi aset, kebutuhan, peluang, hak, dan tanggung jawab mereka.

Merencanakan apa yang ingin mereka capai dan tindakan apa yang sesuai, mengembangkan kegiatan dan layanan untuk menghasilkan aspirasi, dan sejumlah otoritas lokal lainnya. Pekerjaan ini akan sering terlibat dalam mengatasi ketidaksetaraan yang di mana menargetkan masyarakat yang dirasa kurang beruntung secara ekonomi, budaya, atau geografis.

7. Bimbingan Kesehatan Mental

Bimbingan Kesehatan Mental

* sumber: www.thephoenixrc.com

Banyak orang yang memasuki tingkat sosiologi karena minat yang mendalam pada orang-orang dan keinginan untuk berjuang untuk masyarakat yang lebih baik. Karena alasan ini, mengejar karir di industri konseling bisa sangat membuat dirimu bermanfaat.

Salah satunya adalah Konselor Kesehatan Mental yang membantu pasien yang menderita berbagai masalah sosial, emosional, dan psikologis untuk meningkatkan hubungan dan fungsi sehari-hari mereka. Meskipun profesi ini memerlukan gelar magister dalam konseling, tetapi gelar sarjana Sosiologi menjadi tempat yang sempurna untuk memulai.

8. Administrator Layanan Sipil

Administrator Layanan Sipil

* sumber: www.how2become.com

Pekerjaan ini akan berada dalam front-liner, yang di mana kamu akan menjadi bagian penting dari departemen atau lembaga pemerintah, dan dapat memberikan layanan vital kepada publik. Layanan Sipil terdiri dari sejumlah besar departemen yang berbeda, yang menerapkan kebijakan pemerintah dan memberikan layanan kepada publik.

Sebagai Administrator Layanan Sipil, kamu akan memiliki hubungan langsung dengan individu dan memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan nyata bagi kehidupan masyarakat, atau dapat melakukan penelitian, menyusun laporan, dan mengerjakan dokumen kebijakan.

Peran administrasi tersedia di berbagai tingkatan seperti asisten administrasi, petugas administrasi, pejabat ekslusif, dan pejabat eksekutif yang lebih tinggi.

9. Pegawai Kantor Umum

Pegawai Kantor Umum

* sumber: www.cultureofgood.com

Di antara keterampilan lain, siswa sosiologi juga mengembangkan kemampuan organisasi dan komunikasi yang sangat baik. Sehingga pekerjaan sebagai pegawai kantor umum sangat cocok seperti mengerjakan dokumen, menjadwalkan meeting dengan efisien, dan mencatat panggilan tak terjawab.

Dalam peran yang bervariasi ini, akan membuat kamu memiliki kesempatan untuk mencoba pekerjaan di berbagi tugas seperti memproses data, pembukuan, pekerjaan resepsionis, dan banyak lagi.

10. Probation Officer

Probation Officer

* sumber: myseco.militaryonesource.mil

Pekerjaan ini memiliki hubungan dengan sistem hukum, mengevaluasi pelanggar pidana dan menentukan perawatan terbaik, memberikan mereka sumber daya untuk rehabilitasi dan memantau kemajuan mereka ketika mereka berusaha kembali ke masyarakat.

Kehidupan sebagai Probation Officer atau petugas di penjara dapat menarik secara intelektual dan memberi penghargaan moral. Lulusan Sosiologi dengan pengetahuan tentang kriminologi dan psikologi, idealnya ditempatkan untuk mengejar profesi yang menantang ini.

Itulah beberapa prospek kerja atau peluang kerja untuk lulusan Sosiologi. Bagi kamu yang senang berinteraksi dengan banyak orang, pekerjaan-pekerjaan di atas perlu kamu pertimbangkan. Jika kamu tahu prospek kerja lainnya untuk lulusan Sosiologi, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Cek juga artikel prospek kerja ilmu komunikasi ini untuk menemukan profesi yang sesuai passion-mu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *