Bacaterus / Prospek Kerja / Tertarik Kuliah Ilmu Komunikasi? Inilah 10 Prospek Kerjanya

Tertarik Kuliah Ilmu Komunikasi? Inilah 10 Prospek Kerjanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Komunikasi adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas pada kehidupan sehari-hari. Tetapi komunikasi juga menjadi salah satu masalah dalam hidup yang di mana tidak semua orang tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif atau bagaimana menyesuaikan pesan dengan audiens tertentu. Di sinilah ilmu komunikasi dibutuhkan.

Melalui Ilmu Komunikasi, lulusan akan mendapatkan keterampilan yang kuat dalam pemikiran strategis dan perencanaan, kritis, analisis data, dan tentu saja sifat komunikasi yang berkembang di era digital. Dengan mengasah keterampilan ini, seorang lulusan Ilmu Komunikasi dapat memasuki hampir semua bidang karena salah satu gelar yang paling fleksibel.

Tetapi sebenarnya prospek kerja apa saja yang menjanjikan untuk lulusan Ilmu Komunikasi? Temukan jawabannya pada ulasan Bacaterus berikut ini.

1. Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat

* sumber: www.newenglandcollegeonline.com

Bagi kamu yang tertarik berkarier di suatu perusahaan, bekerja sebagai Hubungan Masyarakat atau Public Relation sangat menjanjikan. Karena salah satu hal yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah bagaimana mereka dipersepsikan oleh publik. Jurusan Ilmu Komunikasi diposisikan dengan baik untuk berpikir secara strategis tentang bagaimana memengaruhi persepsi publik melalui media.

Para profesional PR menulis siaran pers, menyelenggarakan konferensi pers dan acara-acara lainnya, serta meyakinkan media bahwa cerita-cerita tentang perusahaan atau organisasi tersebut memiliki keunggulan. Beberapa posisi ini bisa bekerja di biro iklan, perusahaan, agen pemerintahan, dan organisasi nirlaba.

2. Marketing Executive

Marketing Executive

* sumber: trackmaven.com

Bagi kamu yang memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik, kesadaran komersial dan kemampuan berpikir secara strategis, karir dalam pemasaran atau menjadi Marketing Executive bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Sebagai Marketing Executive atau eksekutif pemasaran, kamu akan berkontribusi dan mengembangkan kampanye pemasaran terpadu untuk mempromosikan produk, layanan, atau ide. Banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkan orang pemasaran yang berarti bahwa kamu dapat bekerja di sektor swasta dan publik di berbagai bidang mulai dari keuangan, ritel dan media hingga organisasi sukarela dan amal.

Sifat pasti peran kamu akan bervariasi tergantung pada ukuran organisasi dan sektor serta apakah fokusnya adalah pada penjualan produk atau layanan. Atau pada peningkatan kesadaran akan suatu masalah yang mempengaruhi masyarakat. Marketing Executive juga dapat dikenal sebagai petugas pemasaran atau koordiantor.

3. Digital Marketer

Digital Marketer

* sumber: digitalmarketinginstitute.com

Salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan di era digital ini adalah Digital Marketer. Karena pengaruh internet yang membuat pekerjaan ini semakin dibutuhkan. Jika kamu tertarik pada komunikasi pemasaran dan ingin mengikuti tren serta perkembangan baru, kamu bisa menjadi Digital Marketer yang hebat.

Pekerjaan ini melibatkan berbagai saluran digital, menggunakan internet dan teknologi seluler. Teknik pemasaran push and pull diterapkan, menargetkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu Digital Marketer juga memiliki spesialisasi yang cukup luas tergantung pada ukuran dan persyaratan dari perusahaan yang kamu lamar.

4. Social Media Manager

Social Media Manager

* sumber: www.roberthalf.com

Kini media sosial bukan hanya tempat untuk hiburan saja, bagi kamu yang tertarik dan senang bermedia sosial kamu bisa menjadi Social Media Manager, lho! Karena media sosial adalah tentang berkomunikasi dengan orang-orang secara virtual.

Tidak mengherankan bahwa lulusan Ilmu Komunikasi yang dilatih untuk menganalisis pola komunikasi dengan kualitas yang baik untuk membantu perusahaan meningkatkan brand mereka di media sosial.

Salah satu peran dari pekerjaan ini adalah harus menjadi penulis yang baik untuk menulis pesan tentang organisasi atau perusahaan yang akan menarik pengunjung di media seperti Facebook, LinkedIn, Instagram dan Twitter.

Kamu juga harus memiliki kemampuan persuasif dan keterampilan presentasi untuk menyampaikan rencana mereka kepada staf dan untuk meyakinkan kolega serta audiens untuk menyumbangkan testimonial dan konten lainnya secara online.

5. Media Planner

Media Planner

* sumber: theteenagertoday.com

Media Planner atau Perencana Media sangat cocok bagi lulusan Ilmu Komunikasi karena memiliki kualifikasi untuk memeriksa cara kelompok demografis mengonsumsi media. Sehingga mereka dapat mengantisipasi penempatan iklan yang optimal dalam program televisi, radio, situs web, dan artikel majalah serta surat kabar.

Seorang Media Planner perlu memahami kecenderungan berselancar di web, melihat, membaca, dan mendengarkan konsumen untuk memilih campuran media terbaik untuk kampanye iklan.

Selain itu juga harus memanfaatkan keterampilan presentasi dan penulisan yang dikembangkan melalui studi komunikasi ketika mereka menyampaikan rencana kepada kolega dan eksekutif periklanan.

6. Penyiar Radio

Penyiar Radio

* sumber: simple.wikipedia.org

Bagi kamu yang senang berbicara dan ingin dikenal oleh orang banyak, bekerja sebagai Penyiar Radio menjadi pilihan yang tepat. Sebagai Penyiar Radio, kamu akan bertanggung jawab melakukan siaran atau menyampaikan mengenai informasi sesuai arahan tim produksi. Suara orang di radio atau musik yang sering diputarkan di radio adalah tugas seorang Penyiar.

Yang lebih menariknya lagi, seorang Penyiar tidak akan bekerja full time dan biasanya memiliki waktu yang lebih fleksibel tergantung pada jadwal siaran yang telah ditentukan.

7. Penulis

Penulis

* sumber: ninaamir.com

Jurusan Ilmu Komunikasi bukan hanya bagi kamu yang senang berbicara dan bertemu orang banyak. Bagi kamu yang lebih suka mengkomunikasikan sesuatu melalui tulisan, kamu juga bisa menjadi penulis. Sebagai seorang penulis, kamu akan terlibat dalam penciptaan dan pengembangan karya-karya fiksi dan non fiksi.

Ini mencakup berbagai bentuk penulisan mulai dari artikel, novel, puisi, penulis script, penulis cerpen dan lain-lain. Sebagian besar penulis bekerja lepas atau bekerja sendiri. Selain itu, banyak penulis mengelola pekerjaan menulis mereka di samping pekerjaan penuh waktu.

8. Web Content Manager

Web Content Manager

* sumber: blog.uniproacademy.com

Saat situs web tumbuh dan menawarkan lebih banyak informasi, peran Web Content Manager atau pengelola konten web sangat vital dan dibutuhkan. Pekerjaan ini menggabungkan organisasi dan keterampilan menulis dengan pengetahuan teknis yang diperlukan.

Posisi ini bertugas untuk memastikan bahwa konten situs web terstruktur dengan baik dan mudah ditemukan serta memenuhi kebutuhan penggunanya dengan mencakup semua topik yang diperlukan dan akurat.

Konten yang akan dikelola dapat mencakup halaman web, gambar, video, postingan blog, artikel, ulasan, dan terkadang media sosial. Kamu akan menghasilkan jadwal dan audit konten yang digunakan penulis dan editor untuk membuat copy tetap up to date dan membuat konten baru pada waktu yang tepat.

9. Event Planner

Event Planner

* sumber: www.bestresumeguru.com

Event Planner adalah seseorang yang berkoordinasi dan merencanakan suatu acara dengan tim dan vendor. Biasanya seorang Event Planner bekerja dalam perencanaan acara pernikahan, akomodasi wisatawan, ulang tahun, workshop, dan lain-lain.

Yang pasti lulusan Ilmu Komunikasi adalah kandidat yang sangat baik untuk posisi ini. Seseorang dengan keterampilan organisasi dan bisnis yang kuat juga dangat dibutuhkan dalam posisi ini.

10.Manajer Pelatihan dan Pengembangan

Manajer Pelatihan dan Pengembangan

* sumber: www.owlguru.com

Pelatihan dan pengembangan adalah bagian dari bidang sumber daya manusia, tetapi memiliki fokus yang lebih bertarget pada pembelajaran karyawan dan pengembangan profesional. Dengan menerapkan pelatihan bagi karyawan, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan dan membuat kontrak dengan agen-agen luar untuk memberikan pelatihan.

Lulusan Ilmu Komunikasi akan membantu mengembangkan keterampilan dalam fasilitasi, pengembangan kurikulum, dan penilaian.

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan Ilmu Komunikasi, sebaiknya tidak perlu ragu dengan prospek kerja jurusan tersebut. Karena jurusan ini adalah salah satu bidang studi yang cukup luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Nah, bagi kamu yang tahu prospek kerja lainnya dari jurusan Ilmu Komunikasi, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Baca juga artikel prospek kerja administrasi bisnis ini untuk menambah pengetahuanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *