Bacaterus / Jurusan Kesehatan / 10 Prospek Kerja Analis Kesehatan yang Membantu Banyak Orang

10 Prospek Kerja Analis Kesehatan yang Membantu Banyak Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memilih jurusan kuliah yang tepat dapat memudahkan seseorang dalam meraih pekerjaan yang diimpikan. Dari sekian banyak jurusan kuliah yang ada. Salah satu salah satu yang cukup banyak diminati adalah jurusan analis kesehatan. Selain memiliki prospek kerja yang luas di lapangan, masa depan yang ditawarkan untuk jurusan yang satu ini pun cukup menjanjikan.

Nah, jika kamu salah satu orang yang bingung menentukan jurusan kuliah, maka prospek kerja yang akan Bacaterus bahas di bawah bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk memilih jurusan ini. Berikut adalah pemaparan selengkapnya.

1. Teknisi Rekam Medis

Teknisi Rekam Medis

* sumber: www.carleolegalnurseconsulting.com

Prospek kerja pertama yang bisa kamu raih ketika memilih jurusan ini adalah menjadi teknisi rekam medis. Teknisi rekam medis bertugas membuat, meninjau, dan memelihara catatan medis pasien untuk membantu keperluan tenaga medis di rumah sakit atau klinik.

Teknisi rekam medis adalah orang yang memproses dokumen pasien yang masuk dan keluar rumah sakit. Karena perannya cukup penting dalam memegang informasi, teknisi rekam medis juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan serta melaporkan informasi pasien sesuai dengan prosedur kesehatan dan hukum yang ada.

2. Pengajar Bidang Kesehatan

Pengajar Bidang Kesehatan

* sumber: www.tes.com

Kamu juga bisa menjadi seorang dosen pengajar bidang kesehatan bila memilih jurusan ini. Hanya saja untuk menjadi dosen pengajar kamu dituntut untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu termasuk orang yang menyukai tantangan, dan suka berinteraksi atau membagi pengetahuan yang kamu miliki dengan orang lain, maka pekerjaan ini memang sangat cocok.

Selain menawarkan pendapatan yang cukup tinggi, pekerjaan ini juga cukup banyak dibutuhkan di lapangan. Nah, prospek kerja yang satu ini tentu bisa menjadi motivasi bagi kamu ketika harus memilih jurusan kuliah.

3. Produce Development

Produce Development

* sumber: axerosolutions.com

Nah, jurusan analis kesehatan juga memungkinkan lulusannya untuk bekerja menjadi seorang ahli nutrisi yang bertugas mengembangkan produk di sebuah perusahaan. Posisi ini cukup berpengaruh dan sangat penting di perusahaan karena kamu sendiri akan dipercaya memegang resep dan rahasia perusahaan untuk setiap produknya.

Selain itu kamu juga akan dituntut untuk bisa melakukan inovasi dalam mengembangkan produk-produk baru yang disukai masyarakat. Nah, karena posisinya yang penting, gaji yang ditawarkan pun relatif lebih tinggi. Selain itu jenjang karier untuk pekerjaan ini cukup bagus untuk masa depan.

4. Peneliti Farmasi

Peneliti Farmasi

* sumber: www.careerstep.com

Peneliti farmasi adalah salah satu pilihan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Pekerjaan ini bisa kamu ambil ketika kamu memilih jurusan analis kesehatan. Dalam pekerjaan ini kamu akan dituntut untuk menghasilkan produk atau hasil riset yang berkualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan produknya di tengah masyarakat.

Nah, jika kamu termasuk orang yang suka melakukan berbagai penelitian, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan jenjang karir yang bagus, gaji yang ditawarkan pun bisa dibilang tinggi dan menggiurkan.

5. Ahli Gizi

Ahli Gizi

* sumber: www.honestdocs.id

Profesi selanjutnya yang juga cukup menjanjikan bagi lulusan analis kesehatan adalah menjadi seorang ahli gizi. Kepedulian masyarakat untuk hidup sehat memang semakin besar dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat potensi untuk pekerja yang satu ini semakin diminati.

Ahli gizi sendiri merupakan profesional di bidang medis yang secara khusus menangani masalah dietetika, yaitu orang yang memberi perhatian serta panduan diet bagi orang-orang untuk mencegah atau mengobati penyakit, atau menginginkan hidup lebih sehat.

Nah, selain menawarkan penghasilan yang tinggi, kamu juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umumnya banyak dialami oleh masyarakat di seluruh dunia. So, cukup menjanjikan, ya!

Baca juga: Ini Dia 10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

6. Wirausahawan

Wirausahawan

* sumber: explicitsuccess.com

Nah, selain bekerja pada perusahaan, kamu juga bisa membuka usaha kamu sendiri. Dengan berbekal ilmu yang telah kamu pelajari. Kamu mungkin bisa membuat produk sendiri, baik itu dalam bentuk industri pangan, jasa, atau penjualan produk-produk kesehatan yang mungkin dibutuhkan atau sedang trend di masyarakat.

Nah, jika kamu termasuk orang yang menyukai kebebasan atau suka mengekspresikan diri tanpa terikat dengan orang lain atau perusahaan, maka berwirausaha mungkin adalah pilihan yang pas dan cukup menjanjikan bagi kamu di masa depan.

7. Konsultan Kesehatan

Konsultan Kesehatan

* sumber: www.orlandohealth.com

Seperti yang kita ketahui kesehatan adalah hal yang utama bagi manusia. Setiap orang rela melakukan apapun untuk bisa hidup sehat. Hal tersebut tentu menjadi sebuah peluang usaha yang cukup bagus. Kesehatan sendiri menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi di era seperti sekarang. Tak heran bila semakin banyak perusahaan menawarkan berbagai macam produk terkait kesehatan masyarakat.

Nah, hal itu pula yang bisa menjadi alasan tepat bagi kamu untuk memilih jurusan analis kesehatan. Karena kamu sendiri bisa menekuni profesi sebagai konsultan kesehatan yang dibutuhkan, terutama oleh orang-orang yang peduli terhadap kesehatan.

8. Quality Control & Management

Quality Control & Management

* sumber: www.dealey.co.uk

Pekerjaan lain yang bisa kamu dapatkan ketika lulus dari jurusan ini adalah sebagai staf Quality Control dan Management. Pekerjaan ini menuntut kamu lebih teliti dan jeli dalam memastikan proses pengolahan produk sesuai dengan standar atau prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Biasanya pengawasan dilakukan sampai ke tahap pengemasan, atau mungkin pengiriman produk. Nah, pekerjaan ini sendiri merupakan salah satu lowongan pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di lapangan.

9. Petugas Laboratorium Rumah Sakit

Petugas Laboratorium Rumah Sakit

* sumber: www.thejakartapost.com

Jika kita berbicara mengenai analis kesehatan, maka salah satu pekerjaan medis lainnya yang juga cukup banyak dibutuhkan adalah di bagian laboratorium rumah sakit. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk melakukan analisa terhadap diagnosa pasien melalui berbagai tahapan di laboratorium.

Pekerjaan ini juga menuntut kamu untuk bisa bekerja sama dengan teknisi medis lain. Nah, karena banyak berkutat di laboratorium, seorang analis kesehatan sendiri kerap disebut dengan seorang laboran. Profesi ini pun bisa menjadi pilihan bagi kamu yang lulus dari jurusan analis kesehatan.

10. Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil

* sumber: m.mediaindonesia.com

Pegawai negeri sipil adalah pekerjaan yang hampir diimpikan oleh sebagai masyarakat tanah air. Meskipun  menawarkan masa depan yang cerah untuk masa depan, namun untuk mendapatkan  pekerjaan yang satu ini memerlukan usaha yang cukup keras. Kamu sendiri harus mengikuti seleksi dan tes yang diikuti oleh banyak peserta dari berbagai daerah.

Nah, meskipun terlihat sulit, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba perofesi yang dianggap sebagai profesi yang menjanjikan karier cemerlang di masa depan.

Nah, itulah 10 prospek kerja analis kesehatan yang menjanjikan untuk masa depan yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang akan kamu ambil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *