Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Pohon adalah salah satu bentuk kehidupan yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Perannya yang penting dalam memproduksi oksigen untuk makhluk hidup lainnya telah berjalan selama ribuan tahun.

Karena fungsinya ini, tidak aneh jika ada beberapa jenis pohon yang mampu bertahan hingga ratusan bahkan ribuan tahun. Waktu hidupnya yang lama ini terbukti dari pertumbuhannya yang terus meningkat setiap tahunnya.

Secara teori, sebuah pohon dapat tumbuh hingga 122 dan 130 meter. Namun, pohon-pohon di zaman dulu mampu tumbuh lebih tinggi dari itu.  Sayangnya, banyak yang telah tumbang karena proses pembalakan. Untungnya, masih ada beberapa jenis pohon yang dapat tumbuh tinggi. Berikut adalah beberapa spesies pohon yang termasuk ke dalam pohon tertinggi di dunia.

10 Pohon Tertinggi di Dunia

1. Hyperion (115.9 meter)

* sumber: epictop5.com

Pohon ini disebut sebagai kakeknya semua pohon tinggi di dunia. Pohon yang berjenis Coast Redwood ini ditemukan pada tahun 2006. Pohon dengan nama latin Sequoia Sempervirens sangat tinggi hingga puncaknya tidak terlihat dari bawah.

Pohon ini terletak di Taman Nasional Redwood, California, dan hidup bersama jenis pohon lainnya seperti Helios dengan tinggi 114 meter, Icarus 113 meter, dan Daedalus dengan tinggi 110.8 meter.

2. Centurion (99.82 meter)

* sumber: www.facebook.com

Pohon Centurion yang terletak di Arve Valley, Tasmania, Australia ini merupakan jenis pohon Eucalyptus Regnans tertinggi di dunia. Pohon ini bahkan melampaui menara Big Ben yang setinggi 96.3 meter. Karena kepopulerannya, pohon ini memiliki halaman Facebook sendiri yang menceritakan banyak informasi detail-nya.

3. Doerner Fir (99.7 meter)

Doerner Fir

* sumber: www.opb.org

Tinggi pohon yang satu ini hampir sama dengan Centurion, menjadikannya sebagai kandidat sempurna sebagai pohon non-redwood tertinggi di dunia. Pohon yang berusia 500 tahun ini terletak di Coos County, Oregon. Area ini adalah lokasi untuk sebagian besar pohon tua terbesar di dunia, yang habis karena proses pembalakan.

4. Raven’s Tower (96.7 meter)

* sumber: www.pinterest.com

Pohon berjenis Sitka Spruce ini terletak di suatu tempat di Taman Prairie Creek Redwood. Raven’s tower ini pertama kali ditemukan dan diukur oleh Michael Taylor dan Ron Hildebrandt pada tahun 2001. Lokasinya sendiri tidak diberitahukan kepada publik untuk melindungi kelestariannya.

5. Sequoia raksasa (95.7 meter)

* sumber: www.npexp.com

Pohon Sequoia memang terkenal dengan pertumbuhannya yang luar biasa. Jenis pohon ini dapat tumbuh hingga 3,000 tahun dengan diameternya yang dapat mencapai 6 meter. Pohon raksasa ini dapat ditemukan di Taman Nasional Sequoia di California. Di lokasi ini juga dapat ditemukan pohon terbesar di dunia, yaitu General Sherman yang memiliki volume 1,486.861 meter kubik.

6. Meranti Kuning (94.1 meter)

* sumber: www.iflscience.com

Pohon yang bernama latin Shorea Faguetiana ini dapat ditemukan di area konservasi Lembah Danum, Sabah. Banyak yang menyebut pohon ini sebagai “pohon Minecraft” karena memang Meranti Kuning ini adalah salah satu pohon yang dapat ditanam dalam permainan tersebut.

Pohon ini pertama kali ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Cambridge yang sedang melakukan observasi di atas hutan yang juga dikenal sebagai “Sabah’s Lost World” karena lokasinya yang terpencil dan belum terlalu banyak dijamah manusia.

7. White Knight (91 meter)

* sumber: tasmaniasgianttrees.weebly.com

Evercreech Forest Reserve, Tasmania adalah lokasi di mana pohon ini berada selama 300 tahun. Untuk melindungi kelestariannya, trek jalan telah dipasang mengelilinginya. Untuk mencapainya, pengunjung harus melakukan perjalanan sejauh 15 kilometer dari Mathinna.

White knight ini juga sering disebut white gum, sebutan untuk pohon eukaliptus. Pohon berjenis eukaliptus ini memiliki diameter sekitar 3.30 meter dengan volume 180 meter kubik. Pohon yang bernama latin Eucalyptus Viminalis ini telah melalui beberapa kali peristiwa yang hampir merobohkan keberadaanya dari muka bumi, yaitu pada tahun 1940-an dan 1970.

8. Neeminah Loggorale Meena (90.7 meter)

* sumber: www.wondermondo.com

Nama pohon ini diberikan oleh seorang siswa Aborigin dari St.James College, Sydney. Arti dari nama ini adalah “Ibu dan Anak”. Pohon dari keluarga Eukaliptus ini tumbuh di Tasmania, Australia. Lokasi ini adalah salah satu surganya pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi.

Seperti nasib pohon-pohon lainnya, pohon blue gum ini juga terancam ditebang. Untungnya, pemerintah Tasmania telah mengeluarkan aturan untuk tidak menebang pohon-pohon yang tumbuh di atas 85 meter. Hal ini tentunya memastikan bahwa generasi selanjutnya masih dapat menikmati kerimbunan pohon-pohon raksasa ini.

9. Alpine Ash (87.9 meter)

* sumber: tasmaniasgianttrees.weebly.com

Satu lagi pohon Eukaliptus dengan nama latin Eucalyptus Delegatensis mencatatkan rekornya sebagai salah satu pohon tertinggi di dunia. Terletak di Tasmania, pohon ini memiliki keunikannya tersendiri.

Pohon ini memiliki kebiasaan mematahkan puncak pohon setelah ketinggian tertentu. Dari bekas patahannya, akan muncul batang baru yang terus tumbuh ke atas. Karena hal ini, Alpine Ash cenderung memiliki segmen dengan ukuran yang berbeda pada batangnya.

10. King Stringy (86 meter)

King Stringy

Pohon yang satu ini punya nama latin Eucalyptus Oblique dan terletak di Tasmania. Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 90 meter dengan diameter batang mencapai 3 meter. Pohon ini memiliki habitat dan penyebaran di wilayah dingin di sebelah tenggara Australia.

Nah, itu dia 10 pohon tertinggi di dunia. Kamu bisa bayangkan betapa tingginya pohon-pohon tersebut. Sebagai manusia, sudah sepatutnya kita melestarikan pohon-pohon tinggi tersebut agar tidak masuk ke dalam daftar pohon terancam punah. Biarkan generasi berikutnya bisa menikmati keindahan dari pohon-pohon tinggi itu.

Sebenarnya, selain kesepuluh pohon di atas, ada pohon lainnya yang juga memiliki ketinggian yang mengagumkan. Beberapa pohon-pohon tinggi tersebut meliputi:

  • Mengaris (Koompassia excelsa), memiliki ketinggian 85.76 meter dan terletak di Taman Nasional Bukit Tawau, Sabah.
  • Shorea Superba, terletak di Taman Nasional Bukit Tawau, Sabah yang memiliki tinggi 84.41 meter.
  • Shining Gum (Eucalyptus Nitens), punya tinggi 84.3 meter dan terletak di O’Shannassy Catchment, Victoria, Australia.
  • Sugar Pine (Pinus Lambertiana), terletak di dekat Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat dan tumbuh hingga ketinggian 83.45 meter.
  • Western Hemlock (Tsuga Heterophylla), memiliki tinggi 83.34 meter dan terletak di Taman Prairie Creek Redwoods, California.
  • Ponderosa Pine (Pinus Ponderosa), terletak di Taman Nasional Siskiyou, Oregon, Amerika Serikat dan memiliki tinggi 81.77 meter.
  • Entandrophragma Excelsum, terletak di Kilimanjaro, Tanzania dengan rekor ketinggian 81.5 meter.
  • Sydney Blue Gum (Eucalyptus Saligna), terletak di Hutan Woodbush, Limpopo, Afrika Selatan dengan tinggi 81.5 meter ini juga memegang rekor sebagai pohon tertinggi yang ditanam manusia.
  • Grand Fir (Abies grandis), memiliki tinggi 81.4 meter dan terletak di Alam liar Glacier Peak, Washington.
  • Lawson Cypress (Chamaecyparis Lawsoniana), berada di Taman Jedediah Smith Redwoods, California dan tumbuh hingga 81 meter.

Apakah Anda mengunjungi salah satu pohon legendaris ini? Ceritakan rencana Anda untuk mengunjungi lokasi pohon tertinggi di dunia ini di kolom komentar. Atau mungkin Anda ingin tahu jenis-jenis pohon rindang yang enak buat dijadikan tempat berteduh? Silakan cari tahu selengkapnya di artikel 10 Jenis Pohon yang Rindang ini.

 

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .