Bacaterus / Prospek Kerja / Masuk Jurusan Kimia Murni? Inilah 10 Prospek Kerjanya

Masuk Jurusan Kimia Murni? Inilah 10 Prospek Kerjanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Desember 2019

Kimia Murni adalah salah satu jurusan dalam bidang Kimia yang berkonsentrasi pada bagaimana kimia digunakan dalam masyarakat modern, dengan fokus pada bidang-bidang seperti nanoteknologi, obat-obatan, bahan-bahan baru, molekul yang dirancang komputer, transformasi bio dan pabrik sel.

Jika kamu memiliki ketertarikan atau bakat khusus dalam bidang Kimia, kamu mungkin ingin mencari tahu tentang karir potensial di industri  ini. Pekerjaan dalam bidang Kimia sangat bervariasi. Berikut adalah daftar prospek kerja untuk lulusan Kimia Murni yang dapat membantu kamu memilih karier Kimia yang tepat.

1. Analitik Kimia

Analitik Kimia

* sumber: www.is-forschung.de

Karena jurusan ini sering berada di laboratorium secara intens yang terlibat dalam kimia, lulusannya memenuhi syarat untuk bekerja sebagai Analitik Kimia. Ini melibatkan penyelidikan sifat bahan kimia dan bekerja untuk memahami bagaimana mereka berperilaku dalam keadaan yang berbeda.

Sebagai Analitik Kimia, kamu akan menggunakan beragam metode untuk menyelidiki sifat kimiawi zat. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan memahami substansi dan bagaimana berperilaku dalam kondisi yang berbeda. Profesi ini memiliki peran yang bervariasi tergantung pada tempat bekerja.

Dalam industri farmasi, misalnya, kamu akan terlibat sepanjang proses pengembangan obat. Ini akan mencakup mempelajari sifat fisik atau kimia zat dan formulasi obat, dengan tujuan untuk menentukan kualitas dan stabilitas produk obat.

Pekerjaan ini juga dapat mencakup analisis obat, makanan, dan produk lain untuk menentukan efektivitas, kualitas, dan untuk memastikan mereka aman untuk dikonsumsi atau digunakan manusia.

2. Pengelolaan Limbah Berbahaya

Pengelolaan Limbah Berbahaya

* sumber: www.acs.org

Pengelolaan Limbah Berbahaya adalah bidang yang relatif baru yang telah berkembang sebagai bagian dari ilmu Lingkungan. Karena banyak perusahaan menyadari bahwa penyelidikan ilmiah yang ketat dapat menyelesaikan masalah lingkungan.

Ketika berbagai lembaga pemerintah mulai mengeluarkan dan menegakkan peraturan pengelolaan limbah, banyak perusahaan yang mencari Ahli Kimia yang dapat memberikan pengetahuan ilmiah yang diperlukan untuk mematuhi hukum. Selain itu termasuk saat di lapangan mencakup semua jenis bahan yang berpotensi berbahaya, bukan hanya limbah berbahaya.

Ahli Kimia Limbah Berbahaya akan bekerja dengan manajemen dan relokasi yang aman dari bahan-bahan berbahaya. Mereka menggunakan keahlian mereka untuk mengidentifikasi komponen kimia berbahaya di udara, air atau tanah, mengevaluasi bahaya yang mereka hadirkan dan mengoordinasikan pembuangan dan penahanannya.

3. Keselamatan dan Kesehatan Kimia

Keselamatan dan Kesehatan Kimia

* sumber: www.bgsu.edu

Profesional Kesehatan dan Keselamatan Kimia bertugas membantu perusahaan dalam memelihara tempat kerja yang aman dan mengelola masalah lingkungan. Mereka mencari dengan cermat praktik-praktik yang dapat membahayakan karyawan, properti, lingkungan, atau masyarakat umum.

Lalu memberikan saran tentang perubahan yang akan mengurangi kemungkinan insiden buruk yang merusak lingkungan atau melukai rekan kerja. Tanggung jawab dari profesi ini pada umumnya meliputi pemeriksaan mesin, fasilitas, laboratorium, dan peralatan untuk mengidentifikasi potensi bahaya kimia, fisik, biologis atau radiologis.

Tidak hanya itu, profesi ini juga bertugas mengumpulkan dan analisis sampel untuk memantau tingkat paparan kerja di tempat kerja, menghadiri kelas pendidikan berkelanjutan untuk tetap mengikuti perubahan peraturan dan lain-lain.

4. Farmakologis

Farmakologis

* sumber: www.verywellhealth.com

Jika kamu memiliki pengalaman laboratorium dan menikmati bekerja secara kolaboratif, kamu dapat bekerja di bidang penelitian mutakhir dan mengembangkan obat baru dan yang sudah ada. Farmakologis bertujuan untuk memahami cara kerja obat-obatan dan obat-obatan lain sehingga dapat digunakan secara efektif dan aman.

Mereka juga melakukan penelitian untuk membantu penemuan dan pengembangan obat. Pekerjaan ini menyelidiki bagaimana obat berinteraksi dengan sistem biologis. Sebagai seorang Farmakologis, kamu dapat melakukan penelitian in vitro (menggunakan sel atau jaringan hewan) atau penelitian in vivo (menggunakan hewan utuh) untuk memprediksi apa efek obat tertentu pada manusia.

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menemukan obat-obatan baru dan lebih baik, meningkatkan efektivitas dan keamanan obat-obatan saat ini, memahami bagaimana dan mengapa orang bereaksi berbeda terhadap obat yang berbeda, mencari tahu mengapa beberapa obat menyebabkan kecanduan atau efek samping yang tidak diinginkan.

5. Ahli Kimia Air

Ahli Kimia Air

* sumber: www.acs.org

Air adalah salah satu hal yang paling penting dari semua bahan kimia. Karena air adalah bagian terbanyak dari permukaan bumi dan merupakan bagian integral dari setiap ekosistem. Ahli Kimia Air mempelajari dampak air pada unsur-unsur lain dalam sistem ini dan sebaliknya.

Ahli Kimia Air juga berkontribusi pada desain dan implementasi proses dan kebijakan untuk mengelola area yang terkena dampak. Selain itu profesi ini juga menganalisis dan menjaga kualitas dan kondisi air. Ini adalah bidang yang sangat interdisipliner, jadi selain kimia kamu juga perlu pengetahuan tentang bidang terkait seperti mikrobiologi dan geologi.

6. Teknisi Laboratorium Ilmiah

Teknisi Laboratorium Ilmiah

* sumber: ngcareers.com

Jika kamu memiliki latar belakang Sains dan ingin mendukung analisis ilmiah, investigasi, penelitian dan pengembangan, pertimbangkan karier sebagai Teknisi Laboratorium Ilmiah. Teknisi Laboratorium Ilmiah melakukan pekerjaan yang memungkinkan para ilmuwan untuk berkonsentrasi dan melakukan proses analitik yang lebih kompleks di laboratorium.

Kamu akan terlibat dalam berbagai investigasi berbasis laboratorium dalam bidang biologi, kimia, fisika dan ilmu kehidupan. Ini dapat mencakup pengambilan sampel, pengujian, pengukuran, pencatatan, dan analisis hasil sebagai bagian dari tim ilmiah.

Tugas kamu adalah menyediakan semua dukungan teknis yang diperlukan untuk memungkinkan laboratorium berfungsi secara efektif, sambil mematuhi prosedur yang benar dan pedoman kesehatan dan keselamatan. Pekerjaan kamu akan membantu dalam kemajuan dan pengembangan kedokteran dan sains modern.

Ini memainkan peran penting dalam tahap dasar penelitian dan pengembangan (R&D) dan dalam analisis dan investigasi ilmiah. Peran Teknisi Laboratorium pengajaran serupa, meskipun pekerjaan ini dilakukan di lembaga pendidikan, di mana tugas mereka untuk mendukung guru sains, dosen, dan siswa.

7. Toksikologi

Toksikologi

* sumber: salarysumo.com

Toksikologi berkaitan dengan cara-cara di mana bahan kimia mempengaruhi manusia dan lingkungan. Ahli Toksikologi mempelajari keamanan dan efek biologis dari obat-obatan, bahan kimia, agen, dan zat lain pada organisme hidup. Mereka mengembangkan metode untuk menentukan efek berbahaya, dosis yang menyebabkan efek tersebut, dan batas paparan yang aman.

Toksikologi menyatukan berbagai bidang, termasuk kimia, biologi, farmakologi, kedokteran manusia dan hewan, serta ilmu lingkungan, untuk membantu menginformasikan kebijakan dan peraturan untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Seorang Ahli Toksikologi bekerja di laboratorium dan di lapangan untuk mengidentifikasi, memantau, dan mengevaluasi bahan-bahan tersebut. Ahli Toksikologi juga sering bekerja di industri swasta, perusahaan farmasi, universitas, badan pengatur pemerintah, laboratorium forensik, klinik, atau dalam ekotoksikologi.

8. Bioteknologi

Bioteknologi

* sumber: www.indiaeducation.net

Ahli Bioteknologi menggunakan organisme biologis untuk mengembangkan atau membuat produk inovatif yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan, makanan, dan dunia di sekitar kita.

Sebagai seorang Ahli Bioteknologi, kamu akan mempelajari atribut genetik, kimia, dan fisik sel, jaringan, dan organisme untuk mengembangkan teknologi, proses, dan produk baru yang akan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Peran tersebut mencakup memanipulasi organisme hidup atau komponennya untuk merancang atau meningkatkan vaksin, obat-obatan, efisiensi energi atau produktivitas dan keamanan pangan. Kamu dapat bekerja di bioteknologi dan perusahaan komersial lainnya, penelitian atau lembaga pendidikan tinggi, laboratorium pemerintah dan rumah sakit.

9. Guru Kimia

Guru Kimia

* sumber: www.acs.org

Jika kamu memiliki ketertarikan dalam bidang kimia dan ingin mengajar karir pendidikan, kamu dapat bekerja sebagai Guru Kimia. Guru Kimia bekerja di sekolah untuk meneruskan pengetahuan kimia mereka ke generasi berikutnya, mengikuti kurikulum yang ditetapkan dan membantu siswa mereka untuk lulus dan unggul dalam ujian sekolah mereka.

10. Kimia Formulasi

Kimia Formulasi

* sumber: www.google.com

Bekerja di bidang Kimia Formulasi akan bekerja untuk memikirkan semua komponen berbeda yang masuk ke dalam suatu produk. Misalnya, tablet aspirin yang biasa kamu konsumsi saat sakit kepala tidak hanya mengandung aspirin, tetapi pewarna, rasa, pengikat, dan banyak bahan lain yang tidak bereaksi satu sama lain tetapi juga berperan penting dalam produk.

Beberapa dari zat tersebut dimasukkan untuk meningkatkan keamanan atau kemanjuran obat, dan yang lain membantu dalam proses pembuatan. Seorang Ilmuwan Formulasi bekerja di berbagai industri. Mereka dapat membagi waktu mereka menguji formulasi baru di lab, menulis laporan, dan membantu mengatur fasilitas produksi baru di pabrik percontohan.

Sebagian besar pekerjaan kimia yang tercantum di atas akan mengharuskan kamu untuk memiliki beberapa tingkat kualifikasi dalam bidang kimia, baik itu gelar sarjana, Magister, atau PhD. Jika kamu ingin berbagi info tentang prospek kerja lainnya dari Kimia Murni, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Yuk, kunjungi juga artikel prospek kerja teknik industri berikut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *