Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Populer Buat Kamu Lulusan Manajemen Bisnis

10 Prospek Kerja Populer Buat Kamu Lulusan Manajemen Bisnis

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Jurusan Manajemen Bisnis mengembangkan banyak keterampilan dan bidang pengetahuan yang berharga yang memungkinkan kamu untuk membuat kontribusi yang signifikan bagi dunia korporat dan nirlaba. Gelar Manajemen Bisnis dapat mempersiapkan kamu untuk berbagai peluang kerja. Karena keterampilan manajemen berguna dalam hampir semua jenis pekerjaan.

Dari peran yang diharapkan seperti mengawasi orang, mengelola fungsi bisnis tertentu hingga memulai bisnis kamu sendiri atau jenis peran lain yang memerlukan keterampilan manajemen. Ada banyak jalur karier yang dapat kamu pilih dengan gelar dalam bidang ini. Berikut 10 opsi prospek kerja yang populer untuk dipertimbangkan dengan gelar Manajemen Bisnis.

1. Manager / Supervisor

Manager Supervisor

* sumber: businessingmag.com

Bekerja sebagai Manager atau Supervisor adalah karir yang paling memungkinkan bagi orang-orang dengan gelar Manajemen Bisnis. Pekerjaan yang paling umum untuk lulusan Manajemen Bisnis ini melibatkan mengawasi tim atau mengawasi departemen atau fungsi dalam suatu perusahaan.

Banyak perusahaan mempromosikan pekerja ke peran pengawasan atau mempekerjakan orang dengan pendidikan manajemen formal untuk bekerja sebagai Supervisor atau sebagai Asisten Manager. Beberapa bahkan memiliki program pelatihan khusus di jalur cepat manajemen khusus hanya untuk lulusan perguruan tinggi.

2. Analis Bisnis

Analis Bisnis

* sumber: www.wisegeek.com

Jika kamu senang mengevaluasi dan menganalisis data, menciptakan solusi, bekerja dengan berbagai orang dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi, karier sebagai Analis Bisnis mungkin cocok untuk kamu.

Sebagai seorang Analis Bisnis, kamu akan bekerja dalam suatu perusahaan, membantu mengelola, mengubah, dan merencanakan masa depan sejalan dengan tujuan mereka. Ini bisa untuk satu proyek tertentu, atau sebagai fitur permanen organisasi.

Kamu harus memahami situasi perusahaan saat ini, mengidentifikasi kebutuhan masa depan dan menciptakan solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, biasanya berkaitan dengan sistem informasi dan perangkat lunak. Analis Bisnis menghabiskan hari-hari kerja mereka untuk mengumpulkan data mengenai masalah atau prosedur dalam perusahaan.

kemudian menganalisis informasi yang dikumpulkan untuk menyimpulkan kemungkinan solusi atau perubahan. Prosedur baru dirancang berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan karyawan, observasi di tempat, dan studi dokumen perusahaan yang dekat.

3. Manager Penjualan

Manager Penjualan

* sumber: hiringsimulation.com

Penjualan adalah bidang karir dengan beberapa peluang kerja paling menjanjikan. Ini juga menawarkan beberapa gaji awal yang paling kompetitif. Beberapa tenaga penjualan berspesialisasi dalam jenis produk atau pelanggan tertentu. Sedangkan yang lain mengelola seluruh wilayah atau distrik.

Lulusan Manajemen Bisnis memiliki keterampilan dan keterampilan untuk dengan cepat naik tangga perusahaan. Dengan sedikit waktu dan usaha, mereka akan mengelola penjualan nasional dalam waktu singkat. Manager Penjualan adalah para profesional yang bertanggung jawab untuk menetapkan strategi di balik inisiatif dan tujuan penjualan.

Mereka menyelesaikan keluhan pelanggan, menyiapkan anggaran, memantau preferensi pelanggan untuk menentukan fokus upaya penjualan dan menganalisis statistik penjualan. Sebagian besar Manager Penjualan mengarahkan distribusi barang dan jasa dengan menetapkan wilayah penjualan, menetapkan tujuan penjualan, dan membuat program pelatihan untuk perwakilan penjualan organisasi.

4. Manager Pemasaran

Manager Pemasaran

* sumber: onlinembareview.org

Apakah kamu seorang pemikir kreatif dan komunikator yang kuat? Apakah kamu suka mengerjakan angka, bereksperimen dengan strategi baru, dan bekerja dengan orang-orang? Manager Pemasaran ditemukan dalam semua jenis bisnis, mengawasi promosi dan pemasaran berbagai barang dan jasa.

Mereka akan bekerja melakukan penelitian, mengimplementasikan dan melacak kampanye, serta mengelola tim pemasaran dari segala bentuk dan ukuran. Manager Pemasaran juga bertugas memperkirakan permintaan akan produk dan layanan yang ditawarkan oleh suatu organisasi, dan para pesaingnya.

Pekerjaan ini akan mengidentifikasi pasar potensial untuk produk organisasi dan mengawasi tim yang mengembangkan strategi untuk memaksimalkan keuntungan.

5. Manajemen Proyek

Manajemen Proyek

* sumber: axerosolutions.com

Manajemen Proyek adalah cara lain untuk membuat gelar Manajemen Bisnis kamu bermanfaat tanpa mengambil pekerjaan sebagai Manager biasa. Dalam jenis peran ini, alih-alih menjadi bos, kamu akan bertanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan satu atau lebih tim proyek.

Manajer Proyek sering mengawasi usaha skala besar, seperti proyek konstruksi, atau tim lintas departemen yang disatukan untuk tujuan tertentu. Manajemen tim proyek yang berhasil membutuhkan penerapan berbagai keterampilan manajemen. Dengan gelar dalam manajemen bisnis dan rekam jejak yang berhasil bekerja sebagai manajer proyek.

Bahkan kamu bisa mendapatkan sertifikasi Project Management Professional (PMP) untuk menunjukkan keahlian kamu dan membantu memajukan karir kamu di bidang ini.

6. Event Planner

Event Planner

* sumber: dailytimes.com.pk

Sementara karir manajemen acara, seperti perencana acara dan pekerjaan koordinator acara, sering dianggap sebagai pekerjaan hubungan masyarakat, kenyataannya adalah perencanaan, pengorganisasian, dan penyelenggaraan acara kompleks lainnya membutuhkan kekuatan keterampilan manajemen.

Perusahaan-perusahaan besar terkadang memiliki staf acara yang profesional. Pekerjaan ini terkadang dapat ditemukan di asosiasi profesional, pusat konvensi, dan perusahaan perencanaan acara. Jenis pekerjaan ini bisa menjadi peluang kerja yang bagus untuk lulusan dengan gelar Manajemen Bisnis yang ingin mengawasi acara dibanding mengawasi staf.

7. Penasihat Bisnis

Penasihat Bisnis

* sumber: www.halifaxpubliclibraries.ca

Memiliki minat yang besar dalam mendukung bisnis dan kemampuan untuk menggunakan pengalaman kamu sendiri di berbagai spesialisasi bisa menjadi lebih penting daripada subjek gelar tertentu. Sebagai Penasihat Bisnis yang dipekerjakan atau sebagai wiraswasta, kamu akan memberikan informasi, dukungan, pelatihan, saran, dan bimbingan kepada para pebisnis.

Ini bisa berkisar dari individu yang ingin memulai bisnis mereka sendiri hingga mendukung bisnis yang sudah mapan untuk menumbuhkan, meningkatkan, mengubah atau mendiversifikasi model bisnis mereka. Kamu akan memberikan layanan spesialis tergantung pada keahlianmu. Banyak Penasihat Bisnis berspesialisasi dalam mendukung bisnis pemula.

Ini melibatkan penyediaan spesialis keuangan dan saran pendanaan, konsultasi tentang perubahan organisasi dan menawarkan saran tentang inovasi dalam teknologi, hingga mendukung bisnis untuk mengembangkan perjanjian perdagangan internasional.

8. Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen

* sumber: www.forbes.com

Konsultan Manajemen dapat menjadi pengubah permainan untuk bisnis apa pun. Mengambil peran sebagai pelatih eksekutif, para profesional terampil ini memberikan panduan berbasis untuk tim-tim dan perusahaan besar lainnya.

Mereka menggunakan data dan analisis, serta pelatihan profesional mereka dalam manajemen dan strategi bisnis, untuk membantu perusahaan meningkatkan semangat kewirausahaan mereka. Pekerjaan ini juga membantu pemilik perusahaan menciptakan struktur baru, menjaga keseimbangan, dan memiliki pencapaian baru.

9. Analis Aktuaria

Analis Aktuaria

* sumber: www.aegonlife.com

Berkarir dalam pekerjaan Aktuaria akan cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan matematika yang kuat, pandai memecahkan masalah dan menikmati menganalisis data.Sebagai seorang Analis Aktuaria, kamu akan menggunakan rumus statistik untuk menilai risiko.

Dalam asuransi jiwa, misalnya, ini bisa melibatkan menghitung harapan hidup rata-rata demografi yang berbeda untuk menentukan premi polis yang harus dibebankan masing-masing.

Analis Aktuaria menggunakan perangkat lunak komputer khusus dan spreadsheet, sehingga minat dan kecakapan untuk menggunakan IT berguna.

Kamu dapat bekerja di berbagai bidang industri jasa keuangan dan akan sering terlibat dalam peran pendukung dalam tim aktuaria.

10. Wirausaha

Wirausaha

Menjadi seorang Wirausaha atau Pebisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja sekalipun tanpa harus menempuh pendidikan yang tinggi. Tetapi bagi kamu lulusan Manajemen Bisnis, memanfaatkan ilmu selama kuliah untuk memulai bisnis sendiri adalah keputusan yang sangat baik. Karena sudah tidak dipungkiri lagi jika kamu memiliki ilmu yang akan berguna untuk menjalani bisnismu.

Ada banyak peluang bisnis untuk dipertimbangkan, dari operasi waralaba hingga bisnis berbasis online atau rumahan hingga perusahaan berdasarkan keahlian atau minat khusus yang mungkin kamu miliki, seperti investasi real estate, dan layanan keamanan.

Mengejar gelar Manajemen Bisnis adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan karier yang sukses di dunia bisnis. Hampir setiap perusahaan atau organisasi memiliki kebutuhan untuk orang-orang dengan keterampilan manajemen, baik dalam peran pengawasan tradisional dan sebagai jenis posisi lain di mana pengetahuan manajerial bermanfaat atau bahkan diperlukan.

Sesuaikan studi manajemen formal kamu dengan minat, keterampilan, dan pengalamanmu yang lain untuk mengidentifikasi peluang karier ideal dirimu sendiri. Nah, bagi kamu yang tahu prospek kerja lainnya untuk lulusan Manajemen Bisnis, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Temukan juga profesi yang tepat untuk lulusan akuntansi di artikel prospek kerja jurusan akuntansi ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar