Bacaterus / Jurusan Pertanian / Inilah 10 Prospek Kerja Budidaya Perairan yang Menjanjikan

Inilah 10 Prospek Kerja Budidaya Perairan yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Air adalah salah satu sumber kehidupan yang paling penting. maka dari itu dibutuhkan disiplin ilmu Budidaya Perairan yang akan mengarahkan kamu untuk menganalisis berbagai organisme akuatik seperti krustasea, moluska, dan jenis ikan tertentu.

Gelar semacam ini akan memperkenalkan kamu pada modul utama Budidaya Perairan atau akuakultur dengan ilmu Biologi dan ilmu laboratorium. Budidaya Perairan biasanya akan menilai populasi perikanan, mengontrol tempat penetasan ikan dan lingkungan budidaya, bahkan memantau dan meningkatkan lingkungan perairan.

Dengan gelar ini, kamu tidak hanya akan memiliki beragam pilihan profesi, kamu juga akan bekerja untuk kebaikan dan berkomitmen terhadap lingkungan alam. Walaupun jurusan ini terbilang sepi peminat, tetapi dengan jurusan ini kamu bisa meraih beberapa pekerjaan yang menjanjikan seperti di bawah ini.

1. Akuakulturis

Akuakulturis

*

Pekerjaan yang paling memungkinkan untuk lulusan Budidaya Perairan adalah menjadi Akuakulturis. Akuakulturis bertugas untuk memahami pertumbuhan, perkembangan dan produksi hewan air. Profesi ini bekerja untuk membawa beragam ikan sehat, lobster, kepiting, dan lain-lain ke tempat penjualan dari lingkungan akuatik.

Seorang Akuakulturis memiliki beberapa tanggung jawab seperti membantu semua urusan peternakan termasuk pemberian makan, pergerakan ikan, pemantauan kualitas air dan pengendalian inventaris ikan.

Tidak hanya itu, profesi ini juga harus mengawasi dan melatih pekerja pendukung budidaya dan pembenihan ikan serta mengumpulkan dan mencatat data pertumbuhan, produksi, dan lingkungan.

Akuakulturis dapat dipekerjakan oleh perikanan komersial besar yang menghasilkan dan memanen ikan serta perusahaan riset biologi yang mempelajari dampak lingkungan dari spesies air. Mereka juga dapat dipekerjakan oleh lembaga lingkungan negara, pemerintah, di taman atau akuarium.

2. Manager Pembenihan Akuakultur

Manager Pembenihan Akuakultur

*

Manajer Pembenihan Akuakultur bekerja untuk melihat semua aspek pembenihan akuakultur termasuk manajemen individu, ikan, infrastruktur dan peralatan. Seorang Manager Pembenihan Akuakultur memiliki beberapa tanggung jawab seperti melacak siklus hidup ikan untuk menentukan waktu yang tepat untuk panen atau pelepasan, mengecek penyakit dan mencari obatnya sesuai kebutuhan.

Selain itu bertanggung jawab untuk mencari cara pengembangbiakan dengan cara yang ramah lingkungan dan ekonomis, mengawasi kualitas air, up to date dengan pengetahuan terkini tentang tren industri dan informasi mengenai peralatan dan operasi tempat penetasan, mengelola kegiatan perawatan ikan, pemeliharaan, dan pengemasan.

Posisi ini biasanya bekerja di perusahaan perikanan komersial besar yang menghasilkan dan memanen ikan. Mereka juga dapat dipekerjakan oleh lembaga lingkungan negara dan pemerintah.

3. Teknisi Perikanan

Teknisi Perikanan

*

Seorang Teknisi Perikanan akan bekerja untuk mengawasi dan membantu pekerjaan sehari-hari di sebuah lokasi perikanan. Mereka memastikan ikan baik dan diberi makan dan bertanggung jawab untuk pemeliharaan umum di sekitar fasilitas.

Terdapat beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh Teknisi Perikanan meliputi  membantu Ahli Biologi dan Teknisi lainnya dalam berbagai kegiatan pengelolaan sumber daya alam atau penelitian, membantu dalam peningkatan dan pengelolaan habitat, mengoperasikan pompa semprot bertekanan tinggi, kendaraan, traktor, dan peralatan lainnya.

Selain itu bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan untuk ikan, mengumpulkan induk ikan, mensortir ikan, membersihkan peralatan dan tangki akuakultur, serta melakukan pencatatan. Teknisi Perikanan biasanya bekerja untuk perikanan milik swasta, tetapi pemerintah dan lembaga negara juga akan mempekerjakan Teknisi Perikanan.

4. Teknisi Peternakan Air Asin

Teknisi Peternakan Air Asin

*

Seorang Teknisi Peternakan Air Asin bertanggung jawab untuk mengoperasikan pertanian umum termasuk memberi makan dan merawat ikan yang ditanam di habitat air asin. Tugasnya adalah mengharuskan mereka untuk menguji dan mempertahankan tingkat air asin untuk meningkatkan pertumbuhan ikan yang optimal yang dihasilkan di lingkungan air asin.

Selain itu harus mengoperasikan pengumpan otomatis, kapal dan peralatan di lingkungan laut. Pekerjaan ini memiliki beberapa tanggung jawab seperti berhubungan dengan pertumbuhan ikan dan manajemen stok, mengoperasikan dan memelihara peralatan saluran air, melakukan analisis laboratorium terhadap sampel kualitas air, mengukur jumlah dan kuantitas area pemijahan.

5. Teknisi Biologi

Teknisi Biologi

*

Teknisi Biologi akan bekerja di laboratorium dan melakukan eksperimen sebagai bagian dari tim peneliti. Mereka dapat mengumpulkan dan menyiapkan bahan uji dan mendokumentasikan hasil percobaan ilmiah untuk dianalisis.

Teknisi Biologi memiliki beberapa tanggung jawab mulai dari membantu Ahli Biologi untuk mengumpulkan, memelihara, dan mengoperasikan peralatan laboratorium. Teknisi Biologi juga dapat membantu Ilmuwan lain dalam mengamati eksperimen dan menghitung serta mencatat hasil dari eksperimen tersebut.

Selain itu, kemungkinan juga akan diminta untuk memecahkan masalah peralatan, memeriksa hewan laboratorium dan membersihkan persediaan laboratorium. Di bawah pengawasan umum, Teknisi Biologi dapat mengumpulkan sampel untuk penelitian.

6. Manager Akuakultur

Manager Akuakultur

*

Manager Akuakultur bertugas untuk mengawasi lingkungan kerja, seperti tempat pembenihan ikan. Profesi ini harus melatih dan mengawasi pekerja dalam prosedur akuakultur serta menjaga lingkungan ikan yang tumbuh dan kehidupan air lainnya. Mereka juga memantau aspek komersial seperti tempat penetasan, melacak dana dan di mana stok ikan dilepaskan.

Seorang Manager Akuakultur bekerja di fasilitas yang membudidayakan dan memanen tanaman laut, ikan atau kerang untuk dijual secara komersial atau untuk pengisian kembali stok satwa liar. Mereka merancang dan berpartisipasi dalam kegiatan untuk meningkatkan tingkat penetasan dan pertumbuhan, serta untuk mencegah penyakit di tempat penetasan.

Selain itu bertugas juga untuk memantau lingkungan supaya memastikan pemeliharaan kondisi berjalan optimal untuk kehidupan air. Mereka kadang-kadang membuat usaha sendiri, tetapi biasanya dipekerjakan oleh pembenihan ikan swasta atau publik dan peternakan air komersial.

7. Ahli Biologi Margasatwa

Ahli Biologi Margasatwa

* sumber: www.thoughtco.com

Dengan gelar Budidaya Perairan, kamu juga bisa menjadi seorang Ahli Biologi Margasatwa. Karena kehidupan ikan-ikan di air adalah salah satu bagian dari margasatwa. Ahli Biologi Margasatwa adalah ilmuwan yang mengamati dan mempelajari perilaku hewan.

Mereka sering mengamati satwa liar tertentu dan menentukan peran makhluk itu dalam ekosistem tertentu atau bagaimana cara mereka berinteraksi dengan manusia. Selain itu, mereka akan sering melakukan berbagai percobaan untuk menambah pengetahuan kita tentang spesies tertentu atau melihat bagaimana manusia mempengaruhi ekosistem.

Profesi ini memiliki spesialisasi dalam bidang studi tertentu yang didefinisikan oleh ekosistem atau spesies. Beberapa bidang ini meliputi Entomologi, Ornitologi, Biologi Kelautan, atau Limnologi. Ahli Biologi Margasatwa sangat penting untuk menjaga kondisi lingkungan kita saat ini dan memperdalam pemahaman kita tentang makhluk lain yang ada di bumi.

Pekerjaan ini banyak menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja di lapangan, mengamati hewan di habitat alami. Tetapi beberapa juga akan bekerja di laboratorium atau kantor. Ini adalah karir yang sempurna untuk seorang petualang yang suka bekerja di berbagai lingkungan.

8. Ahli Gizi Ikan

Ahli Gizi Ikan

* sumber: www.aarp.org

Seorang Ahli Gizi Ikan bertugas memberikan informasi tentang ikan yang sehat. Profesi ini dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk kesehatan masyarakat, di sektor swasta, dalam pendidikan dan penelitian. Selain itu Ahli Gizi Ikan juga bertugas untuk meneliti kandungan gizi yang ada di dalam ikan apakah ikan tersebut layak dikonsumsi atau tidak.

Tanggung jawab utama pekerjaan ini meliputi meneliti bagaimana kandungan gizi dalam ikan dapat mempengaruhi pasokan nutrisi manusia, menyelidiki hubungan antara gen dan nutrisi, mempelajari bagaimana diet mempengaruhi metabolisme, memberikan saran kesehatan dan menginformasikan makan ikan yang sehat, dan saran tentang diet khusus.

9. Petugas Perikanan

Petugas Perikanan

* sumber: vfa.vic.gov.au

Petugas Perikanan bertanggung jawab atas konservasi dan perlindungan ikan air tawar atau laut. Pekerjaan ini akan melakukan survei kehidupan akuatik, dan kamu akan menyelidiki studi kematian ikan dan kualitas air, memantau tingkat stok ikan dan melakukan pekerjaan proyek teknis.

Kamu akan menginformasikan kepada masyarakat dan industri tentang penangkapan ikan yang berkelanjutan dan meningkatkan peraturan dan perlindungan lingkungan air tawar dan laut.Bekerja dengan ikan air tawar, kamu juga akan mempromosikan memancing sebagai kegiatan rekreasi.

Jika bekerja di laut, peran kamu akan melibatkan inspeksi kapal penangkap ikan dan penegakan langkah-langkah konservasi teknis untuk ikan dan pemijahannya.

10. Ekologis

Ekologis

* sumber: videohive.net

Ekologis atau Ahli Ekologi bertugas untuk membantu melindungi dan memulihkan lingkungan alam dengan memberikan informasi penting tentang bagaimana aktivitas manusia mempengaruhi spesies dan ekosistem. Sebagai seorang Ekologis, kamu harus peduli dengan ekosistem meliputi manusia, tanaman, hewan dan hubungan antara organisme dan lingkungannya.

Dalam peran ini, kamu biasanya akan berspesialisasi dalam area tertentu, seperti air tawar, laut, darat, fauna atau flora, dan melakukan berbagai tugas yang berkaitan dengan area itu. Saat memulai pekerjaan ini, kamu akan melakukan survei untuk mengidentifikasi, mencatat, dan memantau spesies dan kebiasaan mereka.

Itulah beberapa prospek kerja untuk lulusan Budidaya Perairan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan salah satu pekerjaan di atas? Bagi kamu yang ingin berbagi info lainnya tentang prospek kerja jurusan Budidaya Perairan, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Yuk, kunjungi juga artikel prospek kerja lulusan bioteknologi ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *