Bacaterus / Prospek Kerja / 10 Prospek Kerja Menarik untuk Jurusan Administrasi Publik

10 Prospek Kerja Menarik untuk Jurusan Administrasi Publik

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Administrasi Publik adalah salah satu cabang dari bidang Administrasi. Bidang yang semakin populer ini cocok untuk orang yang tertarik untuk menjadi bagian dari bidang pelayanan publik yang luas. Ini dapat mencakup layanan yang disediakan di tingkat lokal dan negara, bidang kesehatan dan keselamatan masyarakat, pemerintah daerah, serta pendidikan.

Administrasi Publik adalah studi tentang kepemimpinan publik. Bidang ini bersifat interdisipliner, menggabungkan bidang-bidang seperti ilmu politik, ekonomi, psikologi dan banyak lagi. Jurusan Administrasi Publik mempelajari pemahaman yang signifikan tentang bagaimana kebijakan yang mempengaruhi publik dibuat, diimplementasikan dan ditingkatkan.

Orang yang bekerja dalam Administrasi Publik akan berurusan dengan masalah-masalah kritis seperti membantu organisasi memenuhi kebutuhan yang terus berubah sekaligus berusaha untuk menghindari kenaikan pajak, menerapkan teknologi informasi yang lebih baik, menghubungkan warga dan perwakilan pemerintah mereka, dan meningkatkan tanggapan untuk bencana alam.

Dalam artikel kali ini , kamu akan menemukan informasi beberapa prospek kerja yang menarik untuk lulusan Administrasi Publik.

1. Administrator Layanan Sipil

Administrator Layanan Sipil

* sumber: www.thebigchoice.com

Seorang Administrator Layanan Sipil akan bekerja di bagian front-line, kamu akan menjadi bagian penting dari departemen atau lembaga pemerintah, dan dapat memberikan layanan vital kepada publik. Layanan Sipil terdiri dari sejumlah besar departemen yang berbeda, yang menerapkan kebijakan pemerintah dan memberikan layanan kepada publik.

Administrator Layanan Sipil mungkin memiliki hubungan langsung dengan individu dan memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan nyata bagi kehidupan masyarakat, atau dapat melakukan penelitian, menyusun laporan, dan mengerjakan dokumen kebijakan.

Pekerjaan ini memiliki tugas yang berbeda-beda sesuai dengan departemen tempat kamu bekerja dan tingkat tanggung jawab yang dimiliki, tetapi kemungkinan mencakup beberapa atau semua hal seperti keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik untuk penggunanya, hingga menafsirkan dan menerapkan informasi tertulis yang rumit yang berkaitan dengan kebijakan dan prosedur.

2. Konsultan Administrasi Publik

Konsultan Administrasi Publik

* sumber: globalshapersbucharest.wordpress.com

Bagi kamu yang ahli dalam Administrasi, banyak profesional Administrasi Publik yang dapat bekerja sebagai Konsultan. Pekerjaan ini bertugas membuat rekomendasi kebijakan dan prosedural untuk anggaran rapat, tenggat waktu, dan lain-lain. Salah satu pekerjaan Administrasi Publik yang tumbuh paling cepat dalam beberapa tahun terakhir adalah bidang Konsultasi.

Orang yang bekerja sebagai Konsultan pekerjaan administrasi publik juga bertugas menganalisis operasi organisasi, membuat rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi dan mencapai tujuan, memperoleh sumber dana, dan membantu dalam mengembangkan kebijakan. Konsultan bekerja pada proyek jangka pendek dan jangka panjang.

3. Pegawai Pemerintah Daerah / PNS

Pegawai Pemerintah Daerah

* sumber: tirto.id

Sementara anggota dewan yang memutuskan kebijakan pemerintah daerah, tugas pegawainya adalah memastikan keputusan tersebut dilaksanakan, dan bahwa layanan lokal diberikan dengan benar. Petugas Pemerintah Daerah bertanggung jawab atas pengembangan praktis kebijakan dan prosedur dewan, dan perlu memastikan bahwa layanan lokal diberikan.

Pemerintah daerah menawarkan lingkungan profesional yang luas dengan prospek yang baik untuk kemajuan dan kenaikan jabatan. Ada berbagai peran petugas, dengan banyak bidang spesialis termasuk pendidikan, keuangan, kesehatan, sumber daya manusia, perpustakaan, perencanaan, regenerasi, pekerjaan sosial, hingga pariwisata.

Dalam pekerjaan ini, kamu harus memikirkan cara menerapkan kebijakan publik yang hemat biaya. Pekerjaan ini kemungkinan akan melibatkan kontak dengan anggota masyarakat, anggota dewan, administrator dan spesialis di departemen lain atau dewan atau otoritas lokal lainnya.

Beberapa jabatan, terutama peran yang lebih senior, juga melibatkan pekerjaan komite. Beberapa peran yang kurang senior akan bekerja lebih eksklusif di dalam departemen tertentu, tetapi masih dapat bertanggung jawab untuk berbagai layanan.

4. Administrator Pendidikan

Administrator Pendidikan

* sumber: www.americanluster.com

Salah satu bagian terbesar dari bidang pelayanan adalah pendidikan. Jadi tidak mengherankan bahwa kebutuhan akan Administrator Pendidikan yang berkualitas sedang meningkat. Profesi ini memberikan kepemimpinan instruksional dan manajemen harian lembaga pendidikan.

Administrator Pendidikan bertugas mengelola administrasi, sistem pendukung, dan kegiatan yang membuat lembaga pendidikan berjalan dengan lancar. Mereka biasanya berbasis di pendidikan tinggi atau lanjutan, tetapi ada peluang di sekolah dan perguruan tinggi swasta.

Sebagai Administrator Pendidikan, kamu biasanya akan bekerja di berbagai bidang seperti penerimaan, penjaminan kualitas, manajemen dan pemeriksaan data. Atau kamu juga bisa ditempatkan di departemen spesialis seperti keuangan, karier, pemasaran atau sumber daya manusia.

5. Asisten Politisi

Asisten Politisi

* sumber: www.thebalancecareers.com

Bekerja sebagai Asisten Politisi, kamu akan memberikan dukungan administratif kepada politisi terpilih. Kamu juga akan membantu dengan tugas kesekretariatan, penelitian dan publisitas. Sebutan lain untuk profesi ini adalah Asisten Parlemen atau Konstituensi, tergantung di mana kamu bekerja, atau disebut sebagai Asisten Pribadi.

Meskipun jabatan dan lokasi pekerjaan berbeda-beda, tugas dasarnya adalah melakukan apa pun yang diperlukan di balik layar untuk memungkinkan politisi mewakili konstituen mereka. Politisi umumnya memiliki antara satu dan tiga asisten.

6. Petugas Kebijakan

Petugas Kebijakan

* sumber: www.jef.eu

Untuk bekerja sebagai Petugas Kebijakan, kamu harus memiliki inisiatif yang fleksibel ke karier sebagai petugas kebijakan, agar dapat beradaptasi dengan bidang pekerjaan yang berkembang pesat ini dan membuat keputusan otonom.

Tanggung jawab kamu sebagai Petugas Kebijakan akan mencakup meneliti dan memberi nasihat tentang berbagai masalah, melakukan pekerjaan pengembangan dan berhubungan dengan kontak internal dan eksternal. Tetapi Bergantung pada peran kamu, kamu mungkin juga terlibat dalam kampanye perubahan.

Petugas Kebijakan umumnya memiliki tanggung jawab seperti melakukan penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi, mengembangkan keahlian dalam bidang tertentu, atau memanfaatkan keahlian orang lain, tetap up to date dengan perkembangan sosial, politik dan ekonomi, hingga memberikan saran kepada pemangku kepentingan.

7. Housing Officer

Housing Officer

* sumber: www.sanctuary-housing.co.uk

Berkarir menjadi Housing Officer atau perumahan sosial mungkin cocok untuk kamu jika tertarik untuk membantu orang yang kurang beruntung dan dapat mengubah beban kerja yang sibuk dan beradaptasi dengan cepat untuk berubah.

Housing Officer bertugas membantu klien dalam menemukan perumahan permanen. Mereka bekerja atas nama lembaga pemerintah untuk memastikan bahwa mereka yang berpenghasilan terbatas atau kebutuhan khusus memahami dan menyelesaikan proses yang diperlukan.

Tanggung jawab khusus dapat mencakup memelihara daftar perumahan yang tersedia untuk klien, melakukan wawancara dan mengajarkan topik literasi keuangan seperti penganggaran. Pekerjaan ini umumnya akan bekerja dengan klien tertentu, seperti tuna wisma, kelompok minoritas, atau penyandang cacat.

8. Manajemen Pelayanan Kesehatan

Manajemen Pelayanan Kesehatan

* sumber: www.concorde.edu

Jika kamu memiliki motivasi diri serta tertarik pada layanan kesehatan dan memiliki keterampilan komunikasi, pengorganisasian dan pengambilan keputusan yang sangat baik, pertimbangkan karier di bidang Manajemen Layanan Kesehatan.

Sebagai Manajer Layanan Kesehatan, kamu akan bertanggung jawab untuk menjalankan rumah sakit, dokter umum, dokter umum atau layanan kesehatan masyarakat secara strategis, finansial dan sehari-hari.

Ada sejumlah besar peran manajerial dalam layanan kesehatan, termasuk yang ada di bagian keuangan, sumber daya manusia (SDM), manajemen klinis, manajemen staf, manajemen dan pengadaan proyek, manajemen informasi, manajemen fasilitas, dan manajemen operasional.

Bekerja di lingkungan kesehatan swasta, kamu akan mengatur biaya, pengiriman, dan kualitas layanan kesehatan. Kamu juga akan bekerja dengan staf klinis dan non-klinis, serta organisasi mitra lainnya, sambil mempertimbangkan tuntutan kebijakan politik dan keadaan setempat.

9. Rekan Penelitian

Rekan Penelitian

* sumber: wwwf.imperial.ac.uk

Pekerjaan lain yang mungkin dalam karir Administrasi Publik adalah bekerja sebagai Rekan Penelitian. Tugas kamu adalah melakukan penelitian dan wawancara, serta mengumpulkan bahan penelitian dan menulis laporan penelitian. Profesi ini bukan hanya pengaturan jangka terbatas yang mengandalkan dana penelitian dari organisasi federal atau perusahaan swasta.

Rekan Penelitian atau Research Associate adalah posisi akademis yang dilengkapi dengan pekerjaan formal. Selain itu tugas kamu adalah menawarkan konsultasi dan bantuan dengan tugas-tugas penelitian kepada fakultas dan mahasiswa di departemen kamu yang membutuhkan bantuan dengan sisi teknis penelitian mereka.

Kamu dapat direkrut oleh universitas untuk berbagai tugas yang berkaitan dengan penulisan hibah penelitian untuk departemen hibah, atau oleh sekolah pascasarjana yang membutuhkan seseorang untuk membantu siswa doktoral dengan penelitian untuk disertasi.

10. Penulis Dana Nirlaba

Penulis Dana Nirlaba

* sumber: thewritelife.com

Penulis Dana Nirlaba menggunakan pengetahuan mereka tentang sistem publik dan komunikasi tertulis untuk mendapatkan dana bagi organisasi. Mereka meneliti peluang dana, mengumpulkan dokumen, menyusun proposal, dan berkomunikasi dengan donor untuk mendapatkan dana yang membantu organisasi mereka memajukan misi dan pekerjaan mereka.

Itulah beberapa prospek kerja menarik bagi kamu yang ingin mempelajari studi Administrasi Publik. Jika kamu yang ingin bekerja dengan banyak orang, memilih salah satu karir di atas yang sesuai dengan kamu. Kamu ingin berbagi informasi tentang prospek kerja jurusan Administrasi Publik lainnya? Silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Baca juga artikel prospek kerja jurusan antropologi sosial ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *