Bacaterus / Prospek Kerja / Suka Menghitung? Yuk, Cari Tahu 10 Prospek Kerja Akuntansi

Suka Menghitung? Yuk, Cari Tahu 10 Prospek Kerja Akuntansi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Bagi kamu yang sangat tertarik dengan manajemen keuangan, penganggaran dan perencanaan keuangan, gelar akuntansi dapat memberi kamu keterampilan yang kamu butuhkan untuk memulai karir akuntansi yang bermanfaat. Sementara banyak peraih gelar akuntansi mendapatkan pekerjaan sebagai akuntan dan analis bersertifikat, profesi serupa juga tersedia di banyak industri.

Keterampilan berpikir analitis dan kritis yang diperoleh dalam program akuntansi dapat membantu mempersiapkan kamu untuk memilih lebih banyak karir. Sementara banyak mahasiswa yang masih bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan dengan gelar akuntansi selain menjadi akuntan?

Jawabannya adalah banyak pilihan tersedia tergantung pada minat kamu sendiri. Berikut Bacaterus akan mengulas beberapa pilihan prospek kerja atau peluang karir yang bisa dicapai dengan gelar akuntansi.

1. Akuntan

Akuntan

* sumber: discoveraccounting.org

Profesi pertama yang sangat memungkinkan untuk lulusan akuntansi adalah menjadi seorang Akuntan. Profesi akuntan menawarkan karir bergengsi dengan banyak peluang untuk kemajuan dan berpotensi mendapatkan penghasilan tinggi.

Sebagai Akuntan, kamu akan memberikan saran, mengaudit akun, dan memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang catatan keuangan. Ini melibatkan laporan keuangan, perpajakan, audit, akuntansi forensik, keuangan perusahaan, pemulihan bisnis dan kepailitan, atau sistem dan proses akuntansi.

Kamu bisa bekerja di berbagai organisasi termasuk perusahaan publik dan industri perdagangan, serta sektor nirlaba dan publik. Bekerja secara strategis, tujuan Akuntan adalah untuk memaksimalkan keuntungan atas nama klien atau perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Akuntan Forensik

Akuntan Forensik

* sumber: www.roberthalf.com

Hampir semua transaksi perbankan, perdagangan, dan keuangan lainnya menggunakan sistem online. Tidak pernah ada potensi lebih besar untuk penipuan, penggelapan, pencurian identitas, dan penipuan. Itu sebabnya Akuntan Forensik adalah salah satu spesialisasi yang paling laris dalam akuntansi saat ini.

Akuntansi Forensik menghasilkan audit perusahaan, pemerintah atau catatan nirlaba untuk menentukan kewajiban, penipuan, dan penilaian.

Ini adalah orang yang bekerja untuk menentukan apakah di perusahaan ada orang yang memalsukan pembukuan, memberikan bukti untuk kasus pengadilan, menghasilkan perhitungan untuk perusahaan asuransi untuk menentukan jumlah utang, dan menghitung penilaian pajak tanah.

3. Aktuaris

Aktuaris

* sumber: hbculifestyle.com

Sebagai Aktuaris, kamu akan belajar cara menganalis data, mengevaluasi risiko keuangan, dan mengkomunikasikan informasi ini kepada non-spesialis. Seorang Aktuaris akan mengevaluasi, mengelola, dan memberi nasihat tentang risiko keuangan.

Mereka menggunakan pengetahuan tentang bisnis dan ekonomi, bersama dengan pemahaman tentang teori probabilitas, statistik dan teori investasi, untuk memberikan saran strategis, komersial, dan keuangan. Kamu harus menerapkan kesadaran matematis, ekonomi, dan statistik untuk situasi kehidupan nyata di dunia keuangan dan dapat mengkomunikasikan topik-topik yang sulit kepada non-spesialis.

Karena itu kamu harus menjadi komunikator yang baik untuk membahas topik yang rumit dengan cara yang sederhana. Aktuaris bisa bekerja di pemerintah, kesehatan masyarakat, keuangan dan investasi.

4. Auditor Eksternal

Auditor Eksternal

* sumber: hbculifestyle.com

Auditor Eksternal adalah pekerjaan yang menggabungkan keterampilan orang yang ahli dengan tingkat perhatian terhadap detail yang tinggi untuk membantu semua jenis bisnis dan ukuran mencapai potensi kinerja mereka.

Sebagai Auditor Eksternal, kamu akan memeriksa catatan keuangan dan data lainnya untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja perusahaan, investor dan regulator pasar. Kamu juga akan bekerja dengan klien untuk membantu mereka mengidentifikasi dan mengelola risiko di semua bidang bisnis mereka.

5. Analis Keuangan

Analis Keuangan

Lulusan Akuntasi yang baik dapat bekerja di pasar saham dan bisa menjadi seorang Analis Keuangan. Dalam profesi ini, Akuntan akan menentukan risiko dan manfaat dari kegiatan investasi, termasuk penjualan dan pembelian investasi.

Tugas seorang Analis Keuangan dapat mencakup memeriksa keuntungan finansial dan kerugian saham tertentu, reksadana, properti dan jenis investasi lainnya. Analis Keuangan akan menyiapkan laporan dan membuat rekomendasi berdasarkan data yang dianalisis dan tren pasar tentang apakah klien harus terlibat dalam pembelian atau penjualan holding investasi.

6. Penasihat Keuangan Pribadi

Penasihat Keuangan Pribadi

* sumber: www.nerdwallet.com

Menjadi seorang Penasihat Keuangan Pribadi atau personal adalah investasi cerdas di masa depan. Orang yang bekerja di bidang ini akan membantu klien untuk membuat keputusan keuangan terbaik untuk mencapai tujuan mereka dan mempersiapkan masa depan. Selain itu juga membantu mengatur rencana pensiun, dana pendidikan, dan lainnya yang selaras dengan tujuan klien.

Jika terjadi perubahan besar dalam hidup seperti perceraian atau kelahiran anak, orang akan mencari Penasihat Keuangan Pribadi untuk menganalisis situasi keuangan mereka saat ini dan merekomendasikan produk dan komitmen keuangan untuk mencapai tujuan mereka.

7. Akuntan Manajemen

Akuntan Manajemen

* sumber: www.careerbuilder.com

Citra seorang Akuntan biasanya identik dengan mengerjakan angka-angka dan diam dibalik meja kerja. Padahal pada kenyataannya, pekerja Akuntan Manajemen berbeda dan lebih melibatkan menyelesaikan dan menyusun analisis komputasi untuk menentukan strategi bisnis secara keseluruhan.

Ini termasuk menggunakan informasi di luar data aktuaria untuk memberi saran tentang tujuan bisnis, termasuk tren pemasaran atau kebijakan publik. Dalam banyak kasus, Akuntan Manajemen menggunakan keterampilan kepemimpinan untuk mengawasi Akuntan lain.

Untuk berkarir sebagai akuntan manajemen, harus menggunakan keterampilan akuntansi dan kecerdasan manajemen bisnis.

8. Estimator Biaya

Estimator Biaya

* sumber: www.projectcontrolacademy.com

Dalam konstruksi dan manufaktur, salah satu spesialisasi akuntansi terbaik yang dapat kamu pilih adalah menjadi Estimator Biaya. Ini adalah karir lain yang sangat teknis yang membutuhkan banyak pengetahuan khusus, menyatukan akuntansi, matematika, dan bisnis, bersama dengan teknik, kebijakan publik, dan bahkan perencanaan kota.

Itu karena sebuah proyek konstruksi besar, atau bahkan proyek-proyek yang relatif kecil seperti rumah atau bangunan individu, dapat memerlukan banyak analisis rumit untuk menentukan berapa banyak bahan, tenaga kerja, lisensi, dan setiap elemen lainnya yang akan menelan biaya, dan bagaimana menghasilkan keuntungan.

Estimator Biaya bekerja di bidang-bidang seperti konstruksi, manufaktur, dan teknik sipil, dan dengan pasar kerja yang terus berkembang selama beberapa tahun berikutnya.

9. Makelar Saham

Makelar Saham

* sumber: www.agensbobetpastibayar.net

Jika kamu dapat menangani lingkungan keuangan yang serba cepat dan menantang, menggunakan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan analitik yang sangat baik, bekerja sebagai Makelar Saham mungkin merupakan karir yang tepat untukmu.

Makelar Saham adalah seseorang yang membeli dan menjual saham serta sekuritas lainnya untuk klien ritel dan institusional, melalui bursa saham, dengan imbalan biaya atau komisi. Bergantung pada basis klien, stockbroking dapat berupa layanan institusional yang disediakan untuk manajer dana dan lembaga keuangan lainnya.

Serta layanan ritel diberikan kepada investor ritel, yang umumnya adalah individu kaya dan dengan siapa Makelar Saham bekerja secara langsung. Dalam semua kasus, kamu akan berurusan dengan klien secara langsung dan mengelola portofolio kekayaan mereka. Makelar Saham diharapkan untuk mengelola klien yang sudah ada dan mengembangkan bisnis baru.

10. Konsultan Bisnis dan Keuangan

Konsultan Bisnis dan Keuangan

* sumber: www.thehechtmangroup.com

Gelar dalam bidang Akuntansi dapat memberikan kamu keterampilan yang kamu butuhkan untuk bekerja sebagai Konsultan Bisnis dan Keuangan. Seorang Konsultan Bisnis dan Keuangan bertugas membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil menemukan kesuksesan finansial mereka.

Sebagai Konsultan Bisnis, kamu dapat membantu pemilik bisnis lainnya untuk mengelola biaya awal dan investasi, membuat rencana keuangan untuk bisnis mereka dan memantau pembukuan sehari-hari.

Jika tujuan kamu adalah menjadi Akuntan Keuangan, Akuntan Manajerial atau kamu tertarik pada karir alternatif untuk Akuntan, kamu akan memerlukan gelar sarjana untuk memulai karir di dunia keuangan.

Tertarik pada aspek akuntansi dan keuangan tertentu? Kamu bisa meraih gelar master dalam bidang akuntansi yang akan memungkinkan kamu menyelam lebih dalam ke bidang spesialisasi – seperti akuntansi forensik, audit atau perpajakan – dan meningkatkan keahlian kamu.

Bagi kamu yang tahu prospek kerja lain untuk lulusan Akuntansi, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar di bawah ini. Untuk kalian yang menempuh studi di jurusan hubungan internasional, simak artikel prospek kerja hubungan internasional berikut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *