bacaterus web banner retina

10 Prospek Kerja untuk Para Lulusan Kesehatan Lingkungan

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 29 Mei 2020

Berbicara mengenai bidang kesehatan memang tidak ada habisnya, termasuk jurusan yang satu ini, kesehatan lingkungan. Kesehatan lingkungan adalah ilmu tentang kondisi tubuh manusia dan pencegahan penyakit serta kesejahteraan. Studi ini termasuk mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan dan hal berbahaya yang ada di sekitar.

Kesehatan lingkungan adalah ilmu keseimbangan dan pertahanan yang melindungi manusia dan lingkungan dengan fokus pada tindakan pencegahan. Gelar kesehatan lingkungan adalah langkah pertama menuju berbagai pekerjaan yang membuat kamu bisa masuk dalam beberapa bidang.

Bahkan sebagian besar pekerjaan kesehatan lingkungan menawarkan gaji di atas rata-rata mulai dari tingkat awal. Menyandang gelar ini membuat kamu harus memiliki sejumlah keterampilan, seperti komunikasi yang efektif, berorientasi pada detail, pemecahan masalah, kesehatan fisik dan stamina, dan kompatibilitas tim.

Orang yang bekerja di bidang kesehatan lingkungan adalah pakar dalam prosedur keselamatan, analisis statistik, dan pemantauan kondisi lingkungan yang dapat berdampak pada komunitas atau populasi tertentu. Jadi, apa saja ya prospek kerja untuk lulusan kesehatan lingkungan? Cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

* sumber: www.pandemsim.com

Jika kamu bekerja di bidang ini, kamu biasanya akan memiliki spesialisasi dalam ilmu pengetahuan alam dengan fokus pada perlindungan kesehatan manusia, serta lingkungan. Tanggung jawab dalam bidang ini adalah untuk melakukan pembersihan area di mana terdapat polusi, mengurangi limbah, dan memberikan saran kepada para pembuat kebijakan.

Spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan bertujuan untuk melindungi masyarakat dan lingkungan dengan mengidentifikasi masalah, menegakkan peraturan, menganalisis bahaya, dan mencegah kecelakaan. Mereka bekerja dengan kebijakan keselamatan, meneliti kelemahan dan efektivitasnya, serta menyarankan perubahan yang dapat mengoptimalkan keselamatan dan kesehatan.

Selain itu, pekerjaan ini juga bertanggung jawab untuk mendidik dan melatih dalam program manajemen, investigasi kecelakaan, memastikan kepatuhan keselamatan, proaktif terhadap keselamatan dan program lingkungan, serta meningkatkan kualitas peraturan dan praktik yang ditetapkan.

2. Inspektur Kesehatan Lingkungan

Inspektur Kesehatan Lingkungan

* sumber: www.healthcareersinfo.net

Bagi kamu yang berminat menjadi inspektur kesehatan lingkungan, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat. Profesi ini harus menegakkan hukum kesehatan dan lingkungan, menyediakan pendidikan yang berfokus pada topik kesehatan lingkungan, dan melakukan inspeksi.

Dalam sebagian besar kejadian, pekerjaan ini dilakukan di lembaga pemerintah, baik di tingkat negara atau kota. Namun, kamu juga bisa bekerja di perusahaan swasta.

3. Pengawas Keamanan Pangan

Pengawas Keamanan Pangan

* sumber: foodsafetycareerguide.com

Pengawas keamanan pangan bertugas melindungi konsumen dari makanan yang berbahaya. Mereka bertanggung jawab untuk menerapkan, menafsirkan, dan menjelaskan standar produk makanan, serta melakukan inspeksi harian produk sebelum dan sesudah pemrosesan.

Para pengawas harus siap bekerja di lingkungan industri yang bising, di dalam dan di luar ruangan, dalam suhu yang tinggi, dan perlu memiliki stamina fisik serta perhatian terhadap detail. Pengawas keamanan pangan biasanya bekerja di pabrik pengolahan daging, unggas, dan telur milik swasta.

Mereka menjamin operasi berada dalam peraturan keselamatan, kesehatan, dan sanitasi serta mengelola inspeksi peraturan di bidang lain yang terkait dengan kesehatan konsumen. Selain itu, profesi ini juga dapat bekerja di pelabuhan seperti memeriksa impor dari negara lain untuk mengecek pedoman keselamatan dan kesehatan.

4. Analis Polusi Udara

Analis Polusi Udara

* sumber: www.cyprusorganics.com

Seperti yang kita ketahui bahwa udara adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Terutama jika kita menyadari bahwa kualitas udara di beberapa daerah jauh dari kata udara yang sehat, khususnya udara di kota-kota besar yang memiliki populasi yang padat. Maka dari itu peran seorang analis polusi udara sangat penting.

Analis polusi udara bertanggung jawab untuk menganalisis, mengambil sampel, dan mengukur data yang mereka kumpulkan dari udara yang tercemar. Setelah mereka menemukan atau membuat teori tentang sumber polutan, mereka bekerja dengan ilmuwan lain untuk mengembangkan teknik yang akan mengurangi atau memberantas polusi udara.

5. Toksikologi Lingkungan

Toksikologi Lingkungan

* sumber: deohs.washington.edu

Saat organisme memetabolisme bahan kimia beracun, di situlah peran seorang toksikologi lingkungan untuk mempelajari bagaimana hal itu terjadi. Mereka juga meneliti bagaimana organisme ini bergerak melalui ekosistem dan jaringan makanan, dan efek bahan kimia yang tidak mematikan dan mematikan pada suatu spesies.

Mereka akan melakukan pekerjaan ini menggunakan eksperimen laboratorium, kerja lapangan, dan komputer. Bahkan sel manusia dan hewan sering terlibat dalam percobaan di laboratorium. Jika kamu mampu berpikir metodologis, ilmiah, dan senang melakukan eksperimen, karier di bidang toksikologi lingkungan mungkin cocok untukmu.

6. Spesialis Perlindungan Air Tanah

Spesialis Perlindungan Air Tanah

* sumber: www.environmentalscience.org

Salah satu hal penting bagi kehidupan kita adalah air, yang di mana air bersumber dari dalam tanah. Bagi kamu yang ingin mengejar karir sebagai spesialis perlindungan air tanah, kamu akan bekerja di lapangan serta di laboratorium.

Kamu juga harus siap untuk menghadapi segala cuaca dan dapat bertahan dalam kondisi yang buruk. Kamu akan bertugas menemukan bahan kimia dari limbah industri, aliran, dan sumber lainnya.

7. Petugas Daur Ulang

Petugas Daur Ulang

* sumber: www.mercurynews.com

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan pada masalah lingkungan, maka kamu bisa mengejar karir di bidang daur ulang. Sebagai petugas daur ulang, kamu akan merencanakan dan mengembangkan kebijakan pengurangan limbah dan lingkungan melalui pengelolaan skema daur ulang lokal, penciptaan dan penyampaian program pendidikan.

Kamu bisa bekerja untuk otoritas lokal, seperti layanan lingkungan, pengelolaan limbah atau layanan masyarakat. Atau kamu dapat bekerja di sektor swasta untuk kontraktor daur ulang atau badan amal lingkungan.

8. Petugas Pengelolaan Limbah

Petugas Pengelolaan Limbah

* sumber: nasional.republika.co.id

Petugas pengelolaan limbah bertanggung jawab terhadap lingkungan dan harus memiliki kemampuan untuk memahami peraturan yang kompleks. Dalam peran sebagai petugas pengelolaan limbah, kamu akan mengatur dan mengelola fasilitas pembuangan, pengumpulan, dan daur ulang limbah.

Kamu mungkin juga bertanggung jawab atas pengolahan limbah dan operasi pembersihan jalan. Beberapa jabatan ini menggabungkan pengelolaan limbah dan fungsi daur ulang, sementara yang lain membaginya menjadi pekerjaan terpisah.

Perusahaan pengelola limbah harus menyeimbangkan penyediaan layanan bernilai terbaik bagi kliennya dengan pembuangan limbah yang aman yang sesuai dengan peraturan pemerintah, peraturan pengemasan, dan target daur ulang.

9. Petugas Konservasi Alam

Petugas Konservasi Alam

* sumber: mdc.mo.gov

Alam juga merupakan salah satu bidang kesehatan lingkungan, karena jika lingkungan alam di sekitar kita baik, maka akan berpengaruh pada kesehatan manusia dan hewan. Jika kamu tertarik pada lingkungan dan ingin memotivasi orang lain untuk menjaga lingkungan, maka kamu bisa berkarier menjadi petugas konservasi alam.

Sebagai petugas konservasi alam, kamu akan bekerja untuk melindungi, mengelola, dan meningkatkan lingkungan setempat. Ini dapat mencakup padang rumput, hutan, daerah pesisir, padang rumput, gunung dan sungai. Tergantung pada wilayahnya, kamu juga bisa bekerja di habitat laut.

Bagian dari profesi ini adalah untuk memotivasi orang dengan mensosialisasikan kesadaran dan pemahaman tentang lingkungan alam. Kamu akan mengembangkan kebijakan yang mungkin berdampak luas secara lokal dan nasional.

10. Konsultan Lingkungan

Konsultan Lingkungan

* sumber: www.pinterest.co.uk

Jika kamu termotivasi untuk melindungi lingkungan dan memiliki pemahaman tentang menjalankan bisnis, maka karir sebagai konsultan lingkungan bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai konsultan lingkungan, kamu akan bekerja dengan perusahaan dalam berbagai masalah lingkungan.

Kamu akan menawarkan layanan konsultasi dan penilaian ahli untuk klien dengan tujuan meminimalkan atau menghilangkan kerusakan lingkungan. Profesi ini biasanya akan dipekerjakan oleh perusahaan konsultan dan mengerjakan berbagai kontrak komersial atau pemerintah, atau menangani berbagai masalah lingkungan.

Meskipun ada banyak pekerjaan di bidang kesehatan lingkungan, tetapi penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum lulus dari perguruan tinggi. Dengan begitu, kamu akan yakin untuk memulai karir di bidang ini setelah menerima gelarmu. Dapatkan juga informasi prospek kerja untuk lulusan teknik lingkungan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram