Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Bidang Menarik

10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Bidang Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kamu pecinta sastra atau senang mempelajari budaya dan bahasa asing, mungkin kamu akan terpikir untuk memilih jurusan Sastra Inggris. Jurusan Sastra Inggris adalah salah satu jurusan yang menarik.

Jika kamu memilih untuk belajar Sastra Inggris di universitas, kamu akan belajar mengembangkan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang komprehensif, merangkai narasi, menganalisis berbagai tingkat makna, belajar tentang budaya asing, membaca, memeriksa, dan mengkritik karya sastra.

Mungkin orangtua atau kerabat dekat akan bertanya-tanya mengenai jurusan Sastra Inggris dan menganggap bahwa jurusan ini tidak potensial dalam dunia kerja. Padahal jika kamu memilih jurusan ini, ada begitu banyak prospek kerja di berbagai bidang menarik bahkan tidak sedikit yang bergaji tinggi.

Untuk menjawab pertanyaan orang seperti “Masuk jurusan Sastra Inggris akan kerja apa?” atau “Apa yang bisa kamu lakukan dengan gelar Sastra Inggris setelah lulus?” Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, Bacaterus akan menginformasikan prospek kerja Sastra Inggris di bawah ini.

1. Penerjemah Lisan dan Tulisan

Penerjemah Lisan dan Tulisan

* sumber: ccalanguagesolutions.com

Masuk jurusan Sastra Inggris tentu akan membuat kamu belajar untuk lancar atau fasih berbahasa Inggris. Mata kuliah Sastra Inggris akan membantu kamu lebih memahami struktur bahasa dan menjadikan kamu komunikator yang lebih efektif. Salah satu pekerjaan potensial untuk jurusan ini adalah penerjemah.

Penerjemah terdiri dari dua bidang yaitu penerjemah tulisan dan penerjemah lisan atau interpreter. Orang-orang dengan profesi ini memiliki penghasilan yang tinggi lho! Terutama di era globalisasi ini yang membuat penerjemah semakin dibutuhkan. Jadi, penerjemah adalah salah satu karir utama jurusan Sastra Inggris yang paling menjanjikan.

2. Penulis Buku

Penulis Buku

* sumber: theforbiz.com

Jurusan Sastra Inggris akan membuat kamu banyak belajar mengenai penulisan. Nah, salah satu karir yang potensial adalah menjadi penulis buku. Sebagai seorang penulis, tentu kamu akan terlibat dalam penciptaan dan pengembangan karya-karya fiksi dan non-fiksi. Menjadi penulis adalah salah satu pekerjaan yang menarik yang membuat kita berimajinasi dan menjadi kreatif.

Sebagian besar penulis bekerja sebagai freelancer atau penulis lepas. Salah satu keuntungan menjadi seorang penulis buku adalah kamu akan lebih dikenal oleh banyak orang terutama jika tulisanmu berhasil tembus penerbit nasional. Bahkan, jika buku yang diterbitkan menjadi best seller, kamu juga bisa berkesempatan dilirik oleh produser film, lho! Menarik bukan?

3. Jurnalis

Jurnalis

* sumber: feweek.co.uk

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa jurnalis hanya untuk jurusan komunikasi, padahal jurusan Sastra Inggris juga sangat diinginkan oleh perusahaan media. Bidang jurnalisme pun cukup luas termasuk radio dan televisi.

Umumnya, jurnalis berkaitan dengan menulis tentang peristiwa, menulis artikel atau surat kabar, mengedit, menjadwalkan, meninjau, mengelola, dan mempromosikan kejadian kepada audience.

Ini, jurnalis juga merambah pada media sosial yang membuat kamu harus mengikuti perkembangan terkini. Tentunya bekerja sebagai jurnalis membutuhkan kerja keras, kegigihan,dan terampil menggunakan kata-kata untuk menggerakkan emosi orang lain.

4. Guru atau Pengajar Bahasa Inggris

Guru atau Pengajar Bahasa Inggris

* sumber: www.tvm.com.mt

Salah satu bidang paling umum yang dipilih oleh lulusan Sastra Inggris adalah pendidikan. Jika kamu fasih berbahasa Inggris, ingin menjelajahi dunia dan memiliki keterampilan perencanaan kreatif, sebaiknya pertimbangkan karir mengajar bahasa Inggris. Kamu bisa bekerja di berbagai tempat seperti sekolah formal, lembaga pendidikan, bahkan sebagai guru privat.

Untuk menjadi seorang pengajar, kamu biasanya harus melewati kualifikasi mengajar profesional dan mendapatkan pengalaman bekerja menjadi guru. Meskipun karir dalam mengajar sering membutuhkan kualifikasi dan pengalaman tambahan, gelar Sastra Inggris menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan pengetahuan akademik dan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan.

5. Content Writer

Content Writer

* sumber: www.techora.net

Di era digital, kebutuhan Content Writer banyak dicari oleh perusahaan maupun perorangan. Content Writer atau penulis konten adalah salah satu bidang yang menarik untuk lulusan Sastra Inggris. Beberapa pekerjaan penulisan digital seperti menulis artikel, membuat konten website, konten sosial media, dan penulisan digital lainnya adalah tugas seorang Content Writer.

Bahkan, untuk menjadi seorang Content Writer kamu tidak harus berkarir secara langsung di perusahaan, kamu bisa membuka jasa sendiri dengan menjadi freelance Content Writer dengan mempromosikan diri di berbagai platform khusus freelancer atau di berbagai media online.

Tentunya kreatifitas, kemampuan menganalisa dan menciptakan kata-kata harus kamu miliki sebagai Content Writer. Tahukah kamu? Artikel yang kamu baca ini adalah salah satu hasil karya seorang Content Writer.

6. Periklanan / Copywriter

Periklanan

* sumber: www.careerindia.com

Bidang karir lain yang berkaitan erat dengan industri media adalah periklanan. Meskipun masih melibatkan kreativitas tingkat tinggi dan keterampilan komunikasi yang sangat baik, semua peran ini menuntut lebih banyak fokus untuk menghasilkan laba dan memperluas jangkauan bisnis atau suatu brand.

Copywriter adalah salah satu karir yang bisa kamu pilih sebagai lulusan Sastra Inggris. Sebagai Copywriter kamu akan menghasilkan konten tertulis untuk halaman web maupun tulisan persuasif lainnya.

Tugas kamu adalah melibatkan pembaca dan memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu seperti membeli produk atau layanan. Kamu juga dapat menulis tentang informasi berharga mengenai brand atau industri.

7. Editor / Proofreader

Editor

* sumber: www.thebalancesmb.com

Masih berhubungan dengan dunia penulisan, jika kamu memiliki keterampilan tata bahasa dan komunikasi yang baik serta minat yang besar untuk bekerja dalam penerbitan, kamu bisa bekerja sebagai Editor. Seorang Editor harus memiliki mata kritis untuk meninjau dan menemukan kesalahan dalam suatu tulisan.

Mulai dari tulisan dalam buku, jurnal, majalah, tulisan online, dan materi publisitas lainnya. Pekerjaan ini akan memiliki beberapa tanggung jawab berbeda selain meninjau tulisan. Editor dapat meninjau ejaan, menulis ulang teks, memverifikasi fakta, mengevaluasi pengiriman, dan menugaskan artikel untuk penulis tertentu.

Jika kamu ingin menjadi seorang Editor, mungkin kamu memerlukan pengalaman menulis yang sangat baik. Biasanya Editor akan bekerja di penerbitan atau perusahaan media konvensional dan media online.

8. Pustakawan

Pustakawan

* sumber: teacher.scholastic.com

Bagi kamu pecinta buku, pustakawan adalah salah satu karir yang bisa kamu pilih sebagai lulusan Sastra Inggris. Seorang pustakawan dapat menghargai literatur dengan baik karena dapat mempertimbangkan buku mana yang akan dimasukkan ke dalam koleksi mereka. Keterampilan membaca membantu mereka dengan cepat membaca ulasan buku.

Bahkan, di dunia digital, pustawakan masih dibutuhkan. Seorang pustakawan dapat membantu pelanggan dengan penelitian, mengajar kelas tentang teknologi informasi, dan mengatur materi perpustakaan.

9. Technical Writer

Technical Writer

* sumber: www.writeraccess.com

Ada banyak mesin dan teknologi yang kompleks di dunia modern saat ini. Dengan menjadi penulis teknis atau Technical Writer, kamu dapat membantu orang memahami berbagai jenis informasi tentang teknologi. Technical Writer harus memiliki kemampuan bahasa Inggris untuk menjelaskan gagasan dengan cara yang paling jelas dan sederhana.

Selain itu, Technical Writer juga perlu mengumpulkan dan memasukkan umpan balik ketika merevisi dokumentasi berdasarkan pengalaman pengguna seperti halnya ketika merevisi esai berdasarkan kritik dari lembaga atau universitas. Technical Writer membutuhkan banyak pengalaman dengan teknologi penulisan.

10. Hubungan Masyarakat / Public Relation

Hubungan Masyarakat

* sumber: www.businessschooledge.com

Jika kamu senang bertemu dengan banyak orang, Hubungan Masyarakat atau Humas adalah salah satu pilihan karir yang tepat. Tidak hanya berlaku bagi jurusan komunikasi, Hubungan Masyarakat juga membutuhkan lulusan Sastra Inggris. Profesi ini adalah tentang mengelola reputasi.

Berkarir dalam profesi ini melibatkan pemahaman dan dukungan untuk klien kamu, serta untuk mempengaruhi pendapat dan perilaku. Tentunya harus menggunakan semua bentuk media dan komunikasi untuk mengelola klien.

Kamu akan mengkomunikasikan pesan-pesan utama dan memiliki keterampilan organisasi yang penting untuk mengelola kerja membaca atau menulis yang luas, tentunya sangat penting bagi Hubungan Masyarakat karena akan merencanakan acara dan menangani kebutuhan banyak klien atau suatu bisnis.

Apalagi jika kamu harus dihadapkan dengan klien orang asing, tentunya keterampilan berbahasa Inggris kamu sangat dibutuhkan dan harus diterapkan dengan baik.

Jadi, sudah tidak ragu lagi ‘kan untuk memilih jurusan Sastra Inggris? Karena jurusan ini bersifat universal dan berpotensi dalam berbagai bidang. Secara keseluruhan, Sastra Inggris adalah jurusan di mana kamu harus memiliki hasrat untuk suatu subjek atau bidang terkait. Tentunya membutuhkan pemahaman pada dasar budaya, bahasa, dan kecintaan pada kata-kata.

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk jurusan Sastra Inggris atau lulusan Sastra Inggris, silahkan berbagi pengalaman atau pendapat di kolom komentar. Kamu yang mengambil studi di jurusan manajemen juga wajib membaca artikel prospek kerja dari jurusan manajemen ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *