Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Pilihan Prospek Kerja Favorit dari Jurusan Biologi

10 Pilihan Prospek Kerja Favorit dari Jurusan Biologi

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Bagaimana organisme terkecil mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari? Bagaimana hewan terbesar di bumi ini mendapatkan cukup makanan? Bagaimana tubuh manusia memproses energi? Serangga apa yang paling penting untuk kehidupan sehari-hari? Apakah satu tanaman pertanian lebih baik untuk lingkungan daripada yang lain?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu dapat dijawab oleh orang-orang dengan gelar sarjana Biologi. Jika kamu tertarik dengan makhluk hidup, termasuk manusia, hewan, dan organisme mikroskopis, maka gelar dalam Biologi mungkin tepat untukmu. Pekerjaan utama Biologi hampir sama beragamnya dengan jurusan yang lain.

Bagi banyak orang, gelar Biologi adalah langkah menuju sekolah kedokteran atau spesialisasi perawatan kesehatan lainnya. Tetapi ada banyak pekerjaan Biologi yang tidak melibatkan bidang tersebut seperti menyusun grafik pasien, termasuk penelitian berbasis laboratorium, keterlibatan langsung dalam kebijakan atau bahkan penjualan obat resep baru.

Penasaran apa yang bisa kamu lakukan dengan gelar Biologi? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Farmasi

Farmasi

* sumber: hbr.org

Farmasi atau anggota penjualan produk farmasi bertugas menjual persediaan medis, produk IT, obat-obatan dan lainnya ke rumah sakit, klinik, dan praktis medis lainnya. Pekerjaan ini harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang  tentang kimia, anatomi, dan fisiologi sehingga dapat menjelaskan kepada dokter bagaimana obat baru akan mempengaruhi pasien mereka.

Para pekerja ini juga perlu memiliki pengetahuan teknologi untuk menjelaskan bagaimana suatu produk bekerja. Mereka juga membutuhkan pengetahuan ilmiah untuk dapat menjelaskan bagaimana produk ini akan bermanfaat bagi dokter dan pasien.

Tidak hanya itu, pekerjaan ini juga memerlukan keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat juga. Gelar sarjana Biologi seringkali merupakan pendidikan yang cukup untuk memulai dalam pekerjaan ini.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh prospek kerja lainnya di bidang farmasi, silakan kunjungi artikel prospek kerja bidang farmasi ini, ya!

2. Ahli Mikrobiologi

Ahli Mikrobiologi

* sumber: www.careergirls.org

Biasanya, Ahli Mikrobiologi memulai karir dengan bekerja sebagai Teknisi Biologis. Namun, jika pelatihan kamu berisi kelas mikrobiologi, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi Ahli Mikrobiologi tingkat pemula. Ahli mikrobiologi mengadakan penelitian dan studi yang berkaitan dengan mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur.

Dengan memahami mikroba, pekerjaan ini bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah yang mempengaruhi kesehatan kita, lingkungan, iklim, dan pangan serta pertanian. Ini dapat mencakup pencegahan, diagnosis dan pengendalian infeksi dan penyakit, serta memastikan bahwa makanan aman, memahami peran mikroba dalam perubahan iklim, dan mengembangkan teknologi hijau.

Sebagai Ahli Mikrobiologi, kamu akan fokus pada biologi mikroorganisme pada tingkat molekuler dan seluler, serta ekologinya, termasuk virus, bakteri, archaea, jamur, ganggang dan protozoa. Kamu dapat bekerja di: rumah sakit, pertanian, obat-obatan, pendidikan, dan lingkungan .

3. Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja

* sumber: www.careertoolkit.com

Spesialis Kesehatan dan Keselamatan kerja adalah salah satu profesi paling signifikan di pasar tenaga kerja. Ini adalah profesi yang mengendalikan keselamatan tempat kerja dan prosedur kerja untuk menentukan tidak ada bahaya bagi kesehatan dan kehidupan.

Faktanya, profesi ini tidak berhubungan dengan Biologi tetapi Sarjana Biologi dapat melamar posisi entry level. Selain itu, kamu harus dapat melakukan inspeksi terhadap masalah seperti prosedur kebakaran, sistem ventilasi, dan peralatan pelindung. Setelah itu, kamu harus dapat menulis laporan inspeksi.

Jika kamu ingin bekerja sebagai Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja, kamu harus memiliki keterampilan seperti: Stamina fisik, Kemampuan berkomunikasi, dan Kemampuan teknologi.

4. Zoologist

Zoologist

* sumber: myseco.militaryonesource.mil

Bagi kamu pecinta hewan, cocok banget untuk bekerja sebagai Zoologist. Bekerja sebagai Ahli Zoologi kamu dapat bekerja di dalam ruangan di laboratorium, di luar ruangan di lapangan, atau bahkan di lokasi terpencil di luar negeri Seorang Ahli Zoologi mempelajari hewan dan perilakunya, termasuk evolusi, anatomi, fisiologi, perilaku, distribusi, dan klasifikasi hewan.

Selain itu juga akan mempelajari spesies dan populasi hewan dan bekerja dengan hewan di lapangan, di penangkaran, atau di laboratorium. Sebagai Ahli Zoologi, kamu dapat berspesialisasi dalam bidang tertentu. Kamu juga  dapat bekerja dengan reptil dan amfibi, mamalia, burung, sisa-sisa fosil atau parasit.

Spesifikasi pekerjaan sangat bervariasi dan mungkin termasuk asisten lapangan zoologi, ahli biologi lapangan, ahli biologi satwa liar, ahli biologi konservasi atau asisten lapangan.

5. Spesialis Lingkungan

Spesialis Lingkungan

* sumber: career.iresearchnet.com

Bagi kamu yang memiliki gelar Biologi dan tertarik pada perlindungan lingkungan dapat menjadi Spesialis Lingkungan. Spesialis ini melakukan penelitian lingkungan dan mengungkap cara perlindungannya. Sebagai Spesialis Lingkungan, kamu akan bertugas mengumpulkan data, menganalisis, dan menggunakannya untuk mempelajari tentang lingkungan kita.

Kamu juga akan membantu mengembangkan rencana untuk mengurangi bahaya terhadap lingkungan dan memastikan bahwa peraturan lingkungan dipatuhi dengan benar. Memulai karir sebagai Spesialis Lingkungan, ada keterampilan yang diperlukan seperti keahlian matematika dan analitis, keterampilan komunikasi, keterampilan teknologi, dan fleksibilitas.

6. Spesialis Komunikasi Kesehatan

Spesialis Komunikasi Kesehatan

* sumber: www.orau.org

Spesialis Komunikasi Kesehatan bertanggung jawab untuk mendidik masyarakat tentang masalah kesehatan, khususnya masalah kesehatan masyarakat, termasuk penyakit menular, manajemen kesehatan, dan hidup sehat.

Seringkali dipekerjakan oleh rumah sakit atau perusahaan perawatan kesehatan lainnya, spesialis komunikasi kesehatan juga dapat mengoordinasikan kampanye hubungan masyarakat, strategi pemasaran, dan keterlibatan masyarakat.

Karir ini membutuhkan keterampilan menulis dan interpersonal yang kuat, karena Spesialis Komunikasi Kesehatan bertanggung jawab untuk membahas topik yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan penyakit kepada khalayak luas. spesialis komunikasi kesehatan dapat memulai karir mereka hanya dengan gelar sarjana.

7. Guru Biologi di Sekolah

Guru Biologi di Sekolah

* sumber: www.dc.edu

Mungkin kamu menyukai biologi dan memiliki hasrat untuk mengajar. Dalam hal itu, karier sebagai guru Biologi merupakan pilihan yang baik untukmu. Kamu dapat memulai jalur karier ini dengan gelar sarjana dalam bidang Biologi.

Menjadi seorang guru sekolah menawarkan kamu kesempatan untuk mengajar mata pelajaran yang kamu sukai dan melibatkan siswa dalam belajar dan mempersiapkan masa depan mereka. Guru sekolah  akan mendukung, mengamati, dan mencatat kemajuan siswa.

Mengajar kurikulum nasional, kamu akan merencanakan pelajaran yang sesuai dengan tujuan nasional, dengan tujuan memastikan budaya belajar yang sehat. Para guru harus selalu mengikuti perkembangan dalam mata pelajaran mereka, sumber daya baru, metode dan tujuan nasional.

8. Ahli Forensik

Ahli Forensik

* sumber: www.studential.com

Ahli Forensik bertugas untuk membantu penyelidikan kriminal dengan mengumpulkan dan menganalisis bukti. Sebagai seorang Ahli Forensik, kamu biasanya berspesialisasi dalam investigasi TKP atau analisis laboratorium.

Yang kamu butuhkan selain gelar sarjana adalah pelatihan di tempat kerja yang pada umumnya diperlukan jika kamu ingin menyelidiki kejahatan atau bekerja di laboratorium. Pekerjaan ini membuat kamu akan bekerjasama dengan polisi.

Kamu akan bertugas mulai dari Analisis TKP dan serpihan pengumpulan bukti, Membuat foto, sketsa, dan catatan di TKP, Rekonstruksi TKP, Membuat potongan-potongan analisis bukti dan menarik kesimpulan untuk mengungkap tersangka dan Memberikan laporan dengan semua detail tentang setiap bukti.

9. Konselor Genetik

Konselor Genetik

* sumber: money.usnews.com

Konselor Genetik bertugas untuk menilai susunan genetik klien, dan berkomunikasi dengan mereka tentang risiko penularan penyakit genetik atau cacat pada keturunan mereka. Mereka mungkin juga bekerja dengan orang dewasa yang khawatir tentang kemungkinan menunjukkan gejala kelainan genetik di kemudian hari.

Profesi ini harus memiliki kecakapan maju dalam biologi untuk menyelesaikan gelar master yang diperlukan dalam disiplin ini. Konselor Genetika harus mampu mengekspresikan konsep ilmiah dalam bahasa sehari-hari. Seperti jurusan Biologi, mereka harus dapat berpikir secara kuantitatif untuk menilai kemungkinan berbagai hasil berdasarkan pada kecenderungan genetik pasien.

10. Ahli Makanan

Ahli Makanan

* sumber: twu.edu

Semua orang suka makanan lezat dan jika kamu ingin memulai karir sebagai Ahli Makanan dan memiliki gelar sarjana ada banyak pilihan yang tersedia. Bekerja di bidang ini membuat kamu harus mengadakan beberapa penelitian untuk menganalisis dan mengembangkan berbagai jenis makanan. Bahkan ada kemungkinan untuk mempelajari makanan pada tingkat molekuler.

Bekerja sebagai Ahli Makanan kamu akan memiliki banyak tugas. Di antara tugas utama yaitu pengujian dan analisis makanan untuk mendapatkan data tentang karakteristik nutrisinya, deteksi kontaminan makanan dengan bantuan peralatan khusus, menemukan dan mengembangkan cara-cara baru untuk memproduksi dan mengemas makanan.

Selain itu juga mengatasi masalah seperti umur simpan makanan, produksi makanan yang aman dan sehat serta biayanya yang rendah, Inspeksi persiapan makanan dan area pemrosesan untuk memeriksa apakah semua standar pemerintah dijaga.

Setelah mempelajari 10 pekerjaan paling populer untuk sarjana Biologi, mungkin kamu tahu di mana mencari pekerjaan pertamamu. Namun, ada banyak opsi lain. Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan mencari semua opsi yang tersedia untuk memulai karir di bidang ini.

Selain itu, kamu dapat mencari magang sebagai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dengan mendapatkan pengalaman yang cukup. Bagi kamu yang ingin berbagi informasi seputar prospek kerja jurusan Biologi, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar