Bacaterus / Jurusan Ekonomi / 10 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan yang Bergengsi

10 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan yang Bergengsi

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jurusan ekonomi pembangunan merupakan salah satu jurusan IPS dan berada dibawah fakultas  ekonomi. Materi pembelajaran utama dalam jurusan ini yaitu mengenai persoalan-persoalan pembangunan pada negara berkembang. Cakupan pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan dalam berbagai bidang, seperti bidang industri, perbankan, keuangan, dan perencanaan pembangunan.

Materi-materi yang akan kamu dapatkan di jurusan ekonomi pembangunan adalah mata kuliah mata kuliah seperti ekonomi internasional, ekonomi pertanian, ekonomi publik, ekonomi regional, ekonomi transportasi, ekonomi kependudukan, ekonomi proyek pembangunan, ekonomi maritim, ekonomi perencanaan, ekonomi sumber daya alam dan lingkungan, serta ekonomi koperasi dan kewirausahaan.

Di jurusan ini, kamu juga akan menganalisa berbagai masalah ekonomi serta mencari solusinya. Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu ekonomi dan pelajaran hitungan, kamu akan cocok masuk jurusan ini. Sebagian orang mungkin merasa ragu masuk jurusan ekonomi pembangunan karena jurusan ini  terasa belum terlalu dikenal. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup bergengsi seperti berikut.

1. Instansi Pemerintahan

Instansi Pemerintahan

* sumber: www.okeguys.com

Bekerja di instansi pemerintahan dan menjadi tenaga Pegawai Negeri Sipil tentu menjadi impian banyak orang. Dengan menjadi tenaga PNS, kamu akan memiliki jenjang karir yang jelas dan juga kepastian masa pensiun. Selain berbagai dinas pemerintahan terkait, kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi BUMN.

Sebagai lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan, kamu memiliki peluang besar untuk mengisi posisi-posisi di berbagai instansi pemerintahan atau perusahaan BUMN. Lulusan ekonomi pembangunan akan cocok mengisi posisi-posisi di instansi pemerintahan yang berkaitan dalam bidang pembangunan ekonomi, misalnya BPK, Bank Indonesia, dan Bappenas.

Di instansi-instansi ini, para lulusan ekonomi pembangunan mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti menyusun rencana pembangunan nasional dan ikut serta merancang anggaran pendapatan dan belanja negara. Kamu juga dapat melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan dan berbagai keputusan berskala besar.

2. Dosen atau Tenaga Pengajar

Dosen atau Tenaga Pengajar

Saat ini jurusan ekonomi pembangunan memang hanya ada di beberapa perguruan tinggi. Namun, semakin tinggi minat para calon mahasiswa pada jurusan ini, diprediksi jurusan ekonomi pembangunan juga akan semakin banyak dibuka.

Ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang tertarik pada bidang ekonomi sekaligus bidang pendidikan untuk berkarir sebagai tenaga pengajar atau dosen. Selain menjadi dosen, lulusan ekonomi pembangunan juga bisa bekerja di lembaga-lembaga pendidikan untuk menjadi asisten peneliti.

Kualifikasi pendidikan terakhir untuk menjadi dosen atau tenaga pengajar umumnya adalah jenjang magister. Maka, jika kamu berencana untuk berkarir sebagai dosen, kamu juga harus mulai merencanakan untuk melanjutkan studi pada jurusan yang linier di bidang ekonomi setelah lulus dari jurusan ekonomi pembangunan.

3. Research and Development

Research and Development

Research and Development atau R&D sering juga disebut sebagai staff penelitian dan pengembangan atau Litbang. Sebagai staff R&D, kamu akan memiliki tugas utama untuk melakukan riset atau penelitian untuk kepentingan bisnis suatu perusahaan, misalnya untuk membuat produk baru atau meningkatkan kualitas produk perusahaan tersebut.

Hampir setiap perusahaan memiliki staff Reseach and Development untuk melakukan penelitian dan menciptakan inovasi-inovasi untuk produk mereka serta menganalisa isu perekenomian dalam bidang tersebut. Kamu yang merupakan lulusan ekonomi pembangunan memiliki kualifikasi untuk menempati posisi ini dengan ilmu perencanaan ekonomi yang kamu miliki.

4. Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat

* sumber: spunout.ie

Lembaga Swadaya Masyarakat atau sering disebut LSM merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan atau kelompok secara sukarela untuk melayani masyarakat. Meskipun bersifat nirlaba atau tidak berorientasi untuk mendapatkan keuntungan. Para lulusan ekonomi pembangunan banyak dibutuhkan pengabdiannya di berbagai LSM ini.

Banyak organisasi-organisasi non profit seperti LSM yang melakukan kajian atau analisa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan pembangunan. Melalui LSM ini, kamu bisa mengedukasi masyarakat untuk ikut mengetahui pembangunan dan perkembangan ekonomi di Indonesia.

5. Analis Bisnis

Analis Bisnis

Profesi analis bisnis dibutuhkan untuk menganalisa berbagai hal untuk pengembangan bisnis dan memberi solusi-solusi praktis untuk berbagai permasalahan bisnis yang dialami. Seorang analis bisnis akan bekerja dengan menganalisa, mendesain proses dan sistem, serta menilai model bisnis perusahaan tersebut.

Profesi analis bisnis banyak dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, perbankan, telekomunikasi, asuransi, utilitas, atau layanan perangkat lunak. Perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan seorang analis bisnis untuk menganalisa kebutuhan serta pengembangan bisnis mereka.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi yang Hype Banget

6. Analis Pasar

Analis Pasar

* sumber: www.jacksonvilleu.com

Sama dengan analis bisnis, analis pasar juga bertugas untuk melakukan analisa terhadap suatu masalah atau perkembangan perekonomian, hanya saja analis pasar lebih berfokus pada sistem pasar dan melakukan riset yang digunakan untuk kepentingan pembuatan strategi pemasaran. Analis pasar adalah seorang yang sangat bertanggung jawab dalam manajemen pemasaran.

Analisa pasar penting dilakukan dalam bisnis untuk mengetahui bagaimana target pasar yang ingin dikuasai serta melihat peta persaingan. Analis pasar juga bisa membantu para investor atau perusahaan-perusahaan sekuritas untuk menganalisa prospek saham atau bisnis mereka di pasaran.

7. Peneliti

Peneliti

* sumber: mail.youthmanual.com

Ilmu menganalisa perekonomian yang kamu miliki akan bermanfaat ketika kamu berkarir sebagai peneliti di berbagai lembaga riset. Sebagai seorang peneliti, tugas utama kamu adalah untuk melakukan berbagai kajian, terutama dalam bidang ekonomi mikro atau level industri dan ekonomi makro.

Riset yang dihasilkan oleh seorang peneliti adalah berupa rekomendasi-rekomendasi kebijakan mengenai operasional suatu perusahaan. Hasil tersebut akan diimplementasikan oleh perusahaan tersebut untuk kepentingan bisnisnya.

8. Data Analyst

Data Analyst

* sumber: pintaria.com

Data analyst adalah profesi yang bertugas untuk mengumpulkan data dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis. Sebagai seorang data analyst, kamu akan mengolah data berupa angka-angka yang kamu dapatkan menjadi sebuah laporan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak manajemen atau perusahaan.

Data yang dikumpulkan merupakan data-data seperti data penjualan, riset pasar, logistik, hingga data transportasi. Selain mengumpulkan data, kamu juga bertugas untuk mengembangkan dan mempertahankan database yang dimiliki baik dari sistem primer maupun sekunder. Ada beberapa jenis profesi data analyst, misalnya marketing analyst atau financial analyst.

9. Karyawan Perbankan

Karyawan Perbankan

* sumber: www.insulgard.com

Para lulusan ekonomi pembangunan bisa berkarir di dunia perbankan. Mereka bisa mengisi posisi sebagai analisis kredit dalam perusahaan-perusahaan perbankan. Tugas utama seorang analisis kredit di dunia perbankan yaitu untuk melakukan studi kelayakan baik secara ekonomi maupun finansial terhadap usulan kredit investasi.

10. Pengusaha

Pengusaha

* sumber: insideevs.com

Ilmu ekonomi pembangunan erat kaitannya dengan ilmu analisa bisnis dan keuangan. Ilmu ini menjadi bekal lebih bagi kamu ketika ingin membuka suatu bisnis atau usaha. Kamu akan lebih ahli dalam melakukan analisa bisnis dan analisa pasar yang berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Sebagai seorang pengusaha, kamu akan sering dihadapkan untuk menentukan berbagai keputusan bisnis untuk perusahaan kamu. Dengan ilmu ekonomi pembangunan yang kamu miliki, kamu bisa mempertimbangkan keputusan bisnis terbaik berdasarkan analisa-analisa yang kamu lakukan.

Itulah beberapa prospek kerja untuk para lulusan ekonomi pembangunan sebagai referensi untuk kamu yang sedang berencana atau mempertimbangkan jurusan ini di perguruan tinggi. Manakah diantaranya yang menjadi karir impianmu? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *