Bacaterus / Prospek Kerja / Inilah 10 Prospek Kerja untuk Lulusan Hubungan Internasional

Inilah 10 Prospek Kerja untuk Lulusan Hubungan Internasional

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Memiliki gelar Hubungan Internasional adalah salah satu cara utama yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Karena kamu memiliki kesempatan untuk mempertahankan hubungan diplomatik positif antar negara, mencegah konflik internasional, dan memastikan semuanya berjalan lancar antara pemerintahan di dunia yang saling terhubung.

Biasanya Hubungan Internasional akan mempelajari mengenai sejarah, politik, ekonomi, bahasa dunia, dan geografi atau kombinasi dari disiplin ilmu tersebut. Jika kamu memilih jurusan Hubungan Internasional, kamu akan memiliki serangkaian pilihan karir yang luas di samping politik termasuk di bidang ekonomi, sistem sosial dan kehidupan budaya masyarakat.

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, lulusan Hubungan Internasional itu prospek kerjanya apa saja? Simak ulasan Bacaterus di bawah ini.

1. Diplomat

Diplomat

* sumber: www.hollywoodreporter.com

Sebagai seorang Diplomat, kamu akan mewakili dan melindungi kepentingan negara di luar negeri dalam hal politik, perdagangan, dan layanan konsuler. Kamu akan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun di negara asing. Bagi kamu yang menyukai tantangan dan hal baru, menjadi seorang diplomat sangat cocok untukmu.

Kamu akan bertanggung jawab mulai dari bertindak sebagai tautan antara negara yang kamu wakili dan negara tempat kamu ditempatkan, mengumpulkan dan melaporkan semua informasi yang akan mempengaruhi minat bangsa, berdiskusi dan bernegosiasi serta menengahi dengan isu-isu pemerintahan daerah tentang perdamaian, perang, perdagangan, ekonomi, dan aspek sosial budaya.

2. Spesialis Intelijen

Spesialis Intelijen

* sumber: www.ppatk.go.id

Peran kamu sebagai Spesialis Intelijen adalah untuk melindungi keamanan nasional dan kesejahteraan ekonomi serta mendeteksi dan mencegah kejahatan yang serius seperti serangan teroris, kejahatan dunia maya dan perdagangan narkoba.

Seorang Spesialis Intelijen dapat bekerja di militer, angkatan laut, departemen keamanan nasional atau hampir semua departemen negara bagian dari salah satu lembaga pemerintahan nasional. Kamu bertugas untuk mengumpulkan, melakukan laporan, menggunakan data, mengevaluasi hasil dan menyiapkan laporan statistik dan grafik. Selain itu juga menjaga database, perpustakaan, dan file intelijen.

3. Pelobi

Pelobi

* sumber: lobbyit.com

Tidak hanya orang marketing saja yang harus bisa melobi, lulusan Hubungan Internasional juga bisa menjadi pelobi. Tetapi ada perbedaannya? Pelobi atau Lobbyist ini biasanya disewa oleh asosiasi, korporasi, atau organisasi nirlaba untuk meyakinkan anggota pemerintahan untuk membuat keputusan yang akan menguntungkan organisasi atau perusahaan yang diwakili.

Pelobi bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas seperti memantau, meneliti, menganalisis undang-undang, menghadiri kongres, menggunakan alat komunikasi untuk mempromosikan ide kepada publik dan menjangkau pembuat kebijakan pemerintah.

4. Analis Politik

Analis Politik

* sumber: www.snhu.edu

Analis politik secara umum akan dipekerjakan oleh pemerintahan, tetapi kamu juga dapat menemukan peluang kerja dalam perusahaan media atau lembaga penelitian. Seorang analis politik akan bertugas untuk menginformasikan dan menafsirkan berbagai perkembangan politik, menganalisis hukum, kebijakan publik, dan keputusan pemerintah.

Selain itu, Analis Politik juga bertugas meramalkan tren politik dan hasil pemilu serta penasehat pejabat pemerintah, partai politik, atau media.

5. Petugas Layanan Asing

Petugas Layanan Asing

* sumber: www.mfa.gov.kz

Petugas layanan luar negeri bertugas melayani di negara-negara di seluruh dunia, melaksanakan kebijakan luar negeri dan membantu menjaga hubungan diplomatik.

Pekerjaan ini melibatkan manajemen administrasi, layanan konsuler, pelaporan analisis politik dan ekonomi, dan diplomasi publik. Selain bekerja di negaranya sendiri, pejabat dinas luar negeri juga tinggal dan bekerja di luar negeri.

6. Spesialis Bahasa

Spesialis Bahasa

* sumber: www.whitehorsestar.com

Tidak hanya lulusan bahasa saja yang bisa menjadi spesialis bahasa, lulusan Hubungan Internasional juga bisa, lho! Lebih tepatnya kamu bisa menjadi Translator atau Interpreter dalam suatu rapat atau pertemuan antar negara.

Interpreter akan bekerja dengan menerjemahkan bahasa lisan atau bahasa isyarat. Sementara Translator adalah penerjemah kalimat tertulis. Untuk mengonversi informasi dari satu bahasa ke bahasa yang lain, para profesional ini harus menggunakan pengetahuan mereka tentang bahasa, budaya, dan materi.

7. Policy Officer

Policy Officer

* sumber: www.protectionapproaches.org

Sebagai Policy Officer atau Petugas Kebijakan, kamu akan bertanggung jawab untuk meneliti dan memberi nasihat tentang berbagai masalah, melakukan pekerjaan pengembangan dan berhubungan dengan internal dan eksternal. Bergantung pada peran kamu, mungkin juga dapat terlibat dalam kampanye untuk perubahan.

Jenis pekerjaan ini biasanya ditempatkan di sektor publik, swasta atau amal seperti pemerintahan daerah dan pusat untuk meneliti, mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan publik yang memengaruhi semua orang. Atau di sektor publik dan swasta yang akan mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang dibutuhkan organisasi supaya dapat berjalan efektif.

Jika ditempatkan di lembaga amal, kamu akan bertugas untuk meneliti serta memantau yang bertujuan untuk memengaruhi kebijakan yang mendukung tujuan.

8. Pejabat Riset Sosial Pemerintah

Pejabat Riset Sosial Pemerintah

* sumber: walesdtp.ac.uk

Dalam pekerjaan ini kamu dapat memengaruhi kebijakan yang memengaruhi warga negara menggunakan teknik yang diperoleh melalui gelar kamu. Sebagai Pejabat Riset Sosial Pemerintah, kamu akan menyediakan riset untuk membantu analisis dan pengambilan keputusan para menteri yang berkaitan dengan pengembangan, penerapan, dan evaluasi kebijakan pemerintah yang baru dan yang sudah ada.

Peran tersebut melibatkan tanggung jawab untuk penelitian dan analisis kebijakan, serta mengelola penelitian. Kamu akan berhubungan erat dengan pegawai negeri dan analis pemerintah lainnya seperti peneliti, operasional, ekonom, dan ahli statistik.

Kamu akan bekerja pada berbagai proyek penelitian dan menggunakan berbagai metodologi penelitian yang berbeda, mendiskusikan dan menyetujui persyaratan proyek dengan klien serta mengelola proyek penelitian.

9. Konsultan Publik

Konsultan Publik

* sumber: stvincentshpsc.com

Sebagai Konsultan Publik, kamu memiliki peran untuk menggunakan pemahamanmu tentang politik dan komunikasi untuk menawarkan saran kebijakan kepada klien. Selain itu kamu akan memanfaatkan pemahaman tentang sistem politik untuk menawarkan saran kebijakan politik dan publik kepada klien kamu.

Klien dapat mencakup perusahaan swasta, asosiasi perdagangan, badan amal, organisasi nirlaba dan pemerintahan luar negeri. Aspek-aspek utama dari pekerjaan ini adalah mengikuti perkembangan politik dan mencari informasi penting dari kontak pribadi, sejumlah sumber media dan intelijen politik.

Kamu juga akan mengidentifikasi pemangku kepentingan utama alam proses pengambilan keputusan di tingkat pemerintah nasional dan regional. Kamu akan bekerja untuk menjaga hubungan dengan orang-orang tersebut dan membantu klien mempromosikan dan melindungi kepentingan mereka secara efektif.

10. Spesialis Komunikasi

Spesialis Komunikasi

* sumber: careers.yardiromania.ro

Biasanya seorang Spesialis Komunikasi bekerja dalam organisasi nirlaba yang beroperasi di tingkat internasional. Pekerjaan ini akan membuat kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir di kantor lokal yang memiliki jangkauan global. Tugas utama kamu adalah menciptakan strategi komunikasi yang efektif, menangani komunikasi internal, dan menulis konten untuk media dan jejaring sosial.

Memiliki gelar Hubungan Internasional dapat membuat kamu mengejar karir lebih banyak lagi. Selain itu pekerjaan di bidang ini juga umumnya memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu tertarik untuk mempelajari tentang Hubungan Internasional?

Bagi kamu yang punya info lainnya tentang prospek kerja Hubungan Internasional, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kalau kamu mengambil studi di jurusan psikologi, simak artikel prospek kerja di bidang psikologi ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *