Bacaterus / Jurusan Sosial / 10 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara yang Menggiurkan

10 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara yang Menggiurkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ilmu administrasi negara merupakan salah satu program studi yang banyak ditawarkan perguruan tinggi. Meski tak semua perguruan tinggi memiliki program studi ilmu administrasi negara, akan tetapi jurusan ini cukup populer dan banyak diminati, lho! Studinya berfokus pada tiga elemen yang tak bisa lepas dari kehidupan bernegara yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Pada program studi ini para mahasiswa akan diajak terjun langsung menghadapi berbagai macam persoalan organisasi ataupun personal dalam lingkup pemerintahan ataupun swasta. Kamu juga akan meneliti lebih dalam berbagai kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Bagi kamu yang gemar dan memiliki minat tinggi terhadap dunia hukum dan pemerintahan, ilmu administrasi negara ini sangat cocok kamu pilih. Prospek kerjanya pun cukup banyak dan menggiurkan, lho! Mau tahu apa saja prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan ilmu administrasi negara? Yuk simak artikelnya di bawah ini!

1. Aparat Pemerintah

* sumber: m.mediaindonesia.com

Sesuai dengan apa yang dipelajari dalam program studi ilmu administrasi negara, maka aparat pemerintah menjadi salah satu prospek kerja yang cukup menjanjikan. Dalam profesi ini kamu akan bergelut dengan berbagai macam kebijakan pemerintah seperti mengatur dan memberi solusi atas masalah-masalah yang timbul.

Baik dalam ranah pusat maupun daerah, aparat pemerintah ini sangat penting dan paling dicari sehingga kesempatannya cukup besar. Kamu bisa menjadi aparat pemerintah baik di instansi kelurahan, kecamatan, kabupaten, hingga kementerian. Sungguh profesi yang menggiurkan, bukan?

2. Staf atau Anggota Legislatif

* sumber: www.elshinta.com

Pada program studi ilmu administrasi negara, para mahasiswa akan banyak mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan. Ilmu-ilmu tersebut diantaranya seperti membuat dan menentukan kebijakan yang baik dan efektif serta penyelesaian persoalan-persoalan pemerintahan.

Membuat dan merumuskan kebijakan ini tak bisa lepas dari para pelaku inti yaitu para anggota legislatif bersama jajaran staf khususnya. Maka dari itu, tak heran para lulusan administrasi negara berkecimpung dalam dunia legislatif baik menjadi anggota maupun stafnya.

3. Asisten Peneliti

* sumber: penerbitbukudeepublish.com

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tak melulu berjalan dengan mulus sesuai ekspektasi. Pada realitanya, tak sedikit kebijakan yang dikeluarkan pemerintah mendapat tentangan dari masyarakat. Tantangan tersebut tentu akan membuat negara menjadi kacau jika tak segera ditangani.

Maka dari itu, ketika suatu tantangan terhadap sebuah kebijakan terjadi, maka pemerintah perlu mengkaji kembali kebijakan tersebut serta melakukan riset. Tentunya riset ini dilakukan agar ditemukannya solusi sebagai titik terang dari permasalahan yang ada.

Penelitian atau riset yang dilakukan pemerintah perlu dilakukan secara serius sehingga perlu melibatkan banyak orang termasuk asisten peneliti yang profesional. Penelitian dalam ranah ini sangat cocok bagi para lulusan ilmu administrasi negara karena sesuai dengan passion mereka.

4. Konsultan Pemerintah

* sumber: www.mandreel.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jalannya roda pemerintahan acap kali mengundang pro dan kontra sehingga sering kali terjadi kekisruhan. Polemik ini tentunya perlu diselesaikan agar roda pemerintahan dapat berjalan normal kembali bersama rakyat yang sejahtera.

Tentu penyelesaian masalah pemerintahan ini memerlukan strategi yang tepat sehingga dibutuhkanlah konsultan pemerintah. Konsultan pemerintah bertugas memberi saran dan masukan serta menciptakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Biasanya para konsultan pemerintah merupakan para lulusan ilmu administrasi negara. Hal itu karena ilmu pemerintahan yang mumpuni telah ditanamkan pada para mahasiswa ilmu administrasi negara.

5. Dosen atau Pendidik

* sumber: echo360.com

Bukan hanya bekerja dalam lingkup pemerintahan, lulusan ilmu administrasi negara juga bisa bekerja sebagai dosen atau tenaga pendidik. Berbekal ilmu pemerintahan yang detail dan mendalam, kamu bisa melakukan transfer ilmu pada orang lain dengan menjadi tenaga pendidik.

Selain menjadi profesi yang sangat mulia, menjadi tenaga pengajar juga menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Hal tersebut karena setiap tahunnya tenaga pendidik selalu dibutuhkan sebab sarana pendidikan selalu bertambah seiring berjalannya waktu.

6. Jurnalis

* sumber: www.searchenginejournal.com

Menjadi jurnalis pemerintahan atau jurnalis politik juga bisa dilakukan oleh lulusan ilmu administrasi negara. Bagaimana tidak? Para lulusan ilmu administrasi negara tentu telah banyak dibekali ilmu untuk menganalisis suatu fenomena yang terjadi. Skill analisis terhadap suatu kasus ini sangat cocok bagi seorang jurnalis.

Mahasiswa ilmu administrasi negara dituntut untuk lebih peka terhadap isu-isu politik yang ada. Apalagi ditambah dengan ilmu dasar tentang perpolitikan yang telah dikuasai, membuat para lulusan ilmu administrasi negara amat cocok menjadi seorang jurnalis politik.

7. Aktivis LSM

* sumber: bukuprogresif.com

LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan suatu organisasi yang bergerak secara sukarela untuk masyarakat. LSM ini biasanya dibuat untuk mengayomi masyarakat di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan sosial. Hal tersebut dilakukan tak lain agar masyarakat dapat hidup sejahtera dan damai.

Lembaga ini tentunya memerlukan struktur kepengurusan yang tepat dan mumpuni di bidangnya. Karena dituntut untuk mengayomi masyarakat agar terciptanya keadilan dan kesejahteraan, maka lulusan ilmu administrasi negara dirasa cocok menjadi bagian dari LSM.

Berbekal ilmu perpolitikan seperti bagaimana menciptakan strategi yang efektif, para lulusan ilmu administrasi negara juga dapat menjadi seorang aktivis, lho!

8. Anggota Partai Politik

* sumber: www.gurugeografi.id

Partai politik merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam suatu negara. Hal tersebut karena salah satu faktor penggerak roda pemerintahan dalam negara adalah partai politik. Siapa pun bisa mencalonkan menjadi anggota partai politik asalkan memiliki tujuan yang sama dengan partai tersebut.

Dengan menjadi anggota partai politik, seseorang bisa menyalurkan aspirasinya untuk kepentingan bersama. Seseorang yang tergabung dalam partai politik tentu akan mengemban tugas perpolitikan dan menjalankan sistem pemerintahan suatu negara.

Hal ini tentunya cocok untuk kamu lulusan ilmu administrasi negara yang telah matang akan teori dan praktik tentang ilmu-ilmu politik. Selain menjanjikan, menjadi anggota partai politik juga merupakan pekerjaan yang mulia. Hal itu karena seorang wakil rakyat berperan menyampaikan aspirasi rakyat untuk kesejahteraan.

9. Manajer Layanan Administrasi

* sumber: www.harmony.co.id

Sebagaimana namanya yaitu ilmu administrasi negara, ilmu-ilmu administrasi juga ditekankan pada mahasiswa ilmu administrasi negara. Bagaimana tata kelola administrasi dan pengorganisasian yang ideal salah satunya. Maka dari itu, menjadi manajer layanan administrasi juga menjadi prospek kerja ilmu administrasi negara.

Tugas dari manajer layanan administrasi adalah melakukan perencanaan serta pengoordinasian terhadap sistem administrasi suatu perusahaan. Beberapa pekerjaan secara rincinya yaitu seperti mengelola arsip, mengelola fasilitas yang ada serta melakukan pemeliharaan terhadap layanan administrasi.

10. Konsultan Imigrasi

* sumber: bidikdata.com

Berbekal ilmu hukum dan pemerintahan yang mumpuni menjadikan lulusan ilmu administrasi negara cocok menempati posisi konsultan imigran. Konsultan imigran merupakan orang yang memberi nasihat dan mengarahkan orang-orang yang ingin berpindah dari satu negara ke negara lain.

Konsultan imigran juga menjadi pekerjaan yang menjanjikan dan selalu dibutuhkan. Hal itu karena setiap harinya tentu ada saja orang yang ingin bepergian ke luar negeri untuk berbagai urusan. Konsultan imigran bertugas mengurus berbagai masalah yang dihadapi imigran termasuk berbagai hukum mengenai imigrasi.

Itu dia sepuluh prospek kerja ilmu administrasi negara yang banyak diidam-idamkan! Bukan hanya dalam ruang lingkup pemerintahan, ternyata banyak juga, ya prospek kerja program studi yang satu ini! Jika kamu memiliki cita-cita menjadi salah satu profesi di atas, maka dari itu, yuk masuk ilmu administrasi negara!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *