Bacaterus / Prospek Kerja / 11 Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

11 Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Gelar Administrasi Bisnis cukup populer karena beberapa alasan. Bisnis merupakan hal yang akan selalu ada dan setiap bisnis membutuhkan pemimpin dan jenis pendidikan serta pelatihan yang tepat. Administrasi Bisnis adalah salah satu bidang yang luas yang menggabungkan banyak jenis posisi manajemen.

Dari perusahaan besar hingga bisnis mandiri, setiap operasi membutuhkan administrator yang terampil supaya berhasil. Kurikulum dalam jurusan ini dirancang untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana merencanakan secara strategis untuk menciptakan nilai organisasi dan menguasai prinsip-prinsip keuangan.

Selain itu, kamu juga akan memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana memimpin proyek di semua bidang bisnis. Apakah kamu tertarik untuk belajar Administrasi Bisnis? Kira-kira apa saja ya prospek kerjanya? Cari tahu informasi lengkapnya dari Bacaterus di bawah ini.

1. Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis

* sumber: jojonomic.com

Konsultan Bisnis atau disebut juga sebagai Konsultan Manajemen bertugas membantu perusahaan mengusulkan cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Kamu akan memberi saran kepada manajer tentang cara membuat organisasi yang lebih menguntungkan melalui pengurangan biaya dan peningkatan pendapatan.

Konsultan Bisnis umumnya mengatur informasi tentang masalah dan merancang prosedur untuk perbaikan, merekomendasikan sistem baru dan perubahan organisasi, serta berdiskusi dengan manajer untuk memastikan perubahan kerja.

2. Manajer Penjualan

Manajer Penjualan

* sumber: callproof.com

Manajer Penjualan bertugas mengawasi tim penjualan perusahaan dan pada akhirnya bertanggung jawab atas produksi pendapatan dalam suatu organisasi. Tanggung jawab tersebut biasanya mencakup penjualan, menganalisis data, dan mengembangkan program pelatihan untuk perwakilan penjualan organisasi.

Selain itu kamu juga akan menyelesaikan keluhan pelanggan, menyiapkan anggaran dan menyetujui pengeluaran, menganalisis preferensi dan penjualan pelanggan, memproyeksi penjualan, menentukan profibilitas produk dan layanan, dan mengawasi program pelatihan staf.

3. Analisis Keuangan

Analisis Keuangan

* sumber: www.onlinedegreehelp.org

Jurusan Administrasi Bisnis akan membuat kamu belajar untuk menilai kekuatan dan kelemahan bisnis serta menganalisis tren di berbagai industri. Seorang Analis Keuangan memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengevaluasi perusahaan, industri, dan investasi terkait untuk klien atau perusahaan induknya.

Kamu akan menginterpretasikan laporan keuangan, menghitung rasio dan metrik lainnya, menulis laporan dengan rekomendasi untuk investasi dan alokasi sumber daya perusahaan. Untuk mendapatkan keterampilan tersebut, kamu bisa mempelajari akuntansi, keuangan, ekonomi, dan matematika yang merupakan bagian dari jurusan ini.

4. Akuntan

Akuntan

* sumber: www.talk-business.co.uk

Bagi kamu yang senang mengurus dan menghitung uang, kamu bisa memilih profesi sebagai Akuntan. Akuntan akan bertugas membantu perusahaan untuk membiayai operasi, menghemat uang, dan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Kamu akan mendapatkan keterampilan tersebut yang dipelajari dalam jurusan ini untuk membuat keputusan yang baik tentang sumber daya organisasi.

Akuntan akan melakukan audit dan menyediakan jasa konsultasi dan perencanaan pajak. Terkadang Akuntan sering beralih ke posisi kepemimpinan dalam divisi keuangan perusahaan atau perusahaan klien. Semua jenis bisnis termasuk organisasi nirlaba pemerintah dan organisasi pendidikan membutuhkan jasa seorang akuntan.

5. Manajer Sumber Daya Manusia

Manajer Sumber Daya Manusia

* sumber: quantumperformanceinc.com

Sebagai Manajer SDM, kamu akan menangani fungsi administrasi perusahaan. Yang berarti kamu akan mengawasi perekrutan, wawancara, dan mencari karyawan. Kamu juga akan berkonsultasi dengan eksekutif lain tentang perencanaan strategis dan berfungsi sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan.

Tugas khusus lainnya termasuk merencanakan dan mengkoordinasikan tenaga kerja perusahaan untuk menggunakan talenta karyawan terbaik, memberi nasihat kepada manajer tentang kebijakan perusahaan, seperti kesetaraan kesempatan kerja dan peraturan pelecehan seksual.

Selain itu juga mengawasi spesialis dan staf pendukung, menengahi perselisihan, dan mengarahkan prosedur disipliner.

6. Petugas Pinjaman Komersial

Petugas Pinjaman Komersial

* sumber: smartasset.com

Pekerjaan ini membuat kamu memberikan rekomendasi tentang bisnis apa yang harus dilakukan klien dan mengurus yang tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Jumlah pinjaman komersial mungkin lebih tinggi daripada pinjaman konsumen biasa, karena dapat digunakan untuk menutupi biaya operasi bisnis atau untuk membiayai pembelian atau peningkatan modal.

Dalam banyak kasus, banyak bank yang terlibat karena satu bank mungkin tidak dapat membawa pinjaman dengan sendirinya. Kamu memerlukan keterampilan keuangan tingkat tinggi, dan juga kecerdasan emosional.

7. Aktuaris

Aktuaris

* sumber: hbculifestyle.com

Jurusan Administrasi Bisnis membuat kamu berkesempatan untuk bekerja dalam industri asuransi dengan bekerja sebagai Aktuaris. Aktuaris bertanggung jawab menghitung probabilitas peristiwa berisiko seperti kematian, cedera, kecelakaan, kebakaran, dan penyakit. Yang di mana perusahaan asuransi akan bertanggung jawab untuk membayar klaim.

Kamu akan memanfaatkan pengetahuan akuntansi, keuangan, dan ekonomi serta melakukan analisis skenario yang kompleks berdasarkan profil demografis. Aktuaris akan menggunakan spreadsheet, database, dan perangkat lunak statistik untuk melakukan analisis.

Selain itu kamu juga harus memiliki keterampilan menulis, presentasi, dan sifat persuasif yang kuat untuk mendapatkan dukungan dari rekan kerja untuk proposal mereka.

8. Pengacara Perusahaan

Pengacara Perusahaan

* sumber: lawcorner.in

Pengacara perusahaan berbeda dengan pengacara hukum biasa. Pekerjaan ini mempraktikkan hukum perusahaan atau bisnis yang telah dipelajari dari pengetahuan entitas bisnis dan praktik yang diperoleh selama mempelajari jurusan ini. Jurusan Administrasi Bisnis ini mengembangkan dasar yang kuat untuk bidang hukum perusahaan seperti kebangkrutan, sekuritas, kontrak, merger, koleksi, dan penggabungan.

Keterampilan penelitian, penulisan dan presentasi yang dikembangkan dari jurusan ini membantu kamu untuk memperoleh posisi sebagai seorang Pengacara Perusahaan.

9. Manajer Umum dan Operasional

Manajer Umum dan Operasional

* sumber: hospitalityinsights.ehl.edu

Jika kamu tertarik untuk bekerja di bagian manajer, untuk ke depannya kamu bisa naik jabatan menjadi seorang Manajer Umum dan Operasional. Pekerjaan ini bertugas mengawasi operasi yang terlalu beragam untuk diklasifikasikan ke dalam satu bidang manajemen atau administrasi.

Tanggung jawabnya dapat mencakup merumuskan kebijakan, mengelola operasi sehari-hari, dan merencanakan penggunaan bahan dan sumber daya manusia. Kamu juga akan membuat jadwal karyawan, menugaskan pekerjaan, dan memastikan proyek selesai. Di beberapa perusahaan, tugas direktur utama mungkin tumpang tindih dengan tugas Manajer Umum dan Operasi.

10. Reporter Bisnis

Reporter Bisnis

* sumber: www.mediaweek.com.au

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis dan suka berkomunikasi mengenai bisnis, menjadi seorang Reporter Bisnis cocok untukmu. Media cetak, siaran, dan media elektronik lainnya menyediakan liputan yang luas tentang berbagai peristiwa dan perkembangan di sektor bisnis dan keuangan.

Jurusan Administrasi Bisnis membuat kamu belajar menganalisis perusahaan dan industri serta menyusun ringkasan tertulis dari temuan seperti halnya seorang wartawan. Kamu akan mengembangkan keterampilan komunikasi dan presentasi yang dibutuhkan untuk mengartikulasikan konten tentang dunia bisnis dengan jelas.

11. Guru Ilmu Bisnis

Guru Ilmu Bisnis

* sumber: goldstarteachers.com

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang guru dan ingin berbagi ilmu tentang bisnis, kamu bisa mengajar di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Kamu membutuhkan pengetahuan dasar yang luas dalam pemasaran, manajemen, keuangan, dan akuntansi untuk menjalankan peran ini secara efektif.

Dibutuhkan komunikasi verbal yang kuat dan keterampilan interpersonal untuk melibatkan siswa. Merencanakan dan menyajikan pelajaran yang merangsang adalah kunci keberhasilan sebagai seorang guru. Jurusan Administrasi Bisnis dapat memanfaatkan beragam pendekatan pengajaran yang kamu temui saat menyelesaikan studi tersebut.

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih jika kamu ingin mempelajari Administrasi Bisnis. Kira-kira profesi mana nih yang akan kamu pilih setelah menyelesaikan kuliah nanti? Bagi kamu yang tahun tentang prospek kerja lainnya dari Administrasi Bisnis, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Kunjungi juga artikel prospek kerja jurusan hubungan internasional untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *