Bacaterus / Prospek Kerja / Sering Disebut Anak IT, Ini 10 Prospek Kerja Ilmu Komputer

Sering Disebut Anak IT, Ini 10 Prospek Kerja Ilmu Komputer

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Mungkin kamu senang memecahkan masalah atau menguraikan kode. Mungkin kamu juga memiliki kemampuan untuk mempelajari bahasa baru dan cukup tertarik dengan komputer. Seperti untuk membuka penutup dan mengotak-atik cara kerja bagian dalam komputer. Jika demikian, Ilmu Komputer mungkin menjadi pilihan karier yang ideal untuk kamu.

Jurusan Ilmu Komputer memerlukan kemampuan berpikir analitis untuk menyusun sistem dan program, tetapi juga harus cukup berorientasi pada detail untuk memecahkan masalah. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan orang-orang non-teknis untuk menilai kebutuhan mereka dan menyampaikan informasi teknis dalam bahasa sederhana.

Kreativitas juga sangat penting bagi jurusan Ilmu Komputer yang berharap untuk datang dengan aplikasi atau gadget teknologi terbaru. Mengingat tingkat perubahan yang cepat dalam teknologi, jurusan ilmu komputer perlu haus untuk belajar untuk mengikuti perkembangan terbaru.

Bagi kamu yang masih bingung pekerjaan apa saja untuk lulusan Ilmu Komputer. Inilah 10 prospek kerja Ilmu Komputer yang akan mengalami pertumbuhan tercepat, dibayar dengan gaji jauh di atas rata-rata, dan menawarkan berbagai peluang promosi.

1. Analis Sistem Komputer

Analis Sistem Komputer

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=T0JdNufvn-o

Seorang Analis Sistem Komputer akan menilai sistem komputer perusahaan dan merekomendasikan perubahan pada perangkat keras dan lunak untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Karena pekerjaan itu membutuhkan komunikasi teratur dengan manajer dan karyawan, Analis Sistem Komputer perlu memiliki keterampilan interpersonal yang kuat.

Analis sistem juga perlu mampu meyakinkan staf dan manajemen untuk mengadopsi solusi teknologi yang memenuhi kebutuhan organisasi. Selain itu pekerjaan ini  membutuhkan keingintahuan yang kuat untuk belajar secara berkelanjutan untuk melacak tren dalam teknologi dan penelitian sistem mutakhir.

Analis sistem juga membutuhkan keterampilan bisnis untuk mengetahui apa yang terbaik untuk seluruh perusahaan. Bahkan, jabatan yang serupa adalah analis bisnis atau analis sistem bisnis.

2. Arsitek IT

Arsitek IT

* sumber: insights.dice.com

Arsitek IT bertugas membantu mengelola aspek teknologi bisnis, khususnya arsitektur keamanan perusahaan dan rencana bisnis. Para profesional ini memastikan kepatuhan ada dalam aturan dan peraturan yang ditetapkan dan mereka juga membuat dan menerapkan sistem dan arsitektur keamanan yang diperbarui dan yang baru.

Untuk bekerja sebagai Arsitek IT, kamu minimal harus memiliki gelar sarjana di bidang yang berhubungan dengan komputer atau memiliki setidaknya lima tahun pengalaman profesional. Karena ada juga beberapa pengusaha memerlukan Arsitek IT untuk memiliki gelar master mereka.

Para profesional ini harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan pekerjaan mereka kepada para profesional di luar bidang mereka dan berkomunikasi secara efektif dengan spesialis teknologi informasi lainnya di perusahaan.

3. Programmer Komputer

Programmer Komputer

* sumber: www.earnmydegree.com

Programmer Komputer tidak diragukan lagi sering menikmati salah satu pekerjaan ilmu komputer dengan bayaran tertinggi di industri. Untuk memprogram sirkuit logika ke perangkat tertanam, perusahaan membutuhkan Pemrogram Komputer untuk beragam tugas.

Sebagai seorang Programmer Komputer, kamu mungkin perlu bekerja pada berbagai proyek dan harus memiliki setiap keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikannya dengan sukses. Ini adalah salah satu pekerjaan komputer paling bergengsi dan berbayar tertinggi yang dapat kamu lamar saat ini.

Kamu perlu mengetahui paradigma pemrograman yang berbeda seperti pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek, dan pemrograman fungsional. Untuk menjadi seorang Programmer, kamu juga harus  memiliki pengetahuan yang tepat tentang bahasa pemrograman umum seperti C, C ++, Java, dan Python.

Akan lebih baik jika kamu memiliki pemahaman yang hebat tentang struktur data mendasar seperti queues, stacks, dan trees.

4. Software Developer

Software Developer

* sumber: money.usnews.com

Software Developer atau Pengembang Perangkat Lunak akan bertugas membuat program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu pada berbagai perangkat, seperti komputer atau perangkat seluler. Kamu akan bertanggung jawab atas seluruh pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Seorang Software Developer harus memiliki kreativitas teknis yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah secara unik. Kamu juga harus fasih dalam bahasa komputer yang digunakan untuk menulis kode atau coding untuk program.

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk mengamankan informasi dan wawasan yang diperlukan dari pengguna akhir tentang bagaimana perangkat lunak berfungsi.

5. Web Developer

Web Developer

* sumber: www.oxbridgeacademy.edu.za

Semakin banyaknya perusahaan startup, maka kehadiran  Web Developer akan sangat dibutuhkan karena perusahaan mencoba untuk menggantikan kehadiran digital dan fungsi e-commerce pesaing mereka. Tugas utama kamu sebagai Web Developer adalah menciptakan aplikasi dan layanan yang andal dan berkinerja tinggi, yang dapat diakses melalui internet.

Berfokus hanya pada perangkat lunak dan database yang mendasarinya adalah yang hal paling umum, namun beberapa web developer akan bekerja antarmuka dan desain  visual. Sebagai Web Developer , kamu harus menulis kode dalam satu atau lebih bahasa pemrograman atau skrip, seperti PHP atau JavaScript.

Selain itu kamu juga akan merencanakan dan membuat prototipe aplikasi baru, mendesain arsitektur komponen aplikasi, dan memutuskan teknologi dan bahasa terbaik untuk proyek tersebut.

6. Software Engineer

Software Engineer

* sumber: analyticsindiamag.com

Seorang Software Engineer atau Insinyur Perangkat Lunak bertugas menulis kode yang memungkinkan aplikasi komputer berjalan dengan lancar dan menjalankan fungsi dengan benar. Dalam peran ini, kamu bertanggung jawab untuk menguji dan mengidentifikasi dan menghapus sistem error di aplikasi saat kamu bekerja sama dengan mitra.

Kamu juga harus tahu dan memahami bahasa pemrograman seperti C ++, Python, atau Ruby. Sementara persyaratan untuk pekerjaan software engineer  dapat bervariasi dari satu peran ke peran, ada keterampilan tertentu yang dibutuhkan setiap pengembang. Gelar Ilmu Komputer yang tepat dapat membuat kamu siap untuk melamar.

7. Hardware Engineer

Hardware Engineer

* sumber: www.techopedia.com

Sebagai Hardware Engineer atau Insinyur Perangkat Keras, tugas utama kamu adalah merancang dan mengembangkan aspek perangkat keras sistem perusahaan. Kamu akan sering ditugasi merawat perangkat keras lama dan membuatnya tetap hidup.

Jika perangkat keras itu adalah sesuatu yang kamu minati, pekerjaan ini cocok untuk kamu. Selain itu, posisi ini memberikan kamu gaji yang cukup tinggi. Untuk bekerja sebagai Hardware Engineer, kamu harus menempuh pendidikan universitas.

Untuk menempuh karir ini, kamu juga akan diminta untuk merancang dan mengembangkan solusi arsitektur, perlu memiliki pengetahuan tingkat rendah tentang sirkuit digital dan sistem tertanam, keterampilan komunikasi yang baik adalah penting untuk pekerjaan ini, dan harus memiliki pemahaman yang baik tentang perangkat.

8. Pengembangan Video Game

Pengembangan Video Game

* sumber: hopeforhenry.org

Bagi kamu yang senang dengan video game, kamu dapat bekerja sebagai Pengembangan Video Game. Kamu membutuhkan ketertarikan untuk game, keterampilan teknis dan kemampuan untuk bekerja sendiri dan dengan tim untuk berhasil sebagai pengembang game.

Bekerja dalam pengembangan video game, kamu akan terlibat dalam pembuatan dan produksi game untuk komputer pribadi, konsol game, game sosial / online, game arcade, tablet, ponsel, dan perangkat ponsel lainnya. Kamu juga dapat fokus pada bidang pemrograman tertentu seperti jaringan, mesin, grafik, rantai alat dan kecerdasan buatan.

Dalam peran ini, kamu tidak mungkin memiliki keterlibatan dalam desain visual atau cerita. Namun, jika kamu mengembangkan game ‘indie’ kecil yang independen, seringkali ada jauh lebih sedikit perbedaan antara peran pengembang dan perancang, dan pekerjaan kamu dapat menggabungkan pemrograman dan desain. Dalam peran ini, pengembangan dalam arti yang lebih luas berarti membuat game.

9. Administrator Database

Administrator Database

* sumber: blogs.oracle.com

Saat perusahaan sedang mengumpulkan sejumlah informasi digital yang besar, memacu kebutuhan akan DBA yang terlatih dan bersertifikat untuk menyimpan, mengelola, menganalisis, dan mengamankan data ini. Selain itu, karena semakin banyak basis data yang terhubung ke Internet dan cloud, keamanan data akan menjadi semakin vital dan kompleks.

Nah, seorang Administrator dan pengembang basis data, terutama mereka yang memiliki keterampilan keamanan informasi – akan dipekerjakan untuk melindungi data perusahaan dari peretas dan vektor ancaman cyber lainnya.

10. Konsultan IT

Konsultan IT

* sumber: www.solvereone.com

Konsultan IT adalah komunikator yang hebat dan memiliki keterampilan organisasi yang sangat baik serta pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang sistem IT. Peran kamu sebagai konsultan IT adalah bekerja dalam kemitraan dengan klien, memberi tahu mereka cara menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka atau mengatasi masalah.

Kamu akan bekerja untuk meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT di berbagai perusahaan.  Kamu juga akan memberikan panduan strategis kepada klien terkait dengan teknologi dan infrastruktur IT dan akan memungkinkan proses bisnis utama melalui peningkatan IT.

Selain itu, kamu juga dapat dipanggil untuk memberikan bimbingan dan keahlian teknis selama proses lainnya juga, seperti pemilihan dan pengadaan serta pelatihan dan umpan balik pengguna.

Itulah beberapa prospek kerja untuk lulusan Ilmu Komputer yang memiliki penghasilan yang cukup besar. Dengan ilmu komputer, kamu dapat bekerja di perusahaan atau sebagai freelancer. Bagi kamu yang tahu prospek kerja lainnya untuk lulusan Ilmu Komputer, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi juga artikel prospek kerja manajemen bisnis ini untuk mendapatkan informasi lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar