Bacaterus / Prospek Kerja / Tertarik dengan Jurusan Matematika? Ini 10 Prospek Kerjanya

Tertarik dengan Jurusan Matematika? Ini 10 Prospek Kerjanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Matematika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang tata cara penghitungan atau pengukuran secara logis dan akurat tentang suatu data yang identik dengan angka. Matematika tak pernah lepas dari beberapa komponen yang meliputinya seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Matematika menjadi ilmu yang tak mudah untuk dipahami karena memerlukan fokus serta ketelitian yang tinggi sehingga matematika terkesan “menyeramkan” di mata banyak orang. Padahal, jika kita mempelajari ilmu matematika ini secara teliti dan fokus, dijamin, deh pelajaran matematika akan menyenangkan!

Bukan hanya menyenangkan dan seru, lebih jauh dari itu, para lulusan dari jurusan ilmu matematika juga punya prospek kerja yang luas dan menjanjikan, lho! Kira-kira, apa saja sih prospek kerja bagi para lulusan jurusan matematika? Yuk, simak sederet prospek kerja jurusan matematika di bawah ini!

1. Tenaga Pengajar

Tenaga Pengajar

* sumber: www.ma.tum.de

Prospek kerja jurusan matematika yang pertama adalah menjadi seorang tenaga pengajar. Tenaga pengajar ini disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki baik menjadi seorang guru pada sekolah hingga menjadi dosen di perguruan tinggi asalkan memiliki skill yang mumpuni.

Menjadi tenaga pengajar ini merupakan profesi yang sangat menjanjikan. Pasalnya, tenaga pengajar akan selalu dibutuhkan selama pendidikan itu masih ditegakkan. Terlebih pada mata pelajaran matematika yang tergolong menjadi pelajaran wajib dari berbagai jenjang pendidikan mulai SD hingga perkuliahan.

2. Arsitek

Arsitek

* sumber: www.aglgb.com

Tak hanya menjadi seorang tenaga pengajar, para lulusan jurusan matematika juga memiliki kesempatan besar untuk terjun ke luar dunia pendidikan seperti misalnya menjadi seorang arsitektur. Arsitektur sendiri merupakan sebuah seni dalam merancang bangunan yang dibuat dengan perhitungan yang tepat agar sebuah bangunan dapat berdiri dengan baik.

Tanpa adanya perhitungan yang baik dan benar, maka suatu bangunan tak akan mampu berdiri dengan sempurna. Ilmu yang digunakan dalam perhitungan ini salah satunya adalah ilmu geometri yang mana ilmu geometri ini juga dipelajari dalam jurusan matematika sehingga para lulusan matematika memiliki kesempatan besar bekerja sebagai arsitek.

Ruang lingkup pekerjaan dari arsitek sendiri ialah melakukan perencanaan, perancangan, seta pengawasan terhadap konstruksi bangunan dengan cara memperhitungkan konstruksi bangunan itu sendiri secara matematis dengan menggabungkannya dengan keestetikaan.

Pekerjaan sebagai arsitek juga semakin hari semakin dibutuhkan karena semakin hari semakin banyak pula suatu bangunan didirikan yang tentunya melibatkan arsitek.

3. Aktuaris

Aktuaris

* sumber: www.quipper.com

Lulusan matematika juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai aktuaris karena ilmu matematika juga digunakan dalam pekerjaan seorang aktuaris dengan menggabungkan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti statistika dan keuangan. Meskipun ada jurusan khususnya yaitu aktuaria, akan tetapi lulusan matematika juga bisa kok menjadi seorang aktuaris!

Tentu saja hal itu bisa terjadi asalkan kamu para lulusan matematika memiliki skill matematika khususnya statistika dan peluang dengan baik agar kamu mampu bersaing dengan para lulusan aktuaria. Pekerjaan aktuaris sendiri adalah mengelola risiko keuangan suatu perusahaan di masa yang akan datang tentunya tak lepas dengan ilmu matematika di dalamnya.

Pekerjaan sebagai seorang aktuaris juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan karena gaji seorang aktuaris tergolong besar, lho!

4. Insinyur

Insinyur

* sumber: saice.org.za

Dalam matematika, terdapat beberapa cabang ilmu yang bermanfaat yang salah satunya adalah cabang ilmu geometri. Ilmu geometri ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang suatu bentuk, ruang, dan bidang  yang bermanfaat untuk desain grafis dan proses konstruksi sehingga diperlukan oleh para insinyur.

Tanpa penguasaan ilmu matematika yang baik khususnya geometri, seorang insinyur tak dapat merancang sebuah bangunan sehingga seorang insinyur dituntut untuk mampu memiliki penguasaan di bidang matematika. Hal ini memberi peluang besar untuk para lulusan jurusan matematika untuk bekerja sebagai insinyur.

5. Ahli Statistika

Ahli Statistika

* sumber: statistiksurabaya.blogspot.com

Menjadi seorang ahli statistika juga dapat kamu capai jika kamu merupakan lulusan matematika karena seorang ahli statistik harus memiliki penguasaan ilmu matematika yang sangat baik dan mumpuni. Seorang ahli statistika bekerja dengan cara melakukan perencanaan, penganalisisan, serta mempresentasikan sebuah data.

Ahli statistika ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar seperti misalnya menduduki posisi analis riset operasional yang menjanjikan karena gajinya yang fantastis! Bagaimana, tertarik untuk menjadi seorang ahli statistika?

6. Ekonom

Ekonom

* sumber: www.project-syndicate.org

Ekonom adalah seorang ahli dalam bidang ekonomi yang mampu memecahkan berbagai masalah mengenai perekonomian. Seorang ekonom tak dapat lepas dari ilmu-ilmu ekonomi yang harus ia miliki. Tak hanya itu, seorang ekonom juga harus memiliki penguasaan di bidang matematika secara cakap karena ilmu matematika juga berperan penting dalam perekonomian.

Ilmu matematika yang sangat diperlukan oleh seorang ekonom diantaranya adalah ekonometri, statistik, matematika ekonomi, dan matematika keuangan. Tentu saja ilmu matematika tersebut dipelajari oleh mereka yang memilih jurusan matematika di bangku perkuliahan sehingga lulusan matematika, punya kesempatan besar menjadi seorang ekonom.

7. Bankir

Bankir

* sumber: www.bizjournals.com

 

Banyak orang yang ingin bekerja di bank karena salary yang ditawarkan cukup memuaskan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelumnya yaitu memilih jurusan yang tepat saat duduk di bangku perguruan tinggi. Jurusan yang tepat untuk masuk dalam dunia perbankan adalah matematika.

Para lulusan matematika tentu saja memiliki penguasaan yang luas tentang analisis dan logika yang baik terhadap pengelolaan data tak terkecuali data keuangan sehingga mereka cocok bekerja di dunia perbankan sebagai pengelola keuangan perbankan itu sendiri.

8. Wirausaha

Wirausaha

* sumber: thestoryexchange.org

Tak hanya menjadi seorang karyawan, bagi kamu para lulusan matematika juga memiliki peluang besar untuk menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan. Pekerjaan sebagai wirausahawan ini menjadi pekerjaan yang paling diinginkaan di zaman sekarang ini karena dinilai lebih memiliki penghasilan yang lebih besar.

Bagi kamu lulusan matematika, kamu bisa membuka sebuah usaha berdasarkan skill yang kamu milik seperti misalnya membuka kelas belajar matematika bagi para pelajar. Asalkan didasari kegigihan dan kekonsistenan, dijamin deh pekerjaan wirausaha ini akan lebih menyenangkan dan menjanjikan baik dari ketahanan usaha maupun income-nya.

9. Programmer

Programmer

* sumber: learnworthy.net

Seorang programmer tak melulu lahir dari jurusan teknik informatika. Bahkan bagi kamu para lulusan jurusan matematika juga dapat menjadi seorang programmer, lho! Dasar dari seorang programmer sendiri adalah ilmu matematika yaitu aljabar dan juga logika sehingga para lulusan matematika  memiliki peluang khusus untuk menjadi seorang programmer.

Pekerjaan sebagai seorang programmer ini juga cukup menjanjikan di masa kini maupun masa depan mengingat semakin hari semakin berkembang pula suatu sistem informasi yang membutuhkan campur tangan para programmer.

10. Analis Keuangan

Analis Keuangan

* sumber: reportsobserver.us

Analis keuangan bertugas menganalisa suatu data keuangan perusahaan untuk menilai kelangsungan usaha serta stabilitas perusahaan itu sendiri. Seorang analis keuangan memang harus memiliki skill dan pengetahuan di bidang finansial, akan tetapi ilmu matematika juga sangat dibutuhkan oleh seorang analis keuangan.

Tugas dari seorang analis keuangan tak bisa lepas dari perhitungan sehingga ilmu matematika sangat berperan penting dalam pekerjaan seorang analis keuangan. Hal tersebut membuka kesempatan besar bagi para lulusan jurusan matematika untuk dapat bekerja menjadi seorang analis keuangan.

Itu dia sederet prospek kerja jurusan matematika yang cukup luas dan menjanjikan! Ternyata tak hanya menjadi seorang guru saja, para lulusan matematika juga memiliki kesempatan besar untuk berkarier di luar dunia pendidikan! Bagaimana, tertarik untuk tergabung sebagai mahasiswa jurusan matematika?

Semoga informasi mengenai prospek kerja jurusan matematika sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan juga dapat dijadikan sebagai referensi dan pertimbangan untukmu dalam menentukan jurusan pada perguruan tinggi. Kalau suka dengan ilmu hitung menghitung lainnya, kamu juga bisa membaca artikel prospek kerja akuntan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar