Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Bioteknologi

10 Prospek Kerja yang Terbuka Untuk Lulusan Bioteknologi

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Kuliah di jurusan bioteknologi bisa membuat kamu belajar bertanggung jawab atas banyak hal untuk membuat hidup lebih baik. Itu karena bidang ini berfokus pada ilmu disiplin biologi dan teknologi, yang mengarah ke beragam produk baru yang dirancang untuk memperkaya kehidupan, membuat hidup sehari-hari lebih mudah, dan membuat kita lebih sehat.

Dari produksi vaksin hingga modifikasi genetik, bioteknologi ada di mana-mana dan sebagai hasilnya, karir bioteknologi cukup menjanjikan bagi lulusan baru. Ketika berpikir tentang bioteknologi, mungkin banyak orang membayangkan seorang ilmuwan dalam jas lab yang mengembangkan obat atau alat medis.

Padahal, bekerja di laboratorium bukan satu-satunya pilihan. Dengan banyak penemuan menarik yang harus dibuat dan masalah baru untuk dipecahkan, profesional bioteknologi dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dalam banyak cara. Di bawah ini kamu akan menemukan beberapa prospek kerja yang terbuka untuk lulusan bioteknologi.

1. Biokimiawan

Biokimiawan

* sumber: www.careergirls.org

Biokimiawan atau ahli biokimia mempelajari sifat-sifat kimia dari makhluk hidup dan proses biologis, seperti pengembangan sel, pertumbuhan sel, keturunan, dan penyakit.

Profesi ini melakukan proyek penelitian yang kompleks dan sering menganalisis, dan mensintesis protein, lipid, DNA, karbohidrat,
dan molekul lainnya.

Mereka juga meneliti efek obat, hormon, dan nutrisi pada jaringan dan proses biologis untuk mengembangkan produk dan proses yang dapat meningkatkan kesehatan manusia.

2. Insinyur Biomedis

Insinyur Biomedis

* sumber: www.mendeley.com

Insinyur biomedis menggunakan pengetahuan teknik, biologi, dan bidang medis untuk mengembangkan alat dan produk baru yang lebih baik bagi pasien. Mereka sering melakukan penelitian produk dengan para ilmuwan dari bidang lain, seperti Insinyur atau profesional bisnis untuk mengembangkannya.

Insinyur biomedis mengembangkan produk seperti prostesis (anggota badan buatan), organ buatan, sistem informasi, dan sistem pencitraan. Selain itu, ada juga rekayasa biomedis yang melibatkan pengembangan produk untuk di dalam tubuh. Ini termasuk perangkat untuk mengatur detak jantung atau insulin.

Bagi lulusan yang tidak tertarik pada lab, kamu bisa menjadi penjual yang menawarkan banyak manfaat untuk orang lain. Tenaga penjualan profesional dengan latar belakang bioteknologi akan menjual produk bioteknologi atau obat-obatan dan harus memiliki bakat penjualan dan pengetahuan yang kuat di bidangnya.

Gelar bioteknologi memungkinkan tenaga penjualan untuk berkomunikasi dan memahami pelanggan mereka dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh orang penjualan lainnya.

3. Teknisi Medis dan Klinis

Teknisi Medis dan Klinis

* sumber: www.theapprenticedoctor.com

Teknisi medis dan klinis atau dikenal sebagai ilmuwan laboratorium medis merupakan teknisi biologi yang bertugas untuk mengumpulkan sampel, melakukan tes, dan menganalisis hasil cairan tubuh, jaringan, kultur bakteri, dan zat lainnya.

Teknisi ini menggunakan instrumen laboratorium, robotika canggih, perangkat lunak komputer khusus, dan peralatan otomatis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memodelkan data eksperimental.

4. Ilmuwan Medis

Ilmuwan Medis

* sumber: www.indiaeducation.net

Ilmuwan medis melakukan penelitian klinis untuk meningkatkan kesehatan pasien dengan menyelidiki penyakit dan metode pencegahan. Profesi ini juga dapat mengembangkan dan menguji perangkat medis. Mereka sering menyiapkan dan menganalisis sampel medis untuk menyelidiki penyebab dan perawatan toksisitas, patogen, dan penyakit kronis.

Para ilmuwan ini juga membantu menstandarisasi potensi obat, dosis, dan metode untuk pembuatan dan distribusi massa obat dan senyawa obat. Ilmuwan medis melakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan kesehatan manusia secara keseluruhan. Mereka sering menggunakan uji klinis dan metode investigasi lainnya untuk mencapai temuan mereka.

5. Epidemiolog

Epidemiolog

* sumber: www.earnmydegree.com

Epidemiolog adalah profesional kesehatan masyarakat yang menyelidiki pola dan penyebab penyakit dan cedera pada manusia. Beberapa di antaranya melakukan kerja lapangan untuk melakukan wawancara dan mengumpulkan sampel untuk dianalisis.

Epidemiolog sangat penting untuk memastikan keamanan rantai makanan. Penelitian lapangan dapat membawa seorang epidemiologi ke dalam kontak dengan penyakit menular, tetapi mereka sangat jarang jatuh sakit atau menderita penularan.

6. Mikrobiologis

Mikrobiologis

* sumber: www.qualityeducationandjobs.com

Ahli mikrobiologi mempelajari virus, bakteri dan sistem kekebalan untuk menghasilkan produk biomedis dan industri. Para profesional ini melakukan proyek penelitian yang kompleks untuk membantu dalam diagnosis dan pengobatan penyakit menular.

Dalam konteks bioteknologi, ahli mikrobiologi mungkin bekerja di sisi manufaktur industri, memastikan bahwa produk tidak terkontaminasi, tetapi mereka kemungkinan besar akan terlibat dalam penelitian dan pengembangan. Mereka biasanya bekerja di laboratorium dan kantor, di mana mereka melakukan eksperimen ilmiah dan menganalisis hasilnya.

7. Spesialis Biomanufaktur

Spesialis Biomanufaktur

* sumber: bioprocessintl.com

Spesialis biomanufaktur menggunakan alat dan metode untuk menjamin produk memenuhi persyaratan ketat akan kemurnian, keamanan, potensi, dan kualitas selama proses pembuatan.

Biomanufaktur sering melibatkan produksi protein dalam skala besar yang digunakan untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit manusia. Hal tersebut mengharuskan para spesialis ini memiliki pengetahuan menyeluruh tentang standar peraturan federal, negara bagian, dan industri.

8. Teknisi Lab Kriminal

Teknisi Lab Kriminal

* sumber: www.allcriminaljusticeschools.com

Orang-orang dengan pengetahuan bioteknologi dan biologi dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk penegakan hukum.  Banyak kasus yang membutuhkan kemampuan ini untuk menentukan milik siapa helai rambut atau bercak darah yang terjadi pada suatu peristiwa. Profesional dengan latar belakang biologi dan bioteknologi siap untuk memberikan analisis kimia dan fisik.

9. Teknisi Validasi

Teknisi Validasi

* sumber: www.getreskilled.com

Teknisi validasi adalah bagian penting dari proses pembuatan bioteknologi. Ini adalah posisi level awal yang membantu memastikan kualitas produk yang sedang diproduksi. Mereka memastikan bahwa produk mematuhi semua peraturan dan peraturan keselamatan yang ditetapkan oleh lembaga luar, hukum dan di dalam perusahaan.

Untuk mencapai hal ini, mereka mengumpulkan data validasi dan menganalisis data untuk memastikan bahwa proses yang dilakukan menghasilkan produk yang memenuhi standar. Teknisi validasi juga dapat membantu mengatasi masalah dan membuat saran cara untuk meningkatkan proses.

10. Bioteknologi Pertanian

Bioteknologi Pertanian

* sumber: www.rednewswire.com

Bioteknologi digunakan dalam banyak hal di bidang pertanian. Perusahaan bioteknologi pertanian bekerja memasok petani dengan alat untuk meningkatkan hasil tanaman dan produk hewan, sambil menurunkan biaya produksi.

Bioteknologi pertanian juga dapat mencakup produksi tanaman, seperti anggrek untuk keperluan hias dan tanaman yang dapat digunakan untuk produksi bahan bakar (biofuel).

Untuk mencapai tujuan ini, ahli bioteknologi mengembangkan produk untuk melindungi hewan dan tanaman dari penyakit dan membantu petani mengidentifikasi hewan dan benih terbaik untuk digunakan dalam program pemuliaan selektif.

Sebagai contoh, sebuah peternakan ikan komersial mungkin memelihara berbagai jenis ikan, seperti salmon, nila, atau lele. Jika ikan itu terinfeksi oleh virus tertentu, ikan akan mati dan peternakan akan kehilangan uang. Untuk mencegah infeksi, petani ikan menggunakan vaksin, yang dikembangkan melalui bioteknologi.

Jika kamu tertarik dalam bioteknologi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi. Saat bidang ini terus berkembang, ada kebutuhan yang semakin besar akan para profesional yang terampil untuk berinovasi dan membawa teknologi baru kepada kebutuhan pasar.

Punya teman atau saudara lulusan teknologi pangan? Jika ya, kamu bisa merekomendasikan artikel tentang prospek kerja teknologi pangan di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *