Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Lulusan DKV yang Berpenghasilan Tinggi

10 Prospek Kerja Lulusan DKV yang Berpenghasilan Tinggi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Apakah kamu tertarik dengan bidang seni sekaligus teknologi? Kamu bisa memilih kuliah Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi Visual adalah proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara visual.

Sebagai Desain Komunikasi Visual akan membuat kamu bekerja dengan berbagai media dan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

Kamu bertanggung jawab mengembangkan seni, video dan penampilan produk untuk mengkomunikasikan ide. Terutama di era digital seperti ini, Desain Komunikasi Visual sangat dibutuhkan dalam bidang marketing dari suatu brand. Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, yuk simak apa saja prospek kerja Desain Komunikasi Visual.

1. Desainer Grafis

Desainer Grafis (Copy)

Sebagai seorang Desainer Grafis, kamu harus mendengarkan klien atau perusahaan dan memahami kebutuhan mereka sebelum membuat keputusan. Kamu akan bekerja pada berbagai produk dan aktivitas seperti situs web, iklan, buku, majalah, poster, kemasan produk, pameran, komunikasi perusahaan dan identitas perusahaan seperti membuat logo brand.

Pekerjaan ini menuntut bakat kreatif, pengetahuan terkini tentang perangkat lunak industri dan pendekatan profesional terhadap waktu, biaya, dan tenggat waktu. Desainer Grafis menggunakan gambar, warna, tata letak, dan tipografi untuk memberi informasi pada konsumen. Alat kerja utama dari Desainer Grafis meliputi komputer dan perangkat lunak khusus desain.

2. UX Designer

UX Designer (Copy)

UX (User experience) Designer adalah seorang desainer yang berkaitan dengan pengalaman pengguna yang terlibat dalam desain produk dan layanan digital seperti situs web dan aplikasi handphone.

Sebagai UX Designer kamu akan menggunakan kemampuan teknis, kesadaran visual, dan serangkaian alat perangkat lunak khusus untuk membuat aplikasi dan situs yang dapat diakses, dan menarik secara estetis serta bermakna.

Kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna yang menggunakan situs web atau aplikasi dapat efisien dan senyaman mungkin. Kamu akan bekerja secara kolaboratif dengan anggota tim digital lainnya untuk memastikan bahwa produk dan layanan memenuhi kebutuhan klien.

3. Animator

Animator (Copy)

Apakah kamu senang menonton film kartun? Dibalik proses pembuatan film kartun terdapat seorang Animator. Animator bertugas mengembangkan gambar bergerak untuk televisi, video game, ponsel, situs web dan multimedia lainnya.

Kamu dapat bekerja sendiri maupun bekerja dalam tim pada proyek-proyek dengan artis, profesional suara dan programmer lain seperti membuat game atau film. Seorang animator mungkin berspesialisasi dalam tugas-tugas tertentu seperti membuat karakter tiga dimensi atau mengembangkan latar belakang.

Ada banyak jenis animasi, termasuk 2D, stop motion, 3D yang digambar tangan dan dihasilkan oleh komputer. Tetapi semua peran membutuhkan kreativitas dan gairah seni yang tinggi.

4. Illustrator

Illustrator (Copy)

Bekerja sebagai Illustrator adalah cara yang memuaskan untuk menggunakan seni kreatif dan keterampilan desain kamu untuk berkomunikasi melalui gambar di berbagai media. Seorang Illustrator ditugaskan untuk membuat gambar untuk mengkomunikasikan cerita, pesan atau ide yang kemudian digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan, kartu ucapan, dan surat kabar.

Kamu akan bekerja pada komersial untuk menginformasikan, membujuk, atau menghibur audiens yang dituju klien serta menyesuaikan suasana dan gaya gambar sesuai yang diminta. Biasanya akan berspesialisasi dalam media desain tertentu seperti menggambar, fotografi atau ilustrasi digital.

5. Art Director

Art Director (Copy)

Art Director adalah pemimpin seni di biro iklan atau in-house untuk departemen marketing di suatu perusahaan. Pekerjaan ini umumnya mengawasi desainer grafis dan web, menggunakan keterampilan kepemimpinan untuk membantu menciptakan berbagai proyek komunikasi visual.

Seorang Art Director akan bekerja dengan tim kreatif untuk membuat, merencanakan, dan memberikan visi strategis bagi klien. Dalam peran ini kamu akan terlibat dalam perencanaan periklanan, mengawasi seluruh proses kreatif dan membimbing tim yang bekerja di bawahmu.

6. Jurnalis Foto

Jurnalis Foto (Copy)

Jika kamu senang mengambil foto dan memperhatikan gambar, kamu bisa menggunakan keterampilan fotografi untuk digunakan di berbagai bidang salah satunya adalah menjadi jurnalis foto. Jurnalis foto bertugas untuk mengabadaikan momen atau suatu peristiwa.

Biasanya foto-foto tersebut bertujuan untuk menggambarkan suatu peristiwa untuk berita seperti artikel online, surat kabar, maupun suatu kanal.

7. Editor Video

Editor Video (Copy)

Bagi kamu yang senang mengabadikan suatu momen dengan video, kamu bisa menjadi seorang Editor Video. Editor Video biasanya akan bekerja pada suatu perusahaan atau bahkan untuk perorangan seperti menjadi Editor Video Youtube channel perorangan.

Kamu akan bertugas merekam sekaligus mengedit video untuk berbagai platform dan membuat materi yang menarik secara visual. Biasanya kamu juga akan membantu memproduksi iklan hingga tutorial online, termasuk menambahkan musik dan efek suara ke dalam video.

8. Pendidikan Desain

Pendidikan Desain (Copy)

Jika kamu senang berbagi informasi tentang Desain Komunikasi Visual sekaligus mencoba untuk terjun ke dunia pendidikan, kamu bisa memilih berkarir sebagai guru desain.

Karena dunia desain terus berkembang mulai dari program dan aplikasi perangkat lunak yang digunakan, seorang desainer harus sering memperbarui keterampilan mereka. Komunikator Desain Visual dapat memilih untuk mengajar di kelas online atau ruang kelas sekolah maupun perguruan tinggi.

9. Desainer Produksi untuk Televisi/Film/Teater

Desainer Produksi untuk Televisi (Copy)

Senang menciptakan suatu produk desain? Menjadi seorang Desainer Produksi sangat cocok untukmu. Kamu harus menjadi lokomotif kreatif untuk berhasil sebagai Desainer Produksi dengan bakat seni visual yang berbeda daripada yang lain. Desainer Produksi bertanggung jawab atas konsep visual produksi film, televisi, atau teater.

Pekerjaan ini bertugas mengidentifikasi gaya desain untuk set, lokasi, alat peraga, pencahayaan, sudut kamera dan kostum sambil bekerja sama dengan sutradara dan produser. Setelah konsep diputuskan, Desainer Produksi biasanya menunjuk dan mengelola departemen seni yang meliputi tim desain dan konstruksi.

Pekerjaan ini cenderung berspesialisasi dalam film, televisi, atau teater meskipun ada beberapa yang tumpang tindih. Di teater, Desainer Produksi juga isebut Desainer Panggung atau set.

10. Seniman Konsep

Seniman Konsep (Copy)

Bekerja sebagai Seniman Konsep akan membuat kamu menerapkan imajinasi dan keterampilan artistik untuk membuat gambar orang, mahkluk, tempat dan suasana hati. Dengan mengerjakan hasil brief, kamu akan memberikan sketsa seperti apa karakter dan lingkungannya. Setiap proyek yang melibatkan cerita visual mungkin memerlukan

Seniman Konsep sehingga kamu dapat bekerja di banyak bidang media visual seperti animasi, buku komik, dan film. Kamu harus menghasilkan pekerjaan dengan deadline yang ketat di awal proyek. Konsepsi atau ide-ide kamu akan digunakan sebagai referensi sepanjang sisa proyek.

Kamu dapat memilih untuk bekerja secara ekslusif sebagai Seniman Konsep atau dalam peran yang lebih luas di mana seni konsep merupakan aspek dari pekerjaa kamu.

Ternyata Desain Komunikasi Visual itu bukan hanya soal menggambar, tetapi juga dituntut menciptakan sesuatu yang kreatif dan memiliki pesan untuk disampaikan. Tentunya tidak mudah menjadi mempelajari Desain Komunikasi Visual untuk menjadi profesional seni yang hebat.

Apakah kamu tertarik masuk jurusan seni yang satu ini? Bagi kamu yang ingin berbagi informasi seputar prospek kerja Desain Komunikasi Visual lainnya, silahkan tulis di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *