Bacaterus / Prospek Kerja / Ini Nih 10 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Yang Hype Banget

Ini Nih 10 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Yang Hype Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Januari 2020

Program Studi Ekonomi merupakan salah satu Jurusan yang tak pernah sepi peminat. Bahkan di berbagai Universitas Swasta maupun Negeri, Jurusan ini masih dikategorikan sebagai Jurusan unggulan. Banyak kaum awam yang berpendapat bahwa Jurusan ini dapat dengan mudah diambil oleh semua kalangan dan tentunya lulus dengan mudah.

Perspektif tersebut memang bukan sesuatu yang salah. Namun banyak juga Sarjana Ekonomi yang memiliki pekerja layak dengan gaji fantastis, yang sesuai dengan ilmu yang susah payah ia pelajari di bangku kuliah. Apalagi aspek ilmu ekonomi cukup luas dan tentunya banyak dibutuhkan di masyarakat.

Tetapi kali ini Bacaterus akan menyajikan 10 prospek kerja Sarjana Ekonomi yang memang banyak belum diketahui publik tetapi hype di Perusahaan besar. Bahkan pekerjaan ini menawarkan gaji yang besar. Tentunya layak Anda coba untuk bergabung dalam beberapa pekerjaan khusus bagi Sarjana Ekonomi.

1. Akuntan Profesional

Menjadi Akuntan Profesional

Menjadi Akuntan merupakan salah satu pilihan pertama Sarjana Ekonomi yang banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Akuntansi merupakan salah satu mata ajar yang masuk ke dalam Jurusan ekonomi.

Bagi Mahasiswa Prodi Ekonomi atau Sarjana Ekonomi tentunya mata kuliah ini sudah umum mereka pelajari. Banyak yang menyebutnya sebagai dasar ilmu ekonomi. Akuntan bertugas untuk menyusun laporan dan data keuangan sebuah perusahaan.

Mereka juga bertugas untuk mengumpulkan berbagai jenis laporan keuangan, mengecek pemasukan dan pengeluaran serta mengolah data-data keuangan perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki Akuntan untuk menyusun laporan keuangan.

Akuntan juga masuk ke dalam divisi keuangan atau administrasi di dalam perusahaan, bahkan ada juga yang memiliki divisi akuntan sendiri apabila perusahaan begitu besar.

2. Financial Advisor

Financial Advisor

* sumber: www.daveramsey.com

Penasihat keuangan atau Financial Advisor merupakan salah satu pekerjaan yang juga dibuka lebar bagi lulusan Ekonomi. Sesuai dengan nama profesinya, penasihat keuangan bertugas sebagai pemberi masukan di jasa keuangan, memberikan analisa data keuangan untuk menentukan masalah keuangan baik jangka panjang maupun pendek.

Banyak perusahaan khususnya perusahaan jasa Asuransi yang membutuhkan Financial Advisor. Ada pula perseorangan yang memiliki harta berlimpah dan membutuhkan jasa ini. Selain harus memiliki ketelitian yang tinggi dan prediksi yang bagus, penasihat keuangan juga memiliki gaji yang lumayan fantastis, sesuai dengan instansi masing-masing.

3. Reporter Bisnis

Reporter Bisnis

* sumber: itl-group.com

Tentu menjadi Jurnalis atau Reporter membutuhkan kemampuan yang lebih di luar dari ilmu ekonomi. Hal ini karena seorang  Jurnalis dituntut untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa percaya diri.

Apabila ingin menjadi Reporter atau Jurnalis tentunya dituntut untuk mengikuti berbagai pelatihan jurnalistik sebelum benar-benar terjun langsung ke dunia jurnalistik. Mengetahui kode etik, cara menulis dan menyampaikan berita yang benar serta berbagai hal lainnya.

Pekerjaan ini juga memberikan gaji yang cukup besar,  khususnya bagi Anda yang dapat bekerja menjadi Reporter bisnis di televisi.

4. Analis Kredit

Analis Kredit

* sumber: www.finance-monthly.com

Analis kredit adalah salah satu profesi di bidang ekonomi yang dibutuhkan oleh beberapa instansi keuangan, khususnya perbankan dalam memberikan analis kredit kepada nasabah. Posisi ini memiliki job desk cukup luas di bidang kreditur.

Mereka juga merancang, memberikan dan menganalisa apakah seorang calon nasabah layak mendapatkan kredit,  dengan limit berapa dan tentunya juga mempertimbangkan aspek lainnya.

Analis kredit juga membutuhkan fokus yang tinggi, cara berhitung dan membuat perencanaan bagi kreditur agar dapat memberikan limit dan modal bagi para nasabah.

5. Analis Kebijakan Ekonomi

Analis Kebijakan Ekonomi

* sumber: www.wisegeek.com

Analis kebijakan ekonomi merupakan salah satu profesi yang minim diminati oleh Sarjana Ekonomi. Selain sedikit peminat ternyata profesi ini juga dibutuhkan hanya di beberapa instansi pemerintahan maupun swasta.

Analis kebijakan sendiri memiliki tugas memberikan masukan, kritikan dan berbagai analisa ekonomi terhadap pemerintahan. Baik pemerintah Daerah maupun Pusat membutuhkan analis kebijakan agar dapat menentukan arah ekonomi pemerintah yang bagus dan teratur sesuai dengan anggaran yang tercipta.

Analis kebijakan banyak juga dipekerjakan oleh beberapa lembaga riset dan lembaga keuangan swasta yang ikut mengawasi ekonomi pemerintahan. Untuk gaji sendiri akan diberikan sesuai dengan instansi masing-masing.

6. Investor Relation Associate

Investor Relation Associate

* sumber: www.hrinasia.com

Siapa yang baru mendengar profesi yang satu ini ? Bahkan bagi Anda seorang Sarjana Ekonomi, profesi  Investor Relation Associate yang satu ini masih terlihat asing. Namun profesi ini ada dan banyak dibutuhkan perusahaan besar dan berskala internasional.

Profesi ini membutuhkan analisa, komunikasi, menulis data dan prediksi serta cara meyakinkan yang mumpuni untuk berinteraksi dengan klien perusahaan. Tugasnya yaitu memberikan informasi mengenai investasi dan penanaman modal di perusahaan Anda kepada calon investor dan investor terkait.

Anda juga akan lebih banyak berjumpa dengan berbagai klien yang berbeda sifat. Tentunya tidak hanya berkutat pada data dan dokumen saja. Gajinya menjanjikan sesuai dengan pekerjaannya,  selain itu juga Anda bisa 7.mendapatkan bonus dari berbagai target yang terkait.

7. Guru atau Dosen Ekonomi

Guru atau Dosen Ekonomi

* sumber: www.owlguru.com

Tidak hanya di perusahaan besar melainkan di sektor pendidikan, ilmu ekonomi juga merupakan salah satu ilmu yang sudah masuk ke mata pelajaran sejak di bangku SMP. Bagi Sarjana Ekonomi khususnya Pendidikan Ekonomi mengambil peran serta menjadi Guru adalah sesuatu yang menyenangkan.

Selain dapat memberikan ilmu dan tentunya selalu upgrade ilmu baru, menjadi guru juga berpeluang besar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dengan  Anda menjadi Guru atau Dosen artinya Anda berkontribusi untuk turut mencerdaskan anak Bangsa.

8. Compensastion And Benefit Manager

Compensastion And Benefit Manager

* sumber: www.simplilearn.com

Posisi ini merupakan salah satu posisi yang masuk ke dalam divisi HRD. Compensastion And Benefit Manager memiliki tugas yang sangat penting. Mengelola data dan program yang dapat mempermudah perusahaan untuk melihat pekerja yang patut diapresiasi.

Selain itu pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu Sarjana Ekonomi yang punya jiwa sosial, kolaborasi dan komunikasi yang bagus. Untuk keuntungan dan gajinya sendiri juga sangat besar dan biasanya hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama.

9. Pengusaha

Pengusaha

Ternyata bukan hanya lulusan bisnis manajemen yang dapat menjadi pengusaha. Bagi Anda Sarjana Ekonomi  menjadi pengusaha adalah hal yang menyenangkan dan sudah banyak dibuktikan bahwa lulusan dari Fakultas Ekonomi yang sukses menjadi pengusaha.

Bukan hanya cocok, karena di dalam ilmu ekonomi juga diajarkan sistem perencanaan, perhitungan pengeluaran dan pemasukan yang baik dan hal tersebut dapat dipraktekkan dalam usaha sendiri.

Menjadi pengusaha juga harus bersifat ulet, tidak mudah menyerah dan tentunya mempunyai strategi.

10. Analisis Riset Operasional

Analisis Riset Operasional

* sumber: www.techrepublic.com

Profesi ini merupakan profesi yang juga dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengolah data dan riset perusahaan. Bagian ini tidak dapat dikerjakan oleh semua jurusan, melainkan salah satu jurusan yang cocok untuk berada di posisi ini adalah Ekonomi.

Mereka dapat menganalisa, melakukan riset di perusahaan dan mengumpulkan berbagai data yang dapat menunjang operasional perusahaan. Pekerjaan ini hanya dimasuki oleh beberapa orang saja dalam setiap timnya. Mereka juga harus pintar dalam sistem operasional komputer dan menjadi keunggulan apabila dapat mengoperasikan kode-kode IT.

Bagi perusahaan skala kecil analis riset operasional biasanya juga dibebankan pada bahan dan pengadaan barang  suatu perusahaan. Memperhitungkan kebutuhan perusahaan dan tentunya dapat membagi sistem keuangan dengan baik dalam setiap alokasi yang diajukan oleh divisi lain.

Itulah 10 prospek kerja yang sedang hype di perusahaan-perusahaan besar khusus bagi Anda Sarjana Ekonomi. Apabila ada pekerja lain yang juga menjanjikan bagi Sarjana Ekonomi, Anda dapat memberikan komentar di kolom komentar artikel ini. Intip juga artikel prospek kerja lulusan ekonomi syariah, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *