Bacaterus / Misteri Indonesia / 10 Pohon yang Dianggap Menjadi Tempat Tinggal Makhluk Halus

10 Pohon yang Dianggap Menjadi Tempat Tinggal Makhluk Halus

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Februari 2019

Perbincangan mengenai makhluk halus memang tidak ada habisnya. Tempat tinggal makhluk tak kasat mata ini selalu menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa makhluk halus seharusnya tinggal di hutan, namun ada yang percaya bahwa mereka juga bisa tinggal di tempat-tempat yang ditinggali manusia, baik itu rumah, gedung, atau bangunan lain.

Terlepas dari benar atau tidaknya bahwa makhluk halus bisa tinggal di tempat yang sama dengan manusia, ternyata ada mitos lain yang mengatakan bahwa makhluk tersebut suka mendiami beberapa jenis pohon tertentu. Bacaterus telah mengumpulkan 10 jenis pohon yang dihuni makhluk halus. Penasaran? Simak rangkumannya berikut ini.

10 Jenis Pohon yang Dihuni Makhluk Halus

1. Pohon Beringin

Mitos Pohon Beringin

* sumber: m.kwikku.com

Sudah menjadi rahasia umum jika pohon beringin dikenal sebagai pohon yang dihuni makhluk halus. Sekilas pohon ini memang nampak sangat tegap dan rimbun. Akar-akar pohon beringin yang menjuntai hingga ke tanah semakin menambah kesan angker pada pohon tersebut.

Genderuwo adalah jenis makhluk astral yang dipercaya senang mendiami pohon beringin. Namun, kuntilanak juga sering menampakkan diri di atas pohon beringin. Konon, jika kita mematahkan akar pohon beringin yang dihuni salah satu makhluk gaib tersebut, maka kita akan jatuh sakit sampai berhari-hari. Jika Anda ingin mengetahui mitos lainnya seputar pohon beringin, kunjungi artikel mitos pohon beringin.

2. Pohon Pisang

Pohon Pisang Pohon yang Dihuni Makhluk Halus

* sumber: www.pertanianku.com

Jika dibandingkan dengan pohon beringin, pohon pisang memang tampak jauh dari kata rimbun. Akan tetapi, pohon yang bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari ini merupakan tempat tinggal favorit bagi makhluk gaib.

Jenis makhluk astral yang kerap kali mendiami pohon pisang adalah pocong dan kuntilanak. Di Sulawesi Tengah, terdapat sebuah kepercayaan tentang adanya hantu berwujud manusia yang suka tiba-tiba mengubah dirinya menjadi pohon pisang. Hantu tersebut dikenal dengan nama Poppo Parakang.

3. Pohon Randu

Pohon Randu

* sumber: bobo.grid.id

Di daerah perkotaan, mungkin pohon randu sudah jarang ditemukan. Namun, di pedesaan masih banyak pohon randu yang tumbuh menjulang tinggi. Pohon yang buahnya sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kasur ini memang terkenal angker. Konon, kuntilanak adalah makhluk halus yang menjadikan pohon randu sebagai tempat tinggal.

Kemunculan kuntilanak ini sering diiringi dengan suara-suara yang membuat manusia jadi mendangak ke atas pohon. Hantu tersebut akan menimbulkan suara tawa untuk membuat manusia yang lewat di sekitar pohon randu jadi mendangak ke atas pohon dan mendapati sosok wanita bergaun putih yang nongkrong di atas pohon tersebut.

4. Pohon Asam Jawa

Pohon Asam Jawa

* sumber: www.jurnalasia.com

Satu lagi jenis pohon yang dihuni makhluk halus, yaitu pohon asam jawa. Pohon yang buahnya bisa dimanfaatkan untuk memasak ini memang memiliki kisah seram. Masyarakat percaya bahwa pohon asam merupakan tempat tinggal bagi pocong dan kuntilanak.

Pohon asam jawa memang tidak setinggi pohon randu. Jadi, siapa saja yang melintas di dekat pohon ini bisa langsung melihat ke bagian atas pohon. Jika beruntung, Anda akan menemukan kuntilanak sedang duduk manis di atas pohon atau pocong yang sedang mengintip di balik batang pohon asam jawa ini. Nah, kalau Anda pilih bertemu yang mana, nih?

5. Pohon Bambu

Bambu

Satu pohon bambu mungkin tidak menimbulkan kesan angker. Namun, bagaimana jika pohon bambunya berjumlah banyak dan berjajar satu sama lain sehingga nampak sangat rimbun? Pohon bambu yang rimbun justru bisa menghalangi sinar matahari sehingga menciptakan suasana yang gelap di dalamnya.

Usut punya usut, pohon bambu juga dikenal sebagai pohon yang angker. Ada dua jenis makhluk halus yang sering terlihat di sekitar rimbunnya pohon bambu. Yang pertama ada hantu wanita bergaun putih yang lebih familiar dengan nama kuntilanak, yang kedua ada makhluk astral tinggi besar dengan mata merah menyala. Konon, makhluk besar ini suka mengganggu orang yang melintas di sekitar pohon bambu dengan cara menghalang-halangi jalan orang tersebut.

6. Pohon Sukun

Pohon Sukun

* sumber: www.infoglobalkita.com

Meskipun tidak terlalu besar, pohon sukun memiliki daun yang sangat rimbun. Dedaunan yang rimbun inilah yang membuat pohon ini disukai oleh makhluk tak kasat mata. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa pohon sukun merupakan tempat singgah (transit) favorit bagi makhluk halus.

Pohon sukun memang diklaim sebagai tempat singgah favorit bagi makhluk halus. Akan tetapi, jenis makhluk yang paling sering terlihat di antara rimbunya daun pohon sukun adalah pocong. Menurut pengakuan masyarakat, ada yang pernah melihat sosok pocong tinggi besar yang menampakkan diri di bawah pohon sukun ini.

7. Pohon Mangga

Pohon Mangga

* sumber: gempitanews.com

Jenis pohon yang dihuni makhluk halus ini paling sering dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan mungkin salah satu dari Anda menanam pohon ini di pekarangan rumah? Ya, pohon mangga adalah jenis pohon yang mudah tumbuh di mana saja. Saking mudahnya, pohon mangga bisa bertumbuh dengan sangat rimbun sehingga menciptakan tempat tinggal ideal bagi makhluk halus.

Tak ada jenis makhluk halus tertentu yang mendiami pohon mangga. Semua jenis makhluk halus berpotensi tinggal mendiami pohon ini. Dari sekian banyak jenis makhluk halus, kuntilanak adalah makhluk yang paling sering dijumpai di pohon mangga.

8. Pohon Limus

Pohon Limus

* sumber: kmns365.blogspot.com

Memiliki buah yang nampak seperti mangga, pohon limus atau pohon bacang ini juga memiliki cerita seram tersendiri. Tak hanya buahnya saja yang mirip pohon mangga, daun-daunnya pun terlihat serupa meskipun tak sama.

Pohon limus juga menjadi tempat tinggal favorit bagi makhluk halus. Menurut penuturan masyarakat, mereka sering melihat makhluk halus berupa anak kecil berkepala plontos yang nampak bermain di bawah pohon ini. Masyarakat sekitar pun percaya bahwa makhluk halus yang sering terlihat di sekitar pohon limus itu adalah tuyul.

9. Pohon Sawo

Pohon Sawo

* sumber: ath-anekatanamanhias.blogspot.com

Siapa yang suka makan buah sawo? Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang manis dan segar. Namun, pernahkah Anda melihat langsung pohon buah ini? Jika pohonnya subur, maka daun-daunnya tumbuh dengan sangat lebat dan rimbun. Alhasil, pohon sawo ini langsung menjadi tempat tinggal favorit bagi makhluk halus.

Menurut cerita-cerita yang beredar di pedesaan, anak-anak dilarang bermain di dekat pohon sawo menjelang maghrib. Konon, pada waktu itulah makhluk penghuni pohon sawo akan berkeliaran dan tak segan-segan menampakkan diri. Kuntilanak dan genderuwo dipercaya sebagai makhluk astral penghuni pohon sawo.

10. Pohon Nangka

Pohon Nangka

* sumber: agwingallery.blogspot.com

Buah nangka selalu memiliki ukuran yang sangat besar. Dengan ukuran buah yang begitu besar, tentu saja pohonnya pun harus besar dan kokoh. Pohon nangka yang tumbuh besar ini dipercaya menjadi tempat tinggal favorit bagi makhluk halus, khususnya kuntilanak.

Makhluk gaib berwujud wanita ini sering terlihat melayang atau duduk di atas pohon nangka. Hati-hati kalau melihat pohon nangka yang berbuah di tengah malam karena bisa jadi salah satu buahnya adalah kepala yang akan menengok kepadamu! Hiii…!

Sejatinya, makhluk halus memang bisa tinggal di mana saja, termasuk di pohon lain selain yang kami bahas di sini. 10 jenis pohon yang dihuni makhluk halus ini merupakan pohon yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat sebagai hunian bagi makhluk tak kasat mata tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *