Bacaterus / Jurusan Sosial / Kuliah Jurusan Psikologi? Ini 10 Prospek Kerja yang Cocok

Kuliah Jurusan Psikologi? Ini 10 Prospek Kerja yang Cocok

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika berpikir tentang psikologi, kebanyakan orang menggangap hal itu terkait dengan membaca pikiran seseorang atau mendengarkan ceirta orang lain. Padahal psikologi bukan hanya mempelajari perilaku, tetapi juga mempelajari fungsi mental. Mereka yang bekerja pada bidang ini menganggapnya sebagai bagian dari ilmu sains, filsafat, dan seni.

Tujuan utama psikologi adalah menjelaskan, memprediksi, mengendalikan perilaku dan proses mental. Ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan psikologi, penting untuk memahami banyak sub-bidang dan spesialisasi dalam jurusan yang bersifat luas ini. Bidang-bidang psikologi meliputi statistik, organisasi, kognitif, sosial, dan pendidikan.

Ada begitu banyak pilihan karir yang bisa diambil untuk lulusan psikologi. Mungkin kamu masih bingung dengan masa depan dari jurusan ini, padahal ada begitu banyak karir yang bisa dipilih bagi kamu yang belajar di bidang psikologi, seperti di bawah ini.

1. Psikolog Konseling

Psikolog Konseling

* sumber: www.psychologytoday.com

Psikolog konseling akan membuat kamu menerapkan teori dan penelitian psikologi dalam pekerjaan terapis untuk membantu klien dengan berbagai masalah kehidupan yang sulit. Masalah-masalah kehidupan orang yang akan kamu hadapi seperti masalah kekerasan dalam rumah tangga, masalah hubungan, pelecehan seksual, trauma, kehilangan, depresi, gangguan makan, dan kegelisahan.

Kamu akan bekerja secara kolaboratif dengan klien untuk mempertimbangkan perubahan dan mengendalikan pemulihan mereka. Berlatih sebagai psikolog konseling membutuhkan pelatihan dan kesadaran tingkat tinggi yang dicapai melalui terapi pribadi. Biasanya psikolog konseling berbasis di pendidikan, layanan kesehatan, penjara, maupun membuka praktik pribadi.

2. Psikometri

Psikometri

* sumber: www.allpsychologyschools.com

Jika kamu memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik, bekerja dengan baik dalam tim dan ingin meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang, pertimbangkan karir sebagai psikometri atau psikolog klinis. Pekerjaan ini membuat kamu melakukan tes psikologis dan menilai mereka.

Psikometri bekerja di bawah pengaturan klinis di mana seseorang harus memberikan tes klinik kepada pasien, atau di bawah pengaturan organisasi di mana mereka memberikan tes kepada pelamar, karyawan, atau siswa. Psikometri berhubungan dengan pasien untuk mengidentifikasi berbagai cacat mental, masalah suasana hati, dan masalah psikologis lainnya.

Terkadang psikometri juga disebut sebagai “kepala dokter” untuk membantu mengatasi trauma mendalam. Supaya memenuhi syarat, kamu harus menjadi lulusan psikologi klinis dan memiliki pengetahuan luas tentang administrasi dan penilaian tes standar. Bahkan psikometri memiliki gaji yang cukup tinggi lho!

3. Psikolog Forensik

Psikolog Forensik

* sumber: www.wonderspsychology.com

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum, kamu bisa bekerja sebagai psikolog forensik. Psikolog forensik akan bekerja di antara bidang psikologi dan sistem peradilan pidana. Kamu harus memahami standar sistem peradilan supaya menjadi saksi ahli dan ditugaskan untuk mengevaluasi apakah terdakwa kompeten dalam persidangan.

Tugas seorang psikolog forensik adalah untuk membuktikan apakah terdakwa waras atau sakit mental melalui pemeriksaan dan pengujian psikologis. Pekerjaan ini akan membuat kamu bekerja dengan kepolisian, petugas penegak hukum, pengacara, dan pembela umum.

4. Psikolog Pendidikan

Psikolog Pendidikan

* sumber: psychologydegreeguide.org

Psikolog pendidikan bukanlah menjadi guru, melainkan bertugas untuk mengembangkan materi pembelajaran dan memahami aspek pembelajaran manusia. Kebanyakan psikolog pendidikan fokus pada anak-anak berbakat dan yang berkebutuhan khusus. Mereka mempelajari perbedaan individu dalam hal kecerdasan, kreativitas, motivasi, dan gaya kognitif.

Ini adalah profesi yang juga bekerja di tingkat strategis untuk melakukan penelitian dalam meningkatkan kebijakan pendidikan sekolah. Biasanya pekerjaan ini ditawarkan pada seseorang yang bergelar sarjana dan magister psikologi.

5. Psikolog Kesehatan

Psikolog Kesehatan

* sumber: www.theneuromedicalcenter.com

Jika kamu tertarik untuk memperbaiki sistem layanan kesehatan dan senang membantu orang mencapai gaya hidup yang lebih sehat, karir sebagai psikolog kesehatan mungkin cocok untuk kamu. Psikolog kesehatan bertugas membantu pasien dari segala usia dan dengan berbagai masalah kesehatan psikologis serta mengelola aspek psikologis penyakit pasien.

Hal ini dapat mencakup menyesuaikan diri dengan penyakit serius, pilihan gaya hidup terkait pola makan yang buruk, berhenti merokok, manajemen diabetes atau masalah kesehatan jangka panjang lainnya. Biasanya akan bekerja dengan profesional kesehatan seperti perawat dan dokter umum.

6. Terapis Intensitas Tinggi

Terapis Intensitas Tinggi

* sumber: reductress.com

Berkarir sebagai terapis intensitas tinggi cocok bagi kamu yang dapat menunjukkan empati, bekerja dengan baik dalam tim, berfokus pada solusi dan memiliki pengalaman bekerja dengan orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan mental. Sebagai terapis intensitas tinggi, kamu akan mendukung individu dari segala usia dan latar belakang yang berbeda yang mengalami kesehatan mental yang buruk.

Pekerjaan ini akan membuat kamu menawarkan serangkaian intervensi berbasis perilaku kognitif intensitas tinggi seperti pencitraan ulang dan terapi paparan, untuk membantu pasien mengelola pemulihan mereka sendiri.

Kamu biasanya akan mengelola beban kasus sebanyak 30 hingga 40 klien per tahun selama periode waktu tertentu dengan setiap sesi pasien berlangsung selama satu jam. Pekerjaan ini membuat kamu harus bekerjasama dengan profesional kesehatan lainnya seperti praktisi kesejahteraan psikologis, penasihat pekerjaan, dan terapis lainnya.

7. Psikolog Olahraga

Psikolog Olahraga

* sumber: career.iresearchnet.com

Menjadi psikolog olahraga, membuat kamu harus memperhatikan dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan psikologis dan kinerja atlet. Para psikolog olahraga ini bekerja pada level akademik dan berfungsi sebagai konsultan untuk tim olahraga. Selain itu akan bekerjasama dengan pelatih dalam mengembangkan program rehabilitasi dan pembangunan tim.

Mereka juga memberikan konseling kepada atlet yang menjalani transisi karir. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai dunia olahraga dan kesehatan.

8. HRD / Sumber Daya Manusia

HRD

* sumber: www.villanovau.com

Bagi kamu yang senang berkarir di perusahaan atau suatu organisasi, menjadi seorang HRD atau sumber daya manusia membuat kamu berkontribusi dalam proses perekrutan karyawan. Termasuk menyaring aplikasi pelamar, melakukan wawancara, dan penempatan karyawan baru.

Para profesional dapat berkonsultasi dengan sebuah organisasi mengenai kebutuhan perekrutan dan membuat rekomendasi untuk tujuan organisasi selanjutnya. Pengetahuan psikologi dapat bermanfaat bagi mereka yang bekerja di bagian sumber daya manusia karena kualifikasi ini memungkinkan para profesional untuk berkomunikasi dengan karyawan secara bermakna sambil meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

Sebagai petugas sumber daya manusia, kamu akan mengembangkan, memberi nasihat, dan menerapkan kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan karyawan yang efektif dalam suatu perusahaan atau organisasi.

9. Life Coach

Life Coach

* sumber: www.drbryant.co

Jika kamu ingin memberdayakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka, memaksimalkan potensi mereka dan membuat perubahan dalam hidup mereka, berkarir sebagai Life Coach akan cocok untukmu.

Pekerjaan ini tidak sekedar memberikan nasihat, tetapi lebih tentang mengembangkan hubungan dengan klien kamu yang membantu mereka memutuskan perubahan apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai potensi mereka. Selain berurusan dengan individual, kamu juga dapat memberikan lokakarya pengembangan pribadi untuk kelompok.

Sangat penting bahwa sebagai Life Coach kamu dapat mengidentifikasi kapan klien perlu dirujuk untuk mendapatkan dukungan alternatif. Jenis bidang ini biasanya berspesialisasi dalam satu bidang pelatihan seperti pelatihan karir, bisnis, pembinaan kelompok, manajemen kinerja, pengembangan pribadi, dan pensiun.

10. Market Researcher

Market Researcher

* sumber: www.justscience.in

Market Research sering bekerja dalam psikologi konsumen, yang berusaha memahami mengapa konsumen membuat pilihan yang mereka lakukan dan apa yang dapat dilakukan organisasi untuk mempengaruhi pilihan itu. Sebagai Market Researcher kamu bertugas menganalisa bagaimana berbagai jenis kemasan atau slogan pemasaran atau pesan yang berbeda mempengaruhi perilaku konsumen.

Market Researcher juga dapat menggunakan data untuk menentukan jenis pesan apa yang paling efektif dalam mencapai tujuan perusahaan. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk merancang studi penelitian yang efektif untuk menemukan jawaban atas pertanyaan dasar dari perusahaan. Perusahaan tersebut meliputi bisnis, organisasi nirlaba, partai politik, atau berbagai entitas lain.

Dunia psikologi sebenarnya sangat luas karena bekerja untuk mempelajari pikiran dan perilaku manusia. Ada beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan psikologi, tetapi beberapa yang telah disebutkan di atas adalah posisi paling umum yang dicari perusahaan.

Tidak diragukan lagi bahwa memiliki gelar psikologi adalah salah satu gelar terbaik yang menawarkan banyak posisi dan gaji yang bersaing. Nah, bagi kamu yang memiliki pengalaman di bidang psikologi, silahkan berbagi cerita dengan kami di kolom komentar. Bacaterus juga hendak mengajakmu yang berkuliah di jurusan Sastra Inggris untuk mengetahui prospek kerjanya dalam artikel prospek kerja Sastra Inggris.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Mohamad Yusuf Ibrahim berkata:

    Min, punya artikel bahas Beasaiswa buat S1 dalam dan luar negeri ga min?
    kayaknya skg banyak yang nyari tuh info2 terkait beasiswa dan persyaratannnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *