Bacaterus / Prospek Kerja / 8 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Menjanjikan

8 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Kamu mahasiswa baru, atau siswa SMA yang sedang memikirkan jurusan apa yang nantinya dipilih setelah lulus sekolah? Berbagai jurusan bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan passion-mu. Misalnya, jika kamu suka menggambar, kamu bisa masuk jurusan desain ataupun arsitektur. Jurusan yang kamu pilih, akan menentukan bidang pekerjaanmu di masa depan.

Banyak siswa yang masih bingung dengan peminatan jurusan. Dalam minat Teknologi Informasi, ada beberapa jurusan yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Sistem Informasi. Mungkin jurusan ini masih asing didengar, namun jangan salah, jurusan Sistem Informasi memiliki peluang kerja yang banyak dan lulusannya sangat dibutuhkan perusahaan, lho. Apa saja prospek kerjanya? Simak artikel ini, ya!

1. System Analyst

System Analyst

* sumber: www.roberthalf.com

Jurusan Sistem Informasi sangat dilatih untuk menjadi seorang System Analyst. Pada jurusan ini, setiap mahasiswa akan diajarkan untuk menganalisa sistem. Dari mulai membuat perancangan sistem, hingga terealisasi. Tak hanya itu, seorang System Analyst juga menganalisa sistem yang sudah jadi, untuk membenahi kekurangan pada sistem.

Seorang System Analyst memiliki peranan penting di perusahaan. Apalagi, sekarang ini setiap perusahaan membutuhkan teknologi yang canggih untuk bisa membantu dalam setiap proses administrasi. Tak heran, jurusan Sistem Informasi kini sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai System Analyst.

2. Project Manager

Project Manager

* sumber: www.techrepublic.com

Dalam sebuah bisnis, Project Manager memiliki peranan yang sangat penting. Project Manager harus memahami tentang bisnis yang berjalan hingga sistemnya. Jurusan Sistem Informasi mempelajari dasar manajemen bisnis dan business plan. Maka, jurusan ini memiliki peluang besar untuk menjadi seorang Project Manager.

Project manager menentukan tujuan dari proyek yang sedang dijalankan dan menjadi penentu keberhasilan proyek. Apabila proyek tersebut dalam bidang teknologi informasi, lulusan jurusan Sistem Informasi bisa masuk ke posisi ini karena memiliki pengalaman dalam menganalisa dan membuat sebuah proyek sistem.

Jika kamu merupakan orang yang senang bersosialisasi dan membaur dengan orang lain, maka posisi ini sangatlah cocok. Seorang Project Manager harus bisa mendengarkan dan membaur dalam sebuah tim. Selain itu juga, menjadi Project Manager kamu harus menjadi team player yang aktif dan efektif.

3. Database Administrator

Database Administrator

* sumber: techgenix.com

Jurusan Sistem Informasi akan diajarkan secara mendalam tentang database. Mulai dari dasar-dasar apa itu database, cara membuat database, hingga mengelola database dengan baik. Maka dari itu, lulusan Sistem Informasi sangat cocok berada di bidang Database Administrator. Karena kemampuannya dalam mengelola database sudah terlatih sejak di bangku kuliah.

Bagi orang awam mungkin terdengar mudah menjadi seorang Database Administator. Namun, tugas pokok yang dilakukan tak semudah yang dibayangkan jika tidak memiliki basic Sistem Informasi. Seorang Database Administrator harus bisa melindungi database, mendefinisikan pola struktur database, hingga memberi kekuasaan pada user untuk mengakses data.

4. Business Analyst

Business Analyst

* sumber: www.projectbi.net

Seperti yang diketahui, Sistem Informasi tidak hanya belajar soal membuat sebuah software, namun juga belajar dasar bisnis, konsep bisnis, hingga membuat business plan. Dengan kemampuan analisanya pula, jurusan ini bisa berkarir sebagai Business Analyst. Pekerjaan ini memiliki hubungan yang erat pula dengan Programmer.

Dalam proyek Sistem Informasi, seorang Business Analyst dapat berperan sebagai Business Intelligence Analyst, Software Quality Assurance Specialist, dan Tester. Jadi, peran lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan di sini. Karena memiliki basic dalam menganalisa bisnis serta menganalisa sistem.

Apabila kamu memiliki kemampuan yang baik dalam analisa, dan kamu lemah dalam hal coding, Business Analyst cocok untuk kamu. Kemampuan analisamu sangat diasah di sini. Seorang Business Analyst harus bisa membuat rancangan database, dalam hal ini peran jurusan Sistem Informasi sangat besar karena mendalami pengelolaan database.

5. Information System Manager

Information System Manager

* sumber: business.ecu.edu

Ketika kuliah di jurusan Sistem Informasi, kamu akan diajarkan tentang Manajemen Sistem Informasi. Di sini, mahasiswa akan diberi bekal bagaimana menjadi seorang Information System Manager. Posisi ini, cocok bagi kamu yang kurang mahir ngoding, namun ingin berkarir di bidang Sistem Informasi. Di sini kamu lebih banyak melakukan manajerial.

Menjadi seorang Information System Manager sangat dibutuhkan untuk memudahkan pihak manajemen dalam melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan, dan pendelegasian pada semua pihak yang memiliki koordinasi. Selain itu juga dapat meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya.

6. Software Developer

Software Developer

* sumber: sdtimes.com

Kalau ini, pekerjaan yang cocok untuk kamu yang suka ngoding dan suka mengembangkan sebuah sistem. Seorang Software Developer sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Terutama start up atau perusahaan e-commerce yang masih memerlukan development. Buat kamu yang berjiwa muda dan ingin berperan dalam pengembangan sistem, cocok di sini.

Seorang Software Developer tak hanya mengembangkan sistem menggunakan coding saja, namun juga dapat menganalisa sistem. Sehingga lebih memahami, apa saja yang perlu diperbaiki dan dikembangkan. Posisi yang cocok untuk kamu yang punya inovasi untuk pengembangan sistem di perusahaan agar lebih efektif dan efisien.

7. E-Commerce System Developer

E-Commerce System Developer

* sumber: www.orangemantra.com

Teknologi Informasi dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah e-commerce. Bidang ini dapat dikatakan masih baru berkembang beberapa tahun belakangan ini. Namun perkembangannya yang sangat pesat membuat posisi E-Commerce System Developer sangat dibutuhkan dalam bisnis dan perusahaan.

Jurusan Sistem Informasi ada kaitannya dengan posisi ini karena seorang System Developer harus memahami tentang analisa sistem untuk dapat mengembangkan sistem yang sudah ada. Selain itu juga, lulusan Sistem Informasi berperan penting untuk merancang sistem yang baru apabila sistem lama perlu diperbaharui seutuhnya.

8. Programmer

Programmer

* sumber: www.digitalwelt.org

Pekerjaan ini tentu tidak asing di telinga. Seorang Sistem Informasi sebenarnya memang disiapkan untuk menjadi seorang System Analyst. Namun, tidak menutup kemungkinan menjadi seorang Programmer. Karena jurusan Sistem Informasi mempelajari secara detil untuk membuat sebuah website ataupun aplikasi.

Di beberapa kampus, jurusan Sistem Informasi masih dipersiapkan untuk menjadi Programmer. Karena pekerjaan ini masih menjadi yang paling banyak dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan untuk membuat sebuah aplikasi. Sehingga jika kamu memilih jurusan Sistem Informasi, akan dengan mudah masuk ke dunia Programmer.

Jika kamu memilih berkarir di bidang Programmer, akan banyak sekali peluang untuk bisa cepat bekerja, bahkan saat masih menjalankan kuliah. Programmer juga bisa lepas dari perusahaan dengan membuat project secara pribadi.

Itulah 8 prospek kerja bagi kamu yang memilih kuliah jurusan Sistem Informasi. Meski jurusan ini tak sepopuler jurusan Teknik Informatika, namun karena banyaknya kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi, jurusan ini tak pernah sepi peminat. Setiap tahunnya, di kampus manapun pasti banyak yang menekuni jurusan Sistem Informasi.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan, lulusan Sistem Informasi mau bekerja sebagai apa? Yuk, tentukan minatmu sejak sekarang! Jangan lupa untuk turut mampir di artikel prospek kerja jurusan ilmu komunikasi berikut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar