bacaterus web banner retina

10 Prospek Kerja yang Terbuka untuk Lulusan Ekonomi Syariah

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 29 Mei 2020

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Maka dari itu tidak heran jika di Indonesia berkembang prinsip-prinsip Islam atau yang biasa kita sebut “syariah”. Prinsip ini tidak hanya diaplikasikan dalam satu aspek saja, melainkan di banyak aspek termasuk perekonomian.

Prinsip syariah pada sejumlah lembaga semakin hari semakin berkembang pesat, sehingga kebutuhan tenaga kerjanya pun semakin meningkat. Tentu saja tenaga kerja yang dibutuhkan harus mengerti konsep syariah.

Nah, jika kamu seorang lulusan ekonomi syariah, kamu memiliki prospek kerja yang cukup terbuka. Kamu bisa bekerja di banyak lembaga di tanah air, mulai dari pendidikan hingga keuangan. Berikut adalah prospek kerja ekonomi syariah yang perlu diketahui.

1. Tenaga Pengajar

Guru Bahasa Asing

* sumber: dfat.gov.au

Ekonomi syariah menjadi salah satu cabang ilmu yang banyak dibutuhkan saat ini. Karenanya jurusan ilmu ekonomi syariah cukup banyak diminati oleh para generasi milenial. Jika kamu salah satu lulusannya namun enggan bekerja pada sebuah perusahaan, menjadi tenaga pengajar bisa menjadi pilihan yang bagus bagi kamu.

Ya, kamu bisa menggeluti pekerjaan di bidang pendidikan sebagai guru sekolah maupun dosen perguruan tinggi. Kamu bisa mengajar beberapa bidang studi, seperti sistem ekonomi Islam, manajemen operasional bank syariah, keuangan dan perbankan syariah, dan masih banyak lagi.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS

* sumber: indonesia.go.id

PNS merupakan salah satu bidang pekerjaan yang menjadi dambaan banyak orang. Hal itu karena para PNS dinilai memiliki masa depan yang terjamin. Mereka diberikan jaminan-jaminan dari pemerintah secara langsung. Bagi kamu para lulusan ekonomi syariah, kamu juga mempunyai kesempatan besar untuk bekerja sebagai PNS, lho!

Kamu dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil pada beberapa lembaga pemerintahan terkait. Contohnya seperti Kementerian Agama dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan. Faktanya cukup banyak instansi pemerintahan yang memerlukan peran para lulusan ekonomi syariah di dalamnya.

3. Staff Keuangan Syariah

Staff Keuangan

* sumber: emti-training.com

Tak hanya menjadi tenaga pengajar atau PNS saja, kamu juga memiliki kesempatan besar untuk berkarir pada instansi-instansi syariah yang ada di Indonesia. Misal, kamu bisa menjadi staff keuangan syariah di perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam mengelola keuangan mereka.

Bekerja sebagai staff keuangan syariah cukup menjanjikan karena sekarang banyak perusahaan berlabel syariah yang bermunculan. Tidak hanya di lembaga perbankan syariah saja, kamu juga bisa menjadi staff keuangan syariah di lembaga non-perbankan syariah, seperti pegadaian syariah dan asuransi syariah.

4. Ahli Ekonomi Islam

Ekonomi Islam

* sumber: www.halalincorp.co.uk

Saat ini sudah banyak sekali kegiatan perekonomian yang menerapkan prinsip Islam di dalamnya. Akan tetapi, prinsip ekonomi Islam itu sendiri tak bisa diterapkan begitu saja. Diperlukan orang yang ahli dalam ekonomi Islam sebelum suatu perusahaan atau lembaga menerapkan konsep ekonomi syariah.

Hal itu harus dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan. Maka dari itu, profesi sebagai ahli ekonomi Islam sangatlah dibutuhkan di Indonesia yang memiliki segudang aktivitas perekonomian berprinsip Islam.

5. Staff Perbankan Syariah

Perbankan Syariah

* sumber: www.mymoneysouq.com

Indonesia (dan banyak negara lain di dunia) juga menerapkan prinsip Islam dalam dunia perbankan, sehingga muncul istilah perbankan syariah. Tentu saja terdapat perbedaan antara bank konvensional dengan bank syariah mengingat bank syariah ini menerapkan aturan-aturan Islam di dalamnya.

Perbankan syariah ini memiliki keuntungan tersendiri, baik bagi debitur maupun kreditur (saling menguntungkan di antara keduanya). Hal itu salah satunya karena bank syariah tidak mengenal istilah “bunga” di dalamnya.

Bagi kamu para lulusan jurusan ekonomi syariah, bergelut dalam perbankan syariah ini juga sangat menarik, lho. Beberapa jabatan yang bisa kamu duduki dalam perbankan syariah antara lain seperti teller, customer service, hingga management trainee.

6. Staff Lembaga Islam

Lembaga Islam

* sumber: www.islamsfinest.com

Tak hanya perbankan berbasis Islam atau syariah, lembaga-lembaga Islam juga banyak berdiri di Indonesia, salah satunya adalah Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Tentu saja lembaga-lembaga keagamaan ini membutuhkan para pengurus agar dapat terus tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.


Hal ini tentu saja membuka peluang besar bagi kamu para lulusan ekonomi syariah untuk berkecimpung di dalam kelembagaan Islam. Misal, kamu bisa menjadi seorang manager keuangan yang mengatur arus masuk dan keluar keuangan lembaga yang semuanya dilakukan secara syariah.

7. Konsultan Bisnis Syariah

Bisnis Syariah

* sumber: medium.com

Prinsip-prinsip Islam juga telah banyak masuk ke dalam dunia bisnis suatu perusahaan. Hal ini karena banyak perusahaan yang menilai suatu bisnis dengan sistem syariah memiliki keuntungan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Perusahaan tersebut tentu saja perlu melakukan konsultasi sebelum memulai bisnisnya secara syariah. Oleh karena itu, hal ini bisa membuka peluang baru bagi kamu lulusan ekonomi syariah untuk berprofesi sebagai konsultan bisnis syariah.

Di sana kamu harus mengarahkan para pebisnis yang hendak memulai suatu bisnis dengan aturan Islam dan bertanggung jawab penuh pada profesi tersebut.

8. Staff Perasuransian Syariah

Perasuransian Syariah

* sumber: airmic.com

Selain perbankan, dunia perasuransian di Indonesia juga mulai menambah fitur terbarunya, yaitu asuransi syariah atau tafakul. Perasuransian dengan sistem syariah ini tentu memiliki perbedaan dengan perasuransian konvensional. Perbedaan tersebut di antaranya terletak pada akad hingga penyimpanan dana klaim.

Tak hanya itu, perasuransian syariah juga tak luput dari adanya dewan pengawas syariah yang bertugas mengawasi kegiatan perasuransian syariah ini. Adanya perasuransian dengan sistem syariah ini membuka peluang yang cukup menjanjikan bagi para lulusan ekonomi syariah untuk menjadi seorang staff di dalamnya.

9. Pialang atau Broker

Pasar modal Islami

* sumber: www.e-sentral.com

Pasar modal mungkin menjadi hal yang tak lagi terdengar asing di telinga kita. Tapi, tahukah kamu bahwa terdapat pasar modal dengan prinsip Islam? Ya, pasar modal syariah namanya. Adanya pasar modal syariah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berinvestasi secara Islam atau syariah.

Adanya pasar modal dengan prinsip syariah ini membuka lapangan pekerjaan baru, khususnya bagi kamu para jurusan ekonomi syariah yang memiliki knowledge dan skill berkaitan. Kamu bisa menjadi seorang pialang atau broker dalam aktivitas pasar modal ini yang tentunya bekerja sesuai dengan syariat-syariat Islam.

10. Entrepreneur

tips ide bisnis

Berbekal pengetahuan luhur akan prinsip ekonomi syariah dan kemampuan manajerial yang handal, seorang lulusan ekonomi syariah tak hanya bisa menjadi seorang pekerja pada instansi orang lain. Akan tetapi, ia juga bisa menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha sukses yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Para lulusan ekonomi syariah dapat menciptakan hingga mengembangkan suatu bisnis atau usaha berbasis syariah. Beberapa contohnya seperti perbankan syariah, pegadaaian syariah, membuka toko dengan prinsip syariah, dan masih banyak lagi. Tentu saja pekerjaan sebagai entrepreneur ini menjadi pekerjaan paling menjanjikan.

Itu dia beberapa prospek kerja ekonomi syariah yang paling populer dan banyak diinginkan oleh orang-orang. Meskipun masih banyak yang menilai bahwa prospek kerja dari jurusan ekonomi syariah ini sangat sempit, tapi faktanya saat ini sudah berbeda.

Perekonomian berbasis syariah tidak hanya diterapkan di negara-negara Muslim saja, tetapi beberapa negara non-Muslim juga sudah mulai menerapkannya. Sebagai contoh, Inggris yang terkenal sebagai salah satu negara yang paling sekuler di dunia telah menjadi pusat keuangan syariah di Barat (berpusat di London).

Semoga informasi mengenai prospek kerja ekonomi syariah di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Tak hanya itu, semoga informasi di atas juga dapat menjadi referensi bagi kamu yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan.

Dapatkan banyak informasi menarik lainnya di Bacaterus mengenai prospek kerja untuk berbagai jurusan di sini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram