Bacaterus / Tidur / 9 Posisi Tidur yang Baik dan Benar agar Tidur Lebih Nyenyak

9 Posisi Tidur yang Baik dan Benar agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Januari 2019

Pastinya setiap orang ingin merasakan memiliki tubuh bugar dan fresh ketika bangun tidur di pagi hari. Rasanya ada beberapa waktu di mana setelah Anda bangun tidur di pagi hari badan terasa lelah dan pegal-pegal. Hal tersebut tak lain adalah pengaruh dari kesalahan posisi tidur. Lantas, bagaimana posisi tidur yang benar agar tidak pegal-pegal saat bangun?

Berikut kami punya 9 posisi tidur yang benar. For your information, ternyata posisi tidur yang salah dapat menyebabkan berbagai penyakit persendian dan tulang lho, seperti skoliosis dan lordosis. Bahkan, posisi tidur dapat berpengaruh pada sistem kesehatan organ di dalam tubuh. Jadi, agar badanmu lebih sehat, yuk benarkan posisi tidur!

9 Posisi Tidur yang Sehat untuk Tubuh

1. Posisi Telentang dengan Tangan ke Atas

* sumber: footage.framepool.com

Posisi ini merupakan posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Pasalnya, posisi tidur seperti ini dapat menyehatkan punggung dan rileksasi tangan telentang ke atas dapat memperlancar sirkulasi darah di area wajah serta dapat menghindari kerutan. Hal ini terjadi karena adanya keterikatan antara otot saraf pada area tangan dengan wajah.

2. Posisi Telentang dengan Tangan di Bawah

Posisi Telentang dengan Tangan di Bawah

* sumber: biology-forums.com

Posisi telentang dengan tangan di bawah ini menurut pakar penelitian ahli psikologi sekaligus dokter asal Amerika dr. Michael Breus, PhD menyatakan bahwa posisi seperti ini sangat baik bagi tulang leher dan tulang belakang. Namun, posisi yang satu ini tidak cocok bagi mereka yang menderita obesitas karena dapat memengaruhi sistem pernapasan dan dapat menyebabkan apnea (henti nafas).

Posisi ini juga dikenal sebagai posisi tidur idaman wanita karena dapat membantu mengencangkan payudara karena tarikan dari tulang belakang. Selain itu, disebutkan juga bahwa posisi tidur ini dapat mengurangi sakit kepala dan membantu memperbaiki postur tubuh.

3. Posisi Setengah Tengkurap

* sumber: drchrisbakerdc.wordpress.com

Posisi tidur setengah tengkurap ini merupakan posisi tidur yang cukup baik bagi pencernaan. Pasalnya, posisi ini dapat membuat sistem pencernaan terasa lebih rileks dan posisi ini dapat lebih nyaman apabila terdapat bantal di area bawah pencernaan.

Posisi setengah tengkurap ini juga rawan menyebabkan henti nafas atau apneu. Untuk itu, bagi Anda yang tidak pernah melakukan posisi tidur seperti ini dan memiliki obesitas maka hindari penggunaan posisi tidur secara tengkurap.

4. Posisi Meringkuk

* sumber: www.ghafla.com

Posisi meringkuk ini sangat cocok bagi ibu hamil karena berbagai sumber kesehatan menyatakan bahwa posisi tersebut adalah posisi yang aman untuk bayi dan dapat meningkatkan kelancaran pada sirkulasi darah ibu dan janin dalam kandungan.

Tidur meringkuk sangat bagus apabila miring ke kiri karena dapat membantu dalam penguatan liver dan jantung. Hal ini juga dapat dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah dalam tidur mendengkur.

5. Posisi Tidur Miring ke Kanan

* sumber: greatist.com

Posisi tidur miring ke kanan ini bukan hanya bagus sesuai perintah dari pakar kesehatan, menurut keyakinan Muslim, posisi tidur miring ke kanan ini juga posisi sunnah yang dianjurkan oleh Rosulullah.

Hal ini memengaruhi proses keluar masuk oksigen agar lebih lancar dan dapat menghindari dari henti nafas secara mendadak. Posisi tidur ini juga dipercaya dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik dan sempurna.

6. Posisi Tidur Miring dengan Tangan ke Depan

* sumber: www.verywellhealth.com

Posisi tidur dengan tangan ke depan ini dipercaya sangat cocok bagi Anda yang berbadan obesitas. Hal ini dikarenakan posisinya rileks dan dapat menghilangkan masalah apnea maupun mendengkur.

Kondisi tangan yang menuju arah depan tidak akan memberikan tekanan kepada tubuh lain sehingga posisi tubuh nyaman dan sirkulasi oksigen akan berjalan dengan normal. Anda bisa mengganjal bantal pada sela tangan untuk mendapatkan rileksasi yang lebih mudah dan nyaman.

7. Posisi Tidur dengan Miring Kiri

Posisi Tidur dengan Miring Kiri

* sumber: www.100percentchiropractic.com

Dr. Michael Breus menyampaikan bahwa tidur dengan posisi miring kiri juga bagus bagi kesehatan karena dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, posisi tidur ini dianjurkan untuk kesehatan bagi beberapa orang yang menderita asam lambung atau GERD.

Posisi ini memang sangat nyaman, apalagi tidur miring kiri ini membuat Anda tidur lebih nyenyak karena posisi ini dapat mengurangi pergerakan saat Anda tidur.

8. Penggunaan Bantal

* sumber: medium.com

Posisi bantal ketika tidur ternyata berpengaruh besar terhadap kualitas tidur Anda di malam hari. Penggunaan bantal yang salah juga dapat berakibat kesalahan posisi tidur. Sebaiknya sebelum tidur, Anda mengatur posisi bantal terlebih dahulu sesuai dengan posisi tidur yang akan Anda gunakan.

Bagi Anda yang memilih posisi tidur telentang maka sebaiknya meletakan bantal di area tulang belakang di antara leher dan kepala. Lalu, pilihlah bantal dengan isian kapas karena selain empuk juga dapat membuat Anda nyaman dalam posisi tidur.

Sedangkan untuk posisi tidur menyamping, yang perlu digaris bawahi adalah bantal yang tidak terlalu tinggi agar Anda nyaman menggunakannya. Selain itu, hal tersebut berguna agar tulang leher, tulang belakang, dan punggung tetap dalam keadaan horizontal. Anda juga dapat menambahkan bantal bulat di antara ke dua lutut supaya posisi recovery.

Kemudian, posisi bantal saat Anda tidur tengkurap, usahakan bantal diletakan di bawah pelipis. Untuk posisi tidur ini, Anda perlu menghindari bantal yang terlalu empuk karena dapat menutupi kepala Anda sehingga dapat menyebabkan henti nafas dan mendengkur.

9. Hal yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

* sumber: teluguwebs.com

Ternyata selain posisi yang baik, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami untuk menciptakan tidur yang berkualitas. Terkadang, walaupun Anda sudah benar dalam posisi tidur namun tetap saja tidur tidak terasa nyenyak.

Ternyata ada beberapa pengaruh, salah satunya usahakan badan bersih dan tidak berkeringat. Melakukan mandi sebelum tidur juga ada gunanya, yaitu untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak serta menjaga daya imun sewaktu tidur.

Menghindari minum kafein yang tinggi juga salah satu cara agar tidur Anda lebih berkualitas, sebab kafein dapat menghambat proses metabolisme tidur. Anda juga dapat mengatur suhu kamar apabila menggunakan AC, usahakan jangan telalu dingin atau jangan telalu hangat, atur saja kisaran 21-25oc.

Bagi yang menggunakan kipas angin, disarankan untuk tidak langsung mengarahkan kipas angin ke badan. Sebab, banyak bahaya yang ditimbulkan saat Anda tidur dengan menghadap ke arah kipas angin yang menyala, salah satunya adalah hiportemia. Untuk mengetahui bahaya lainnya, Anda bisa kunjungi artikel 10 Bahaya Kipas Angin yang Dipakai saat Tidur ini.

Sebelum tidur pastikan Anda tidak merasa lapar dan perut sudah terisi kenyang, karena pada dasarnya rasa lapar pada tubuh dapat membuat tidur tidak berkualitas dan cenderung akan bangun di sela tidur nyenyak Anda.

Penggunaan obat anti nyamuk di area ruangan Anda juga sangat penting jika dirasa sering bangun karena gigitan nyamuk. Usahakan gunakan aromaterapi sebagai alat supaya tidur Anda lebih berkualitas.

Apabila posisi dan tidur Anda sudah baik dan hal di atas sudah dirasa dilakukan namun kualitas tidur Anda masih terganggu, Anda dapat konsultasi dengan dokter saraf atau psikiater. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui hal tepat yang harus Anda lakukan saat tidur.

Itulah posisi tidur yang baik dan benar untuk menjaga kualitas tidur yang baik. Dari kesembilan posisi di atas, mana posisi tidur yang paling nyaman buat Anda? Punya pengalaman tentang posisi tidur? Bagikan ke pembaca lainnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “9 Posisi Tidur yang Baik dan Benar agar Tidur Lebih Nyenyak”

Tinggalkan komentar