Bacaterus / Prospek Kerja / Ini Dia 10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Ini Dia 10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Kesehatan Masyarakat diartikan sebagai ilmu yang melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengobatan pencegahan, pendidikan kesehatan, strategi sanitasi, pemantauan bahaya lingkungan, pengumpulan dan penelitian data penyakit,  serta untuk mengembangkan strategi pencegahan.

Karier Kesehatan Masyarakat mungkin disalahpahami karena bidangnya mungkin sulit untuk didefinisikan. Pada satu tingkat, Kesehatan Masyarakat melibatkan perawatan medis yang disediakan di dalam komunitas dan di luar lingkungan rumah sakit.

Dalam konteks yang berbeda, Kesehatan Masyarakat dapat memiliki dampak global dan merujuk pada upaya untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan seluruh negara. Para profesional dalam bidang ini terlibat dalam segala hal mulai dari mengidentifikasi penyakit, membuat kebijakan publik hingga membantu para pengungsi berintegrasi ke dalam komunitas baru.

Bagi kamu yang penasaran prospek kerja apa saja sih yang bisa dilakukan dengan gelar Kesehatan Masyarakat? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Petugas Informasi Kesehatan Masyarakat

Petugas Informasi Kesehatan Masyarakat

* sumber: www.cchit.org

Petugas Informasi Kesehatan Masyarakat bertanggung jawab untuk memberikan informasi tentang masalah kesehatan utama kepada publik dan untuk mempromosikan pencegahan penyakit.

Bagian dari Pekerjaan Petugas Informasi adalah menganalisis dan menentukan cara terbaik untuk memberi tahu masyarakat tentang topik atau masalah kesehatan masyarakat. Profesi ini juga memberikan informasi tentang klinik dan program kesehatan kepada masyarakat umum.

Mayoritas Petugas Informasi Kesehatan Masyarakat bekerja di departemen kesehatan masyarakat, lembaga pemerintah, atau rumah sakit besar. Profesi ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kantor, tetapi dapat memberikan presentasi kepada masyarakat umum atau kelompok profesional di luar kantor.

2. Biostatistik

Biostatistik

Bagi kamu dengan gelar Kesehatan Masyarakat akan memiliki peran penting bagi lembaga pemerintah, universitas, dan organisasi penelitian kesehatan lainnya yang membutuhkan orang untuk menganalisis semua data yang dikumpulkan oleh para peneliti di lapangan. Pekerjaan tersebut dikerjakan oleh Biostatistik.

Biostatistik menggunakan prosedur statistik dan metode matematika untuk menganalisis masalah kesehatan masyarakat, program, dan upaya penelitian. Statistik yang dikumpulkan kemudian ditafsirkan dan digunakan sebagai dasar perencanaan dan implementasi program.

Pengusaha Biostatistik terbesar berada di pemerintahan. Organisasi lain yang mempekerjakan Biostatistik termasuk pemerintah negara bagian dan regional, perusahaan farmasi dan perusahaan riset swasta. Kebanyakan seorang Biostatistik bekerja di kantor dan laboratorium.

3. Enviromentalis / Sanitarian

Enviromentalis

* sumber: work.chron.com

Ahli Lingkungan Kesehatan atau disebut Sanitarian melakukan peran penting dalam melindungi kesehatan masyarakat. Sanitasi mengidentifikasi dan mempelajari faktor-faktor lingkungan yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat.

Mereka mengumpulkan data tentang ancaman lingkungan, dan mereka melakukan percobaan untuk menentukan tingkat ancaman yang dapat ditimbulkan oleh berbagai racun dan polutan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Sanitasi juga terlibat dalam perencanaan penggunaan lahan, melakukan studi dampak lingkungan, mengawasi sanitasi air limbah, atau bantuan dalam menyusun kerangka kerja peraturan perundang-undangan baru. Dengan cara ini, kesehatan lingkungan dapat dilihat sebagai penjangkauan kesehatan masyarakat.

Environmentalis atau Sanitarian memiliki kondisi kerja yang bervariasi. Beberapa pencinta lingkungan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja di laboratorium, dan yang lain menghabiskan sebagian besar kehidupan kerja mereka mengumpulkan sampel dan data di lapangan. Ahli lingkungan senior dapat menghabiskan lebih banyak waktu bekerja di kantor.

4. Kesehatan Ibu dan Anak

Kesehatan Ibu dan Anak

* sumber: www.thebump.com

Seperti namanya, profesional Kesehatan Ibu dan Anak berkonsentrasi pada kesehatan reproduksi, perawatan bayi dan cara terbaik untuk melindungi kesehatan ibu dan anak-anak mereka. Kesehatan ibu dan anak adalah prioritas global di bidang Kesehatan Masyarakat meskipun pekerja juga dapat bekerja di dalam negeri.

Tingkat Kesehatan Masyarakat di bidang kesehatan ibu dan anak dapat menggabungkan kursus biologi, sosiologi dan kedokteran. Lulusan dari program ini memiliki pemahaman tentang faktor sosial yang mempengaruhi kebiasaan kesehatan ibu serta pengetahuan tentang dasar-dasar perkembangan anak. Area fokus dapat mencakup hasil kelahiran dan kesehatan mental remaja.

Lulusan dari jurusan ini dapat dipersiapkan untuk bekerja dalam berbagai kapasitas. Beberapa lulusan mungkin melanjutkan untuk memberikan layanan langsung kepada wanita, anak-anak dan keluarga mereka. Yang lain mungkin terlibat di tingkat kebijakan publik dan bekerja untuk memfasilitasi program yang mendorong kesehatan yang lebih baik untuk populasi ini.

Pekerja kesehatan ibu dan anak mungkin paling sering dipekerjakan oleh pemerintah atau nirlaba meskipun peluang kerja swasta juga ada.

5. Jurnalis Kesehatan Masyarakat

Jurnalis Kesehatan Masyarakat

* sumber: sunny981sd.radio.com

Jika kamu memiliki latar belakang dalam penulisan atau komunikasi, kamu mungkin menemukan bahwa Jurnalis Kesehatan Masyarakat adalah karir yang cocok untukmu. Publikasi membutuhkan penulis dan reporter yang dapat menerjemahkan penelitian kesehatan masyarakat terbaru menjadi kalimat yang dapat dipahami oleh masyarakat umum.

Rumah sakit dan organisasi kesehatan juga menghasilkan banyak konten tertulis untuk umum dan ingin memastikannya mutakhir dan mudah dipahami. Jurnalis Kesehatan Masyarakat bertanggung jawab untuk menulis cerita fitur dan artikel tentang topik medis yang menarik bagi masyarakat umum.

Mereka mengomunikasikan informasi penting tentang vaksinasi dan penyakit baru kepada khalayak luas. Umumnya Jurnalis Kesehatan Masyarakat bekerja untuk surat kabar utama, majalah, dan jurnal perdagangan. Orang lain dapat bekerja untuk publikasi web atau dalam jurnalisme media sosial. Wartawan semacam itu bekerja di luar kantor, meskipun penelitian mereka mungkin mengharuskan mereka pergi ke lapangan.

6. Kesehatan Perilaku dan Sosial

Kesehatan Perilaku dan Sosial

* sumber: www.pedestrian.tv

Seperti spesialisasi kesehatan masyarakat lainnya, area ini mencakup fokus pada pengaruh sosial yang berdampak pada kesehatan populasi secara keseluruhan. Namun, pekerja Kesehatan Perilaku dan Sosial mungkin memiliki penekanan lebih besar pada pemahaman bagaimana proses pemikiran individu dapat memengaruhi kesehatan.

Sebagai contoh, psikologi, psikiatri dan pekerjaan sosial adalah semua komponen penting dari spesialisasi ini. Pekerja dapat lebih memfokuskan karir mereka pada masalah kesehatan tertentu seperti obesitas, kesehatan mental atau penyalahgunaan zat.

7. Perawat Kesehatan Masyarakat

Perawat Kesehatan Masyarakat

Tugas Perawat Kesehatan Masyarakat adalah meningkatkan kesehatan masyarakat. Perawat Kesehatan Masyarakat menyediakan perawatan klinis, serta pengembangan dan administrasi program, sering kali meningkatkan akses layanan kesehatan ke daerah-daerah yang tidak memiliki layanan medis yang memadai.

Perawat Kesehatan Masyarakat biasanya bekerja untuk lembaga pemerintah, pusat kesehatan masyarakat dan banyak organisasi lain yang meningkatkan akses masyarakat ke perawatan kesehatan.

Mereka terkadang bekerja dalam tim multidisiplin untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Menurut Asosiasi Perawat Kesehatan Masyarakat, perawat adalah bagian terbesar dari tenaga kesehatan masyarakat.

8. Spesialis Kesiapsiagaan Darurat

Spesialis Kesiapsiagaan Darurat

* sumber: www.airforce.com

Spesialis Kesiapsiagaan Darurat bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan kesiapsiagaan darurat untuk responden pertama dan masyarakat umum. Mereka juga diharuskan mengevaluasi kesiapsiagaan darurat masyarakat dan dapat merumuskan rencana penanggulangan bencana atau terorisme.

Spesialis Kesiapsiagaan Darurat umumnya bekerja untuk kantor keselamatan publik kota, negara bagian dan federal. Mereka diharuskan untuk berinteraksi dengan profesional keselamatan lainnya dan melakukan perjalanan rutin ke pusat-pusat komunitas, sekolah dan tempat-tempat pertemuan publik lainnya. Beberapa spesialis bekerja di fasilitas industri.

9. Manager Kesehatan dan Kesejahteraan

Manager Kesehatan dan Kesejahteraan

* sumber: www.wellsteps.com

Manager Kesehatan dan Kesejahteraan bertugas mengawasi pengembangan rencana untuk kesehatan dan kesejahteraan kelompok orang, seperti di perusahaan, universitas, atau pusat kesehatan. Mereka juga akan memastikan rencana ini dilaksanakan, dan mengkomunikasikan hasilnya.

Sebagian besar pekerjaan ini juga menyediakan kelas atau seminar pendidikan kesehatan. Mereka diharuskan melakukan penelitian untuk mengukur keberhasilan program kesehatan. Manager Kesehatan dan Kesejahteraan bekerja di fasilitas kesehatan publik dan perusahaan swasta.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja di lingkungan kantor tradisional tetapi juga diharuskan untuk berinteraksi dengan masyarakat umum atau karyawan perusahaan untuk melakukan penelitian dasar dan menawarkan pendidikan kesehatan.

10. Kesehatan Minoritas dan Kesenjangan Kesehatan

Kesehatan Minoritas dan Kesenjangan Kesehatan

* sumber: www.americanprogress.org

Kesehatan Minoritas dan Kesenjangan Kesehatan adalah spesialisasi Kesehatan Masyarakat lain yang difokuskan pada populasi tertentu. Profesional di bidang ini berkomitmen untuk memahami mengapa ada akses yang tidak merata ke layanan kesehatan dan kemudian bekerja untuk mengurangi ketidakseimbangan tersebut.

Pekerjaan di lapangan mungkin mengharuskan individu untuk mengembangkan cara untuk mendistribusikan sumber daya yang tersedia dengan lebih baik dan meningkatkan pengetahuan kesehatan di antara masyarakat yang kurang terlayani.

Tenaga kesehatan minoritas sering melayani salah satu populasi seperti ras dan etnis minoritas, penduduk asli suatu daerah, pengungsi atau imigran. Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang norma-norma sosial untuk kelompok-kelompok minoritas ini dan mungkin harus mengatasi hambatan bahasa dan budaya untuk membantu meningkatkan kesehatan populasi ini.

Para profesional ini seringkali harus berkolaborasi dengan organisasi dan mitra lain untuk menciptakan jaringan layanan yang diperlukan untuk memastikan akses ke perawatan kesehatan dan dukungan berkelanjutan untuk gaya hidup sehat.

Banyak universitas yang memiliki jurusan ini, baik di kampus maupun secara online yang menawarkan gelar dalam Kesehatan Masyarakat. Pastikan kamu melakukan riset untuk menemukan program yang memiliki reputasi baik dan memenuhi rencana karir kamu di masa depan.

Menentukan tujuan karir adalah cara yang bagus untuk memastikan kamu mengejar gelar yang tepat. Jika kamu ingin berbagi info lainnya tentang prospek kerja Kesehatan Masyarakat, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Baca juga artikel prospek kerja antropologi sosial ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *