bacaterus web banner retina

10 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran yang Terbuka Lebar

Ditulis oleh Siti Nuryati - Diperbaharui 12 Agustus 2021

Apakah kamu sedang merasa bingung memilih jurusan kuliah? Dari sekian banyak jurusan perkuliahan yang ada di Indonesia, manajemen merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang paling banyak dipilih, lho. Jurusan ini memiliki banyak cabang, di antaranya adalah manajemen pemasaran.

Selain terbilang umum, ternyata jurusan manajemen pemasaran memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan menjanjikan. Nah, bagi kamu yang berencana mengambil jurusan ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, berikut kami bahas beberapa prospek kerja manajemen pemasaran yang terbuka lebar.

1. Sales Representative

perwakilan penjualan

* sumber: pixabay.com

Sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, baik barang maupun jasa pasti memiliki fungsi jabatan sales representative yang merupakan seseorang yang menjadi wakil perusahaan dalam menjual sebuah produk kepada konsumennya. Jadi, bisa dikatakan bahwa pekerjaan ini merupakan posisi yang cukup mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan.

Nah, dalam manajemen pemasaran tentu diajarkan bagaimana melakukan pendekatan kepada konsumen untuk menjual produk, membuka segmen pasar baru bagi perusahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penjualan produk secara langsung kepada konsumen. Maka dari itu posisi ini sangat cocok untuk kamu.

2. Sales Manager

manajer penjualan

* sumber: www.thebalancecareers.com

Memiliki tugas yang hampir sama dengan sales representative, namun sales manager atau manajer penjualan memiliki lingkup pekerjaan yang lebih luas. Manajer penjualan bertugas memastikan pencapaian target penjualan, memberikan pengarahan kepada orang-orang di bawah kepemimpinannya, dan bertanggung jawab atas pembagian segmen pasar dan aktivitas promosi di daerah regionalnya.

Untuk kamu yang suka memimpin orang lain, pekerjaan sebagai sales manager nampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat setelah lulus dari jurusan manajemen pemasaran nanti. Selain itu, menjadi sales manager merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Karena biasanya selain gaji pokok, kamu juga akan mendapatkan bonus apabila penjualan mencapai atau melebihi target yang ditetapkan perusahaan.

3. Digital Marketing Staff

Staf Pemasaran Digital

* sumber: pixabay.com

Di era ini, posisi digital marketing banyak dicari oleh perusahaan. Salah satu alasannya karena hampir semua orang sudah fasih menggunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari, baik hanya untuk hiburan maupun melakukan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan pun tidak ingin kehilangan kesempatan untuk melakukan promosi via internet.

Secara garis besar, pekerjaan digital marketing mencakup penjualan dan pemasaran lewat media digital atau internet agar sampai kepada konsumen secara real time dan relevan. Banyak teknik penjualan lewat internet yang bisa dilakukan. Maka dari itu, seorang lulusan manajemen pemasaran tentu memiliki kompetensi yang mumpuni dalam melakukan pekerjaan tersebut.

4. Staf Marketing

Staf Pemasaran

* sumber: www.picpedia.org

Banyak orang menganggap sales dan marketing merupakan dua hal sama. Namun ternyata ada beberapa hal yang menjadi pembeda di antara keduanya. Biasanya bagian sales atau penjualan melakukan penjualan secara langsung dengan datang kepada konsumen. Sedangkan tim marketing atau pemasaran melakukan identifikasi kebutuhan konsumen supaya tim sales bisa melakukan pekerjaannya.

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk melakukan pendekatan kepada konsumen, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, analisis segmen pasar, dan bagaimana perusahaan bisa mengembangkan produknya sehingga mendapat respon yang baik dari konsumen. Sebagai seorang lulusan manajemen pemasaran, kamu tentu memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi staf marketing.

5. Koordinator Acara (Event Planner)

Koordinator Acara

* sumber: www.flickr.com

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kata event organizer atau EO. Banyak acara yang menggunakan jasa EO, baik acara perorangan maupun perusahaan. Nah, di dalam setiap event organizer, terdapat bagian yang memiliki peran penting yang disebut sebagai event planner. Kalau kamu orang yang kreatif dan senang bertemu orang baru, profesi ini mungkin cocok untuk kamu.

Secara garis besar, event planner memiliki tanggung jawab mengemas suatu acara secara kreatif dan menarik sehingga acara tersebut sukses diselenggarakan. Selain itu, event planner juga harus menjaga hubungan baik dengan vendor dan klien, melakukan kesepakatan penawaran, dan membahas kontrak kerja.

6. Manajer Periklanan (Advertising)

Manajer Periklanan

* sumber: pxhere.com

Manajer periklanan bertugas mengatur dan merencanakan kampanye iklan suatu perusahaan. Orang-orang dalam jabatan ini juga melakukan negosiasi dengan perusahaan advertising dan melakukan riset pasar dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.

Semua kualifikasi pekerjaan tersebut kurang lebih dipelajari dalam bidang studi manajemen pemasaran. Selain itu, jabatan ini harus diisi oleh orang yang kreatif dan bisa melihat peluang baru, memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan juga menguasai teknik riset pasar. Bagaimana apakah kamu tertarik menjadi manajer advertising?

7. Public Relation / Humas

Humas

* sumber: pxhere.com

Sama seperti divisi pemasaran, jabatan public relation juga selalu ada hampir di setiap perusahaan. Seorang public relation secara umum bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat luas. Bagaimana menjadi representasi dari suatu perusahaan agar nama baik perusahaan tetap terjaga di mata masyarakat.


Selain lulusan komunikasi, posisi PR juga tak jarang diisi oleh lulusan manajemen pemasaran. Itu karena keduanya dianggap sama-sama memiliki kemampuan komunikasi yang baik demi menunjang tercapainya tujuan perusahaan serta memenuhi kepuasan calon konsumen atau pelanggan.

8. Marketing Research Analyst

Analis Riset Pemasaran

* sumber: www.picpedia.org

Analis riset pasar merupakan bagian dari tim marketing perusahaan yang bertugas melakukan riset pasar. Tugas ini mencakup beberapa kegiatan, seperti terjun langsung ke lapangan untuk mewawancarai konsumen mengenai kebutuhan produk, melakukan survei, dan mengidentifikasi tren pasar pada waktu tertentu. Tujuannya untuk menganalisis segala hal yang berkaitan dengan penjualan.

Pada akhirnya orang yang bekerja dalam market research ini memberikan statistik yang digunakan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran, target pasar, dan lokasi pemasaran termasuk jalur distribusi yang tepat. Semua hal yang menjadi pekerjaan market research tadi tentu dipelajari dalam bidang ilmu manajemen pemasaran.

9. Social Media Manager

Manajer Media Sosial

* sumber: pixabay.com

Social media manager tugasnya lebih terfokus pada pemasaran lewat media sosial saja. Melakukan riset tentang topik yang menarik, perencanaan dan penjadwalan postingan pada akun media sosial, serta berkomunikasi dengan konsumen menjadi tanggung jawab pekerjaan ini.

Jika kamu tertarik dengan jurusan manajemen pemasaran dan senang menghabiskan waktu di dunia maya, mungkin pekerjaan ini bisa menjadi pilihan. Namun di luar itu, kamu juga wajib punya kompetensi lain yang menunjang pekerjaan ini. Berjiwa kreatif dan keinginan membantu konsumen adalah dua di antaranya.

10. Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis

* sumber: pixabay.com

Jika dari sekian banyak pekerjaan yang telah direkomendasikan kurang menarik minat kamu, mungkin kamu bisa jadi konsultan bisnis. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan organisasi atau perusahaan untuk melakukan perencanaan bisnis supaya terhindar dari kerugian finansial.

Selain itu, konsultan bisnis juga membantu kliennya merealisasikan business plan yang telah dibuat dan membantu perusahaan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Jika kamu memiliki kemampuan problem solving yang baik, kamu akan cocok dengan pekerjaan ini.

Demikian beberapa rekomendasi pekerjaan yang terbuka lebar untuk para lulusan manajemen pemasaran. Pekerjaan apa sih yang paling menarik menurut kamu? Atau pekerjaan apa yang sekiranya cukup menjanjikan? Silahkan ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar yang tersedia di bawah ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram