Bacaterus / Prospek Kerja / Ini 10 Prospek Kerja Antropologi Sosial yang Bisa Kamu Pilih

Ini 10 Prospek Kerja Antropologi Sosial yang Bisa Kamu Pilih

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Jika kamu tertarik dengan budaya yang berbeda, tertarik dengan bagaimana manusia memengaruhi hubungan, peran kerja, peran gender, dan lembaga sosial, maka kamu harus mempertimbangkan jurusan Antropologi Sosial sebagai bidang studi tujuan yang mungkin untuk karier kamu.

Antropologi Sosial adalah cabang Antropologi yang secara khusus berkaitan dengan budaya, bagaimana kelompok orang berperilaku dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan budaya. Perilaku kelompok adalah inti dari fokusnya dan mereka dapat menerapkan keterampilan investigasi dan analitis dalam berbagai karier untuk bidang ini.

Antropologi Sosial memiliki banyak aplikasi praktis dalam pekerjaan mereka yang berlaku untuk sejumlah bidang karier. Dalam bidang ini, ada banyak pekerjaan seru dan menarik yang bisa kamu pilih. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang dapat kamu lakukan dengan gelar Antropologi Sosial.

1. Sosiolog

Sosiolog

* sumber: www.careergirls.org

Sosiolog bekerja di bidang yang terkait erat dengan Antropologi Sosial dan biasanya berkonsentrasi pada pemahaman bagaimana berbagai kelompok dalam masyarakat dapat mempengaruhi perilaku. Profesi ini menghabiskan karir mereka melakukan studi tentang bagaimana orang berperilaku dan ini sebanding dengan kepentingan Antropolog Sosial.

Seorang Sosiolog juga dapat berperan dalam menghasilkan rekomendasi yang berkaitan dengan masalah sosial misalnya dapat memberi tahu pejabat terpilih tentang kemungkinan dampak dari hal-hal seperti kebijakan pendidikan.

2. Psikolog

Psikolog

* sumber: www.babyjimaditya.com

Jurusan Antropologi Sosial membuat kamu belajar untuk memahami bagaimana kelompok orang berperilaku dan karena alasan itu sebagian lulusan dari jurusan ini mungkin tertarik pada karier sebagai Psikolog. Seorang Psikolog juga melakukan penelitian atas faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia, dan seperti interaksi dengan orang lain.

Psikolog dapat bekerja untuk  melakukan proyek penelitian dan mengevaluasi data atau merawat pasien yang memiliki masalah terhadap perilaku.

3. Penulis

Penulis

* sumber: www.careermetis.com

Lulusan Antropologi Sosial dapat mengejar pekerjaan sebagai penulis bagi kamu yang senang dengan bidang ini. Menjadi seorang Penulis membuat kamu dapat fokus pada penelitian yang berkaitan dengan Antropologi Sosial dan berbagi wawasan melalui bahan cetak seperti buku atau laporan.

Sementara Penulis umumnya mempersiapkan karir mereka dengan meraih gelar dalam bidang seperti Jurnalisme, dengan keterampilan menulis yang kuat dan pelatihan di bidang khusus dalam Antropologi Sosial, kamu dapat mengejar karir menulis buku teks atau jenis pekerjaan lain yang terkait ke bidang spesialisasinya.

Atau bagi kamu yang senang menulis tentang perjalanan atau traveling, kamu juga bisa menjadi Penulis Traveling. Karena Seorang Penulis Perjalanan yang baik akan berinteraksi dengan penduduk setempat, makan dengan penduduk setempat dan menghabiskan waktu seperti penduduk setempat.

Keterampilan berpikir kritis yang kamu peroleh selama belajar di universitas akan membantu kamu menganalisis pengalamanmu. Jadi skill menulis dan ilmu dari jurusan ini sangat cocok untuk digabungkan menjadi salah satu pilihan karir yang menarik

4. Analis Riset Pasar

Analis Riset Pasar

* sumber: asuonline.asu.edu

Jika kamu seorang individu yang percaya diri, baik dalam menganalisis data dan dapat menghadapi tantangan dalam mengkomunikasikan informasi dalam jumlah besar, karier sebagai Analis Peneliti Pasar mungkin cocok untuk kamu.

Analis Riset Pasar bertugas membantu perusahaan membuat keputusan bisnis dengan menyelidiki tren konsumen. Karena studi Antropologi Sosial akan membuat kamu belajar pada faktor budaya yang dapat mendorong orang untuk membuat keputusan pembelian.

Sebagian orang mungkin menemukan bahwa ini adalah bidang yang memungkinkan mereka untuk menggunakan keterampilan mereka dan melanjutkan penelitian dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan Antropologi Sosial.

Profesi ini juga bertugas menilai informasi dan membuat rekomendasi tentang barang mana yang menurut mereka akan dibeli oleh kelompok orang yang berbeda dan dapat membantu perusahaan menentukan berapa banyak biaya untuk produk tersebut.

5. Asisten Pelayanan Sosial

Asisten Pelayanan Sosial

* sumber: www.michiganradio.org

Seorang Asisten Layanan Sosial dapat mengambil berbagai tugas yang membantu pekerja sosial memberikan layanan kepada klien. Istilahnya profesi ini dapat menjadi “payung” bagi sejumlah pekerjaan yang berbeda termasuk pekerja muda, konselor kecakapan hidup atau pekerja penjangkauan masyarakat.

Seorang Asisten di bidang pekerjaan sosial mungkin bekerja dengan populasi tertentu seperti pecandu, orang tua, veteran atau imigran. Di sisi lain, pekerjaan ini mungkin berfokus pada orang-orang yang menghadapi krisis kehidupan tertentu seperti perceraian, pengangguran atau penyakit.

Selain itu pekerjaan ini juga dapat membantu mantan narapidana dalam reintegrasi ke dalam kehidupan di luar penjara, membantu orang-orang yang sakit mental dalam mengakses layanan yang dibutuhkan atau membantu orang-orang cacat menemukan pekerjaan.

Profesi ini dapat bekerja untuk lembaga pemerintah atau untuk organisasi nirlaba. Tempat perlindungan, rumah sakit, dan rumah kelompok juga merupakan pengaturan yang khas. Asisten memegang posisi yang sangat penting dalam bidang pekerjaan sosial, dan beberapa orang mungkin tetap dalam posisi ini sepanjang karier mereka.

6. Konservator Museum

Konservator Museum

* sumber: icon.org.uk

Bagi kamu yang tertarik bekerja di museum, berkarir sebagai Konservator Museum bisa menjadi pilihan yang tepat. Seorang Konservator memainkan peran penting dalam kehidupan setiap museum, mendokumentasikan, melestarikan, dan memulihkan artefak langka dan sisa-sisa arkeologi.

Mengandalkan pengetahuan mereka tentang budaya di masa lalu, profesi ini akan melakukan tes kimia dan fisik pada benda-benda seperti tulang prasejarah, keramik kuno, atau permadani barok untuk menentukan usia benda-benda tersebut.

Pekerjaan ini juga menilai apa yang harus dilakukan untuk melindungi setiap artefak sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung museum selama beberapa dekade mendatang.

7. Petugas Layanan Asing

Petugas Layanan Asing

* sumber: www.careercontessa.com

Seorang Petugas Layanan Asing bekerja untuk pemerintah, melayani sebagai diplomat di negara asing. Petugas Layanan Asing harus memahami konteks sosial dan budaya negara tempat mereka bekerja.

Dengan mengikuti pelatihan Antropologi, maka akan memungkinkan kamu untuk mempelajari kebiasaan dan norma-norma di wilayah layanan mereka untuk melaksanakan kegiatan diplomatik secara terpisah dan efektif.

Keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan di perguruan tinggi akan membantu lulusan Antropologi Sosial untuk membantu warga negara tersebut dengan masalah saat mereka muncul di negara yang ditugaskan. Keterampilan interpersonal, verbal, dan menulis sangat penting bagi petugas layanan asing ketika mereka melakukan pekerjaan mereka.

8. Guru Bahasa Asing

Guru Bahasa Asing

* sumber: dfat.gov.au

Jika kamu tertarik dengan dunia pendidikan, kamu bisa menjadi Guru Bahasa Asing untuk mengajarkan siswa bagaimana berbicara, menulis, dan memahami bahasa asing tertentu. Mereka juga biasanya mendidik siswa tentang negara dan budaya yang berbicara dalam bahasa yang mereka ajarkan.

Jurusan Antropologi Sosial memahami dasar budaya idiom dan seluk-beluk bahasa lainnya, sehingga mereka diperlengkapi dengan baik untuk peran ini. Karena profesi ini memerlukan antusias tentang budaya asing dan dengan terampil dapat memberikan apresiasi terhadap budaya kepada siswa mereka sebagai bagian dari pengajaran bahasa mereka.

Keterampilan berorganisasi dari jurusan ini juga berguna, karena Guru Bahasa Asing sering mengembangkan kurikulum mereka sendiri dan merencanakan rincian pelajaran. Jika kamu tidak tahu bahasa asing tetapi tertarik dengan budaya internasional, kamu mungkin juga mempertimbangkan pekerjaan mengajar di luar negeri. Ini menggabungkan hasrat Antropologi Sosial untuk bepergian dengan minat dalam pendidikan.

9. Arsipis

Arsipis

* sumber: usnhistory.navylive.dodlive.mil

Hampir Sama seperti Konservator Museum, seorang Arsiparis bekerja untuk peduli dengan pelestarian zaman dahulu . Dengan cermat dan sangat terorganisir, para profesional berbakat ini dapat bekerja di rumah sakit, organisasi pemerintah, universitas, dan banyak lembaga lainnya, bekerja dengan campuran dokumen, catatan, dan artefak eklektik yang beragam.

Tugas dari seorang Arsipis termasuk memperoleh koleksi baru, membuat deskripsi atau label, membantu pengunjung dengan proyek penelitian, dan banyak lagi.

10. Pengembangan Masyarakat

Pengembangan Masyarakat

* sumber: camaservices.org

Pengembangan Masyarakat bertujuan untuk menyatukan orang-orang. Profesi ini membutuhkan individu tanpa pamrih yang bersemangat untuk membantu orang lain. Sebagai pekerja Pengembangan Masyarakat, kamu akan membantu masyarakat untuk melakukan perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup di daerah mereka.

Kamu mungkin bekerja dengan individu, keluarga atau seluruh komunitas, serta memberdayakan mereka untuk mengidentifikasi aset, kebutuhan, peluang, hak dan tanggung jawab mereka, merencanakan apa yang ingin mereka capai dan mengambil tindakan yang sesuai, dan mengembangkan kegiatan dan layanan untuk menghasilkan aspirasi dan kepercayaan diri.

Pekerja ini bertindak sebagai penghubung antara komunitas dan sejumlah otoritas lokal lainnya dan penyedia sektor sukarela, seperti polisi, pekerja sosial dan guru. Kamu akan sering terlibat dalam mengatasi ketidaksetaraan. Proyeknya sering menargetkan masyarakat yang dirasa kurang beruntung secara budaya, ekonomi atau geografis.

Itulah beberapa prospek kerja yang menarik untuk kamu lulusan Antropologi Sosial. Walaupun jurusan ini bukan jurusan yang populer, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena masih ada banyak prospek kerja lainnya yang cocok untuk lulusan dari studi ini. Nah,jika kamu ingin berbagi info tentang prospek kerja lainnya dari jurusan ini, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Silakan berkunjung ke artikel prospek kerja sosiologi berikut untuk memperoleh referensi artikel profesi lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *