bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / 10 Prospek Kerja Geofisika yang Tidak Banyak Orang Tahu

10 Prospek Kerja Geofisika yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 18 Februari 2021

Geofisika adalah salah satu jurusan yang mungkin kurang begitu populer dibanding dengan jurusan lain seperti bisnis dan ekonomi. Kurangnya informasi mengenai jurusan yang satu ini bisa jadi alasan hal tersebut bisa terjadi. Padahal prospek kerja untuk lulusan Geofisika bisa dibilang cukup menjanjikan di masa depan.

Selain minim persaingan, penghasilan yang berhubungan dengan jurusan ini pun bisa dibilang cukup tinggi.  Nah, jika kamu masih meragukan hal tersebut, maka ulasan yang akan Bacaterus bahas kali ini bisa membuka pandangan kamu terhadap jurusan ini. Seperti apa prospek kerja untuk jurusan Geofisika? Yuk, temukan jawabannya di sini!

1. PNS

PNS

* sumber: lifepal.co.id

Di antara banyak profesi, PNS adalah salah satu yang paling diincar di tanah air. Lulusan Geofisika pun memiliki peluang yang sama untuk bisa bekerja di sebagai Pegawai Negeri Sipil atau sering disingkat dengan PNS.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat banyak departemen pemerintahan yang membutuhkan lulusan Geofisika untuk menjadi bagian dari stafnya. Beberapa departemen yang biasanya merekrut lulusan Geofisika antara lain Lemigas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM), Dinas Pertambangan (PEMDA), dan masih banyak lagi.

2. Staf BMKG

Staf BMKG

* sumber: www.bmkg.go.id

Nah, profesi lain yang bisa diraih oleh lulusan Geofisika adalah menjadi staf BMKG. BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah lembaga non departemen pemerintahan yang memiliki tugas pokok, yaitu melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika.

Peluang untuk bekerja sebagai staf di BMKG memang cukup besar bagi lulusan ini. Mengingat disiplin ilmu yang dipelajari semasa kuliah memang berkaitan erat dengan kondisi alam. Selain menawarkan penghasilan yang lumayan tinggi, jenjang karir yang ditawarkan pun sangat menjanjikan untuk masa depan.

3. Teknisi Tambang Minyak dan Mineral

Teknisi Tambang Minyak dan Mineral

* sumber: www.theguardian.com

Salah satu profesi lain yang juga bisa didapatkan oleh seorang teknik Geofisika adalah menjadi teknisi tambang minyak dan mineral. Seseorang yang bekerja di perusahaan tambang dituntut memiliki kejelian dan keahlian yang baik dalam mitigasi bencana.

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan cincin api yang dikenal rawan akan bencana alam seperti Likuifaksi, banjir, gempa bumi, tsunami dan longsor dan lain-lain.

Nah, dalam hal ini kamu bisa mulai membidik beberapa perusahaan swasta atau institusi pemerintah mulai dari Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral dan Pusat Penelitian Pengembangan Geologi atau di Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

4. Dosen

Dosen

* sumber: ppmschool.ac.id

Pekerjaan yang juga bisa kamu dapatkan ketika lulus dari jurusan ini adalah menjadi dosen pengajar. Selain memiliki peluang karier yang menjanjikan, penghasilan yang didapat oleh seorang dosen pun tidak main-main. Nah, ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang dosen pengajar, maka hal utama yang harus kamu raih adalah mengejar gelar S2.

Untuk menjadi seorang tenaga pengajar memang buka hal yang mudah. Selain dituntut untuk menguasai bidang ilmu, kamu juga harus menguasai teknik komunikasi yang baik. Nah, untuk mendapatkan itu semua, kamu pun harus mulai meningkatkan kualitas belajar.

5. Teknisi Konservasi Lingkungan

Teknisi Konservasi Lingkungan

* sumber: blogmhariyanto.blogspot.com

Isu lingkungan adalah salah satu isu yang sensitif dan sering terjadi di masyarakat. Hal itu pula yang membuat teknisi konservasi lingkungan kerap dibutuhkan baik oleh departemen swasta atau pun pemerintah.

Seorang teknisi konservasi lingkungan memiliki tanggung jawab untuk memantau lingkungan, menyajikan informasi lengkap serta memberikan solusi terhadap isu-isu lingkungan yang terjadi di masyarakat. Nah, profesi teknisi konservasi lingkungan pun sangat cocok bagi para lulusan Geofisika karena memiliki disiplin ilmu yang berkaitan dengan hal tersebut.

Baca juga: 10 Prospek Kerja yang Terbuka untuk Lulusan Teknik Geologi

6. Sistem Analisis

Sistem Analisis

* sumber: www.nesabamedia.com

Selain itu kamu juga bisa mulai mengincar posisi sebagai sistem analisis di perusahaan yang memiliki kaitan dengan jurusan yang kamu ambil. Sebuah perusahaan juga banyak memerlukan sistem analis untuk merancang sebuah sistem dalam membangun sebuah proyek atau mungkin menyempurnakan sistem yang sudah ada.

Nah, seorang sistem analisis cukup penting untuk mendukung jalannya proyek serta memudahkan dalam hal eksekusi. Karena pekerjaan sebagai seorang sistem analisis terbilang penting, maka upah yang didapatkan pun juga memiliki nominal yang besar.

7. Bekerja di Perusahaan Geothermal

Bekerja di Perusahaan Geothermal

* sumber: www.thinkgeoenergy.com

Nah, kamu juga bisa mencoba melamar di perusahaan Geothermal terkemuka yang ada di tanah air. Seperti kita ketahui bahwa Geothermal adalah salah satu sumber energi yang kerap dimanfaatkan untuk dijadikan energi alternatif. Di Indonesia sendiri perusahaan Geothermal menjadi incaran bagi para lulusan Geofisika.

Nah, beberapa perusahaan yang mungkin merekrut kamu untuk menjadi karyawan diantaranya adalah Pertamina Geothermal Energy, Geo Dipa Energy, atau Star Energy Geothermal Drajat.

8. Peneliti

Peneliti

* sumber: m.mediaindonesia.com

Kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai tim peneliti di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan seperti minyak, mineral bumi atau pun Geothermal. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya membutuhkan para ahli yang memang kompeten dalam hal penelitian. Hal itu tentu menjadi kesempatan yang bagus bagi lulusan Geofisika.

Nah, selain di sebuah perusahaan swasta, kamu juga bisa bekerja di lembaga penelitian milik pemerintah. Penghasilan yang didapatkan dari profesi ini pun tidak kalah menggiurkan dengan profesi yang telah disebutkan di atas.

9. Konsultan Ahli

Konsultan Ahli

* sumber: flazztax.com

Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan ahli. Perusahaan besar biasanya akan menggunakan jasa konsultan ahli ketika sedang mengerjakan sebuah proyek besar. Dalam hal ini kamu bertanggung jawab membantu perusahaan untuk mengeksekusi proyek yang sedang dikerjakan.

Nah, karena pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar, maka bayaran untuk setiap proyek pun bisa dibilang sangat tinggi. Namun, biasanya untuk menjadi seorang konsultan ahli, kamu memerlukan banyak pengalaman serta menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan proyek yang akan dikerjakan.

10. Pengusaha

Pengusaha

* sumber: www.youworkforthem.com

Nah, kamu juga bisa membentuk tim untuk membangun usaha kamu sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam bernegosisasi serta memiliki relasi yang cukup baik di perusahaan, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuat perusahaan kamu sendiri dalam bidang eksplorasi, pemrosesan data, atau mungkin jasa konsultasi.

Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka usaha sendiri adalah tidak terbatas. Hanya saja untuk mencapai kesuksesan, kamu perlu bekerja lebih keras, belajar lebih banyak dan memiliki cukup relasi untuk mengembangkan perusahaan yang kamu miliki.

Nah, itulah 10 Prospek kerja Geofisika yang tidak banyak orang tahu. Setiap pekerjaan memang menawarkan tantangan tersendiri. Hal itu tergantung dari sikap kamu dalam menyikapinya. So, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini? Jika iya, maka kamu bisa menuliskan alasannya di kolom komentar yang telah tim Bacaterus sediakan di bawah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram