Bacaterus / Prospek Kerja / Inilah 10 Prospek Kerja Ilmu Politik yang Harus Kamu Tahu

Inilah 10 Prospek Kerja Ilmu Politik yang Harus Kamu Tahu

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Jika kamu tertarik dengan peristiwa terkini, Ilmu Politik layak dipertimbangkan sebagai utama. Jurusan Ilmu Politik mempelajari bagaimana hukum dibuat, dan struktur komparatif pemerintah di seluruh dunia. Mereka belajar bagaimana kebijakan publik dirumuskan dan dampak kebijakan terhadap status sosial dan ekonomi penduduk.

Dalam jurusan Ilmu Politik, kamu akan mempelajari sistem pemerintahan, perkembangan politik, dan teori politik. Selama program kuliah, mahasiswa tidak hanya belajar tentang politik dan pemerintahan, mereka juga memperoleh keterampilan analitis, komunikasi, dan penelitian yang berharga.

Keterampilan permintaan tinggi ini mempersiapkan lulusan untuk berkarier di pemerintahan, politik, dan industri lainnya. Mungkin banyak yang menganggap bahwa lulusan ini akan bekerja untuk senator, walikota, dan gubernur, tetapi sebenarnya merupakan salah satu peluang pendidikan paling beragam dan luas yang tersedia.

Itu tidak hanya mengajarkan mahasiswa tentang organisasi pemerintah, tetapi juga mengajarkan komunikasi yang baik, penelitian, analisis, dan banyak lagi. Ini adalah pendidikan yang dapat mengarahkan kamu ke banyak jalur, jadi yuk, kita lihat beberapa pekerjaan terbaik untuk jurusan Ilmu Politik berikut ini.

1. Analis Kebijakan Politik

Analis Kebijakan Politik

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ysvvGK755Wg

Semenjak jurusan Ilmu Politik mempelajari proses untuk menghasilkan kebijakan publik, peran Analis Kebijakan Politik adalah salah satu aplikasi ilmu dari pekerjaan mereka sebagai mahasiswa. Analis kebijakan bergantung pada pemikiran kritis yang kuat, penulisan, dan keterampilan penelitian ketika merumuskan pernyataan tentang sifat dan dampak proposal untuk kebijakan publik.

Seperti jurusan Ilmu Politik, Analis Kebijakan Politik harus menyusun tesis yang benar dan membangun argumen persuasif untuk atau menentang adopsi inisiatif kebijakan tertentu. Selain itu, analis menggunakan pemahaman mereka tentang proses politik dan legislatif untuk meminta dukungan individu yang dapat membantu memajukan tindakan.

2. Konsultan Politik

Konsultan Politik

* sumber: www.postandcourier.com

Konsultan Politik menggunakan pengetahuan tentang proses politik yang diperoleh oleh jurusan Ilmu Politik untuk menyusun strategi bagi para kandidat untuk mempengaruhi pemilih dan mendapatkan dukungan dalam kampanye mereka untuk suatu jabatan. Konsultan Politik membantu para kandidat dan memperbaiki citra yang buruk.

Mereka berusaha untuk mempengaruhi liputan media tentang kandidat dengan menawarkan kisah-kisah yang menguntungkan dan positif terhadap kinerja kandidat di masa lalu. Para pekerja ini dapat mensurvei pemilih potensial untuk mengetahui reaksi mereka terhadap seorang kandidat dan dasar pendapat mereka.

Konsultan Politik juga dapat bekerja untuk kelompok kepentingan umum dan membantu mereka merumuskan strategi untuk memajukan tujuan mereka.

3. Asisten Legislatif

Asisten Legislatif

* sumber: www.thebillfold.com

Asisten Legislatif akan bekerja dengan pejabat terpilih seperti senator, anggota majelis dan perwakilan di semua tingkat pemerintahan untuk membantu para Legislator melakukan pekerjaan mereka sebaik mungkin.

Kamu dapat berkomunikasi dengan konstituen, masalah penelitian, mensurvei penghuni atau pejabat dan menyiapkan briefing, bersama dengan segudang tugas lainnya. Pekerjaan ini juga membuat kamu harus menyiapkan pengarahan untuk anggota dewan dan staf kantor lainnya.

4. Staf Kampanye Politik

Staf Kampanye Politik

* sumber: www.ecanvasser.com

Staf Kampanye Politik bisa disebut juga sebagai bagian dari tim sukses. Anggota Staf Kampanye politik membantu merumuskan dan melaksanakan strategi kampanye. Mereka berupaya membangun citra kepada publik yang menguntungkan bagi kandidat.

Staf menggunakan kemampuan jurusan Ilmu Politik untuk mempelajari isu-isu politik saat ini dan menilai reaksi pemilih terhadap platform kandidat. Pekerjaan ini juga akan bertugas untuk  menulis siaran pers dan membantu menyusun konsep bahasa untuk pidato.

Staf Kampanye Politik membantu mengelola jejak media sosial kandidat dan mengatur acara untuk mendapatkan paparan bagi kandidat. Mereka merekrut, melatih, dan mengawasi sukarelawan, serta mengumpulkan uang untuk membiayai kampanye.

5. Pimpinan Kegiatan Mahasiswa

Pimpinan Kegiatan Mahasiswa

* sumber: www.ge.com

Kegiatan memimpin dapat diterapkan dengan Ilmu Politik ketika menyusun pemilihan siswa dan program kepemimpinan. Mereka membantu menetapkan standar untuk pemilihan dan memantau proses untuk memastikan bahwa hak-hak mahasiswa ditegakkan.

Petugas kepemimpinan dan kegiatan mahasiswa – perguruan tinggi ini mengembangkan latihan-latihan pelatihan kepemimpinan dan memberi nasihat kepada para pemimpin tentang cara-cara yang efektif dan etis untuk menggunakan wewenang mereka.

Mereka mengawasi penggunaan sumber daya keuangan dan menyelidiki penyimpangan dalam organisasi dan program yang dikelola siswa. Para pekerja ini menengahi perselisihan antara para pemimpin mahasiswa, dan memastikan bahwa kepentingan minoritas tercermin dalam anggaran dan kegiatan.

6. Arbiter

Arbiter

* sumber: www.meditec.com

Negosiasi dan dialog antar organisasi bisa menjadi sulit, dengan kehadiran Arbiter, Mediator, dan Konsiliator yang akan berusaha menyelesaikan perselisihan dan menyelesaikan konflik di luar pengadilan.

Dengan gelar Ilmu Politik, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membawa partai-partai yang terpisah, yang sering bermusuhan, dengan cara yang bermanfaat bagi kedua kelompok.

Ini bisa termasuk hanya mengatur pertemuan atau membimbing komunikasi jangka panjang. Jika kamu mendapatkan salah satu dari pekerjaan utama ilmu politik ini, kamu dapat mengharapkan gaji yang cukup tinggi, lho!

7. Koordinator Program

Koordinator Program

* sumber: www.wisegeek.com

Nirlaba, badan amal atau yayasan yang mengandalkan dana pemerintah perlu seorang koordinator program yang mengerti politik untuk mengawasi divisi dan membantu memajukan tujuan mereka. Sebagai Koordinator Program, kamu akan bekerja dengan staf dan untuk memastikan keberhasilan dan implementasi program tertentu.

8. Manajer Media Sosial

Manajer Media Sosial

* sumber: trainingca.com.au

Bekerja di dunia politik tidak hanya bekerja langsung di pemerintahannya saja, kamu juga bisa menjabat posisi sebagai Manajer Media Sosial. Pekerjaan ini bertugas untuk  memastikan klien mereka memberikan yang terbaik di platform seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Dengan pengetahuan politik kamu, kamu dapat membantu pejabat pemerintah menyebarkan informasi penting, seperti undang-undang yang diusulkan dan peraturan baru, dan berinteraksi dengan para pemilih di platform media sosial.

9. Peneliti Survey

Peneliti Survey

* sumber: money.usnews.com

Jika kamu bekerja di salah satu pekerjaan ini untuk Ilmu Politik, kamu juga bisa bertugas untuk merancang dan melakukan survei penelitian untuk berbagai alasan. Survei yang kamu desain dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi faktual, seperti tingkat pendapatan atau statistik pekerjaan, tetapi survei itu juga dapat digunakan dalam riset opini.

Ini juga akan menjadi tugas kamu untuk menganalisis data dan, tergantung pada posisi, membuat rekomendasi kepada perusahaan atau lembaga yang mendanai penelitian. Meskipun gelar sarjana kamu mungkin cukup untuk beberapa posisi tingkat pemula, tetapi memegang gelar tingkat tinggi akan sangat meningkatkan prospek pekerjaan kamu.

Kamu juga perlu memiliki pengalaman melakukan penelitian, menggunakan statistik, dan menganalisis data.

10. Paralegal atau Asisten Hukum

Paralegal atau Asisten Hukum

* sumber: blackstone.edu

Seorang Paralegal bertugas membantu dalam proses hukum dengan mengatur file, melakukan penelitian, dan menyusun dokumen untuk digunakan dalam kasus. Mereka mungkin ditugaskan untuk menyelidiki fakta, mengumpulkan informasi, atau mengatur data sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh pengacara.

Profesi ini bahkan mungkin harus menulis korespondensi antara pihak hukum dan staf pengadilan. Semua tugas ini dapat didukung oleh pendidikan dalam Ilmu Politik. Gaji rata-rata untuk Paralegal cukup tinggi terutama bagi lulusan ilmu politik bisa mendapatkan lebih tinggi.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan bidang profesi di atas? Bekerja di bidang politik memang memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi, tetapi juga dengan tekanan yang sesuai. Bagi kamu yang ingin berbagi tentang prospek kerja Ilmu Politik lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Baca juga artikel prospek kerja di bidang hukum ini untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar