Bacaterus / Jurusan Pendidikan / 10 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam yang Menjanjikan

10 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jurusan manajemen pendidikan agama Islam memang menjadi satu di antara banyak jurusan yang kurang populer. Meskipun demikian, peluang kerja untuk jurusan yang satu ini sangat terbuka sangat lebar bagi lulusannya.

Jurusan manajemen pendidikan Islam sendiri merupakan sebuah program studi yang akan mempelajari perencanaan hingga pengawasan proses pendidikan dan juga infrastruktur lembaga pendidikan yang mengacu pada nilai-nilai agama Islam yang bersumber pada tuntunan Al Quran dan Hadist.

Jika kamu termasuk salah satu calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini, maka informasi mengenai prospek kerja yang akan Bacaterus bahas di bawah ini bisa menjadi motivasi yang baik bagi kamu. Nah, biar tidak menunggu lama. Berikut adalah ulasannya.

1. Staf Tata Usaha

* sumber: gorontalo.kemenag.go.id

Peluang kerja pertama yang bisa kamu raih dengan mengambil jurusan ini adalah menjadi staf tata usaha di sebuah institusi pendidikan. Staf tata usaha sendiri bertugas membantu menyusun program tata usaha, mengelola keuangan, mengurus administrasi ketenagaan dan siswa, serta membina dan mengembangkan karir para pegawai tata usaha.

Lulusan dari jurusan ini memang memiliki peluang yang besar menggeluti posisi tersebut. Meskipun pekerjaan staf tata usaha terdengar sederhana, namun kamu sendiri harus memiliki keterampilan yang baik dalam menangani pekerjaan ini. Jadi, mulailah untuk belajar lebih serius.

2. Tenaga Pengajar

* sumber: kitakini.news

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan proses mengajar, maka pilihan profesi sebagai tenaga pengajar pun bisa kamu dapat dengan mengambil jurusan ini. Tentu saja bidang yang ilmu yang akan kamu salurkan pada anak didikmu di sekolah sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki, yaitu menjadi tenaga pendidik atau guru yang mengajar ilmu agama Islam.

Jika kamu ingin menjadi tenaga pengajar untuk mahasiswa, maka yang harus kamu lakukan adalah meraih gelar pascasarjana terlebih dahulu.

3. Analis Sistem Pendidikan

* sumber: blackperspective.com

Kamu juga bisa bekerja menjadi seorang analis sistem pendidikan dengan mengambil jurusan manajemen ilmu pendidikan agama Islam. Dalam pekerjaan ini kamu memiliki tugas membantu para tenaga pengajar untuk merancang, mengembangkan dan menciptakan sistem pendidikan yang ideal untuk memudahkan mereka dalam mencapai goal dalam pendidikan.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah tantangan yang cukup menarik bagi kamu sebagai lulusan dari jurusan ini. Nah, jika sistem pendidikan berjalan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan karier kamu pun akan mendapat penilaian yang positif.

4. PNS

* sumber: era.id

Menjadi seorang PNS memang memerlukan usaha yang sangat keras dan pantang menyerah. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tahunnya pemerintah memang kerap membuka lowongan kerja khusus PNS.

Namun, banyaknya pesaing, terbatasnya kuota penerimaan, serta ujian dan tes untuk pekerjaan ini memang bukan hal yang mudah. Meski demikian, hal tersebut memang harus dicoba. Jika kamu beruntung, maka kamu bisa menempati departemen yang sesuai dengan jurusan kamu seperti departemen pendidikan, kementerian agama dan lain-lain.

PNS sendiri adalah salah satu pekerjaan yang cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Fasilitas serta tunjangan yang didapatkan pegawai menjadi alasan orang berlomba meraih kedudukan sebagai PNS.

5. Konsultan Pendidikan

* sumber: www.ican-education.com

Dewasa ini pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan patut diperjuangkan oleh setiap orang. Kamu juga bisa bekerja menjadi konsultan pendidikan yang akan membantu para orang tua dalam memberikan saran dan masukan untuk pendidikan anak-anaknya.

Sebagai orang yang memahami sistem pendidikan kamu tentu berkewajiban memberikan masukan terbaik bagi setiap orang tua yang ingin melihat kesuksesan anak-anaknya dalam hal pendidikan.

Di negara-negara maju sendiri sosok konsultan pendidikan sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak dalam memilih masa depan yang ingin diraih. Umumnya pekerjaan ini sendiri menawarkan penghasilan yang cukup menjanjikan, bahkan bisa dibilang sangat besar.

6. Peneliti

* sumber: www.uny.ac.id

Jika kamu berpikir peneliti hanya bekerja di ruang laboratorium yang membosankan, maka kamu salah besar. Sebagai lulusan manajemen pendidikan Islam Kamu juga dapat memilih karir sebagai seorang peneliti. Penelitiannya sendiri biasanya berfokus pada bidang ilmu yang kamu pelajari.

Jika kamu sudah terjun menjadi seorang peneliti, maka kamu harus banyak menyiapkan waktu, tenaga dan pikiran kamu untuk itu. Meskipun berat, namun penghasilan yang bisa kamu dapat dari pekerjaan ini lumayan tinggi, bahkan bisa dibilang salah satu yang paling tinggi dibanding profesi lain

7. Tenaga Administrasi Pendidikan

* sumber: jadikaryawan.com

Selain menjadi tenaga pengajar, institusi pendidikan juga membutuhkan tenaga administrasi pendidikan yang bertugas membantu mengelola berbagai administrasi kantor. Lulusan dari manajemen pendidikan agama Islam juga memiliki kesempatan untuk bisa memiliki karir sebagai tenaga administrasi pendidikan.

Tenaga administrasi pendidikan sendiri menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak dibutuhkan. Hal itu merupakan kabar yang cukup menyenangkan bagi mereka yang baru saja lulus dari jurusan ini.

8. Perbankan Syariah

* sumber: m.ayocirebon.com

Kamu juga memiliki kesempatan yang cukup besar untuk berkarir di perbankan syariah ketika lulus dari jurusan ini. Kehadiran perbankan syariah di tengah masyarakat Indonesia memang seperti oase di gurun tandus. Selama beberapa tahun ke belakang banyak perbankan berbasis syariah yang muncul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal itu tentu menjadi peluang yang cukup bagus bagi kamu untuk meniti karir di sana. Mengingat penduduk Indonesia sendiri mayoritas beragam Islam yang kerap bersikap berhati-hati, terutama ketika memilih perbankan.

9. Pengelola Yayasan Pendidikan Islam

* sumber: www.tabloidskandal.com

Kamu juga bisa mengeksplorasi ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah dengan bekerja sebagai pengelola yayasan pendidikan Islam. Pilihan pekerjaan ini memang sangat cocok bagi lulusan ini.

Jika kamu cukup kompeten, maka tidak menutup kemungkinan kamu menjadi ketua yayasan. Dalam hal ini kamu akan bertugas melakukan tindakan pengawasan, memberi nasihat serta arahan kepada setiap pengurus sesuai dengan ketentuan yang berlaku ketika menjalankan aktivitas yayasan.

10. Manajer Lembaga Pendidikan

* sumber: www.talenta.co

Kamu juga bisa berkarir sebagai manajer lembaga pendidikan setelah berhasil lulus kuliah. Pekerjaan ini menuntut kamu memiliki keterampilan dalam memprediksi kemungkinan perubahan seperti perubahan ilmu dan teknologi, aspirasi masyarakat, dan tuntutan hidup.

Selain itu kamu juga memiliki tugas untuk merencanakan dan menciptakan inovasi dalam pendidikan, membuat strategi dan kebijakan lembaga supaya aktivitas pendidikan tidak terhambat. Nah, penghasilan untuk posisi manajer lembaga pendidikan sendiri terbilang cukup tinggi dan menjanjikan bagi masa depan.

Itulah 10 prospek kerja manajemen pendidikan agama Islam yang harus diketahui calon mahasiswa baru. Bagaimana apakah kamu tertarik dengan jurusan ini? Jika tertarik, maka kamu bisa menulis alasanmu di kolom komentar yang telah Bacaterus siapkan untuk kamu di bawah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *