Bacaterus / Jurusan Sosial / 10 Prospek Kerja yang Terbuka Bagi Lulusan Ilmu Pemerintahan

10 Prospek Kerja yang Terbuka Bagi Lulusan Ilmu Pemerintahan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menentukan jurusan saat menginjak jenjang pendidikan sarjana memang bukan hal yang mudah. Butuh waktu dan pemikiran yang matang untuk memutuskan jurusan apa yang ingin kamu ambil. Itu bukan hanya soal menyukai satu bidang atau keseruan yang kamu bayangkan dalam mempelajari bidang tersebut yang menjadi pertimbangan.

Lebih jauh lagi kamu juga harus memikirkan bagaimana kedepannya. Apa yang akan dilakukan setelah lulus dan berhasil menyandang gelar sarjana. Nah, khusus untuk kamu yang ingin tahu prospek kerja ilmu pemerintahan, kali ini kami akan membahas beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa kamu jadikan alternatif. Yuk simak uraiannya.

1. Kader Partai Politik

Politik

* sumber: pixabay.com

Politik merupakan salah satu unsur atau komponen utama dalam terbentuknya suatu pemerintahan. Maka dari itu, pemerintahan dan politik merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Di Indonesia sendiri lembaga-lembaga pemerintahannya sebagian besar diisi oleh berbagai partai politik.

Bagi kamu yang senang dunia politik atau sangat concern dengan perkembangan politik di Indonesia, jurusan ilmu pemerintahan merupakan pilihan yang tepat. Kamu bisa memulai bekerja sebagai anggota atau kader dari sebuah partai politik. Nantinya kamu bisa diarahkan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada dalam lembaga pemerintahan.

2. Anggota Legislatif

Anggota Legislatif

* sumber: id.wikipedia.org

Bagi kamu yang berencana mengambil jurusan ilmu pemerintahan, mungkin kamu mengetahui apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan pendidikan tersebut. Dalam ilmu pemerintahan di antaranya akan mengajarkan kamu bagaimana seluk beluk organisasi-organisasi publik, mulai dari administrasi, manajemen, dan kepemimpinan di dalamnya.

Nah, organisasi publik ini salah satunya adalah lembaga legislatif. Oleh karena itu, lulusan ilmu pemerintahan memiliki kompetensi dan keahlian yang cukup untuk menjadi anggota legislatif baik di tingkat pusat maupun daerah. Selain itu, menjadi anggota legislatif merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan bagi lulusan sarjana ilmu pemerintahan.

3. Aparatur Pemerintah

PNS

* sumber: indonesia.go.id

Tak hanya menjadi anggota legislatif, lulusan ilmu pemerintahan juga bisa mengisi berbagai jabatan fungsional pada lembaga negara lain selain DPR. Dengan kata lain kamu juga bisa mengajukan diri menjadi pegawai negeri sipil (PNS), baik untuk bekerja di tingkat daerah seperti kecamatan dan kelurahan, maupun tingkat yang lebih tinggi seperti staf kementrian.

Menjadi pegawai negeri sipil juga didambakan oleh banyak orang di Indonesia. Bukan tanpa alasan, dengan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan bahkan menjamin sampai hari tua. Tentu saja banyak orang yang ingin bekerja menjadi PNS. Bagaimana dengan kamu?

4. Jurnalis

Jurnalis

* sumber: feweek.co.uk

Selain lulusan komunikasi, jurnalis juga bisa diisi oleh kamu sebagai lulusan ilmu pemerintahan. Dewasa ini, banyak berbagai media khususnya televisi yang menyajikan tayangan berita saja tanpa ada konten lain yang biasanya ditayangkan pada siaran televisi pada umumnya. Nah, jika sudah berhasil lulus dari pendidikan ilmu pemerintahan, kamu bisa bekerja sebagai jurnalis televisi berita.

Sebagai seorang jurnalis, kamu dituntut untuk memiliki keberanian, sopan santun, dan pengetahuan yang memadai mengenai objek yang sedang diteliti atau dibahas. Khususnya bagi jurnalis tv berita, kamu bisa mengaplikasikan ilmu pemerintahan yang didapatkan karena sering berhubungan langsung dengan para pegawai pemerintahan.

5. Konsultan Politik

Konsultan Politik

* sumber: www.postandcourier.com

Seiring berkembangnya waktu dan pemikiran masyarakat yang semakin kritis, para pegiat politik harus memutar otak bagaimana agar tujuannya sampai dan dapat dimengerti dengan baik oleh masyarakat luas. Untuk menciptakan komunikasi yang tidak monoton, diperlukan suatu ilmu politik khususnya dalam melakukan kampanye saat musim pemilihan umum.

Karena hal itulah banyak di antara politisi di zaman modern memerlukan seorang konsultan politik. Profesi ini seakan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi para politisi. Tarif yang diterimanya pun tidak main-main. Puluhan bahkan sampai ratusan juta bisa didapatkan konsultan politik dalam satu periode pendampingan. Bagaimana apa kamu tertarik?

6. Dosen

Dosen

* sumber: www.bostonglobe.com

Profesi dosen atau pengajar ilmu pemerintahan cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka terjun secara langsung ke lapangan, berhadapan dengan dunia pemerintahan yang sesungguhnya. Biasanya pekerjaan sebagai dosen atau tenaga pengajar diminati oleh seorang lulusan S2 atau magister. Karena memang kualifikasi pendidikan itulah yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dosen.

Profesi ini juga bisa dikatakan sebagai suatu profesi yang cukup menjanjikan, lho. Selain gaji pokok, seorang dosen juga biasanya mendapatkan tunjangan lain-lain, tunjangan tugas tambahan, insentif penelitian, ditambah dengan honor lain-lain.

7. Humas Perusahaan

Humas Perusahaan

* sumber: pixnio.com

Bagian humas (hubungan masyarakat) seringkali kita sebut dengan PR atau public relation. Sebagian besar perusahaan memiliki fungsi jabatan ini. Humas bertugas untuk mewujudkan komunikasi secara dua arah antara perusahaan dengan masyarakat luas. Selain itu tugasnya juga mencakup penyebaran informasi dari perusahaan kepada publik.

Publik yang dimaksud di sini baik masyarakat secara umum, dan organisasi lain di luar perusahaan termasuk lembaga pemerintah. Demi menjaga hubungan dan kerjasama yang baik dengan lembaga pemerintah, diperlukan ilmu yang menunjang. Di sinilah seorang lulusan ilmu pemerintahan dibutuhkan perusahaan-perusahaan untuk mengisi posisi humas.

8. Asisten Peneliti

Asisten Peneliti

* sumber: www.ybierling.com

Seperti yang kita ketahui, asisten peneliti bertugas membantu seorang peneliti dalam melakukan sebuah penelitian atau riset. Penelitian bisa dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk ahli pemerintahan. Sebuah pemerintahan tentu memiliki banyak hal untuk digali lebih dalam lagi.

Maka dari itu, para ahli ini memerlukan seorang asisten yang dapat membantu meringankan tugas-tugas yang dikerjakan dalam menyelesaikan sebuah penelitian. Nah, seorang lulusan ilmu pemerintahan sangat cocok untuk mengisi posisi tersebut.

9. Peneliti

Peneliti Survey

* sumber: money.usnews.com

Selain profesi sebagai asisten peneliti, lulusan ilmu pemerintahan juga berkompeten untuk menjadi seorang peneliti secara langsung. Melihat dan menilai fenomena apa yang terjadi dalam masyarakat, kinerja apa yang harus ditingkatkan pemerintah, masalah birokrasi, dan seterusnya.

Sekiranya hal-hal demikian harus selalu menjadi perhatian para ahli pemerintahan yang menerjunkan diri ke dalam dunia penelitian. Banyaknya hal yang harus dipelajari dan dinilai lebih jauh lagi, seorang lulusan ilmu pemerintahan juga memiliki kompetensi yang cukup memadai untuk menjadi seorang peneliti.

10. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat

Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat

* sumber: pxhere.com

Lembaga swadaya masyarakat (LSM) adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan maupun kelompok masyarakat secara sukarela tanpa tujuan mendapat untung atau penghasilan tertentu. Bagi kamu yang senang membantu dan mengabdikan diri kepada masyarakat dalam bentuk apapun itu, profesi sebagai aktivis sebuah LSM nampaknya bisa menjadi pilihan pekerjaan yang tepat.

Lembaga non-profit ini merupakan salah satu sarana untuk menampung, mengelola, dan melaksanakan aspirasi masyarakat terutama dalam bidang pembangunan. Begitu pula dalam bidang-bidang kemasyarakatan lain yang luput dari perhatian pemerintah. Selain memberi keuntungan bagi anggotanya, LSM juga memberikan keuntungan kepada masyarakat umum.

Nah itulah beberapa prospek kerja bagi kamu yang ingin atau sudah berhasil menyelesaikan studi ilmu pemerintahan. Dari semua profesi diatas, manakan yang paling membuat kamu tertarik? Jangan ragu untuk berbagi pandangan dan pengalaman kamu pada kolom komentar yang tersedia ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *