bacaterus web banner retina

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 Juli 2021

Ajang Beauty Pageant memang sedang naik daun di Indonesia, semenjak kemenangan Ariska Putri Pertiwi di ajang Miss Grand International tahun 2016. Sebenarnya Indonesia memiliki prestasi di berbagai ajang beauty pageant dunia. Salah satunya adalah ajang Miss Universe, ajang kecantikan dunia yang paling terkenal di Indonesia.

Indonesia memang sering sekali mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kontes kecantikan tertua kedua di dunia ini. Bahkan di tahun 2019 lalu, Indonesia berhasil menempatkan perwakilannya masuk dalam posisi top 10. Saat itu Putri indonesia 2019 Frederika Alexis Cull menjadi perwakilan Indonesia yang dikirim ke Atlanta, Amerika.

Selain prestasi yang diberikan Frederika Alexis Cull, kira-kira sejauh mana prestasi Indonesia di ajang Miss Universe ini? Informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

1. Frederica Alexis Cull

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 1Sumber: thejakartapost.com

Frederika Alexis Cull adalah satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil menempatkan dirinya dalam jajaran top 10 Miss Universe tahun 2019. Keberhasilan Frederica masuk dalam 10 besar ini tentu membuat para pageant lovers di Indonesia sangat bahagia. Apalagi ini adalah prestasi tertinggi yang pernah didapatkan Indonesia selama mengikuti ajang Miss universe.

Frederica Alexis Cull ini sebenarnya lahir di Gold Coast, Australia pada 5 Oktober 1999. Frederica mewakili DKI Jakarta 1 sebagai perwakilan dari provinsi DKI Jakarta dan terpilih sebagai Puteri Indonesia 2019. Dalam akun Instagram @officialputeriindonesia, Frederika kerap menunjukkan beberapa latihan dan photoshoot yang ia lakukan selama persiapan menuju perlombaan Miss Universe 2019.

2. Sonia Fergina Citra

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 3

Perwakilan Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam ajang Miss Universe adalah Sonia Fergina Citra. Perempuan kelahiran Tanjung Pandan pada 27 April 1993 ini berhasil menempatkan dirinya dalam posisi top 20 Miss Universe 2018. Tak hanya itu prestasi lainnya dari Sonia adalah berhasil masuk dalam top 10 Best National Costume.

Saat itu Sonia membawakan kostum yang menampilkan keindahan burung Cendrawasih yang berasal dari Papua. Burung yang dikenal sebagai burung surgawi ini berhasil membuat penampilan Sonia terlihat sangat elegan dan mencolok. Kejutan pun ditampilkan saat Sonia berbalik, dimana kostum ini terkesan membuat Sonia adalah burung yang sedang terbang.

3. Artika Sari Devi Kusmayadi

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 5Sumber: klikdokter.com

Tentu saja nama Artika Sari Devi Kusmayadi tidak bisa ditinggalkan sebagai perwakilan Indonesia pertama yang berprestasi. Pasalnya Artika Sari Devi membuka peluang bagi perwakilan Indonesia lainnya untuk bisa unjuk kemampuan di ajang Miss Universe. Menjadi Puteri Indonesia 2004, Artika berhasil masuk dalam top 15 di Miss Universe 2005.

Kesuksesan Artika Sari Devi masuk dalam 15 besar dalam ajang ini menjadi jawaban dari isu miring mengenainya. Pasalnya sebelum keberangkatan Artikel ke Thailand, ia sempat diterpa skandal foto syur yang disebut-sebut mirip dirinya. Artika membantah berita miring tersebut dengan memberikan prestasi pertama untuk Indonesia di ajang Miss Universe 2005.

4. Whulandary Herman

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 7

Selanjutnya ada nama Whulandary Herman, Puteri Indonesia 2013 ini berhasil bertengger di top 16 dalam ajang Miss Universe 2013. Perlombaan yang diadakan di Moskow ini tidak hanya membawa Whulandary Herman masuk dalam 16 besar saja. Pasalnya Whulandary juga berhasil mendapatkan predikat runner-up ke 3 dalam sesi Best National Costume.

Pada saat itu Whulandary memakai kostum bertemakan Reog, kostum indah dan megah miliknya berhasil memukau para juri dan penonton yang hadir saat itu. Kostum yang digunakan Whulandary ini juga bukan kostum biasa lho. Pasalnya kostum ini didesain secara khusus, dimana kostum dari Solo Batik Fashion ini dibuat selama satu tahun.

5. Elvira Devinamira Wirayanti

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 9Sumber: sooperboy.com

Beralih ke Elvira Devinamira Wirayanti, Puteri Indonesia 2014 ini berhasil membawa pulang gelar Best National Costume untuk Indonesia. Elvira yang dikirim untuk mengikuti ajang Miss Universe 2014 ke Amerika Serikat ini berhasil memukau para juri dengan kostum bertemakan Candi Borobudur. The Chronicle of Borobudur adalah busana yang dirancang secara khusus oleh Dynand Fariz.

Dynand Fariz ini bukanlah nama asing di dunia perancang busana Indonesia. Beliau adalah penggagas dan pendiri dari Jember Fashion Carnaval. Elvira berhasil membawa kostum seberat 20 kg ini dengan sangat baik, apalagi hiasan kepalanya juga tidak kalah megah. Prestasi Elvira di ajang ini juga bukan itu saja, pasalnya ia berhasil masuk hingga top 16 di Miss Universe 2014.

Baca juga: Wanita India yang Menjadi Ratu Kecantikan Dunia

6. Anindya Kusuma Putri

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 11

Perempuan kelahiran Semarang pada 3 Februari 1992 ini berhasil kembali membawa nama Indonesia ke top 15 dalam ajang Miss Universe 2015. Keberhasilan Anindya untuk kembali menempatkan Indonesia dalam posisi 15 besar tentu disambut bahagia. Dikutip dari VOA, Anindya tidak pernah menyangka bahwa ia bisa mengikuti Miss Universe. 

Pasalnya menurut Anindya, sejak kecil ia menonton Miss Universe dan merasa bahwa untuk bisa ikut dalam ajang ini haruslah perfect. Ia menambahkan bahwa, merinding ketika nama Indonesia disebut untuk melaju ke top 15. Anindya Kusuma Putri sempat terkena kontroversi karena foto memakai baju merah berlambang palu arit. Baju ini Anindya dapatkan dari mahasiswa asal Vietnam saat pertukaran pelajar di Semarang.

7. Kezia Roslin Cikita Warouw

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 13Sumber: thejakartapost.com

Kezia Roslin Cikita Warouw adalah pemenang Puteri Indonesia 2016 dan dikirim untuk mengikuti Miss Universe 2016. Mendapatkan dukungan dari salah satu desainer ternama Indonesia yaitu Ivan Gunawan yang membuat baju bernama “Kejora”. Baju ini digunakan oleh Kezia Warouw di sesi evening gown dalam Preliminary Competition Miss Universe 2016.

Meski tidak sempat menunjukkan baju ini pada malam final Miss Universe, Kezia Warouw berhasil masuk dalam Top 13. Kezia juga menampilkan kostum nasional dengan nama “Unity in Diversity” yang berhasil memukau penonton yang hadir. Selain itu Kezia juga mendapatkan penghargaan khusus sebagai Miss Phoenix Smile.

8. Zivanna Letisha Siregar

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 15

Zivanna Letisha Siregar atau yang kerap disapa Zizi ini adalah Puteri Indonesia tahun 2008. Zizi dikirim sebagai perwakilan Indonesia untuk mengikuti kompetisi Miss Universe 2009 di Atlantis Paradise Island, Bahama. Meski tidak berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe ke Indonesia, Zizi justru memenangkan vote sebagai Miss Popularity.

Zizi mendapatkan nilai tertinggi dalam situs web resmi Miss Universe tahun 2009. Dalam ajang ini Zivanna membawakan kostum nasional indonesia yang terinspirasi dari karakter pewayangan. Zivanna membawakan kostum Srikandi lengkap dengan panah dan busurnya seperti tokoh aslinya. Kostum ini dipilih untuk menunjukkan karakter wanita yang kuat dan tangguh seperti Srikandi.

9. Nadine Chandrawinata

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 17

Siapa yang tidak mengenal nama Nadine Chandrawinata di dunia entertainment dan perfilman Indonesia. Sebelum memulai karirnya sebagai pemain film dan presenter, Nadine Chandrawinata berhasil menjadi Puteri Indonesia 2005. Nadine juga dikirim ke Los Angeles untuk mengikuti ajang Miss universe 2006 yang diselenggarakan di Amerika Serikat.

Meski tidak berhasil lolos ke babak final, Nadine Chandrawinata berhasil meraih posisi kedua dalam sesi Best National Costume. Saat itu Nadine membawakan busana bertemakan “Ratu Kencono Wungu” karya dari desainer ternama Anne Avantie. Nadine berhasil membawakan busana tersebut dengan sangat baik dan memukau para juri Miss Universe 2005.

10. Maria Selena Nurcahya

10 Prestasi Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 19

Sama seperti Nadine Chandrawinata, siapa sih yang tidak mengenal Maria Selena sebagai salah satu selebriti Indonesia. Sebelum memulai karirnya di dunia entertainment seperti sekarang, Maria Selena dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2011. Maria Selena dikirim ke Las Vegas untuk mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2012.

Meski tidak bisa menempatkan dirinya masuk dalam final, Maria Selena berhasil masuk dalam top 10 Best National Costume. Maria Selena memakai kostum bertema “Garuda” yang didominasi warna merah dan putih. Kostum yang digunakan Maria Selena ini ternyata berasal dari konsep karnaval dari Solo Batik Carnival yang mengusung tema Garuda.

Meski belum berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe ke tanah air, setidaknya prestasi Indonesia selama mengikuti ajang Miss Universe ini terus meningkat. Tahun ini Rr. Ayu Maulida Putri akan menjadi perwakilan Indonesia di Miss Universe 2021.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram