Bacaterus / Jurusan Pertanian / Mengenal 10 Prospek Kerja Ilmu Kelautan Secara Mendalam

Mengenal 10 Prospek Kerja Ilmu Kelautan Secara Mendalam

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu ingin bekerja di laut? Atau ingin menjadikan laut sebagai tempat untuk profesi impianmu? Nah, kabar baiknya adalah kamu tidak harus menjadi pelaut untuk berkarier di kelautan. Karena pilihan karier dalam Ilmu Kelautan saat ini cukup luas.

Ketika kamu mendengar istilah Ilmu Kelautan, apa yang terlintas dalam pikiran? Laut yang dipenuhi oleh terumbu karang dan penuh dengan ikan berwarna-warni? Jika salah satu dari hal itu membuat kamu tertarik, maka  maka karir di bidang Ilmu Kelautan mungkin tepat untuk kamu.

Dengan memulai studi dalam Ilmu Kelautan, kamu akan mempelajari semua tentang lautan dunia. Kamu akan menyelidiki dinamika rumit dari ekosistem besar ini, bagaimana makhluk laut berinteraksi, dan bagaimana hal itu mempengaruhi bumi kita.

Kamu juga akan memiliki peluang untuk berkontribusi dengan berfokus pada masalah-masalah seperti perubahan iklim, ancaman terhadap keanekaragaman hayati laut dan polusi. Lalu apa saja prospek kerja Ilmu Kelautan? Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Ahli Biologi Kelautan

Ahli Biologi Kelautan

* sumber: www.careeraddict.com

Jika kamu tertarik dengan subjek Biologi, menjadi Ahli Biologi Kelautan adalah salah satu karir yang paling cocok untuk kamu. Mempelajari kehidupan di dalam air, mulai dari alga kecil, terumbu karang yang mempesona, hingga paus dan hiu raksasa.

Karier di bidang ini akan cocok untuk kamu yang peduli terhadap lingkungan laut, ingin membuat perubahan bagi generasi masa depan dan terdorong untuk menonjol dalam bidang yang kompetitif.

Tujuan utama Ahli Biologi Kelautan adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang dunia laut serta untuk memahami dan memprediksi perubahan ekosistem yang dipengaruhi oleh gangguan manusia dan alam.

Ahli Biologi Kelautan adalah karir yang luas. Kamu dapat melakukan pekerjaan lapangan, penelitian akademis, pekerjaan laboratorium, konsultasi, amal,  atau pembuatan kebijakan.

2. Peneliti Kelautan

Peneliti Kelautan

* sumber: blog.suny.edu

Jika kamu tertarik pada dunia laut dan ingin menjadi bagian dari tim peneliti, maka kamu dapat berkarier menjadi Peneliti Kelautan. Peneliti Kelautan pada dasarnya adalah Ilmuwan Kelautan yang meneliti samudera, laut, atau jenis air lainnya. Peneliti Kelautan secara luas fokus pada lautan dan isinya bersama dengan berbagai makhluk.

Para profesional ini bekerja dengan menggabungkan keterampilan kimia dengan fisika dan geologi. Profesi ini juga menganalisis sifat dari berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam air laut. Hasil penelitian akan menunjukkan perubahan yang tepat yang terjadi di lingkungan.

Seorang Peneliti Kelautan bekerja untuk mempelajari perilaku hewan dan tumbuhan laut. Mereka juga mempelajari mikroorganisme yang ditemukan di lautan dan kumpulan air lainnya.

3. Dokter Hewan Perairan

Dokter Hewan Perairan

* sumber: www.careermatch.com

Bagi kamu yang memiliki kecintaan terhadap hewan air, salah satu karier yang tepat untukmu adalah menjadi Dokter Hewan Perairan. Dengan profesi ini, kamu dapat merawat semua jenis hewan laut mulai dari paus besar hingga lumba-lumba.

Para profesional ini dapat bekerja di akuarium, organisasi yang berurusan dengan amal, atau bahkan di fasilitas penelitian. Mereka bertugas merawat ikan, mamalia laut, dan beragam invertebrata. Sama dengan dokter hewan lainnya, mereka akan bekerja untuk memantau kesehatan hewan yang dipelihara.

Dokter Hewan Perairan bertanggung jawab atas pengelolaan kesehatan berbagai spesies laut. Mereka akan memberikan vaksinasi rutin dan mengambil sampel cairan tubuh hewan. Mereka berupaya memberikan pemeriksaan medis yang tepat terhadap hewan-hewan tersebut untuk mengamati dan mengevaluasi perilaku mereka secara keseluruhan.

Mereka bekerja dengan berbagai peralatan kedokteran hewan yang membantu dalam proses pemeriksaan medis. Selain itu, para profesional ini harus memiliki sertifikat scuba diving untuk dapat bekerja dengan hewan laut. Keahlian berenang yang hebat akan sangat membantu mereka untuk menjalani pekerjaan ini.

4. Arkeolog Kelautan

Arkeolog Kelautan

* sumber: phys.org

Menjadi seorang Arkeolog Kelautan akan membuat kamu mempelajari arkeologi di bawah air. Dengan bepergian dan menjelajahi perairan, para Arkeolog Kelautan akan melakukan pekerjaan restorasi dan penggalian untuk mempelajari lautan. Pada dasarnya, mereka melakukan pekerjaan ini untuk dunia supaya biasa menyaksikan hal-hal menakjubkan yang tersembunyi di bawah laut.

Para Arkeolog Kelautan menggunakan banyak peralatan dan alat khusus yang dibutuhkan dalam pekerjaan mereka. Mereka melakukan penelitian dan studi berdasarkan laut dan samudera. Selain itu, para profesional ini harus menangani, menganalisis, dan mencatat berbagai penemuan dari dasar laut.

5. Pelatih Mamalia Laut

Pelatih Mamalia Laut

* sumber: dolphinquest.com

Jika kamu menyukai hewan mamalia laut, cobalah berkarier sebagai Pelatih Mamalia Laut. Kamu dapat menemukan peluang kerja ini di tempat-tempat seperti museum kehidupan laut atau pusat perawatan mamalia laut.

Pelatih Mamalia Laut bertugas melatih dan akan secara aktif berinteraksi dengan binatang seperti lumba-lumba, anjing laut, paus, dan berang-berang. Para profesional ini juga harus mengurus tugas sehari-hari untuk hewan-hewan seperti memberi mereka makan dan membersihkan tubuhnya.

Mereka juga harus menjaga lingkungan dengan aman dan melakukan pemeriksaan. Hewan-hewan tersebut dipastikan memiliki rutinitas fisik yang sehat setiap hari dengan latihan mental yang tepat. Profesi ini juga melakukan beberapa program pendidikan di depan publik dengan bantuan hewan.

Profesi ini membuat kamu harus memiliki pengalaman menangani hewan laut dengan keterampilan berbicara yang tepat untuk melakukan pertunjukkan di depan audiens. Kemampuan berenang juga merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh Pelatih Mamalia Laut supaya bisa menangani hewan laut.

6. Fotografi / Pembuat Film Bawah Air

Pembuat Film Bawah Air

* sumber: www.marineinsight.com

Bagi kamu lulusan Ilmu Kelautan dan mempunyai skill fotografi, kamu bisa berkarier sebagai Fotografi atau Pembuat Film Bawah Air. Para profesional ini memiliki keahlian dan basis pengetahuan khusus yang penting untuk memotret hewan di habitat alami mereka.

Selain ahli dalam bidang fotografi, hal pertama yang harus kamu pelajari adalah scuba diving yang bersertifikasi. Program sertifikasi sangat penting untuk fotografi bawah laut. Nah, dari situ akan ada banyak program di mana seseorang dapat dipastikan menjadi Pembuat Film Bawah Air.

Banyak Fotografer atau Pembuat Film Bawah Air profesional yang bekerja di publikasi, majalah, dan bahkan televisi. Pada dasarnya, kamu dapat berbagi dan menjual hasil karya kamu ke majalah kecil sebagai awal kariermu.

7. Ekonom Lingkungan Kelautan

Ekonom Lingkungan Kelautan

* sumber: thamesestuarypartnership.org

Jika menyelamatkan lingkungan laut adalah hal yang paling kamu sukai, terdapat salah satu karier yang cocok untukmu yaitu sebagai Ekonom Lingkungan Laut. Dengan gelar Ilmu Kelautan, kamu dapat bekerja dengan pemerintah atau dengan perusahaan swasta untuk menyelamatkan kehidupan laut dan mengontrol sumber daya.

Ekonom Lingkungan Laut akan bekerja dalam penelitian masalah lingkungan seperti pembangkit listrik, metode pengendalian polusi, konstruksi pembangkit listrik tenaga air, dan banyak lagi. Mereka menggunakan serangkaian program statistik dan perangkat lunak komputer untuk membuat perhitungan.

Para profesional ini memainkan peran penting dalam menulis dokumen teknis atau bahkan artikel akademik untuk mengkomunikasikan hasil penelitian mereka dan membuat prakiraan ekonomi. Mereka melakukan penelitian berdasarkan topik ekonomi dan lingkungan.

8. Pendidik Lingkungan Kelautan

Pendidik Lingkungan Kelautan

* sumber: www.saambr.org.za

Sebagai Pendidik Lingkungan Kelautan, kamu dapat melakukan pekerjaan mulai dari melatih orang-orang tentang keselamatan lingkungan laut hingga menginformasikan pengetahuan tentang hal tersebut.

Pendidik Lingkungan Kelautan akan bekerja berdasarkan dengan jenis dan lingkungan kerja. Pekerjaan profesional ini akan meneliti dan mempelajari kehidupan laut. Mereka juga bekerja untuk mengumpulkan pengetahuan tentang berbagai cuaca dan iklim lingkungan laut. Selain itu, mereka akan belajar untuk melestarikan ekosistem laut dan semua sumber air alami.

9. Spesialis Perawatan Hewan

Spesialis Perawatan Hewan

* sumber: news.wttw.com

Spesialis Perawatan Hewan dalam Ilmu Kelautan perlu tahu banyak tentang lumba-lumba dan hewan lainnya. Terutama bagaimana hewan-hewan tersebut berperilaku. jadi sebagian besar spesialis ini memiliki gelar dalam bidang Psikologi bersama dengan studi lanjutan dalam Biologi.

Mereka juga bekerja untuk meminimalkan terjadinya penyakit pada populasi hewan yang menjadi tanggung jawab mereka. Serta memastikan bahwa hewan yang sakit akan dikarantina dan hewan yang sehat akan divaksinasi dengan benar.

Tugas seorang Spesialis Perawatan Hewan biasanya akan bekerja dengan membantu Dokter Hewan mulai dari menyediakan perawatan darurat dan mengontrol luka traumatis, membantu untuk mengendalikan hewan dengan aman, memberikan obat-obatan, mengambil radiografi, membersihkan dan mensterilkan peralatan, hingga menjalankan tes laboratorium.

10. Insinyur Kelautan

Insinyur Kelautan

* sumber: www.whoi.edu

Insinyur Kelautan adalah Ilmu Kelautan yang mengikat disiplin ilmu lainnya. Insinyur Kelautan akan mengembangkan instrumen dan perangkat oseanografi yang membantu Ahli Biologi Kelautan dan Oseanografi untuk melakukan penelitian. Mereka juga harus meningkatkan peralatan video bawah air, alat pengukur suara, dan kendaraan bawah air.

Dengan alat mereka, maka memungkinkan para Ilmuwan Kelautan untuk melakukan pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Insinyur Kelautan harus melakukan penelitian di pantai lepas.

Itulah beberapa prospek kerja untuk lulusan Ilmu Kelautan. Bagi kamu yang senang dengan dunia laut, kira-kira prospek kerja favorit mana yang akan kamu pilih nanti? Jika kamu ingin berbagi tentang prospek kerja lainnya untuk Ilmu Kelautan. Silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Jangan lewatkan artikel prospek kerja budidaya perairan ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *