Bacaterus / Jurusan Kesehatan / 10 Prospek Kerja Ilmu Kesehatan Masyarakat yang Menjanjikan

10 Prospek Kerja Ilmu Kesehatan Masyarakat yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Fakultas ilmu kesehatan masyarakat memang masih jarang sekali memiliki banyak peminat dibanding dengan fakultas lain seperti ekonomi, ilmu komunikasi maupun fakultas teknik. Namun, apakah kamu tahu bahwa prospek kerja dari lulusan fakultas ilmu kesehatan masyarakat memiliki jenjang karier yang juga cukup menjanjikan di masa depan.

Nah, bila kamu sedang bimbang untuk memilih jurusan. Yuk, kita simak prospek kerja dari fakultas ilmu kesehatan masyarakat yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu dalam 10 Prospek kerja ilmu kesehatan masyarakat yang menjanjikan karir cemerlang. Berikut adalah ulasannya:

1. Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Di Indonesia sendiri posisi pekerjaan yang satu ini memang jarang diketahui oleh masyarakat. Namun pada kenyataan posisi yang satu ini memang tersedia dan banyak diisi oleh mereka yang lulus dari fakultas ilmu kesehatan masyarakat.

Profesi sebagai staf K3 sendiri memang lebih populer di perusahaan-perusahaan besar dan bonafit yang mengutamakan keselamatan karyawan selama bekerja. Biasanya perusahaan besar memiliki divisi khusus K3 sebagai penunjang kerja yang bersifat teknis. Divisi ini biasanya bertugas memberi simulasi bencana atau kejadian tak terduga terkait keselamatan selama bekerja.

2. Peneliti

Peneliti

Salah satu profesi yang cukup penting dan sangat dibutuhkan adalah peneliti. Profesi yang satu ini memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan rumit sehingga bagi mereka yang ingin berkarier dalam bidang ini dibutuhkan kompetensi yang tinggi. Oleh karena itu jenjang pendidikan yang lebih tinggi pun tentu sangat berperan penting bagi profesi tersebut.

Beberapa profesi yang cocok bagi mereka yang masuk fakultas ilmu kesehatan masyarakat diantaranya sebagai Epidemiologi, yaitu peneliti yang bertugas menganalisa pola kesehatan maupun penyakit yang terdapat dalam sebuah populasi atau sebagai Biostatistician, yaitu peneliti yang menganalisa dan  menghimpun data kesehatan masyarakat serta memetakannya.

3. Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil

Profesi pegawai negeri sipil tentu bisa menjadi incaran bagi mereka yang lulus dari fakultas ilmu kesehatan masyarakat. Karena disiplin ilmu yang dipelajari berhubungan erat dengan layanan masyarakat sehingga pekerjaan yang satu ini dinilai sangat cocok untuk lulusan fakultas ilmu kesehatan masyarakat.

Selain itu banyaknya departemen yang dimiliki pemerintah seperti Dinas kesehatan, puskesmas, BNN, Kementerian kesehatan dan lain-lain membuat peluang dan kesempatan bagi lulusan ilmu kesehatan masyarakat semakin besar untuk bisa berkarier di pemerintahan. Hal lain yang bisa menjadi motivasi untuk meraih profesi ini adalah jenjang karier yang cerah di masa depan.

4. Staf Pengajar/Dosen

Staf Pengajar

Profesi lain yang bisa juga kamu jajaki sebagai lulusan ilmu kesehatan masyarakat adalah menjadi staf pengajar atau dosen. Sama seperti jurusan lain, peluang kamu untuk bekerja sebagai staf pengajar atau dosen memang cukup besar. Untuk meraih profesi ini kamu dituntut untuk memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Beberapa bidang ilmu seperti vaksinasi, kesehatan mental, perilaku sosial merupakan beberapa bidang ilmu yang bisa kamu ambil bila hendak mengambil S2. Selain itu bagi kamu yang bercita-cita menjadi dosen kamu pun harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan materi pendidikan dengan baik.

5. Staf Ahli Gizi

Staf Ahli Gizi

Staf Ahli Gizi bisa menjadi alternatif pilihan profesi menjanjikan yang bisa kamu raih selanjutnya. Lulusan fakultas ilmu kesehatan masyarakat memiliki kesempatan bekerja yang cukup luas. Karena dalam ilmu kesehatan masyarakat terdapat bidang ilmu yang mempelajari tentang gizi. Maka profesi sebagai ahli gizi pun dirasa cocok.

Profesi ahli gizi biasanya terdapat dalam sebuah perusahaan makanan dan minuman, hotel dan instansi kesehatan seperti rumah sakit biasanya memiliki divisi khusus yang menempatkan staf ahli gizi untuk memeriksa dan memastikan kandungan gizi yang disajikan memenuhi standar yang dibutuhkan masyarakat.

6. Staf Rumah Sakit

Staf Rumah Sakit

Jurusan Ilmu kesehatan masyarakat memang sangat bermanfaat dan memiliki jangkauan profesi yang beragam. Meningkatnya populasi manusia dari waktu ke waktu membuat aktivitas yang ada di rumah sakit tak akan pernah surut bahkan semakin padat.

Hal tersebut tentu menjadi peluang yang bagus bagi lulusan ilmu kesehatan. Karena peluang kamu untuk bekerja di sektor ini memang cukup besar. Selain itu  banyaknya divisi atau departemen yang ada di rumah sakit membuat peluang kamu untuk bekerja di rumah sakit semakin besar. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta.

7. Bagian Promosi Kesehatan

Bagian Promosi Kesehatan

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Meskipun begitu kesadaran untuk hidup sehat atau sadar akan kesehatan masih perlu dipromosikan dengan baik. Nah, untuk hal itu kehadiran bagian promosi kesehatan sangat penting. Selain bertugas mensosialisasikan kesehatan di masyarakat.

Kehadiran juga bisa menjadi ujung tombak bagi sebuah perusahaan terutama yang berhubungan dengan bidang kesehatan. Dalam hal ini kamu bisa bekerja sebagai tim promosi untuk sebuah rumah sakit, perusahaan alat kesehatan atau perusahaan farmasi.

8. Administrasi Layanan Kesehatan

Administrasi Layanan Kesehatan

Nah, selanjutnya profesi yang cocok bagi lulusan ilmu kesehatan masyarakat adalah di bidang administrasi layanan kesehatan. Staf administrasi memang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan termasuk dalam bidang kesehatan.

Kehadirannya memang cukup penting dan dibutuhkan untuk mendukung jalannya perusahaan. Karena berhubungan dengan layanan kesehatan kamu pun bisa bekerja dengan menempati posisi di bagian rekam medik, manajemen rumah sakit atau bagian promosi dan pemasaran lembaga kesehatan swasta maupun pemerintah.

9. Wiraswasta

Wiraswasta

Salah satu profesi lainnya yang bisa kamu coba selain bekerja di perusahaan adalah membuka peluang usaha sendiri alias wiraswasta. Tingginya tingkat persaingan dalam dunia kerja membuat beberapa orang memilih untuk membuka peluang usaha sendiri. Pilihan ini tentu bukan sesuatu yang salah. Hal tersebut merupakan langkah yang cukup baik.

Kamu pun bisa memulai membuka bisnis yang berhubungan dengan bidang ilmu yang kamu tempuh. Beberapa diantaranya yaitu sebagai penyedia alat kesehatan atau menjual produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Baik itu sebagai pihak kedua penjual atau pun pihak yang memproduksi sendiri produknya.

10. Bekerja di Perusahaan Asuransi

Bekerja di Perusahaan Asuransi

Pilihan profesi yang bisa kamu ambil sebagai lulusan ilmu kesehatan masyarakat adalah dengan bekerja di perusahaan asuransi. Kamu pun bisa memilih perusahaan bonafit yang telah berjalan cukup lama dan memiliki reputasi yang baik seperti perusahaan BUMN atau perubahan milik asing yang sudah diakui kredibilitasnya.

Posisi yang ingin kamu dapatkan bisa disesuaikan dengan minat kamu ketika melamar. Mulai dari bagian staf kantor atau bagian tim promosi yang bersentuhan langsung dengan konsumen.

Nah, itulah 10 Prospek kerja ilmu kesehatan masyarakat yang menjanjikan karier cemerlang. Profesi apapun selama dikerjakan dengan tulus dan jujur hasilnya pun akan membawa berkah bagi kita dan keluarga. Semoga informasi yang diberikan Bacaterus bisa bermanfaat. Yuk, baca juga artikel prospek kerja lulusan kesehatan lingkungan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *