Bacaterus / Prospek Kerja / Kuliah Jurusan Desain Interior? Yuk, Intip 10 Prospek Kerjanya

Kuliah Jurusan Desain Interior? Yuk, Intip 10 Prospek Kerjanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Seorang Desainer Interior bekerja untuk membuat ruang dalam ruangan fungsional, aman, dan indah dengan menentukan persyaratan ruang dan memilih barang-barang penting dan dekoratif. Peluang karir sebagai Desain Interior sangat diminati.

Pasar untuk pekerjaan ini meningkat dalam sektor bisnis, restoran, dan kantor yang dapat mengubah tampilan tempat mereka dengan mendatangkan klien atau prospek baru, individu dan keluarga merekrut desainer untuk membantu mereka memunculkan ide-ide baru di ruang lama, untuk membalik ruang yang ada untuk dijual, atau untuk membantu menciptakan rumah impian baru mereka.

Sebagian besar dari deskripsi pekerjaan Desain Interior termasuk memahami teori warna, melacak tren desain yang akan datang, dan bekerja dengan beberapa tekstil dan kain, bersama dengan yang lain.

Banyak Desainer Interior bekerja di layanan desain khusus atau dalam arsitektur, teknik, dan layanan terkait. Tentunya bidang desain interior memiliki pilihan karir yang cukup luas seperti di bawah ini.

1. Desainer Furnitur

Desainer Furnitur

* sumber: www.dfei.ie

Furniture atau mebel adalah bidang yang luas. Menjadi seorang Desainer Interior, kamu harus mendapatkan pengetahuan tentang seluk-beluk dan nuansa furnitur yang indah. Sebagai perancang furnitur, pekerjaan kamu bisa dua kali lipat yaitu dengan klien dan dengan pemasok lain.

Saat bekerja dengan klien, kamu mungkin ditugasi mengatur furnitur di rumah, ruang pamer, kantor, dan area lain untuk menggunakan ruang secara optimal, mengeluarkan tema yang diinginkan, dan sebagainya.

Kamu juga dapat bekerja dengan pemasok klien seperti tukang kayu, membimbing mereka pada dekorasi apa yang harus dimasukkan dalam furnitur untuk mengeluarkan selera klienmu. Pekerjaan seorang Desainer Furnitur, seperti karier desain interior lainnya, memiliki banyak segi, mulai dari menggambar dan merencanakan hingga membangun model dan prototipe.

2. Desainer Pencahayaan

Desainer Pencahayaan

* sumber: arsyilcozy.co

Desainer Pencahayaan bertugas untuk memastikan ada pencahayaan yang memadai untuk berbagai proyek yang terlibat. Perancang di bidang ini harus memiliki pengetahuan luas dalam perkabelan dasar atau bekerja dengan teknisi listrik yang memenuhi syarat untuk mengeluarkan berbagai efek pencahayaan kreatif tergantung pada sifat proyek.

Desainer Pencahayaan juga dapat terlibat dalam desain skematik dan bekerja pada produk dekoratif seperti alat kelengkapan cahaya, corak dan orang-orang untuk konsultasi desain atau produsen. Pengetahuan dalam berbagai jenis pencahayaan dan efeknya sangat penting untuk keberhasilan seorang Desainer Pencahayaan.

3. Desainer Dapur

Desainer Dapur

* sumber: mydecorative.com

Desainer Dapur terlibat dengan estetika dapur dan kegunaannya bagi orang-orang yang menggunakannya. Para desainer ini dapat bekerjasama dengan konstruktor untuk menentukan denah lantai atau dapat datang setelah lantai dilakukan untuk membantu klien dengan barang-barang dapur.

Desainer Dapur juga bertugas menyeimbangkan desain dan fungsionalitas barang yang mereka rekomendasikan di dapur. Para desainer harus mengetahui pengaruh suhu dapur pada dekorasi yang mereka inginkan, perawatan yang diperlukan, dan prosedur penggantian umum.

Pekerjaan ini juga perlu menyeimbangkan desain dan fungsionalitas item yang mereka rekomendasikan kepada klien mereka. Ini adalah salah satu karir desain interior paling menyenangkan bagi mereka yang suka memasak.

4. Desainer Pameran

Desainer Pameran

* sumber: www.creativeboom.com

Jika kamu memiliki keterampilan desain yang kuat, senang bekerja secara kolaboratif dan dapat memenuhi tenggat waktu yang ketat, menjadi Desainer Pameran dapat menjadi karier yang cocok bagi kamu.

Sebagai Desainer atau Perancang Pameran, kamu akan mengerjakan pameran publik komersial besar, acara showcase, pameran dagang dan konferensi untuk perdagangan, industri atau pendidikan, atau pameran budaya untuk museum, perpustakaan, dan galeri. Kamu juga dapat mengerjakan tampilan sementara untuk bisnis dan pengecer.

Kamu akan mendasarkan desain pada interpretasi kamu terhadap ide dan persyaratan klien dan juga akan memberikan ide kamu sendiri terkait dengan konsep produk dan daya tarik pelanggan. Beberapa Desainer juga memiliki tanggung jawab untuk mengawasi implementasi dan pembangunan stan pameran atau display, sementara yang lain akan berspesialisasi hanya dalam satu bidang tertentu.

5. Desainer Tekstil

Desainer Tekstil

* sumber: jobs.lovetoknow.com

Jika kamu memiliki mata yang baik untuk warna, tekstur, kain dan pola tidak semua yang dibutuhkan untuk berhasil sebagai perancang tekstil. Desainer Tekstil membuat desain dua dimensi yang dapat digunakan, seringkali sebagai desain berulang, dalam produksi kain rajut, tenun dan cetak atau produk tekstil.

Bekerja di lokasi industri dan non-industri, profesi ini sering berspesialisasi atau bekerja dalam konteks spesialis dalam industri tekstil. Dua bidang utama tekstil yaitu interior  dan kain untuk pakaian. Banyak Desainer Tekstil bekerja sendiri, sementara yang lain bekerja sebagai bagian dari tim desain.

6. Desainer Restoran

Desainer Restoran

* sumber: pos.toasttab.com

Seorang Desainer Restoran bertugas untuk memperhatikan pengalaman bersantap. Profesi Desainer Restoran mempertimbangkan masalah seperti pencahayaan, warna cat, denah lantai, dan tata letak meja untuk menciptakan ruang apik yang sesuai dengan nuansa restoran. Mereka juga mempertimbangkan peraturan kesehatan dan keselamatan untuk bisnis yang menyiapkan dan menyajikan makanan.

7. Desainer Fasilitas Kesehatan

Desainer Fasilitas Kesehatan

* sumber: www.sjog.org.nz

Profesi ini mempersiapkan lulusan untuk melakukan pekerjaan desain dalam pengaturan kesehatan dan medis, seperti kantor dokter, fasilitas perawatan jangka panjang, rumah sakit, dan klinik. Mahasiswa akan belajar untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan menenangkan yang menyediakan akses mudah untuk semua pasien.

Dalam ruang perawatan kesehatan, fokusnya adalah menciptakan lingkungan yang profesional namun nyaman. Desainer dapat fokus pada menciptakan ruang santai di mana pasien dapat menerima perawatan. Akomodasi perlu dibuat baik untuk peralatan medis maupun perabot yang memberikan tampilan seperti di rumah.

8. Desainer Ruang Hidup dan Tempat Kerja

Desainer Ruang Hidup dan Tempat Kerja

* sumber: www.pivotinteriors.com

Seiring tren desain yang berjalan, semakin populer untuk menciptakan bangunan berkelanjutan dan ruang yang memanfaatkan produk hijau. Desainer di bidang ini berupaya memasukkan bahan dan elemen desain dalam proyek bangunan mereka yang ramah lingkungan.

Ruang mungkin termasuk pencahayaan hemat energi terbaru, lantai yang terbuat dari gabus atau bahan daur ulang dan instalasi pabrik yang berfungsi untuk meningkatkan udara bersih dan penggunaan cahaya alami. Bekerja di bidang ini akan memerlukan informasi terkini di industri kehidupan berkelanjutan

9. Desainer Produk

Desainer Produk

* sumber: idreamcareer.com

Bagi kamu yang memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi, bakat kreatif, dan hasrat untuk merancang dan meningkatkan kegunaan barang sehari-hari adalah apa yang dibutuhkan untuk berkarir dalam desain produk.

Sebagai desainer atau perancang produk, kamu akan membuat berbagai item, mulai dari produk sehari-hari seperti ponsel, peralatan rumah tangga dan mobil, hingga barang yang lebih besar seperti alat industri, peralatan, dan mesin.

Kamu dapat bekerja pada produk baru atau meningkatkan yang sudah ada, dan menggunakan pemahaman tentang teknologi, bahan dan metode pembuatan untuk meningkatkan desain dan kegunaan suatu item. Pekerjaan ini meliputi mendesain, pemodelan, pembuatan prototype, dan pengujian.

10. Arsitek Desain Landscape

Arsitek Desain Landscape

* sumber: archipro.com

Meskipun Desainer Interior cenderung bekerja untuk meningkatkan ruangan bagian dalam, beberapa tren terbaru dalam desain termasuk memperluas ke area luar rumah. Oleh karena itu, peluang karir Desain Interior juga meluas seperti arsitek desain landscape. Profesi ini bekerja untuk membantu pemilik rumah dan bisnis menciptakan ruang luar yang indah untuk tempat tinggal dan bekerja.

Desainer menerapkan prinsip-prinsip estetika dan warna dan kemudian menggunakan berbagai jenis bahan untuk merancang area tempat duduk, fitur air, halaman rumput dan taman, geladak dan gazebo terang dan bahkan membangun dapur outdoor dan area makan.

Desainer yang mengejar bidang spesialisasi ini mungkin perlu meningkatkan pendidikan mereka dengan kursus di hortikultura.

Bidang Desain Interior adalah salah satu program terbaik untuk mengasah pemikir kreatif dan out of the box. Kecakapan seni, desain dan dekorasi adalah syaratnya. Kemampuan untuk menantang diri sendiri dan menghasilkan ide dan konsep baru adalah suatu keharusan.

Jadi, jika kamu merasa bahwa kamu memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang desainer interior, maka pilihlah profesi yang berkaitan dengan profesi-profesi seperti di atas. Nah, bagi kamu yang ingin berbagi informasi prospek kerja lainnya dari desain interior, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi juga artikel prospek kerja jurusan arsitektur ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *