Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Ilmu Gizi

10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Ilmu Gizi

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Ilmu gizi adalah bidang yang sangat fleksibel, dan gelar tersebut dapat menjadi titik awal yang sempurna bagi kamu yang ingin mendedikasikan karir untuk membantu orang lain dalam meningkatkan kesehatan melalui prinsip-prinsip diet sehat. Lulusan ilmu gizi memiliki latar belakang pendidikan untuk bekerja di industri kesehatan atau makanan.

Baik kamu yang bekerja di industri makanan, sebagai konsultan swasta, atau layanan kesehatan masyarakat, ada sejumlah jalur karir profesional yang tersedia bagi kamu yang memiliki pengetahuan gizi.

Perlu diingat bahwa dalam hal kesehatan dan makanan, beberapa bidang karir mungkin mengharuskan kamu untuk mendapatkan sertifikasi tambahan atau lisensi khusus. Jadi, pastikan untuk menyelidiki karir yang menarik minatmu secara menyeluruh. Ada banyak karir yang mungkin ingin kamu kejar dengan gelar ilmu gizi seperti berikut ini.

1. Ilmuwan Makanan

Ilmuwan Makanan

* sumber: www.careerizma.com

Ilmuwan makanan bertugas meningkatkan dan mengembangkan produk makanan untuk pemerintah, universitas atau perusahaan pengolahan makanan.

Jika kamu memasuki bidang karir ini, maka kamu akan menggunakan mikrobiologi, kimia, dan fisika serta bioteknologi untuk memajukan teknik yang digunakan untuk mendistribusikan, memproses, menyimpan, dan mengawetkan makanan.

Kamu juga akan memenuhi syarat untuk bekerja sebagai analis. Pekerjaan ini mengharuskan kamu menilai isi makanan untuk menentukan informasi nutrisinya.

Selain itu, kamu akan memiliki latar belakang pendidikan untuk memverifikasi keamanan makanan atau bekerja di bidang sanitasi. Pertimbangkan menjadi ilmuwan makanan jika kamu cenderung mampu berpikir logis dan senang dengan pekerjaan metodis.

2. Ahli Diet

Ahli Diet

* sumber: www.workingmother.com

Jika kamu tertarik dengan bidang makanan, kesehatan dan sains, dan menggunakan pengetahuan ini untuk membantu meningkatkan kualitas hidup orang lain, kamu cocok untuk berkarir sebagai ahli diet.

Jika kamu menjadi ahli diet, kamu akan mengembangkan rencana nutrisi untuk mereka yang menderita diabetes misalnya, atau penyakit lain yang memerlukan diet khusus. Kamu bahkan dapat membuat rencana kesehatan untuk orang-orang yang ingin hidupnya lebih sehat.

Ahli diet juga dapat merumuskan rencana diet untuk makanan yang disajikan di rumah sakit dan sekolah. Jika kamu akhirnya menggunakan gelar kamu dalam jenis karir ini, maka kamu bisa membuat menu lengkap yang menampilkan semua kelompok makanan. Pertimbangkan memasuki bidang ini jika kamu memiliki sifat teratur dan kreatif.

Sebagai informasi, ahli diet adalah bagian penting dari tim layanan kesehatan dan merupakan satu-satunya profesional gizi yang diatur secara undang-undang.

3. Ahli Gizi Olahraga

Ahli Gizi Olahraga

* sumber: asuonline.asu.edu

Ahli gizi olahraga memiliki banyak tugas yang sama dengan ahli gizi, tetapi kamu akan bekerja di bidang olahraga. Kamu akan menggunakan keterampilan untuk meningkatkan tingkat daya tahan atlet. Kamu juga akan membimbing mereka menuju diet sehat yang mencakup keseimbangan nutrisi yang tepat.

Bidang karir ini kemungkinan akan mengharuskanmu bepergian dengan tim. Selain itu, majikan kamu dapat mengarahkanmu untuk menggunakan bukti ilmiah terbaru untuk meningkatkan program pelatihan atlet yang kamu urus. Bersiaplah untuk melacak dan mendokumentasikan efektivitas kombinasi makanan tertentu.

4. Jurnalis Ilmu Gizi

Jurnalis Ilmu Gizi

* sumber: www.thoughtco.com

Jurnalis gizi bertugas menulis kolom surat kabar atau majalah tentang tren kesehatan, penelitian diet terbaru, dan nutrisi. Mereka juga dapat menulis tentang manajemen stres, penurunan berat badan dan resep. Jika hidup sehat dan menulis menarik minat kamu, maka pertimbangkan untuk mengambil gelar ilmu gizi kamu di bidang jurnalisme.

Latar belakang pendidikan ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan keterampilan komunikasi tertulis yang kuat sambil mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang makanan dan bagaimana hal itu berdampak pada tubuh seseorang.

Dengan mengasah keterampilan menulis kamu di sekolah, kamu juga akan menyempurnakan kemampuan untuk berkomunikasi dalam berbagai gaya penulisan. Penghasilan sebagai jurnalis gizi tergantung pada apakah kamu memutuskan untuk bekerja freelance atau mencari pekerjaan di media publikasi.

5. Terapis Gizi

Terapis Gizi

* sumber: instituteofhealthsciences.com

Terapis gizi bekerja dengan individu untuk meringankan dan mencegah penyakit serta untuk mempromosikan kesehatan yang baik, dengan membuat rekomendasi diet. Sebagai ahli terapi gizi, fokus kamu adalah pada keyakinan bahwa ada ketidakseimbangan nutrisi dan biokimiawi dalam tubuh yang menyebabkan kesehatan yang buruk.

Karena itu kamu akan mengambil pendekatan holistik untuk klien kamu, membuatkan mereka rencana nutrisi dan gaya hidup yang dipersonalisasi untuk membantu menjaga kesejahteraan mereka.

Ini termasuk rekomendasi untuk mengembalikan keseimbangan gizi, yang mungkin termasuk panduan untuk menghindari racun dan alergen tertentu, detoksifikasi dan penggunaan nutrisi tambahan seperti vitamin dosis tinggi.

Terapis gizi digolongkan sebagai obat komplementer dan ditujukan untuk orang dengan kondisi kesehatan kronis atau mereka yang ingin meningkatkan kesehatan dan gaya hidup mereka secara umum.

6. Herbalis

Herbalis

* sumber: theherbalacademy.com

Untuk berkarir sebagai herbalis, kamu perlu minat dalam membantu orang, keterampilan praktis yang tepat, dan kepala yang baik untuk bisnis sebagai seorang herbalis. Kamu akan menggunakan pengetahuanmu tentang obat-obatan tumbuhan dan aplikasi terapeutiknya untuk meningkatkan kesehatan dan meringankan penyakit.

Kamu akan mengambil pendekatan holistik untuk merawat pasien, melihat penyebab penyakit yang mendasari dan bukan hanya gejalanya, dan akan meresepkan obat herbal untuk digunakan bersama perawatan dan obat-obatan lainnya.

7. Chef

Chef

* sumber: www.stoodnt.com

Bagi kamu yang senang memasak, kamu juga bisa menjadi chef dengan gelar ilmu gizi. Chef bekerja di berbagai tempat untuk menyiapkan, memasak, dan menyiapkan makanan. Kamu dapat bekerja di restoran, pub, restoran hotel, kapal pesiar, angkatan bersenjata dan dalam katering kontrak.

Tanggung jawab dan jabatan dapat bervariasi tergantung pada peran spesifik kamu, jenis masakan yang kamu hasilkan, dan sifat tempat kamu bekerja. Karena tuntutan waktu dan tekanan pekerjaan, tingkat komitmen pribadi dan profesional akan diperlukan agar kamu dapat belajar, mengembangkan, dan berhasil dalam karir ini.

8. Spesialis Mempromosikan Kesehatan

Spesialis Mempromosikan Kesehatan

* sumber: www.usnews.com

Dibutuhkan komunikasi yang percaya diri, hasrat untuk mempromosikan pilihan gaya hidup sehat dan kemampuan untuk memotivasi orang lain untuk berhasil sebagai spesialis promosi kesehatan. Peran kamu di bidang ini adalah membantu orang untuk meningkatkan kesehatan mereka dan meningkatkan kendali mereka terhadapnya.

Kamu juga bisa dikenal sebagai spesialis pendidikan kesehatan atau praktisi peningkatan kesehatan. Bekerja dalam berbagai tempat, kamu akan memberikan saran tatap muka kepada individu, membuat skema mempromosikan gaya hidup sehat, menjalankan kampanye dan mengimplementasikan inisiatif pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

9. Manager Layanan Makanan

Manager Layanan Makanan

* sumber: career.iresearchnet.com

Perusahaan makanan biasanya mempekerjakan manager layanan makanan untuk mengawasi operasi harian dan jangka panjang mereka. Sebagai manager layanan makanan, kamu mungkin perlu memastikan persiapan makanan dan keamanan memasak. Profesi ini juga sering menangani tugas sumber daya manusia dan tugas administrasi perusahaan.

Ini berarti kamu akan merekrut, melatih, dan mengawasi karyawan. Dalam pekerjaan ini, kemungkinan akan bergantung pada kamu untuk memesan dan menyimpan persediaan. Pertimbangkan mencari pekerjaan sebagai manager layanan makanan jika kamu berorientasi pada detail dan senang bekerja di lingkungan yang serba cepat.

10. Ahli Gizi Hewan

Ahli Gizi Hewan

* sumber: www.pinterest.co.uk

Lulusan ilmu gizi tidak hanya mengurus gizi manusia saja, tetapi juga bisa mengurus gizi hewan. Untuk berkarir sebagai ahli gizi hewan, kamu akan membutuhkan minat dalam sains dan kesejahteraan hewan, keterampilan komunikasi yang baik, dan bakat dalam manajemen bisnis

Peran kamu sebagai ahli gizi hewan adalah untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang efek diet pada kesehatan, kesejahteraan dan produktivitas hewan. Kamu akan menjadi paling aktif di bidang pertanian, di mana kamu akan memberikan saran dan informasi tentang nutrisi hewan dan merancang dan mengevaluasi diet hewan yang bersangkutan.

Kamu juga mungkin juga terlibat dalam produksi makanan untuk kebun binatang dan hewan peliharaan serta dapat memberikan saran tentang masalah yang berkaitan dengan memberi makan mereka. Beberapa ahli gizi hewan memilih untuk berspesialisasi dalam satu jenis hewan.

Itulah beberapa prospek kerja untuk kamu lulusan ilmu gizi. Jika ada saudara atau temanmu yang kuliah jurusan teknologi pangan, kamu bisa merekomendasikan artikel Bacaterus mengenai prospek kerja teknologi pangan sebagai bahan referensi mereka dalam mencari pekerjaan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *